Bacaterus / Saus / 10 Macam Saus yang Banyak Digunakan untuk Pelengkap Masakan

10 Macam Saus yang Banyak Digunakan untuk Pelengkap Masakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Saus adalah salah satu bahan pelengkap makanan yang banyak digunakan di dunia. Karena saus akan menambah cita rasa suatu makanan atau masakan, tidak heran jika saus umumnya digunakan pada beberapa jenis masakan. Setiap daerah atau tempat memiliki saus untuk makanan khasnya.

Kini, saus memiliki bahan dan rasa yang beragam. Jika kamu ingin membuat makanan, akan lebih pas jika dicampur dengan saus, ada beragam macam saus yang lezat untuk menjadi pendamping makannamu. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Saus Tomat

Saus Tomat

* sumber: www.splendidtable.org

Saus tomat adalah salah satu saus paling umum yang bisa dengan mudah kita temukan, terutama hampir di setiap rumah makan. Saus yang terbuat dari tomat ini, biasanya disajikan sebagai bagian dari hidangan, bukan sebagai bumbu. Saus tomat biasanya disajikan untuk daging dan sayuran, tetapi saus tomat juga biasanya digunakan untuk hidangan pasta.

Tomat memiliki rasa yang kaya, kadar air tinggi, daging buahnya yang lunak dan mudah terurai, serta komposisi yang tepat untuk mengental menjadi saus saat dimasak. Semua kualitas ini membuatnya ideal untuk saus sederhana dan menarik untuk pelengkap masakan.

Kamu bisa membuat saus tomat dengan bawang, minyak zaitun, wortel, dan bumbu. Saus tomat juga bisa dibumbui dengan jamur, sosis, zaitun, dan sayuran.

2. Saus Kacang

Saus Kacang

* sumber: clubfoody.com

Saus kacang adalah salah satu saus yang sangat digemari banyak orang Indonesia. Saus yang terbuat dari kacang tanah yang dipanggang atau digoreng, banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia. Saus kacang umumnya digunakan untuk daging ayam dan sayuran.

Selain itu berguna untuk menambahkan rasa pada daging tusuk panggang, seperti sate, dituangkan di atas sayuran sebagai saus salad seperti dalam gado-gado, atau sebagai saus cocolan untuk gorengan.

Bahan utama adalah kacang tanah panggang, cabe, gula, bawang goreng, dan serai. Tekstur dan kekentalan dari saus kacang sesuai dengan jumlah air yang tercampur di dalamnya. Di negara-negara Barat, selai kacang yang banyak tersedia dan sering digunakan sebagai bahan pengganti untuk membuat saus kacang.

3. Saus Barbeque

Saus Barbeque

* sumber: www.cookingchanneltv.com

Saus yang biasanya digunakan untuk olesan daging panggang ini memiliki cita rasa yang manis, pedas, dan gurih. Saus barbeque juga digunakan sebagai bumbu penyedap, bumbu perendam, atau bumbu topping untuk daging yang dimasak dengan gaya memasak barbeque, termasuk iga  sapi dan ayam.

Bahan-bahannya sangat bervariasi di masing-masing negara, tetapi sebagian besar mencakup beberapa bahan seperti cuka, pasta tomat, atau mayones sebagai bahan dasar, bubuk bawang, rempah-rempah seperti mustard dan lada hitam, dan pemanis seperti gula. Umumnya saus ini berwarna kecoklatan dan memiliki tekstur yang cukup kental.

4. Saus Asam Manis

Saus Asam Manis

* sumber: cookpad.com

Saus yang umumnya disajikan untuk seafood ini sebenarnya berasal dari Tionghoa. Selain seafood, saus asam manis juga sering digunakan pada masakan ayam, daging sapi, atau sayur-sayuran tumis, dan beragam masakan ikan. Saus ini terbuat dari saus tomat, cuka, gula, garam, dan tepung maizena sebagai pengentalnya.

Umumnya, tepung yang digunakan adalah tepung kentang atau tepung sagu. Saus asam manis akan lebih menarik jika ditambahkan daun bawang dan wortel. Bahkan, saus asam manis bisa dengan mudah kamu temukan dalam bentuk sachet.

5. Saus Padang

Saus Padang

* sumber: indonesiaoriginalrecipes.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, Padang khas dengan cita rasa pedasnya. Begitu pun dengan saus Padang yang memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera makan. Hampir sama seperti saus asam manis, tidak lengkap rasanya jika tidak makan seafood dengan saus padang.

Saus yang berwarna kemerahan dan kental ini terbuat dari saus tomat, saus tiram, saus sambal, bawang bombai, garam, merica,gula pasir, dan tepung sagu yang semua bahan tersebut ditambahkan dengan air secukupnya. Supaya saus Padang lebih segar, sebagian penjual makanan menambahkan potongan nanas. Sehingga rasanya tidak hanya gurih tetapi ada sensasi tersendiri saat menyantapnya.

6. Saus Teriyaki

Saus Teriyaki

* sumber: www.inspiredtaste.net

Jika kamu senang masakan Jepang, pastinya sudah tidak asing lagi dengan saus teriyaki. Saus yang sekilas mirip dengan kecap ini memiliki rasa manis dan gurih dan sedikit asin. Selain bisa membelinya di supermarket dalam bentuk botol atau sachet, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Saus teriyaki terbuat dari kecap asin, mirin, gula dan tepung maizena yang dimasak hingga mendidih. Tekstur saus teriyaki lebih cair dibanding saus lainnya. Mau mencoba membuatnya di rumah?

7. Saus Bulgogi

Saus Bulgogi

* sumber: www.koreanbapsang.com

Saus yang berasal dari Korea ini mengandung arti  “Daging api”. Maksudnya adalah hidangan panggang ala Korea yang terbuat dari irisan tipis daging sapi atau babi yang dibakar di atas barbeque atau di atas wajan kompor. Saus ini juga sering ditumis untuk di masakan rumah. Daging jenis sirloin, rib eye atau brisket sering dicampur dengan saus bulgogi.

Saus ini sangat populer di Korea Selatan di mana saus bulgogi ini dapat ditemukan di mana saja dari restoran kelas atas hingga supermarket lokal sebagai peralatan siap pakai. Saus bulgogi memiliki rasa pedas, gurih, dan sedikit manis dengan warna kehitaman yang cukup kental.  Ciri khas dari saus ini adalah ada biji wijen sebagai penambah rasa nikmat.

8. Saus Bolognese

Saus Bolognese

* sumber: www.schwartz.co.uk

Saus bolognese adalah saus yang populer digunakan untuk spaghetti. Saus yang berasal dari Italia ini berwarna merah, sangat kental, dan umumnya dicampur dengan taburan daging cincang. Saus bolognese terbuat dari tomat, bawang, cabe, merica, tepung maizena, garam, kaldu, dan potongan daging sapi.

Jika ingin membuatnya di rumah, campurkan semua bahan tersebut dan larutkan dengan air hingga mengental. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan seleramu.

9. Saus Tartar

Saus Tartar

* sumber: www.fifteenspatulas.com

Saus tartar adalah saus yang terbuat dari bumbu yang terdiri dari mayones, caper cincang halus, bawang Bombay dan daun parsli segar. Saus yang berwarna putih dang sangat kental ini juga dapat ditingkatkan rasanya dengan penambahan ketimun, varietas acar lainnya, dan jus lemon serta rempah-rempah.

Jika kamu pernah makan hidangan fillet ikan, kamu akan menemukan saus tartar. Selain itu saus ini juga paling sering digunakan sebagai cocolan dengan hidangan makanan laut seperti strip kerang, tiram goreng, ikan dan keripik, sandwich ikan, dan kentang goreng, dan di antara banyak hidangan lainnya.

10. Saus Keju

Saus Keju

* sumber: www.budgetbytes.com

Saus keju atau disebut saus cheddar adalah saus tradisional yang digunakan dalam masakan di Inggris. Saus ini pada dasarnya berwarna saus putih, yang dikenal sebagai salah satu ‘saus ibu’, dan keju cheddar. Saus dibuat dengan menambahkan sejumlah keju cheddar ke saus putih dan kemudian dibumbui menggunakan mustard Inggris dan merica di antara bahan-bahan lainnya.

Kamu dapat membeli saus ini dalam bentuk siap pakai atau masih dalam bentuk bubuk di supermarket. Saus keju memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Saus ini cocok digunakan pada masakan gurih maupun makanan yang manis.

Bahkan, sekarang sudah banyak restoran steak dan restoran fastfood yang menggunakan saus keju sebagai penambah daya tarik untuk beberapa menu mereka.

Selain sebagai penambah cita rasa, saus juga dapat memberikan aroma pada masakan dan memberikan tampilan yang lebih menarik pada suatu makanan. Setelah tahu tentang macam-macam saus di atas, kira-kira saus mana nih yang menjadi saus favoritmu?

Jangan lupa untuk berbagi informasi pada kami jika kamu tahu macam-macam saus lainnya. Tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar