Bacaterus / Permen / 7 Macam Permen yang Paling Enak dan Disukai di Dunia

7 Macam Permen yang Paling Enak dan Disukai di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2019

Di dunia ini terdapat beberapa macam permen yang dapat dibedakan dari tekstur, mulai dari lunak dan kenyal hingga keras dan rapuh, bahan, konsentrasi gula, warna, jenis gula yang digunakan, dan lain sebagainya. Setiap negara juga kemungkinan memiliki permen dengan citarasa lokal masing-masing.

Permen umumnya dibuat dengan cara melarutkan gula dalam air atau susu. Makanan ini sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di berbagai tempat, mulai dari warung kecil hingga toko-toko makanan besar. Berikut adalah beberapa macam-macam permen yang terdapat di pasaran dunia yang menarik untuk diketahui.

1. Permen Karamel

* sumber: commons.wikimedia.org

Permen karamel adalah sejenis permen yang pertama kali mendapatkan popularitas kira-kira di pertengahan abad ke-19, di mana produsen permen di Amerika banyak yang membuat permen karamel di samping permen keras. Hingga saat ini permen karamel sudah mendunia dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko makanan.

Karamel sendiri secara singkatnya dibuat dengan cara memasak gula dan air secara bersamaan. Akan tetapi, terdapat berbagai jenis permen karamel yang dibuat dengan bahan-bahan dasar seperti susu, susu kental, sirup jagung, gula, minyak, mentega, dan molase.

Di sini susu dan susu kental berperan mencegah karamel berubah menjadi permen keras, sedangkan sirup jagung dan sirup gula digunakan untuk menambah rasa manis berbagai jenis karamel. Agar permen karamel tetap mampu mempertahankan sifat elastisnya, maka lemak juga perlu dimasukkan ke dalam adonan.

Kira-kira hingga saat ini terdapat ratusan atau bahkan mungkin ribuan jenis rasa, tekstur, dan kekenyalan dari berbagai jenis permen karamel. Jika rasa dan tekstur lebih dipengaruhi oleh bahan-bahan pembuatannya, maka kekenyalan dapat dipengaruhi oleh proses memasaknya.

2. Permen Coklat

* sumber: pixabay.com

Permen coklat adalah jenis permen yang salah satu bahan baku utamanya adalah coklat yang diproduksi dari biji kakao. Permen ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan lezat. Permen coklat biasanya berbentuk keras (tapi tidak terlalu keras) yang dapat dikunyah secara langsung dan dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis-jenis permen yang lain.

Bentuk permen coklat yang umum ditemukan di pasaran biasanya adalah bulat yang ukurannya pas dimulut. Bentuk-bentuk tertentu dari cokelat manis batangan yang biasa digunakan dalam masakan maupun untuk konsumsi secara langsung juga dapat dianggap sebagai jenis permen, meskipun tidak diberi label atau dijual seperti itu.

Meskipun permen coklat dapat dibeli dengan mudah di toko-toko makanan, Anda dapat membuat jenis permen ini sendiri di rumah dengan mudah. Bahkan membuat permen coklat sendiri dapat dijadikan peluang usaha karena penggemar coklat terbilang banyak di luar sana.

3. Permen Jelly

* sumber: pixabay.com

Permen jelly adalah salah satu permen yang disukai oleh anak-anak. Selain rasanya yang manis, permen ini populer karena memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda. Permen unik yang terdiri dari gelatin, pemanis, perasa, dan pewarna ini dapat dicetak menjadi ribuan bentuk, di mana yang paling terkenal adalah bentuk beruang atau dikenal sebagai gummy bear.

Permen jelly sendiri pertama kali dikembangkan di awal abad ke 20 di negara Jerman. Hingga kini permen jelly sudah tersebar ke berbagai wilayah lain di dunia dan menjadi salah satu permen yang paling populer, terutama gummy bear.

Sebagai info, permen gummy bear pertama kali dibuat pada tahun 1922. Awalnya permen ini dijual dengan sebutan “dancing bear“, tetapi kemudian berubah menjadi gummy bear hingga saat ini. Rincinya, gummy bear tradisional terbuat dari campuran gula, sirup glukosa, pati, penyedap, pewarna makanan, asam sitrat, dan gelatin.

4. Permen Keras

* sumber: pixabay.com

Permen keras adalah jenis permen lainnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Permen manis yang larut perlahan di dalam  mulut ini datang dalam varian rasa dan warna yang beda-beda. Permen keras biasanya dibuat bulat pipih kecil agar mudah diemut di dalam mulut. Permen keras juga ada yang dibuat dengan stik yang dikenal dengan permen loli atau lolipop.

Permen keras umumnya terbuat dari gula dan sirup jagung yang direbus tanpa kristalisasi. Gula yang digunakan untuk membuat permen keras bermacam-macam, seperti sirup sukrosa, glukosa, fruktosa atau gula lainnya. Selain itu, terdapat pula permen keras yang dibuat tanpa menggunakan gula alias sugar free.

Harga permen keras umumnya lebih terjangkau dibanding jenis permen lain dalam daftar ini. Bahkan hanya dengan Rp 1rb saja Anda sudah bisa mendapatkan beberapa biji permen keras.

5. Permen Akar Manis

* sumber: pixabay.com

Permen akar manis atau licorice adalah permen semi-lunak yang dibuat dari ekstrak tanaman akar manis glycyrrhiza glabra. Saat ini permen akar manis sudah diproduksi di banyak negara di dunia. Di Indonesia mungkin cukup sulit menemukan permen ini di warung-warung, tetapi Anda bisa membelinya dengan mudah secara online.

Permen akar manis umumnya terbuat dari tiga bahan utama, yaitu ekstrak akar manis, gula, dan pengental, seperti pati tepung jagung atau gelatin. Bahan-bahan lain juga sering ditambahkan, baik sebagai perisa tambahan, pengkilat permen, dan lain-lain. Permen licorice yang beredar di pasaran umumnya dilabeli sebagai permen pereda tenggorokan.

6. Permen Karet

* sumber: pixabay.com

Permen karet adalah jenis permen kunyah yang keberadaannya cukup mudah ditemukan. Permen ini juga datang dengan berbagai rasa dan warna. Permen karet tidak boleh dimakan karena tidak dapat dicerna dan tidak larut dalam air. Jadi, setelah rasanya habis, permen karet harus dibuang (pada tempatnya).

Karena rahasia dagang, tidak disebutkan secara terperinci apa saja bahan-bahan untuk membuat permen karet. Namun permen karet umumnya terdiri dari bahan pengisi, pengemulsi, pelembut, dan elastomer (yang memberikan sifat elastis pada permen karet). Harga permen karet juga cukup terjangkau dan sering dijual di warung-warung kecil.

7. Permen Kapas

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/pasa/

Permen yang terbuat dari gula ini adalah makanan populer yang biasa ditemukan di karnaval dan taman hiburan. Permen ini dibuat langsung di tempat menggunakan mesin yang diputar secara manual atau otomatis. Permen kapas memiliki bentuk yang mengembang dan besar, tetapi tetap dapat menyusut kembali.

Permen kapas juga biasa dijual dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda. Beberapa penjual permen kapas adalah seniman handal karena dapat membuat permen kapas menjadi aneka macam bentuk yang diinginkan oleh pembelinya. Harga permen ini bisa cukup bervariasi tergantung tingkat kesulitan membuatnya.

Nah, itulah beberapa macam-macam permen yang ada di pasaran dunia. Di Indonesia Anda dapat menemukan permen-permen di atas dengan citarasa lokal, seperti permen karamel dan keras rasa jahe, permen asem, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Negara-negara lainnya juga pasti memiliki permen dengan citarasa lokalnya sendiri, sehingga membuat permen menjadi semakin beraneka ragam. Bahkan tidak jarang orang yang jalan-jalan ke luar negeri membawa oleh-oleh berupa permen lokal yang di antara rasanya ada yang tidak cocok dengan lidah orang Indonesia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar