Bacaterus / Roti / Yuk, Ketahui 8 Jenis Roti Paling Populer di Dunia Ini

Yuk, Ketahui 8 Jenis Roti Paling Populer di Dunia Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2019

Roti merupakan salah satu jenis makanan yang populer dijadikan menu sarapan di Negara Eropa. Karena bentuknya yang simple dan praktis itulah, roti sangat cocok untuk disantap secara cepat terutama bagi masyarakat perkotaan yang super sibuk. Namun, roti yang kita ketahui saat ini mungkin hanya sebatas roti tawar atau roti gandum saja, karena biasanya mudah ditemukan di minimarket.

Padahal ada beberapa jenis roti populer yang tidak kalah enak dan memiliki ciri khas yang unik. Mau tau apa saja jenis-jenis roti tersebut? Yuk, ketahui 8 jenis roti populer di dunia yang sudah dirangkum Bacaterus berikut ini.

1. Croissant

Croissant

* sumber: www.kingarthurflour.com

Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, roti croissant dapat dengan mudah ditemukan di beberapa café atau toko roti. Roti yang berbentuk unik seperti bulan sabit ini dikenal berasal dari negara Perancis. Namun nyatanya, roti cantik dan harum ini bukan berasal dari Perancis, melainkan berasal dari Austria.

Roti croissant dibuat dari adonan puff pastry yang membuat rasanya sangat empuk. tekstur roti ini tidak terlalu padat, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai sandwich untuk sarapan. Kulitnya yang renyah dan bagian dalamnya yang tidak terlalu padat ini akan mudah retak saat ditekan. Biasanya roti ini disajikan dengan isian daging, selada, atau telur orak arik. Roti croissant sangat cocok untuk dinikmati dengan ditemani secangkir teh atau kopi di pagi hari.

2. Bagel

Bagel

* sumber: www.chefsteps.com

Roti yang berasal dari Eropa Timur ini memiliki bentuk seperti donat, namun bagel memiliki ukuran yang lebih besar dari donat. Tidak hanya itu, perbedaan lainnya terletak pada cara mengolahnya. Jika donat umumnya di goreng, bagel diolah dengan cara di panggang. Roti bagel ini belum begitu populer di Indonesia. Roti bagel populer dijadikan sarapan di kota Eropa dan Amerika Serikat.

Tekstur bagel terasa agak keras ketika menggigitnya, namun saat dikunyah akan terasa kenyal dan lembut dibagian dalam roti. Pada dasarnya, roti ini berasa tawar. Roti yang diolah dari adonan tepung terigu, gandum, dan ragi ini cocok banget untuk sarapan. Untuk membuatnya lebih nikmat, biasanya roti bagel disajikan dengan cara dibelah dan diolesi keju krim dan taburan daun parsley.

3. Pita

Pita

* sumber: www.myjewishlearning.com

Roti khas Timur Tengah ini memiliki bentuk yang unik seperti bola plastik yang kempes. Sehingga roti pita ini memiliki kantung di tengahnya yang disebabkan oleh proses pembakaran dengan suhu tinggi. Roti pita biasanya dijaidkan sebagai roti isian atau sebagai kantong makanan. Umumnya roti pita digunakan untuk membungkus Falafel, Shaksuka hingga kebab.

Uniknya, karena bentuknya yang cekung tersebut, roti ini bisa dipakai sebagai pengganti sendok dengan cara dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Bahkan roti ini juga bisa digunakan sebagai roti dasar pizza. Bagaimana? tertarik untuk mencobanya?

4. Bialy

Bialy

* sumber: www.karenskitchenstories.com

Roti yang berasal dari Polandia ini memiliki bentuk yang sama dengan roti bagel, namun tidak berlubang, bagian tengah roti ini lebih mirip dengan kawah. Biasanya bagian atas roti bialy diisi dengan bawang bombai dan sedikit daging. Bagian luar roti ini memiliki tekstur yang matte, dan tidak berkilau. Bentuknya yang menggelembung besar menjadi ciri khas dari roti bialy.

Terdapat dua cara menikmati roti bialy. pertama memakannya langsung dalam keadaan hangat dan segar, sehingga akan terasa lebih gurih karena menteganya yang masih menggenang di bagian tengah. Dan kedua, bisa juga diiris menjadi dua bagian.

5. Challah

Challah

* sumber: www.thespruceeats.com

Roti challah memiliki bentuk yang unik seperti rambut yang dikepang atau ditumpuk. Roti yang berasal dari Eropa Timur ini terbuat dari telur, mentega dan gula yang memiliki tekstur sangat empuk. Terkadang roti ini juga diolah dengan campuran madu atau sirup sebagai pemanisnya.

Roti challah dibuat dengan cara digulung terlebih dahulu dan dibubuhi biji wijen sebelum dibakar. Roti manis ini cocok banget disantap saat sarapan maupun sebagai cemilan di sore hari.

6. Baguette

Baguette

* sumber: www.kingarthurflour.com

Roti yang memiliki bentuk panjang ini adalah roti tradisional khas Negara Perancis. Teksturnya yang keras, renyah, dan sedikit padat ini umumnya disajikan dengan cara dibelah menjadi beberapa lapisan.

Warnanya yang kecokelatan dan memiliki lubang-lubang ini biasanya memiliki panjang sekitar 55 – 65 cm dengan berat standar 250 – 300 gram per buah. Dan biasanya roti baguette disajikan dengan sup atau dipanggang dengan diberi aneka macam topping sesuai selera.

Orang-orang eropa biasanya menyantap roti ini untuk disajikan sebagai sandwich untuk makan siang. Yang membuat roti ini spesial adalah baguette tidak boleh menggunakan bahan pengawet, oleh karena itu baguette dipanggang setiap hari dan disajikan secara fresh. Di Eropa, roti baguette yang enak adalah yang dibuat handmade, bukan buatan pabrik.

7. Breadsticks

Breadsticks

* sumber: www.kingarthurflour.com

Roti breadstick memiliki bentuk yang panjang mirip dengan roti baguette. Namun roti ini biasanya disantap sebagai cemilan atau hidangan pembuka di restoran Italia dengan tujuan supaya pengunjung yang datang tidak bosan namun tidak kekenyangan saat menunggu makanan datang.

Bentuknya mirip dengan kue cheese stick dan memiliki tekstur yang garing dan renyah. Tidak hanya disajikan polos, roti breadsticks juga bisa disajikan dengan aneka rasa seperti wijen, bawang, atau rempah dedaunan.

8. English Muffin

English Muffin

* sumber: www.tastingtable.com

Roti mungil yang berbentuk bulat pipih ini terbuat dari tepung, susu, mentega, gula, dan ragi. Bentuknya yang sekilas mirip cupcake ini umumnya memiliki warna keemasan hingga cokelat tua. Roti English muffin juga bisa dijadikan sebagai sandwich atau sebagai pengganti roti burger.

Sebelum disajikan, roti ini dibelah dua, dipanggang, lalu diolesi mentega atau selai. Roti English muffin cocok banget dijadikan menu sarapan dengan tambahan daging, keju, dan telur.

Roti ini populer dikonsumsi oleh orang Australia, Kanada, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Inggris. Roti English muffin ini merupakan bahan penting dari egg benedict yakni hidangan tradisional Amerika. Roti English muffin memiliki jenis-jenisnya tersendiri yaitu gandum utuh, cranberry, apel, kayu manis, dan kismis. Dan ada juga yang dikreasikan dengan potongan cokelat, blueberry, atau buah kering.

Itulah beberapa jenis roti populer yang ada di dunia. Mungkin selama ini kamu hanya mengetahui sedikit jenis roti, tapi sekarang kamu sudah tahu beberapa jenis roti yang ada di dunia. Jika kamu penasaran dengan roti-roti di atas, kamu bisa mendapatkannya di café atau restoran tertentu yang ada di kota-kota besar. Atau kamu juga bisa berkreasi sendiri di rumah dengan membuatnya sendiri.

Jenis-jenis roti di atas sangat cocok dijadikan sarapan atau sebagai bekal untuk ke kantor. Kira-kira, jenis roti mana yang menjadi favorit kamu?

Jika kamu pernah merasakan salah satu roti di atas atau tahu tentang jenis roti lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom koementar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar