Bacaterus / Badminton / 4 Macam Servis dalam Bulutangkis yang Wajib Kamu Ketahui

4 Macam Servis dalam Bulutangkis yang Wajib Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Agustus 2019

Servis merupakan salah satu hal dasar dalam bulutangkis dan pertanda kalah permainan sedang dimulai. Sebelumnya wasit akan mengundi pemain mana yang terlebih dahulu melakukan servis. Dalam pengaturan skor 21 x 3, servis akan berpindah tangan kepada pemain yang berhasil meraih angka dan begitu seterusnya hingga permainan selesai.

Servis harus dilakukan sebaik mungkin agar tidak dinyatakan gagal oleh wasit dan menghasilkan poin bagi lawan. Servis eror seperti tidak masuk ke area servis lawan dan bola tersangkut di net merupakan kesalahan dasar yang sering dilakukan para pemain saat bertanding di lapangan. Semua servis eror akan berbuah poin bagi lawan.

Selain servis eror, wasit juga berhak memberikan poin bagi lawan jika seorang pemain berlaku buruk (misconduct) ketika akan melakukan servis. Hal ini akan terjadi ketika wasit mengeluarkan kartu merah untuk pemain tersebut. Melanggar aturan servis yang telah ditetapkan oleh BWF juga merupakan sumber poin bagi lawan.

Aturan Servis Baru BWF

BWF (Badminton World Federation) selaku badan bulutangkis dunia telah menerapkan aturan-aturan tertentu dalam servis. Sebuah aturan servis baru telah diperkenalkan oleh BWF yang berlaku mulai tanggal 1 Maret 2018.

Jika aturan servis lama mengharuskan pemain memegang bola/kok di bawah pinggang ketika dipukul, maka aturan baru ini sudah mengukurnya dalam angka. Di sini pemain harus memegang bola kurang dari 115 cm dari permukaan lapangan sebelum servis.

Bola servis yang dipegang melebih angka tersebut akan dinyatakan fault oleh wasit, yang artinya poin bagi lawan. Agar pemain tidak menyalahi aturan baru ini, mereka harus melatih servisnya kembali hingga akhirnya terbiasa.

Sebuah servis bisa berbuah poin bagi lawan jika:

  • Servis dinyatakan fault oleh wasit karena bola dipegang lebih dari 115 cm dari permukaan lapangan saat dipukul.
  • Bola tidak masuk atau keluar dari area servis lawan (tunggal dan ganda berbeda)
  • Anda banyak mengulur-ngulur waktu ketika servis sehingga wasit mengeluarkan kartu merah (diberi peringatan terlebih dahulu dengan kartu kuning)

Macam-Macam Servis dalam Bulutangkis

Pemain dapat melakukan beberapa macam servis yang menurut mereka dapat menghasilkan poin. Berikut adalah macam-macam servis dalam bulutangkis yang perlu diketahui.

1. Servis Pendek

*Sumber: https://youtu.be/O4X0LL7t2ys

Servis pendek yaitu jenis servis yang dilakukan dengan cara menerbangkan bola tepat di atas net. Servis ini digunakan ketika pemain ingin bola mendarat di area depan servis lawan. Jenis servis ini biasanya dilakukan oleh pemain di sektor ganda (putra, putri, dan campuran) dan tunggal putra.

Servis pendek harus dilakukan sebaik mungkin (bola tidak terlalu tinggi atau dapat diprediksi) agar lawan tidak memiliki kesempatan mengembalikan bola dengan mudah. Pemain harus bisa menerbangkan bola sedekat mungkin dengan bagian atas net, sehingga mencegah lawan melakukan pukulan ofensif.

Pastikan bola tidak dipegang lebih dari 115 cm dari permukaan lapangan saat servis agar tidak dinyatakan fault oleh wasit. Sebagai info tambahan, servis pendek dapat dilakukan menggunakan forehand maupun backhand.

2. Servis Tinggi

*Sumber: https://youtu.be/q86NeMeWXeA

Servis tinggi adalah kebalikan dari servis pendek dan merupakan jenis servis yang populer bagi para pemain pemula. Dalam servis tinggi, bola harus dipukul kuat agar terbang setinggi mungkin dan jatuh tepat di ujung area belakang servis lawan. Dalam sebuah turnamen, servis tinggi biasanya digunakan oleh pemain di sektor tunggal putri.

Servis tinggi cukup berisiko jika dilakukan oleh pemain ganda, karena area servis mereka melebar ke area samping. Oleh karena itu, servis tinggi lebih cocok digunakan oleh pemain tunggal karena area servis mereka memanjang ke belakang.

Karena dalam servis tinggi pemain menggunakan forehand untuk memukul bola, maka hasilnya servis jadi sulit untuk disamarkan. Selain itu, lawan juga sudah mengetahui kalau bola akan mendarat di area belakang court. Pukulan yang terlalu kuat juga dapat menyebabkan bola keluar lapangan dan menghasilkan poin bagi lawan.

Meskipun demikian, servis tinggi juga beberapa kelebihan, salah satunya yaitu jarang dinyatakan fault oleh wasit.

3. Servis Flick

* sumber: www.bgbadminton.com

Servis flick atau kadang disebut juga sebagai servis pendek tipuan merupakan jenis servis yang digunakan untuk menipu lawan. Simpelnya servis flick ini adalah jenis servis yang menggunakan mode servis pendek, tetapi pada akhirnya bola dieksekusi dengan servis tinggi.

Servis flick umumnya dilakukan dengan menggunakan backhand. Dengan demikian, lawan akan kesulitan memprediksi apakah Anda akan melakukan servis flick atau servis rendah. Hal itu karena pukulan Anda akan terlihat sama persis hingga terjadinya titik kontak.

Servis flick tidak boleh dilakukan terlalu sering karena akan mudah ditebak oleh lawan. Jika hal itu terjadi, bola bisa dikembalikan dengan mudah dengan cara di-smash. Selain itu, servis flick juga berisiko dinyatakan fault oleh wasit jika bola diangkat terlalu tinggi ketika hendak dipukul.

4. Servis Drive

* sumber: www.badminton-information.com

Servis drive adalah sejenis servis menyerang yang dilakukan dengan cara memukul bola langsung pada lawan menggunakan forehand. Servis ini memungkinkan Anda membatasi opsi pengembalian bola dari lawan, sehingga poin bisa didapatkan dengan mudah, terutama ketika lawan sedang lengah.

Untuk mengeksekusi servis drive, Anda harus berdiri sedikit lebih jauh di belakang garis servis, sehingga bola akan melewati net pada sudut yang lebih rata. Servis drive ini bisa efektif terhadap penerima bola yang membiarkan posisi overhead-nya tidak terjaga.

Meskipun menguntungkan, servis drive berisiko gagal jika lawan siap, sehingga mereka bisa melakukan smash yang kuat. Selain itu, ada kemungkinan juga servis drive yang Anda lakukan dinyatakan fault oleh wasit.

Tips Melakukan Servis dalam Bulutangkis

* sumber: badmintonisgreat.com

Servis harus dilakukan sebaik mungkin dan legal (sesuai aturan BWF) agar tidak dinyatakan fault oleh wasit atau menjadi servis eror yang berujung poin bagi lawan. Berikut adalah beberapa tips melakukan servis yang baik.

1. Samarkan Pukulan

Pastikan pukulan Anda tidak berubah sampai ke titik kontak dengan bola. Hal ini dapat membuat servis tersamarkan dan hanya bisa diprediksi lawan pada detik terakhir yang memungkinkan.

2. Amati Posisi Lawan

Amati posisi lawan sebelum siap melakukan servis. Coba bayangkan apa yang mereka harapkan dan lakukan hal yang bersebrangan dengannya agar Anda mendapatkan keuntungan.

3. Gunakan Servis yang Bervariasi

Menggunakan satu jenis servis saja hanya akan membuat Anda mudah diprediksi dan lawan bisa membaca permainan Anda. Jika Anda pemain ganda, cobalah untuk melakukan servis flick sesekali yang benar-benar menipu.

Nah, itulah beberapa macam servis dalam bulutangkis yang perlu diketahui. Sekali lagi servis merupakan hal dasar dalam bulutangkis sehingga harus dikuasai dengan baik. Jika servis Anda jelek, itu hanya akan menguntungkan lawan karena mereka dapat dengan mudah melakukan pengembalian.

Meskipun hal dasar, tidak jarang pemain di level atas melakukan banyak kesalahan servis saat sedang bertanding. Penyebab hal itu bisa jadi karena sedang tidak fokus atau kelelahan setelah bermain dalam waktu yang cukup lama.

Anda dapat menonton bagaimana cara melakukan servis-servis bulutangkis di atas di YouTube agar lebih memahami.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar