Bacaterus / Cabe / 10 Macam Sambal Khas Nusantara yang Menggugah Selera

10 Macam Sambal Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Bagi kamu para pecinta makanan pedas, tentu saja sambal bukanlah hal yang asing lagi karena biasanya para pecinta makanan pedas sudah terbiasa mengonsumsi makanan yang berbahan dasar cabai ini.

Ya, sambal merupakan salah satu unsur pelengkap saat makan karena memiliki rasa yang pedas sebagai kombinasi rasa dalam sebuah makanan. Bagi para pecinta pedas, rasanya belum lengkap jika makan tanpa adanya sambal, ya.

Sambal sendiri merupakan makanan yang berbahan dasar cabai dan dicampurkan dengan beberapa bahan pelengkap lainnya seperti misalnya bawang putih dan bawang merah agar memiliki cita rasa yang sempurna. Sambal ini sangat cocok dijadikan pelengkap dari berbagai makanan seperti misalnya bakso dan mie.

Namun tahukah kamu bahwa sambal memiliki beberapa macam nama dan varian dengan perbedaannya masing-masing? Kira-kira, apa saja sih macam-macam sambal tersebut? Yuk, simak ulasan Bacaterus mengenai sambal khas nusantara!

1. Sambal Terasi

Sambal Terasi

* sumber: www.harianaceh.co.id

Di list yang pertama ada sambal terasi. Seperti sambal pada umumnya, sambal ini dibuat dengan bahan dasar cabai yang dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti tomat. Cabai yang dipilih dapat menggunakan cabai merah ataupun hijau.

Sesuai namanya, sambal ini dibuat dengan menambahkan terasi sebagai penguat rasa alami agar lebih nikmat saat disantap. Agar lebih nikmat, biasanya para pembuat sambal terasi juga membubuhkan beberapa tetes perasan jeruk nipis agar aromanya semakin menggoda.

2. Sambal Cabe Ijo

Sambal Cabe Ijo

* sumber: resepkakak.com

Sambal cabe ijo merupakan sambal khas Indonesia tepatnya berasal dari Padang. Sambal ini dibuat menggunakan bahan dasar cabai hijau yang masih segar dengan tambahan bahan lainnya seperti tomat yang juga berwarna hijau agar warna sambal tidak berubah.

Cabai yang digunakan biasanya ada 2 jenis. Yang pertama adalah cabai hijau besar dan cabai rawit hijau. Keduanya digabungkan dengan bahan dan bumbu lainnya. Sambal cabe ijo ini memiliki rasa pedas dan lezat serta dikenal ampuh menghilangkan rasa ngantuk karena tomat hijaunya yang asam.

3. Sambal Matah

Sambal Matah

* sumber: www.reseptina.com

Selanjutnya ada sambal matah khas Bali. Masih berbahan dasar yang sama, sambal ini dibuat dengan bahan dasar cabai dengan tambahan bahan lainnya seperti bawang merah iris, bawang putih, serai, dan daun jeruk yang dipadukan bersamaan.

Yang unik dari sambal ini adalah teksturnya yang masih kasar karena dalam pembuatannya, sambal ini tidak diulek sama sekali tetapi hanya diiris tipis dan digabungkan dengan unsur lainnya.

Sambal ini memiliki daya tarik tersendiri karena selain pedas, teksturnya yang masih kasar juga mempengaruhi kelezatan saat menyantapnya. Dijamin, deh sambal matah khas Bali ini sangatlah worth karena mampu menggoyang lidahmu.

4. Sambal Rujak

Sambal Rujak

* sumber: www.herworld.co.id

Bagi kamu para pecinta rujak, mungkin sambal ini sudah tak asing lagi, ya. Sambal rujak ini telah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dalam tradisi “ngerujak” yang biasa kita lakukan. Karena tanpa sambal, rujak akan terasa kurang nikmat.

Sambal ini dibuat menggunakan cabai rawit pedas yang dicampurkan dengan larutan gula merah yang kental dengan sedikit tambahan terasi. Agar lebih nikmat, biasanya sambal ini juga ditaburi kacang yang sudah dihaluskan.

Sambal rujak ini menjadi salah satu sambal yang cukup populer dan disukai banyak kalangan karena rasa pedasnya yang nikmat dipadukan dengan gula merah yang memberi rasa manis di lidah.

5. Sambal Kecap

Sambal Kecap

* sumber: id.tastemade.com

Selanjutnya ada sambal kecap. Sebagaimana namanya, sambal kecap ini dibuat dengan mencampurkan beberapa irisan cabai rawit pedas dengan kecap pada satu wadah. Sambal ini biasa kita temukan pada ikan bakar sebagai pelengkap rasa pedasnya.

Selain cabai rawit pedas, kamu juga bisa membubuhkan beberapa irisan bawang merah agar memberikan kesan renyah saat dikunyah. Sambal kecap ini merupakan sambal yang cukup lezat dan mudah dibuat oleh siapapun karena teknik pembuatannya yang sederhana.

6. Sambal Kacang

Sambal Kacang

* sumber: www.dapurkejuprochiz.com

Next, sambal kacang. Sambal kacang atau saus kacang merupakan sebuah bumbu yang terbuat dari kacang dihaluskan dan dicampuri air agar kental dan kemudian ditambahkan cabai agar memiliki rasa pedas dan gurih.

Sambal kacang ini biasa kita temukan pada berbagai olahan makanan seperti sate, siomay, batagor, dan masih banyak lagi. Saus kacang dipilih menjadi pendamping beberapa makanan karena memiliki rasa pedas manis dan gurih yang dapat menambah kelezatan suatu makanan.

7. Sambal Tomat

Sambal Tomat

* sumber: resepmasakandapurindonesia.blogspot.com

Sambal yang satu ini adalah sambal yang menyegarkan lagi sehat karena didominasi oleh tomat sebagai bahan dasarnya. Bukan hanya segar dan sehat, sambal ini tak kalah pedasnya dibandingkan dengan sambal lain pada umumnya.

Bahan dan cara membuatnya pun hampir sama dengan sambal pada umumnya. Hanya saja sambal tomat ini menggunakan tomat dalam jumlah yang lebih banyak sehingga rasa tomat pada sambal ini sangat kuat.

8. Sambal Goang

Sambal Goang

* sumber: id.tastemade.com

Sambal goang merupakan salah satu sambal khas Nusantara tepatnya berasal dari daerah sunda. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas karena dalam pembuatannya, sambal ini tanpa dimasak terlebih dahulu atau dihidangkan secara mentah.

Cara membuatnya yang sederhana tanpa harus dimasak terlebih dahulu menjadi poin lebih dari sambal ini karena lebih praktis serta menyuguhkan rasa dan aroma cabainya yang lebih kuat.

9. Sambal Oncom

Sambal Oncom

* sumber: bisikan.com

Ada yang belum tahu apa itu oncom? Ya, oncom merupakan makanan yang berasal dari fermentasi pada proses pembuatan tempe yang populer di daerah Jawa Barat.

Oncom ini seringkali dibuat berbagai olahan lezat yang salah satunya adalah sambal oncom. Sambal oncom memiliki rasa lezat pedas manis dengan teksturnya yang lembut. Biasanya sambal oncom ini dijadikan sebagai makanan pelengkap nasi.

Tak hanya nasi, bahkan makanan lezat asal Purwakarta bernama “maranggi” juga menggandeng sambal oncom sebagai pelengkap rasanya, lho.

10. Sambal Bajak

Sambal Bajak

* sumber: katalogkuliner.com

Di poin terakhir, ada sambal Bajak yang tak kalah populer dari sambal lainnya. Sambal bajak ini dibuat dengan bahan yang hampir sama dengan sambal pada umumnya yaitu cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, dan lengkuas.

Sambal ini dibuat dengan cara diulek hingga benar-benar halus. Uniknya, sambal ini dibuat tidak terlalu pedas agar semua kalangan dapat merasakan kelezatan dari sambal bajak ini.

Sambal yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sangat cocok dihidangkan dengan  beberapa lalapan khas Indonesia seperti jengkol, petai, dan mentimun.

Itu dia beberapa macam sambal yang ada di Indonesia. Sambal-sambal tersebut tentunya memiliki cita rasa khas Nusantara karena dibuat dengan campuran beberapa rempah khas lokal yang akan membuat sambal tersebut memiliki rasa pedas dan lezat.

Meskipun memiliki rasa yang lezat berkat kepedasannya, akan tetapi jangan sembarangan, ya dalam mengonsumsi sambal ini karena berpotensi menimbulkan gejala sakit perut dan penyakit pencernaan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, pastikanl kamu mengonsumsi sambal ini dalam jumlah yang cukup tanpa berlebihan. Jika ingin mengonsumsi sambal instan, cek artikel merk sambal paling enak ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar