Bacaterus / Sayuran / 10 Macam Teknik Memotong Sayuran yang Harus Kamu Ketahui

10 Macam Teknik Memotong Sayuran yang Harus Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Pernah ga sih kamu memperhatikan potongan makanan yang kamu makan? Khususnya sayuran ya. Untuk satu sayuran saja ternyata banyak teknik yang bisa digunakan untuk memotongnya, lho. Belum lagi sayuran ada banyak sekali jenisnya.

Dalam dunia tata boga, teknik memotong sayuran memang banyak sekali jenisnya. Potongan sayuran tersebut bukan sekedar hanya asal-asalan, tapi untuk mempermudah ketika proses memasak, presentasi akhir makanan dan rasa dari makanan itu sendiri.

Buat yang hobi masak pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis potongan sayuran, tapi mungkin tidak tahu nama-nama dari potongan tersebut. Nah kali ini akan dibahas mengenai macam-macam teknik dasar memotong sayuran yang umum dipakai dan umum ditemukan. Yuk, simak pembahasannya.

1. Slice

Slice

* sumber: www.greendinnertable.co.nz

Slice merupakan potongan sayuran yang paling sering ditemukan dan sangat dasar sekali. Slice atau iris merupakan teknik memotong secara horizontal atau miring dengan merata. Potongannya bisa berukuran irisan tebal atau tipis.

Biasanya potongan ini umum ditemukan pada timun, tomat, wortel, lemon, bawang dan lain sebagainya. Cara memotongnya mudah sekali, kamu tinggal memotong sayuran atau buah dengan ukuran irisan sesuai yang kamu inginkan tapi biasanya tipis dan tidak terlalu tebal.

2. Chiffonade

Chiffonade

* sumber: www.thespruceeats.com

Nah, kalau chiffonade adalah potongan yang biasanya ditemukan pada sayuran seperti kol, sawi, seledri, daun herbal dan sebagainya. Bentuk dari potongan chiffonade adalah berupa irisan tipis melintang. Biasanya potongan sayuran yang menggunakan teknik ini ditemukan di makanan seperti bakwan atau salad.

Untuk memotong dengan teknik ini umumnya adalah dengan menggulung sayuran atau daun herbal terlebih dahulu, kemudian mengirisnya secara tipis-tipis hingga terbentuk irisan tipis melintang.

3. Jardiniere

Jardiniere

* sumber: www.foodnetwork.com

Jardiniere adalah potongan sayuran berbentuk balok. Umumnya ditemukan pada sayur wortel, lobak, dan kentang. Untuk membuat potongan jenis ini caranya adalah memotong sayur dengan ukuran panjangnya berkisar 3 cm terutama wortel atau lobak.

Kemudian iris sebagian sisi untuk dijadikan alas, agar tidak tergelincir ketika memotong bagian yang lainnya.  Lalu potong semua sisi hingga membentuk balok besar. Setelah itu potong kembali hingga ukurannya berkisar 3 cm x 1 cm x 1 cm. Biasanya potongan jenis ini ditemukan ada pada sayuran pendamping steak.

4. Julienne

Julienne

* sumber: www.thedailymeal.com

Julienne merupakan potongan sayuran yang kita kenal dengan potongan batang korek api. untuk membuat potongan ini bisa dengan memulai potongan jardiniere dan mengirisnya hingga berbentuk tipis memanjang. Ukurannya berkisar 3 cm x 1 mm x 1 mm.

Biasanya potongan ini mudah dijumpai pada bahan salad dan juga bakwan. Sayuran yang sering digunakan adalah wortel, lobak, timun dan lain sebagainya.

5. Dice

Dice

* sumber: industryeats.com

Dice atau yang dikenal dengan potongan dadu merupakan potongan basic yang cukup sering ditemukan juga. Nah untuk potongan dadu ini ada beberapa jenis dan ukuran yaitu: large dice, medium dice, dan small dice.

Large dice atau potongan sayur berbentuk dadu dengan ukuran 2 cm x 2 cm, kemudian medium dice ukurannya 1,2 cm x 1,2 cm dan small dice berukuran 6 mm x 6 mm. untuk membuatnya bisa dimulai dengan potongan jardiniere dan memotongnya berbentuk dadu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Biasanya potongan dadu pada sayur ini ditemukan pada sup, untuk pembuatan kaldu, nasi goreng, salad buah dan lain sebagainya. Sayuran yang digunakan biasanya kentang, wortel, lobak dan sayuran akar lainnya.

6. Brunoise

Brunoise

*Sumber: https://www.pinterest.com/pin/121034308711967135/

Brunoise mirip dengan potongan dadu, tapi ukurannya lebih kecil lagi yaitu sekitar 1mm x 1mm. untuk membuat potongan brunoise ini sebelumnya buatlah potongan jardiniere kemudian bentuk menjadi juliene dan dipotong berbentuk dadu kecil.

Potongan sayuran ini pun sama halnya dengan potongan dice mudah ditemukan pada wortel, kentang dan sayuran berakar lainnya. Untuk masakan mungkin kita sering menjumpainya pada risoles sayur.

7. Chopped

Chopped

* sumber: www.cookinglight.com

Chopped atau yang lebih kita kenal dengan potongan cincang yang tidak beraturan. Potongan ini ada yang berukuran halus dan juga kasar, tergantung dari jenis makanan yang akan dibuat.

Untuk membuat potongan ini umumnya untuk bawang putih digeprek dahulu kemudian dicincang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. untuk bawang bombai biasanya dibagi dua terlebih dahulu, kemudian membuat beberapa potongan dan irisan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Biasanya potongan ini sering dijumpai untuk bumbu masakan yang ditumis seperti bawang, atau kacang dengan ukuran cincang kasar sebagai topping es krim dan lain sebagainya.

8. Minced

Minced

* sumber: www.instructables.com

Minced ini mirip dengan chopped, tapi ukurannya lebih halus lagi. Sama halnya dengan chopped, biasanya potongan dengan teknik minced sering dijumpai untuk bumbu masakan, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai, jahe dan lain sebagainya.

Teknik ini digunakan untuk mengeluarkan rasa dari makanan tersebut, terutama pada bumbu masakan. Untuk mengeluarkan rasanya biasanya bumbu tersebut dimasak dengan minyak sehingga rasa dari bumbunya menyatu dengan minyaknya tersebut dan bisa merata ke seluruh makanan yang akan dimasak.

9. Paysanne

Paysanne

* sumber: theculinarycook.com

Potongan paysanne mirip dengan potongan slice. Potongan paysanne merupakan potongan dengan ukuran tipis sesuai dengan bentuk dari sayuran itu sendiri. Atau bisa juga dengan mengubahnya membentuk sayuran yang digunakan menjadi kotak, bunga dan lain-lain dan kemudian diiris tipis sekitar 12 mm x 12 mm x 4 mm saja.

Sayur yang biasanya digunakan untuk potongan ini adalah wortel atau lobak. Dan sering ditemukan pada makanan seperti sup.

10. Wedges

Wedges

* sumber: www.thekitchn.com

Pernah makan potato wedges? Nah jadi potato wedges itu bukan nama makanan tapi merupakan teknik memotong sayuran atau buah yang potongannya sesuai dengan bentuk juring sayur atau buah itu sendiri.

Biasanya selain pada kentang teknik memotong wedges ini juga  dijumpai pada apel, pir, tomat dan lain sebagainya. Potongan ini cukup mudah untuk dilakukan karena tinggal memotong sesuai dengan juring sayur atau buahnya saja mirip seperti bentuk bulan sabit.

Untuk belajar lebih lanjut, kamu bisa melihat video dibawah ini supaya tidak bingung dan dapat pencerahan:

Selain teknik memotong tadi, kamu juga harus memperhatikan alat pemotong yang kamu gunakan. Untuk papan alas pemotong atau talenan pastikan tidak licin atau bergeser. Kamu bisa mengakalinya dengan menaruh lap atau kain dibawah papan alas untuk memotongnya.

Kemudian kamu juga harus memperhatikan saat memegang pisau dan ketika memotong sayuran harus berhati-hati jangan sampai jari-jarimu terluka. Untuk melindungi jari-jarimu, kamu bisa menekuk jari-jarimu ke dalam seperti akan mencakar dan memegang sayuran atau makanan yang akan dipotong dengan teknik tersebut.

Nah itu dia macam-macam potongan pada sayuran yang bisa mulai kamu praktekan supaya makanan kamu terlihat lebih cantik dan menggugah selera. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat  dan menambah pengetahuanmu. Untuk yang mau menambahkan atau berkomentar bisa tuliskan di kolom yang tersedia ya. Jangan lupa untuk turut membaca artikel olahan masakan mudah yang dapat dibuat di rice cooker ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *