Bacaterus / Pasta / Suka Makan Pasta? Yuk, Kenali Macam-Macam Pasta Ini!

Suka Makan Pasta? Yuk, Kenali Macam-Macam Pasta Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Bukan cuma makaroni yang masuk dalam salah satu macam-macam pasta asli Italia, ternyata ada banyak jenis pasta yang jarang diketahui orang, lho. Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai beberapa jenis pasta yang harus kamu ketahui.

Jadi, jangan sebut dirimu pencinta pasta kalau belum tahu apa saja jenis dan bentuknya. Hayo, penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini.

1. Ravioli

ravioli macam macam pasta

* sumber: www.bbc.co.uk

Ada banyak jenis pasta yang berasal dari negeri Menara Pisa, lho. Salah satu di antaranya adalah ravioli. Berbeda dari pasta yang kita kenal pada umumnya, ravioli ini adalah jenis pasta berbentuk seperti kue pastel. Ada pula yang berbentuk persegi dengan gerigi di bagian pinggirnya. Sekilas, bentuk ravioli ini mengingatkan kita pada pangsit, bukan?

Di bagian tengah, pasta jenis ini umumnya diberi isian atau filling seperti ayam, jamur atau keju ricotta. Ravioli terbuat dari campuran beberapa bahan seperti tepung terigu, telur, garam, minyak zaitun dan air.

Setelah tercampur dan menjadi adonan, adonan tersebut diberi isian dan dibentuk sedemikian rupa, lalu dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih selama tiga sampai lima menit. Pasta ini juga biasa disajikan dengan creamy sauce atau kaldu. Jika kamu ingin membuat sendiri ravioli tanpa repot mencetak dengan tangan, kamu bisa membeli cetakannya di Bukalapak dengan cara  klik link ini.

2. Fettuccine

resep fettucini carbonara

Selain ravioli, ada pula fettuccine atau fettuccini. Fettuccine sendiri merupakan salah satu jenis pasta yang sama-sama terbuat dari campuran tepung terigu dan telur. Fettuccine umumnya memiliki bentuk panjang dan pipih.

Pasta yang satu ini biasa disajikan dengan saus alfredo ataupun carbonara. Pasta jenis ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di supermarket atau toko lainnya. Jika kamu tidak ingin repot pergi ke supermarket untuk membelinya, kamu bisa membelinya di toko online. Silakan klik link ini untuk membeli pasta fettuccine di Bukalapak.

3. Spaghetti

Spaghetti

* sumber: www.foodnetwork.com

Selain fettuccine, Spaghetti adalah satu dari sekian banyak jenis pasta yang populer. Termasuk di Tanah Air. Spaghetti sendiri merupakan pasta yang memiliki bentuk menyerupai mie, namun spaghetti yang juga sering disebut sebagai mie Italia ini lebih tebal daripada mie biasanya. Spaghetti menggunakan gandum dan air sebagai bahan utama pembuatannya. Variannya terdiri dari spaghetti kering dan spaghetti basah.

Spaghetti kering biasanya dibuat dengan penggulung atau rolling pin, hingga mesin pembuat mie atau pasta sederhana. Sementara spaghetti kering biasanya dibuat di pabrik-pabrik dengan menggunakan mesin yang lebih canggih.

Oh ya, spaghetti juga punya variasi berdasarkan ukurannya, lho. Spaghetti yang lebih tebal dan memerlukan proses memasak yang cukup lama dinamakan dengan spaghettoni. Sementara spaghetti yang lebih tipis dinamakan spaghettini. Nah, spaghetti yang lebih tipis lagi dinamakan capellini atau dikenal juga dengan angel hair.

Seperti yang kita ketahui, spaghetti dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih hingga matang. Pasta jenis ini biasa disajikan dengan macam-macam saus seperti alfredo, bolognaise, saus jamur hingga carbonara. Kamu bisa membeli spaghetti di supermarket atau di situs jual beli Bukalapak dengan cara klik link ini.

4. Fusilli

macam macam pasta fusilli

* sumber: www.foodandwine.com

Next, ada fusilli. Fusilli juga merupakan salah satu jenis pasta yang populer di kalangan masyarakat. Pasta jenis ini memiliki bentuk spiral. Fusilli umumnya terbuat dari tepung terigu atau dan kerap kali dicampur dengan beberapa bahan lainnya, salah satunya bayam.

Fusilli juga dimasak dengan cara direbus dan biasa disajikan dengan saus carbonara atau bolognaise dan beberapa saus pasta lainnya. Kamu tertarik untuk membelinya? Beli langsung pasta fusilli di Bukalapak lewat link ini.

5. Lasagna

* sumber: cookbuzz.com

Lasagna masuk kedalam macam-macam pasta yang ada di dunia. Pasta ini merupakan lembaran-lembaran adonan berbentuk persegi yang ditumpuk dan disajikan dengan saus serta beberapa bahan seperti sayuran, daging hingga keju. Bagian atas dari pasta ini terkadang juga diberi keju parut.

Sementara lasagna tradisional yang kabarnya berasal dari Naples, Italia, disajikan dengan sosis, telur rebus, bakso ukuran kecil serta keju ricotta dan mozarella. Hmmmm… lezatnya! Mau mencoba memasak sendiri pasta yang satu ini di rumah? Silakan klik link ini untuk membeli pasta lasagna di Bukalapak.

6. Conchiglie

conchiglie

* sumber: www.marthastewart.com

Conchiglie adalah pasta yang mempunyai bentuk menyerupai cangkang kerang. Pasta ini terbuat dari gandum durum sebagai bahan utama. Selain gandum, conchiglie juga diberi tambahan bahan lainnya seperti tomat atau bayam sebagai pewarna makanan alami.

Dilansir dari thepastaproject, pasta ini memiliki tiga ukuran yang berbeda. Di antaranya ada conchigliette, pasta ‘cangkang kerang’ dengan ukuran paling kecil dan biasa digunakan dalam hidangan sup, ada pula conchiglioni yang memiliki ukuran paling besar dan tentu saja pasta conchiglie sendiri yang memiliki ukuran sedang.

Pasta conchiglie dan conchiglioni biasanya cocok dimasak dengan cara dipanggang. Oh ya, saking besarnya ukuran conchiglioni, pasta ini bisa diberi isian tertentu seperti keju ricotta, ikan tuna atau udang.

7. Cannelloni

cannelloni

* sumber: www.recipes.co.nz

Selanjutnya ada canelloni. Serupa dengan kebanyakan pasta lainnya, pasta yang masuk dalam salah satu jenis lasagna ini juga terbuat dari tepung terigu atau gandum durum serta air. Berbeda dari lasagna biasa, canelloni memiliki bentuk yang menyerupai pipa.

Pasta ini biasa dimasak dengan cara dipanggang. Cannelloni umumnya disajikan dengan sayuran seperti bayam serta keju ricotta. Silakan klik link ini untuk membeli pasta canneloni via situs jual beli online Bukalapak.

8. Penne

penne

* sumber: www.foodnetwork.com

Penne, salah satu jenis pasta yang tergolong populer di Indonesia ini terbuat dari tepung terigu dan memiliki bentuk yang menyerupai pena. Penne pertama kali dibuat di abad ke-19 oleh pembuat pasta, Giovanni Batista Capurro.

Penne sendiri memiliki beberapa variasi. Di antaranya ada penne lisce, pasta penne dengan tekstur yang halus, kemudian dana penne rigate yang merupakan penne dengan tekstur beralur, lalu ada pennoni, yakni penne dengan ukuran besar. Satu varian lain dari pasta ini dinamakan mostaccioli. Ukurannya sedikit lebih besar dari pennoni.

Penne biasa disajikan dengan beragam jenis saus seperti marinara (saus berbahan dasar tomat dan beberapa bahan lainnya) atau saus pesto yang merupakan saus berwarna hijau asli Genoa, Italia. Silakan klik link ini untuk membeli ragam jenis pasta penne langsung di Bukalapak.

9. Tortellini

tortellini

* sumber: www.bettycrocker.com

Tortellini adalah pasta berbentuk cincin atau pusar yang berasal dari wilayah Emilia-Romagna, Italia. Di tempat asalnya sendiri, ada cerita legenda bahwa pasta ini dibuat oleh seorang pemilik penginapan yang terinspirasi dari pusar milik dewi Venus yang terkenal cantik. Namun sejarah mencatat, resep pasta ini pertama kali ditemukan pada abad ke-16.

Tortellini memiliki varian pasta dengan ukuran yang lebih besar. Varian lain dari tortellini tersebut dikenal dengan nama tortelloni yang biasanya diisi dengan keju ricotta atau bayam. Tortellini dan tortelloni juga biasa disajikan dengan aneka saus pasta atau kaldu. Silakan klik link ini untuk membeli produk pasta tortellini dengan mudah di Bukalapak.

10. Linguini

linguini

* sumber: www.foodnetwork.com

Linguini adalah satu dari sekian banyak macam-macam pasta yang berasal dari Genoa dan wilayah Liguria, Italia. Pasta ini memiliki ukuran yang panjang dan persis seperti fettuccine, namun tidak lebih lebar dari pasta tersebut. Linguini memiliki varian lain dengan ukuran lebih besar yang dinamakan linguettine.

Pasta satu ini biasa disajikan dengan saus pesto atau seafood seperti kerang dan udang. Sudah pernah mencoba mencicipi hidangan pasta linguini? Ada banyak resep pasta linguini yang bisa kamu praktikkan langsung di rumah, lho. Oh ya, kamu bisa membeli pasta jenis ini di Bukalapak dengan cara klik link ini.

11. Vermicelli

vermicelli macam macam pasta

* sumber: www.tasteofhome.com

Vermicelli adalah jenis pasta Italia yang dengan bentuk menyerupai spaghetti namun memiliki ukuran yang sedikit lebih tebal dari spaghetti. Namun, di Amerika, kabarnya pasta jenis ini ukurannya lebih tebal dari spaghetti. Vermicelli punya varian lain dengan ukuran yang menyerupai spaghettoni yang diberi nama vermicellini.

Pasta yang juga terkenal di wilayah Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika ini resepnya ditemukan pertama kali di abad ke-15 di Italia. Di China, vermicelli dibuat dengan bahan utama tepung beras sehingga dikenal dengan nama rice vermicelli. Di Indonesia, rice vermicelli ini populer dengan nama soun atau sohun. Beli pasta vermicelli di Bukalapak dengan cara klik link ini.

12. Rotini

rotini

* sumber: www.bigoven.com

Pasta fusilli ternyata punya ‘kembaran’, lho. Namanya rotini. Pasta ini memiliki bentuk serupa dengan fusilli, namun ukuran spiralnya lebih besar. Bahan utama pembuatannya adalah tepung terigu. Ada pula rotini yang terbuat dari beras merah.

Pasta yang berasal dari wilayah Italia Selatan ini biasanya digunakan sebagai bahan pasta salad dan disajikan dengan saus berbahan dasar tomat. Kamu bisa mendapatkan pasta rotini di Bukalapak dengan cara klik link ini.

13. Rigatoni

rigatoni 2

* sumber: www.foodnetwork.com

Selanjutnya, ada pasta rigatoni yang mirip dengan makaroni, tapi bentuknya lebih besar, tidak melengkung serta memiliki tekstur beralur. Pasta yang satu ini biasa dimasak dengan cara dipanggang dan dinikmati dengan beragam saus pasta. Kamu bisa membeli Rigatoni di Bukalapak lewat link ini.

14. Farfalle

farfalle macam macam pasta - Copy

* sumber: www.foodnetwork.com

Farfalle adalah pasta berbentuk unik menyerupai dasi kupu-kupu dengan gerigi di bagian pinggirannya. Farfalle dengan ukuran besar dikenal dengan nama farfelloni, sementara ukuran yang lebih kecilnya dinamakan farfalline. Farfalle juga biasa disajikan dengan aneka saus atau dibuat menjadi hidangan salad. Beli pasta farfalle di Bukalapak dengan cara klik link ini.

15. Ziti

ziti

* sumber: www.onceuponachef.com

Ziti adalah pasta yang memiliki ukuran dan bentuk yang menyerupai rigatoni dan penne. Namun, ukuran dari ziti lebih kecil dari rigatoni. Ziti biasa diolah dengan cara dipanggang. Mau mencoba membuat sendiri olahan pasta dengan ziti di rumah?

Nah, itulah kelima belas macam-macam pasta yang harus kamu ketahui. Adakah satu di antara kelima belas hidangan pasta di atas yang belum pernah kamu coba cicipi?

Selain kelima belas macam pasta yang masuk dalam daftar di atas, masih ada banyak macam-macam pasta yang dibuat di Italia sana. Nah, jika kamu mengetahui ragam jenis pasta lainnya, bagikan langsung informasinya dengan pembaca Bacaterus melalui kolom komentar yang tersedia, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *