Bacaterus / Pisau / Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

Jangan Salah Pakai Pisau, Kenali 8 Jenis Pisau Berikut Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Salah satu peralatan dapur yang paling dasar dan penting adalah pisau. Saat menggunakan pisau, apakah kamu tahu jenis pisau tersebut dan apa fungsinya? Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa dengan menggunakan pisau yang tepat dapat meningkatkan persiapan makanan dan memasak dan salah pilihan pisau dapat menyebabkan kekacauan dan lebih buruk lagi, cedera.

Namun dengan banyaknya jenis pisau yang ada, kita malah jadi bingung untuk memutuskan pisau mana yang kita perlukan di dapur. Jadi, apakah kamu ingin tahu persis pisau apa yang kamu butuhkan di dapurmu? Berikut ini Bacaterus akan memberi panduan mengenai jenis-jenis pisau beserta fungsinya. Yuk, simak penjelasannya.

Bagian-Bagian Pisau

Bagian-Bagian Pisau

* sumber: www.foodfirefriends.com

Sebelum kita memulai mengenal jenis-jenis pisau beserta fungsinya, kita kenali dulu anatomi pisau. Berikut ini nama-nama bagian dari pisau.

  • Bolster umumnya ditemukan pada jenis pisau ditempa (forged), bentuknya tebal dan terletak di antara heel dan handle atau pegangan. Fungsinya adalah untuk membantu menyeimbangkan pisau, juga untuk mencegah pisau terlepas dari tangan pemegangnya.
  • Butt adalah bagian paling ujung dari pegangan pisau.
  • Edge adalah bagian bilah pisau yang diasah yang memanjang dari heel sampai tip. Sangatlah penting mempertahankan ujung pisau tetap tajam untuk keamanan pengguna pisau dan efektivitas penggunaan.
  • Handle atau pegangan, dikenal juga dengan istilah “scales”, memberikan permukaan pegangan untuk pisau.
  • Rivets biasanya dipasang pada pisau yang memiliki dua lempengan handle atau pegangan. Fungsinya untuk menyatukan kedua bagian dan menahan bilau pisau di dekat tang.
  • Heel adalah bagian belakang bilah pisau. Bagian ini sering digunakan untuk memotong produk yang tebal atau keras yang memerlukan kekuatan lebih banyak.
  • Point berfungsi sebagai alat penusuk.
  • Spine adalah bagian atas dari bilah pisau yang letaknya berseberangan dengan edge.
  • Tang adalah bagian bilah pisau yang memanjang sampai ke handle atau pegangan dan membantu memberikan keseimbangan. Pisau dengan tang penuh dianggap unggul dalam keseimbangan dan daya tahan. Pisau dengan tang setengah kurang tahan lama tetapi lebih ekonomis.
  • Tip adalah bagian depan pisau yang melakukan kegiatan potong-memotong dan memisahkan. Ujung yang tajam sangat ideal untuk menusuk dan memotong kecil-kecil. Tip yang bulat cocok untuk memotong atau mengiris tipis.

Jenis-jenis Pisau yang Paling Banyak Digunakan

1. Chef’s Knife

Pisau Koki

* sumber: www.buckknives.com

Dikenal juga sebagai “cook’s knife” atau pisau masak, “Chef’s Knife” atau pisau Koki merupakan salah satu jenis pisau yang paling banyak digunakan dan barang paling penting dalam satu set pisau. Pisau koki bisa digunakan untuk hampir semua tugas dapur, dari mulai mengiris daging, memotong tomat atau tahu, dan mengiris steak. Itulah mengapa pisau koki menjadi barang yang wajib dimiliki

Pisau koki dapat dijumpai dalam ukuran mulai dari 6 inci sampai 14 inci. Ukuran yang paling umum adalah 8 inci sampai 12 inci. Umumnya pisau koki merupakan pisau dengan bilah pisau yang lebar kemudian meruncing ke atas yang memungkinkan pisau mengayun ke belakang dan depan untuk mencincang dengan cepat.

Pisau yang memiliki ukuran lebih panjang artinya dapat mengiris dengan lebih cepat dan mudah. Namun jika tangan kamu kecil, pisau yang lebih pendek akan lebih mudah digunakan. Pisau koki bisa berupa pisau dicetak (stamped) atau ditempa (forged). Tipikal pisau koki tidak bergerigi atau memiliki gigi berlekuk. Namun ada juga beberapa merk yang membuat pisau koki yang bergerigi. Beli chef’s knife di Bukalapak melalui link ini.

2. Utility Knife

Pisau Utilitas

* sumber: www.coldsteel.com

Utility Knife atau pisau utilitas ukurannya lebih kecil dan ringan dari pisau koki, tetapi lebih besar dari paring knife atau pisau pengupas sehingga lebih serbaguna. Pisau ini digunakan untuk tugas-tugas memotong yang lebih ringan. Ukuran umum panjang pisau ini antara 4 dan 7 inci. Pisau utilitas cocok untuk tugas sehari-hari seperti memotong sayuran, mengiris daging, atau memotong keju.

Pisau utilitas sering dibuat dengan tepian yang bergelombang agar lebih fleksibel ketika memotong. Pisau ini ideal untuk memotong sayuran lunak dan keras. Pisau utilitas dengan ukuran 6 inci paling efisien untuk mengiris buah dan sayuran yang tidak terlalu keras,  di antaranya labu dan tomat.

Pisau dengan ukuran 6 inci juga cocok untuk memotong kepala selada menjadi irisan, menyiapkan kubis untuk diiris kecil-kecil, memotong jeruk jadi dua dan lain sebagainya. Pisau utilitas yang terbuat dari stainless steel lebih cocok untuk memotong buah yang asam. Utility knife bisa dibeli di Bukalapak lewat link ini.

3. Santoku Knife

Santoku Knife

* sumber: www.thespruceeats.com

Pisau Santoku adalah pisau koki barat dalam versi Jepang. Santoku sendiri artinya “tiga kebajikan”, yaitu menyayat, memotong dan mengiris. Menggabungkan fitur pisau koki dan pisau Cleaver membuat pisau santoku menjadi pisau yang sangat bagus. Pisau ini sangat ideal digunakan untuk memotong sayuran. Bilah pisaunya dapat menyendok makanan yang diiris-iris di atas talenan kayu.

Pisau ini cocok dengan sebagian besar bahan makanan dan pilihan yang ideal untuk orang dengan tangan lebih kecil. Terkadang pisau santoku dibuat dengan tepi berongga, yang memungkinkan pisau ini untuk memotong daging dan bahan lengket lainnya lebih cepat, dengan lebih presisi, dan dengan lebih sedikit robekan. Dapatkan pisau santoku dari berbagai merk di Bukalapak melalui link ini.

4. Boning Knife

Boning Knife

* sumber: www.wusthof.com

Pisau boning didesain dengan bilah pisau yang runcing tipis dengan panjang sekitar 4.7 inci. Bilah dan terutama ujungnya harus sangat tajam. Bilahnya pisau ini bisa kaku dan bisa juga fleksibel. Beberapa pisau boning memiliki mata pisau yang lurus. Ada juga pisau dengan bilahnya yang  mengarah ke atas.

Pisau Boning adalah jenis pisau daging lainnya. Fungsi pisau boning untuk memisahkan daging dari tulang, membuat ikan fillet, dan memotong daging. Pisau yang lebih kuat akan lebih efektif untuk memotong daging sapi, sedangkan pisau yang lebih fleksibel akan lebih cocok untuk memotong ayam.

Pisau yang sangat fleksibel yang disebut pisau fillet lebih ideal untuk ikan yang mudah hancur. Kunjungi Bukalapak untuk beli pisau boning di link ini.

5. Bread Knife

Bread Knife

* sumber: www.cutleryandmore.com

Pisau roti terlihat seperti pisau utilitas dengan ukuran lebih panjang, versi pisau utilitas bergerigi banyak. Ujungnya yang bergerigi secara khusus didesain untuk mengiris roti tanpa membuat roti menjadi rusak. Tepinya yang bergerigi juga bagus untuk mencengkeram makanan dengan permukaan yang lunak atau licin seperti semangka dan nanas.

Umumnya pisau ini memiliki ukuran mulai dari 7 hingga 10 inci. Pisau roti, selain digunakan untuk memotong roti, dapat juga digunakan untuk kue, dan terkadang unggas, daging, dan makanan laut. Mereka didesain  dengan cara yang memungkinkan orang untuk mengiris roti tanpa menekan atau  untuk mengiris roti tanpa menekan atau mencengkeramnya. Yuk, beli pisau roti di Bukalapak dengan klik link ini.

6. Cleaver Knife

Cleaver Knife

* sumber: www.sabatier-shop.com

Pisau cleaver biasanya adalah pisau paling besar dan berat yang ada di dapur. Tipikal pisau cleaver memiliki spine atau punggung pisau yang tebal. Pisau ini adalah pisau yang kuat sehingga dapat memotong tulang dan daging. Pisau cleaver juga dapat digunakan memotong bahan keras dan tebal seperti labu atau labu kuning.

Walaupun pisau cleaver bukan bagian dari pisau koki tradisional, tapi pisau ini sangat berguna dan serbaguna. Pisau jenis ini telah menjadi bagian dari tradisi Eropa. Pisau koki Portugis dan Spanyol yang pendek dan dalam memiliki pola yang sangat mirip dengan pisau ini, juga memiliki bilah pisau yang melengkung, cocok untuk menghasilkan potongan yang halus. Beli pisau ini di Bukalapak lewat link ini.

7. Paring Knife

Paring Knife

* sumber: www.almarknives.com

Pisau Paring atau pisau pengupas pisau ukurannya pendek antara 2 hingga 4 inci dan digunakan untuk mengupas dan memotong sayuran dan buah-buahan. Pisau kecil ini cocok untuk mengupas, mengiris buah-buahan kecil dan sayuran serta memangkas. Pisau ini sangat berguna untuk memudahkan orang memotong dengan presisi.

Kegunaan lain dari pisau pengupas atau paring, selain untuk mengupas dan memotong, adalah untuk kerja kreatif seperti mengukir sayuran dan buah-buahan. Jika kamu perlu pisau yang untuk mencincang makanan yang mungkin terlalu kecil untuk pisau koki maka pisau paring adalah pilihan yang sempurna. Saatnya beli pisau pengupas di Bukalapak melalui link ini.

8. Fillet Knife

Fillet Knife

* sumber: www.rapala.com

Walaupun tampak mirip dengan pisau boning, ada perbedaan tajam antara pisau fillet dengan pisau boning. Pisau boning cenderung lebih tebal dan memiliki kekuatan yang lebih baik karena pisau boning didesain untuk memisahkan daging dari tulang. Sementara itu, pisau fillet biasanya lebih tipis dan panjang, dan lebih fleksibel dan dibuat untuk mengiris ikan tipis-tipis.

Pembuat pisau terkadang menggabungkan keduanya, sehingga munculnya pisau fillet boning. Jika pekerjaanmu berhubungan dengan ikan dan makanan laut maka memiliki pisau ini adalah suatu keharusan. Pisau fillet terbaik dapat diperoleh di Bukalapak lewat link ini.

Setelah membaca informasi di atas, kira-kira pisau mana yang kamu miliki di rumah? Untuk pekerjaan di dapur, manakah pisau yang lebih kamu sukai, pisau koki atau santoku? Bagikan komentarmu di bawah ini. Bingung memilih merk pisau? Kunjungi artikel merk pisau yang bagus untuk mencari referensi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar