Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Macam-Macam Pepes yang Lezat Dan Terkenal di Indonesia

Macam-Macam Pepes yang Lezat Dan Terkenal di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pepes merupakan salah satu makanan yang identik dengan makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang. Dengan bumbu rempah yang berlimpah dan wangi khas dari daun pisang itu sendiri. Uniknya lagi, pepes di beberapa daerah rasanya bisa berbeda dengan ragam bahan utama.

Karena pepes dikenal dengan makanan yang cukup ribet untuk dimasak, makanya tidak terlalu banyak yang mau membuat pepes ini. Tapi meskipun cukup ribet untuk memasaknya, banyak pecinta kuliner yang menyukai pepes karena rasanya yang lezat.

Variasi bumbu pepes yang sering digunakan biasanya pepes bumbu kuning, pepes bumbu putih atau merah. Dengan rasa yang ringan dan pedas atau rasa yang ringan dan sedikit manis. Juga pepes dengan bumbu halus atau bumbu iris.

Umumnya pepes terbuat dengan bahan utamanya adalah ikan. Tapi banyak variasi bahan lainnya yang dapat dijadikan bahan untuk pepes. Berikut ini akan dijelaskan mengenai macam-macam pepes yang lezat dan terkenal di Indonesia. Kira-kira, mana pepes favoritmu?

1. Pepes Ikan

Pepes dengan bahan ikan memang sudah umum ditemukan. Berbagai macam ikan pun kerap dijadikan pepes. Umumnya bahan ikan yang sering dijadikan pepes adalah :

  • Pepes Ikan Mas
Pepes Ikan Mas

* sumber: thegorbalsla.com

Ikan mas, merupakan ikan yang sering dijadikan pepes di rumah makan Sunda. Untuk membuatnya terlebih dahulu ikan mas dibuang sisik dan juga isi perutnya. Lumuri dengan jeruk nipis dan juga garam dan biarkan hingga meresap, jangan lupa berikan beberapa guratan agar bumbu lebih meresap lagi.

Kemudian haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit. Balurkan bumbu yang telah halus tersebut ke ikan, dan bungkus dengan daun pisang. Jangan lupa juga masukan daun salam, serai, cabai rawit, tomat dan daun kemangi.

Setelah semua bahan dibungkus, kukus pepes ikan mas dengan api sedang selama kurang lebih 1 jam atau kira-kira sudah matang dan tercium aroma wangi. Setelah matang siap disajikan.

  • Pepes Ikan Teri Basah
Pepes Ikan Teri Basah

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oG6XXocgt-w

Ikan teri basah ini memang bisa dijadikan berbagai olahan, salah satunya adalah dijadikan pepes ikan teri. Ikan teri dengan tekstur yang lunak akan cepat menyerap bumbu jadi tidak memerlukan waktu lama untuk mengukus pepes ikan teri ini.

Untuk mengolahnya ikan teri dibersihkan terlebih dahulu dan diberi perasan jeruk nipis. Kemudian campurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas.

Jangan lupa tambahkan garam dan juga gula. Setelah semua tercampur rata, bungkus ikan teri beserta daun kemangi, juga tomat kedalam daun pisang, kemudian kukus selama kurang lebih 10 menit saja. Dan pepes ikan teri basah pun siap disajikan.

  • Pepes Telur Ikan
Pepes Telur Ikan

* sumber: sajiansedap.grid.id

Telur ikan yang memiliki rasa gurih dan juga unik ketika dimakan akan semakin nikmat ketika dijadikan pepes. Namun karena bau amis pada telur ikan cukup kuat, maka pemberian bumbu rempah yang memiliki wangi cukup kuat ini wajib dimasukkan agar menutupi bau amis tersebut.

Untuk mengolahnya terlebih dahulu jangan lupa telur ikan dibersihkan. Kemudian buat bumbu halus yang terdiri dari  bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, jahe dan garam.

Setelah bumbu halus siap, bisa mencampurkannya Bersama irisan cabai merah, cabai rawit, dan tomat. Juga rempah lainnya untuk menutupi amis seperti daun kemangi, daun salam, serai, lengkuas, dan juga daun jeruk.

Baca juga artikel resep pepes ikan tongkol untuk mengetahui cara membuat pepes ikan.

2. Pepes Ayam

Ayam pun sering menjadi salah satu bahan makanan yang dijadikan pepes. Hampir semua bagian ayam ini dapat dijadikan bahan pepes, seperti :

  • Pepes Daging Ayam
Pepes Daging Ayam

* sumber: blog.kulina.id

Untuk membuat pepes daging ayam jangan lupa bersihkan dahulu daging ayang yang sudah dipotong-potong. Kemudian campurkan dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe dan garam.

Iris bahan bumbu seperti lengkuas, daun bawang, dan tomat juga serai yang sudah dimemarkan dan daun salam. Kemudian bungkus daging ayam yang sudah dibumbui dengan bahan bumbu lain nya dan jangan lupa masukan daun kemangi.

Setelah itu baru dikukus dengan api sedang selama kurang lebih 1 jam atau sampai pepes daging ayam matang dan tercium wanginya.

  • Pepes Jeroan Ayam
Pepes Jeroan Ayam

* sumber: base-ec2.akamaized.net

Tidak hanya daging ayamnya yang bisa dijadikan bahan pepes, bahkan sampai jeroan ayam seperti hati ampela juga ususnya dapat dijadikan pepes. Untuk membuatnya tidak jauh berbeda dengan pembuatan pepes daging ayam.

Jika ingin memberi warna dan rasa yang berbeda bisa menambahkan cabai merah untuk memberikan warna merah dan juga rasa yang pedas pada pepes jeroan ayam ini. Dijamin pepes jeroan ayam ini akan bikin kamu ketagihan.

3. Pepes Tahu

Pepes Tahu

* sumber: blog.kulina.id

Tahu juga merupakan bahan makanan yang kerap dijadikan pepes. Pepes tahu ini sangat mudah ditemukan di rumah makan Sunda dan Jawa.

Cara membuatnya tidak seribet bahan lainnya, lho. Caranya adalah dengan menghaluskan tahu, kemudian campurkan bumbunya seperti bawang putih, bawang merah, bawang daun, kemangi agar lebih wangi, garam dan jika suka bisa menambahkan cabai rawit.

Setelah semua bahan tercampur rata tinggal dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai tercium wangi dari tahunya. Dan pepes tahu pun siap disajikan dan disantap.

4. Pepes Jamur

Pepes Jamur

* sumber: www.cookin.id

Jamur tidak hanya bisa dijadikan olahan untuk sayur, atau oseng jamur, tapi bisa juga dijadikan pepes. Untuk membuat pepes jamur biasanya jenis yang digunakan jamur tiram, jamur kuping atau jamur merang.

Bersihkan jamur terlebih dahulu dan belah menjadi beberapa bagian dengan ukuran sedang. Untuk bumbu halus pepes jamur cukup bawang merah, bawang putih, garam dan kemiri. Bumbu lainnya seperti cabai rawit, daun salam, daun jeruk bisa dimasukkan saat memasukkan bahan pepes ke daun pisang. Jika ingin mendapatkan rasa gurih bisa menambahkan santan kental.

Setelah semua tercampur, baru masukan dan bungkus dengan daun pisang. Kemudian kukus selama kurang lebih 20 menit. Dan pepes jamur pun siap disajikan.

5. Pepes Telur Asin

Pepes Telur Asin

* sumber: sajiansedap.grid.id

Olahan dari telur asin ini sedang booming sampai-sampai makanan instan pun ada yang menambahkan rasa dari telur asin ini pada makanannya. Dan ternyata, telur asin pun bisa dijadikan bahan untuk pepes, lho. Rasa lezat dari telur asin pun akan cocok dijadikan pepes.

Untuk membuatnya sangat mudah, pisahkan dulu kuning dan putih telurnya. Kemudian haluskan tahu putih, bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai rawit, garam, lada, ketumbar bubuk dan juga putih telur yang sudah dipisahkan tadi.

Siapkan daun pisang, masukan daun salam, irisan lengkuas, bahan yang sudah dihaluskan serta kuning telurnya. Tambahkan lagi serang dan daun kemangi agar lebih wangi. Kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit saja. Dan pepes telur asin yang lezat pun siap disajikan.

6. Pepes Seafood

Ternyata tidak hanya ikan ataupun ayam yang sering dijadikan bahan pepes, bahkan sefood pun bisa dijadikan bahan untuk pepes. Seperti beberapa seafood dibawah ini yang bisa dijadikan pepes :

  • Pepes Udang
Pepes Udang

* sumber: www.primarasa.co.id

Udang memiliki rasa yang gurih dan teksturnya yang lembut. Dengan menjadikannya pepes udang tentu rasanya akan semakin nikmat dan berbeda dari biasanya. Jangan lupa pilih udang yang masih segar agar terasa lebih nikmat.

Untuk membuat pepes udang ini tidak jauh berbeda dari pepes lainnya. Dari segi bumbu pun tidak jauh berbeda. Jika ingin hasil akhir pedas, maka tambahkan cabai merah dan cabai keriting.

Sebelum dicampurkan dengan bumbu halusnya, bersihkan udang dengan membuang kepala serta kulitnya dan kotoran hitam yang berada di punggungnya. Baru dilumuri dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya.

Setelah bersih baru bisa di campurkan dengan bumbunya dan jangan lupa tambahkan garam, gula dan santan kental agar rasanya lebih nikmat juga bisa menambahkan daun jeruk agar lebih wangi. Kemudian bungkus dan kukus sampai matang.

  • Pepes Kepiting
Pepes Kepiting

* sumber: travelingyuk.com

Siapa sangka kalau kepiting pun bisa dijadikan pepes. Tentunya akan menghasilkan rasa yang lezat dan juga menggugah selera. Untuk pengolahannya terlebih dahulu rebus kepiting hingga matang dan diambil bagian dagingnya saja.

Untuk bumbu halusnya cukup dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, terasi, dan juga garam. Setelah itu campurkan dengan daging kepiting yang sudah dipisahkan dari cangkangnya.

Untuk rasa yang lebih segar, bisa juga ditambahkan parutan mangga muda, irisan tomat dan daun kemangi. Kemudian bungkus dengan daun pisang dan kukus salam kurang lebih 20 menit atau sudah tercium aroma wanginya. Dan pepes kepiting pun siap disajikan.

Ada beberapa tips dan trik untuk membuat pepes :

  1. Bumbu pepes selain langsung dikukus bersama bahannya bisa juga ditumis terlebih dahulu untuk menghasilkan warna yang lebih cantic dan rasa yang lebih tajam.
  2. Daun pisang harus lemas agar saat proses membungkusnya lebih mudah dan tidak cepat sobek. Caranya bisa dengan menjemur daun pisang di bawah sinar matahari atau membakar sebentar diatas api kecil sampai layu.
  3. Ketika membungkus bisa menggunakan beberapa lapis daun pisang, untuk menghindari kebocoran. Kemudian untuk merekatkan daun pisang bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  4. Selain dikukus langsung, jika ingin mengeluarkan aroma yang lebih tajam pepes yang sudah matang bisa dibakar dahulu sebelum akan disajikan, tapi cukup dibakar sebentar saja.
  5. Jika ingin menghasilkan tekstur yang lebih lembut, dan lembut sampai ke tulang atau duri bisa menggunakan panci presto.
  6. Pepes dikukus ke dalam panci yang sudah dipanaskan terlebih dahulu agar proses pematangannya lebih cepat.

Itulah beberapa tips dan trik untuk membuat pepes dan macam-macam pepes lezat dan terkenal di Indonesia. Kira-kira pepes manakah yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar ya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *