Bacaterus / Bahan Dapur / Yuk, Kenali Macam-Macam Tahu yang Populer di Indonesia Ini!

Yuk, Kenali Macam-Macam Tahu yang Populer di Indonesia Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2019

Seperti yang kita ketahui, tahu adalah makanan yang berbahan utama kedelai. Tahu sendiri termasuk ke dalam jenis makanan yang sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, ternyata, ada macam-macam tahu yang populer di Indonesia, lho.

Nah, setelah kemarin membahas tentang olahan tahu yang lezat, kali ini, bacaterus akan mengulas mengenai jenis-jenis tahunya. Anda penasaran, kan, ingin mengetahui apa saja jenis-jenis tahu tersebut? Let’s check this out!

1. Tahu Kuning

tahu kuning macam-macam tahu

Tahu kuning adalah salah satu jenis tahu yang paling terkenal di antara macam-macam tahu yang ada di Indonesia. Tahu kuning yang juga dikenal dengan nama tahu takwa ini memiliki warna kuning yang khas. Warna kuningnya ini berasal dari kunyit dan juga pewarna sintesis yang ditambahkan ke dalam air rendaman tahu.

Tahu berbentuk kotak ini punya tekstur yang kenyal dan pori-porinya halus namun tetap padat sehingga ketika dipotong, tahu menjadi tidak mudah hancur. Nah, ternyata, tahu kuning yang mengandung 39.7% kalsium dan 18.3% protein ini dibawa oleh orang Tionghoa yang bermigrasi ke Kota Kediri di tahun 1900-an, lho.

Sejak saat itu, tahu kuning yang punya rasa gurih nan lezat mulai dikenal di kalangan masyarakat kita dan menjadi makanan favorit hampir semua orang. Anda salah satunya? Oh ya, selain bisa dibeli di warung atau di pasar hingga di tukang sayur, tahu kuning berkualitas juga bisa Anda beli di situs jual beli online Bukalapak. Silakan klik link ini untuk membeli tahu kuning atau tahu takwa secara online.

2. Tahu Sutra

tahu sutra macam-macam tahu

* sumber: www.fimela.com

Selain tahu kuning, ada juga tahu sutra atau tofu yang juga menjadi jenis tahu favorit dan populer di Tanah Air. Tahu sutra atau tofu ini memiliki warna putih dan teksturnya sangat halus. Umumnya, tahu sutra ini dibungkus dalam plastik kedap udara.

Karena teksturnya yang sangat halus, tahu yang dikenal dengan nama tahu Jepang ini harus diolah dengan hati-hati. Tahu yang umumnya memiliki bentuk persegi ini harus dipotong dengan memakai pisau yang tajam, jika Anda ingin memotongnya menjadi lebih kecil. Tahu sutra biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dijadikan bahan makanan tambahan untuk masakan lainnya.

Tahu sutra berkualitas dengan rasa yang enak bisa Anda dapatkan di situs jual beli online Bukalapak, lho. Silakan klik link ini untuk membeli produknya.

3. Tahu Pong

tahu pong

Hayo, siapa di sini yang belum pernah mencicipi lezatnya tahu pong? Ya, tahu pong adalah satu dari sekian banyak jenis tahu yang ada di Indonesia. Tahu pong merupakan tahu dengan bentuk persegi seperti tahu pada umumnya.

Tahu ini diolah dengan cara digoreng sampai menjadi kering. Ada juga yang mengolahnya menjadi keripik. Kulitnya kecokelatan, teksturnya renyah dan dalamnya kopong alias bolong atau berongga. Mungkin karena itulah, tahu ini diberi nama sedemikian rupa.

Tahu pong paling pas untuk dijadikan camilan ringan, lho. Rasanya gurih, membuat siapa saja yang mencicipinya menjadi ketagihan. Mau mencoba? Beli tahu pong di situs jual beli online Bukalapak dengan cara klik link ini.

4. Tahu Putih

tahu putih macam-macam tahu

* sumber: manokgacor.blogspot.com

Selanjutnya, ada tahu putih. Tahu putih adalah salah satu jenis tahu yang menjadi primadona dan tentu saja banyak digemari oleh masyarakat kita. Tahu putih, sesuai namanya, memiliki warna putih yang bersih.

Tahu putih dapat dijumpai dengan berbagai bentuk serta ukuran. Jenis tahu yang satu ini biasanya diolah menjadi makanan tambahan untuk sup atau sayur. Namun, tak jarang, tahu dengan pori-pori besar ini juga diolah dengan cara digoreng seperti tahu kuning.

Serupa dengan tahu sutra atau tofu, tahu putih juga sangat rapuh dan mudah hancur. Jadi, Anda harus berhati-hati saat mengolah tahu yang satu ini. Gimana? Kangen makan tahu putih? Yuk, beli tahu putih di Bukalapak dengan cara klik link ini, biar rasa kangennya terobati.

5. Tahu Susu

tahu susu

* sumber: food.detik.com

Next, ada tahu susu yang menjadi buah tangan khas dari kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jenis tahu yang satu ini dibuat dengan cara menggumpalkan susu dengan bahan-bahan seperti asam, cuka hingga jus lemon. Gumpalan susu yang sebelumnya telah dihilangkan cairannya kemudian dipadatkan dan dibentuk sedemikian rupa seperti bentuk tahu pada umumnya.

Tahu susu biasa dihidangkan langsung dan diolah dengan cara digoreng hingga kering, lalu disantap dengan cabai rawit atau sambal kecap. Tak jarang, tahu susu juga dijadikan campuran olahan makanan lainnya. Mau mencoba tahu dengan tekstur padat namun lembut yang punya rasa super lezat ini? Silakan klik link ini untuk membelinya di Bukalapak.

6. Tahu Air

tahu air

* sumber: www.cecehlaper.com

Tahu air adalah salah satu dari macam-macam tahu yang sering dijadikan makanan tambahan dalam sebuah masakan. Tahu ini memiliki tampilan dan bentuk yang serupa dengan tahu putih dan tahu susu, tetapi teksturnya lebih lembut.

Nah, tahu air ini umumnya banyak ditemukan pada masakan seperti sapo tahu. Hayo, siapa yang ngiler dan ingin makan tahu yang satu ini? Oh ya, nggak cuma diolah menjadi bahan makanan pendamping atau tambahan saja. Tahu air juga cocok untuk dijadikan camilan, lho.

7. Tahu Sumedang

tahu sumedang

* sumber: www.liputan6.com

Siapa sih, yang nggak kenal dengan tahu Sumedang? Ya, tahu yang satu ini adalah oleh-oleh khas Kabupaten Sumedang yang pertama kali dipopulerkan oleh keluarga keturunan Tionghoa yang menetap di sana sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Tahu Sumedang yang dulunya hanya bisa dibeli di tempat asalnya, kini bisa ditemukan di mana saja. Tidak hanya di wilayah Jawa Barat, tentunya. Tahu Sumedang biasanya dinikmati dengan cabai rawit hijau atau sambal kecap pedas manis.

Nah, tahu Sumedang ini ternyata dikenal sebagai tahu kulit, yakni tahu yang memiliki kulit cokelat dan umumnya memiliki isi berongga atau tidak padat setelah digoreng hingga kering. Adakah di antara Anda semua yang belum pernah mencicipi tahu ini? Jika iya, silakan klik link ini untuk membeli tahu Sumedang di situs jual beli Bukalapak.

8. Tahu Bulat

tahu bulat

* sumber: www.liputan6.com

Terakhir, ada tahu bulat. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau jenis tahu yang satu ini berbentuk bulat. Tahu bulat ini memiliki warna putih sebelum digoreng hingga kering. Bagian dalam tahu bulat umumnya memiliki rongga yang besar. Tahu bulat biasanya dijajakan keliling dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Oh ya, tahu bulat akan semakin lezat bila dinikmati dengan berbagai macam bumbu seperti bumbu rasa keju, barbekyu sampai rasa balado. Tahu bulat juga nikmat bila dicicipi tanpa tambahan bumbu apapun. Ada juga tahu bulat yang diolah menjadi camilan berupa kerupuk, lho.

Nah, untuk menikmati kerupuk tahu bulat di rumah, silakan klik link ini untuk membeli keripik tahu bulat di Bukalapak dengan mudah dan murah.

Nah, itulah pembahasan tentang macam-macam tahu yang populer di Indonesia. Hayo, jadi pada lapar, kan? Dari semua jenis tahu di atas, tahu manakah yang menjadi favorit Anda? Silakan sampaikan langsung pendapat Anda tentang tahu tersebut melalui kolom komentar di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar