Bacaterus / Olahraga / Pemula Wajib Tahu! 10 Macam Pukulan dalam Tenis Meja

Pemula Wajib Tahu! 10 Macam Pukulan dalam Tenis Meja

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di Inggris, tenis meja merupakan olahraga yang sering dimainkan oleh masyarakat golongan kelas atas pada awal kemunculannya. Seiring dengan perkembangan zaman, olahraga ini banyak disukai oleh setiap lapisan masyarakat dari berbagai kalangan. Di Indonesia sendiri, olahraga ini sering disebut dengan permainan bola ping-pong.

Olahraga yang satu ini memang cukup populer di dunia. Bahkan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga yang sering dipertarungkan dalam kejuaran nasional maupun internasional. Nah, bila kamu termasuk salah satu penggemar olahraga tersebut.

Kali ini Bacaterus akan membahas beberapa jenis pukulan dalam tenis meja yang wajib untuk diketahui oleh para pemula. Pukulan apa saja itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Service

Service

Service merupakan jenis pukulan yang kerap digunakan dalam berbagai bidang olahraga seperti tenis lapangan, volly, badminton bahkan olahraga tenis meja. Servis sendiri adalah pukulan yang biasa digunakan untuk memulai pertandingan atau disebut juga sebagai pukulan bola pertama.

Dimana pemain memukul bola dengan mengarahkan ke arah meja terlebih dahulu sebelum akhirnya memantul ke arah meja lawan. Pukulan servis merupakan hal yang sangat penting bagi pemain. Pukulan servis sendiri dapat menentukan kendali permainan.

Dengan servis awal yang baik, diharapkan lawan akan kesulitan untuk mengembalikan bola. Hal tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi pemain.

2. Block

Block

Block merupakan teknik memukul yang dilakukan dengan tujuan untuk menghentikan bola. Pukulan ini biasanya digunakan untuk mengembalikan serangan bola drive atau bola dengan putaran atas. Gerakan block sendiri dilakukan ketika bola telah memantul dari meja supaya pihak lawan kesulitan ketika harus mengembalikan bola serangan.

Cara pukulan seperti ini sering pula disebut dengan block pendek karena gerakannya dilakukan di depan meja. Nah, teknik pukulan block sendiri terdiri dari 2 jenis gerakan yang biasa dilakukan oleh para pemain, yaitu forehand block dan backhand block.

3. Drop Shot

Drop Shot

Pukulan drop shot umum dilakukan dalam beberapa permainan seperti bulutangkis dan juga tenis lapangan. Pukulan drop shot sering disebut juga pukulan mengelabui karena pada prakteknya pukulan ini memiliki tujuan untuk mengarahkan bola sedekat mungkin pada net ketika pemain berada jauh di belakang meja.

Hal tersebut dilakukan agar lawan tak memiliki waktu untuk mengembalikan bola yang diterima. Pukulan jenis ini memang kerap digunakan dalam permainan tenis meja untuk mendapatkan skor kemenangan.

4. Push

Push

Pukulan selanjutnya yang sering dilakukan oleh para pemain tenis meja adalah teknik pukulan push. Pukulan push merupakan gerakan mendorong bola dengan sikap bet (pemukul) yang dipegang dalam kondisi terbuka. Teknik sering dilakukan untuk mengembalikan pukulan push atau chop pihak lawan.

Teknik push sendiri merupakan pengembangan dari teknik pukulan block yang cukup efektif membuat lawan kewalahan. Pukulan jenis ini sendiri terdiri dari 2 jenis pukulan, yaitu backhand push dan forehand push. Untuk menggunakan pukulan ini kamu juga perlu memperhatikan dengan teliti arah datang bola serta menyesuaikan kekuatan saat memukul agar menghasilkan pukulan yang sempurna.

5. Spin

Spin

Salah satu pukulan yang juga cukup efektif mencetak skor adalah dengan melakukan pukulan spin. Gerakan pukulan yang satu ini memang lebih memfokuskan pada pukulan backhand atau forehand. Para pemain biasnya mengatur kemiringan bet untuk mengatur perubahan arah bola yang diberikan oleh pihak lawan.

Gerakan dalam pukulan spin sendiri terdiri dari tiga, yaitu sidespin (Menyapu bola dengan gerakan menyamping), topspin (Memukul bila dari bawah belakang), dan backspin (Memukul bola dari atas belakang serta mendorongnya ke depan dan bawah).

6. Counter Hitting

Counter Hitting

Counter hitting termasuk teknik pukulan dimana para pemain harus cermat saat melakukannya. Hal tersebut karena pemain hanya memiliki waktu sedikit untuk menyambut pukulan berikutnya yang akan datang. Oleh sebab itu para pemain harus memperhitungkan waktu yang tepat agar saat melakukan counter hitting, ia bisa dengan sigap kembali ke posisi untuk melakukan pukulan kembali.

Gerakan counter hitting sendiri bisa dilakukan dengan cara forehand, yaitu posisi tubuh pemain sedikit menyamping, sementara bet pada posisi siap untuk memukul. Sementara backhand, yaitu posisi square dengan lutut bengkok, serta memegang bet tepat di depan badan.

7. Chop

Chop

Pukulan yang satu ini biasa dilakukan seperti seseorang yang sedang menebas pedang. Pukulan jenis ini merupakan pukulan yang biasa digunakan untuk mengembalikan serangan bola dari pihak lawan serta untuk menyambut bola yang sulit untuk dikembalikan.

Gerakan ini terbagi menjadi dua, yaitu backhand chop, dimana posisi pemain menempatkan bet di depan dan sedikit condong ke atas. Sementara forehand chop, pemain menempatkan posisi bet sedikit terbuka. Kemudian gerakan bet diarahkan ke depan namun sedikit condong ke bawah.

8. Smash

Smash

Pukulan smash adalah gerakan memukul yang cukup tajam dengan kecepatan pengembalian bola yang sangat kuat ke arah meja lawan. Gerakan pukulan yang satu ini dilakukan untuk mengembalikan bola yang tinggi atau melambung ke atas yang diberikan pihak lawan. Pukulan ini memang cukup efektif untuk menghasilkan skor.

Meskipun demikian perlu kemahiran para pemain dalam membuat strategi agar pihak lawan melakukan pukulan melambung. Sehingga teknik pukulan smash bisa dilakukan. Teknik pukulan smash sendiri dikenal pula pada permainan badminton dan juga tenis lapangan.

9. Drive

Drive

Teknik pukulan selanjutnya adalah pukulan drive. Pukulan drive adalah pukulan cepat, tajam dan dalam posisi datar. Para pemain bisa melakukan pukulan ini dengan cara menggerakkan bet dalam kondisi tertutup dari bawah menyamping ke atas.

Kondisi ini terkadang menimbulkan perubahan posisi bet yang dipegang sehingga membuat pelakunya akan sedikit kesulitan melakukan kontak dengan bola. Meskipun begitu, teknik yang satu ini cukup memiliki kelebihan diantaranya pemain dapat mengontrol bola dengan sangat mudah. Sehingga akan menyudutkan lawan.

10. Lob

Lob

Teknik pukulan ini diberikan untuk memberi kesulitan pada lawan yang sedang berada dalam posisi pertahanan. Pukulan lob sendiri merupakan pukulan bola melambung ke meja lawan. Teknik yang satu ini memang cukup bisa membuat pihak lawan tak berkutik.

Pukulan lob sendiri biasa untuk menangkis pukulan smash yang diberikan pihak lawan. Pukulan ini sering juga disebut sebagai pukulan bertahan. Ketinggian dalam melambungkan bola pun bisa disesuaikan dengan kemampuan pengembalian bola dari musuh. Ketinggiannya sendiri antara 2-4 meter.

Nah, demikianlah 10 macam pukulan dalam tenis meja yang wajib para pemula ketahui. Ketekunan dalam berlatih mampu meningkatkan kemampuan permainan seseorang. Sehingga alangkah baiknya selain mengetahui teknik dasar juga dibarengi dengan pola latihan yang disiplin. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi kamu yang ingin mencoba hobi baru bermain tenis meja.

Kunjungi artikel merk raket badminton ini jika kamu sedang mencari raket badminton yang bagus.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *