Bacaterus / Bahan Dapur / Inilah Macam-Macam Olahan Jengkol yang Populer di Indonesia

Inilah Macam-Macam Olahan Jengkol yang Populer di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2019

Siapa yang tak kenal dengan jengkol? Bahan pangan yang satu ini amat populer di kalangan masyarakat walaupun banyak yang tak menyukainya akibat bau yang ditimbulkan setelah dikonsumsi. Jengkol yang memiliki bentuk bulat ini sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mencegah diabetes. Di Indonesia, ada macam-macam olahan jengkol yang umumnya dijadikan teman makan nasi saat santap siang.

Kali ini, Bacaterus akan membahas mengenai macam-macam olahan jengkol yang menjadi makanan favorit banyak orang. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasan berikuti ini untuk mengetahuinya.

1. Semur Jengkol

resep dan cara membuat semur jengkol betawi

Salah satu olahan jengkol yang paling populer di kalangan masyarakat kita adalah semur jengkol. Semur jengkol memiliki citarasa yang lezat. Olahan jengkol satu ini dibuat dengan cara dimasak bersamaan dengan bumbu halus. Bumbu halusnya sendiri terbuat dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri dan beberapa bahan lainnya.

Semur jengkol juga dimasak bersamaan dengan beberapa rempah seperti pala dan lada. Sebelum dimasak dengan bumbu halus dan rempah-rempahnya, semur jengkol telah direbus terlebih dulu sampai menjadi empuk.

Oh ya, jengkol yang digunakan pada olahan masakan ini umumnya adalah jengkol yang sudah tua. Adakah di antara kamu yang menjadikan semur jengkol sebagai menu makanan favoritmu? For your info, Bacaterus punya resep semur jengkol ala betawi dan sunda yang enak, lho. Untuk mengetahuinya, silakan baca artikel ini.

2. Rendang Jengkol

Rendang jengkol

* sumber: resepkoki.id

Siapa bilang cuma daging sapi atau daging ayam yang bisa dijadikan rendang? Jengkol juga bisa! Ya, rendang jengkol adalah satu dari sekian banyak macam-macam olahan jengkol yang populer dan digemari masyarakat Indonesia.

Rendang jengkol dibuat dengan cara memasak jengkol dengan bumbu halus yang biasa digunakan untuk memasak rendang. Di antaranya ada cabai rawit merah dan keriting, bawang merah dan bawang putih, kemiri yang disangrai, kunyit, jahe hingga lada dan ketumbar.

Selain bumbu halus tadi, ada beberapa bahan lainnya yang digunakan untuk memasak menu lezat bercitarasa pedas ini. Di antaranya serai, gula, garam, lengkuas daun kunyit, daun jeruk dan juga santan. Rendang jengkol ini cocok untuk dimakan dengan nasi hangat, lho. Yum!

3. Balado Jengkol

resep jengkol balado

Nah, olahan jengkol selanjutnya adalah balado jengkol. Olahan jengkol yang satu ini juga nggak kalah enak dari rendang atau semur jengkol, lho. Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak semur jengkol juga tak jauh berbeda dengan rendang atau pun semur jengkol.

Bumbu halusnya terdiri dari cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah dan lainnya. Bumbu utamanya sendiri adalah lengkuas, daun salam, kecap manis, air, gula putih dan tentunya jengkol itu sendiri.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui cara membuat balado jengkol yang enak, salah satunya balado jengkol khas betawi, silakan baca artikel Resep Jengkol Balado khas Betawi dari Bacaterus ini. Hati-hati ya, nanti kamu ketagihan.

4. Gulai Jengkol

macam macam olahan jengkol gulai jengkol

* sumber: www.suara.com

Gulai biasanya identik dengan daging sapi, ayam atau kambing. Namun, siapa sangka, jengkol juga bisa menjadi olahan gulai yang kaya rasa. Tentunya tak kalah enak dengan gulai sapi maupun kambing atau ayam.

Nah, salah satu menu olahan jengkol yang populer di Indonesia adalah gulai jengkol daun singkong khas Padang. Dikutip dari suara, gulai jengkol ini dibuat dengan cara memasak jengkol yang telah direbus bersama bumbu halus yang terdiri dari jahe, bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah, kemiri dan kunyit yang dibakar.

Jengkolnya ditumis dengan bumbu halus serta daun jeruk, salam dan serai. Kemudian ditambahkan santan kelapa. Setelahnya, jengkol diberi gula dan garam untuk memperkaya rasa untuk kemudian dimasak lagi bersamaan dengan daun singkong yang telah direbus. Hmmm… jadi lapar, nih!

5. Jengkol Cabai Ijo

macam macam olahan jengkol jengkol cabe ijo

* sumber: lifestyle.okezone.com

Nah, menu olahan jengkol ini juga nggak kalah mantap. Jengkol Cabai Ijo adalah olahan jengkol favorit banyak orang, terutama para pencinta makanan pedas. Jengkol cabai ijo ini dibuat dengan cara memasak jengkol dan bumbu yang terdiri dari duo bawang putih dan bawang merah, cabai rawit hijau, gula dan garam serta cabai hijau.

Bahan bumbu tadi dihaluskan namun tidak sampai benar-benar halus. Lalu, setelahnya ditumis bersamaan dengan jengkol untuk kemudian dimasak hingga matang. Tertarik untuk mencicipinya?

6. Sambal Goreng Jengkol

sambal goreng jengkol

* sumber: www.fimela.com

Selain sambal goreng kentang, menu sambal goreng jengkol juga jadi primadona di Indonesia, lho. Menu makanan yang satu ini cocok untuk dijadikan santapan siang sebagai pendamping nasi. Sambal goreng jengkol dibuat dengan cara memasak jengkol dan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, tomat, cabai merah besar dan cabai rawit yang dihaluskan.

Umumnya, saat dimasak dengan bumbu halus, sambal goreng jengkolnya diberi tambahan saus tiram serta garam dan gula agar rasanya makin mantap. Oh ya, selain yang biasa, menu sambal goreng jengkol ini juga punya varian lain, lho. Sambal goreng jengkol teri salah satunya.

7. Sate Jengkol

sate jengkol macam macam olahan jengkol

* sumber: cupcakescomell.blogspot.com

Sate ayam, sate kambing, sate sapi atau bahkan sate kelinci mungkin sudah biasa dan terdengar tidak asing di telinga kita. Tapi sate jengkol? Hmmm… luar biasa! Ya, jengkol juga ternyata bisa disajikan dengan cara diolah menjadi sate.

Sate jengkol  dimasak dengan bumbu halus yang terdiri dari kemiri yang disangrai, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, jahe dan beberapa bahan lainnya sampai matang untuk kemudian ditusuk dengan menggunakan tusukan sate. Mau mencoba menu olahan jengkol yang unik ini?

8. Jengkol Lada Hitam

jengkol lada hitam

* sumber: wanitaindonesia.co.id

Macam-macam olahan jengkol yang lainnya adalah jengkol masak lada hitam. Jengkol lada hitam ini dimasak dengan beberapa bumbu berupa bawang bombai, jahe, bawang putih, merica hitam dan bahan-bahan lainnya hingga matang.

Menu masakan yang satu ini juga cocok untuk disantap dengan nasi hangat. Terlebih bila kamu sangat menyukai menu masakan dengan rasa lada hitam yang khas. Jengkol bisa digunakan sebagai bahan alternatif kalau kamu kehabisan stok daging sapi di rumah.

9. Jengkol Goreng

goreng jengkol

* sumber: cookpad.com

Kalau yang ini sih, bisa dibilang olahan jengkol yang amat sangat sederhana. Meski begitu, olahan jengkol yang satu ini juga tak kalah digemari. Yap, ada jengkol goreng! Olahan jengkol yang dibuat dengan cara menggoreng jengkolnya dalam minyak panas hingga matang.

Setelah matang, jengkol yang umumnya dipotong menjadi beberapa bagian kemudian diberi taburan garam. Olahan jengkol sederhana ini paling cocok untuk disantap bareng nasi hangat dan menu lainnya seperti ikan asin juga sambal terasi. Hayo, ada yang kangen sama jengkol goreng?

10. Kukis Jengkol

Kukis Jengkol

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=987KdrBBm6s

Jengkol ternyata tidak hanya bisa diolah menjadi menu makanan pendamping nasi. Ya, jengkol yang terkenal dengan baunya ini bisa juga dijadikan bahan utama pembuatan kukis yang lezat. Salah satu produsen kue asal Kota Kembang menyulap jengkol yang sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ini menciptakan kukis dengan jengkol sebagai bahan dasarnya.

Citarasa kukis jengkol ini serupa dengan kue-kue kering lainnya dan tentunya tidak kalah lezat. Adakah di antara kamu yang sudah mencoba olahan jengkol yang satu ini?

Nah, itulah pembahasan mengenai macam-macam olahan jengkol yang populer di Indonesia. Dari sepuluh olahan jengkol yang masuk dalam daftar di atas, manakah yang menjadi favorit kamu?

Jika kamu mengetahui informasi mengenai ragam olahan jengkol lainnya, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar