Bacaterus / Nugget / 10 Macam Nugget yang Enak Sekaligus Sehat, Mau Coba?

10 Macam Nugget yang Enak Sekaligus Sehat, Mau Coba?

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Berbicara tentang nugget, mungkin hampir semua orang suka dengan makanan yang banyak hadir dengan beragam bentuk ini. Terutama ketika kecil, mungkin sebagian orang sering dibawakan bekal nugget oleh ibu mereka karena lebih praktis dibanding makanan lain. Bahkan, sudah banyak restoran yang menghadirkan nugget sebagai menu tambahan.

Hingga dewasa, nugget masih menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian orang. Jika biasanya nugget terbuat dari daging ayam, kamu harus tahu bahwa terdapat beberapa macam nugget yang terbuat dari bahan-bahan yang lebih enak dan tentunya sehat. Berikut adalah macam-macam nugget yang kreatif dan menarik untuk dinikmati.

1. Nugget Ayam

Nugget Ayam

* sumber: www.foodnetwork.com

Jenis nugget yang paling populer dan paling banyak disukai adalah nugget ayam. Nugget yang terbuat dari daging  ayam ini dilapisi tepung roti atau dilapisi berulang-ulang,  kemudian digoreng atau dengan minyak hingga tenggelam. Restoran cepat saji biasanya menggoreng nugget mereka dan menggorengnya dengan minyak.

Beberapa restoran cepat saji telah meluncurkan nugget ayam sebagai pelengkap makanan. Selain itu, nugget ayam juga mudah kamu temui dalam bentuk kemasan dengan beragam bentuk yang lucu dan menarik.

Jika kamu ingin membuatnya di rumah, kamu membutuhkan seperempat daging ayam, 5 sendok makan tepung roti, 5 sendok makan tepung terigu, 3 sendok makan tepung maizena, penyedap rasa, 5 butir telur, seledri, wortel, 2 siung bawang merah dan bawang putih.

Cara membuatnya, hancurkan daging ayam dan campurkan semua bahan tersebut. Kukus adonan selama 45 menit. Setelah diangkat dan didinginkan, potong kecil-kecil dan diamkan di dalam freezer. Lalu lumuri dengan telur dan tepung roti dan nugget ayam siap digoreng.

Beberapa nugget ayam mengandung bagian tubuh ayam mulai dari tulang rawan, jaringan usus, dan fragmen tulang. Biasanya nugget ini dibuat dari ayam muda karena rasanya yang lebih enak. Nugget ayam lebih enak dinikmati sebagai lauk dengan nasi atau sebagai camilan.

2. Nugget Sapi

Nugget Sapi

Hampir sama seperti nugget ayam, nugget sapi memiliki proses pembuatan yang sama. Nugget ini dibuat dari daging sapi olahan yang dibentuk dengan ukuran kecil-kecil dan dibaluri dengan tepung roti. Bagi kamu yang bosan dengan nugget ayam, kamu bisa mencoba mencicipi nugget sapi. Nugget sapi mengandung protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat.

Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah kamu membutuhkan 500 gram daging sapi giling, garam, merica, tepung roti, 2 butir telur, 4 siung bawang putih dan air. Rebus daging sapi dan haluskan semua bahannya.

Campurkan daging giling halus dengan bumbu tersebut dan potong menjadi bentuk sesuai selera. Lalu lapisi daging dengan telur kocok dan tepung roti, dan simpan di dalam freezer sebelum digoreng.

3. Nugget Tempe

Nugget Tempe

Seperti yang kita ketahui jika tempe adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia yang bisa dikreasikan dengan beragam olahan, termasuk nugget tempe. Karena nugget tempe sulit ditemukan di pasaran, kamu bisa membuatnya sendiri lho di rumah. Tentunya dengan bahan yang terjangkau sekaligus menyehatkan.

Kamu membutuhkan 2 papan tempe, satu bawang bombai, bawang putih, merica, garam, gula pasir, 2 butir telur, tepung bumbu, 5 sendok makan tepung sagu, dan tepung roti. Lalu  kukus tempe selama 5 menit. Setelah itu hancurkan tempe dan campur semua bahan.

Kemudian masukkan ke dalam loyang dan kukus kembali selama beberapa menit. Setelah itu angkat dan potong tempe sesuai selera. Setelah itu oleskan ke kocokan telur dan tepung roti. Goreng nugget tempe hingga matang.

4. Nugget Tahu

Nugget Tahu

* sumber: www.fimela.com

Jika tempe bisa dibuat nugget, tahu juga bisa kamu buat menjadi nugget. Kandungan protein dari tahu dan telur membuat makanan ini cocok untuk bekal sekolah anak-anak. Untuk membuatnya kamu membutuhkan satu tahu putih yang sudah dihaluskan, 1 butir telur, merica, garam, wortel atau sayuran sesuai selera, tepung roti, bawang putih, gula pasir, seperempat tepung maizena, dan kaldu.

Cara membuatnya campurkan tau dan bumbu tersebut, lalu masukkan ke dalam Loyang dan kukus selama 20 menit. Setelah dirasa matang angkat dan dinginkan. Kemudian potong-potong sesuai selera dan goreng nugget tahu hingga matang.

5. Nugget Ikan Tuna

Nugget Ikan Tuna

* sumber: www.resepkubunda.com

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang banyak mengandung protein, vitamin B6, magnesium, dan selenium yang baik untuk kesehatan. Kamu juga bisa membuat nugget dari ikan tuna, lho! Untuk membuatnya, kamu membutuhkan seperempat kilogram ikan tuna yang sudah di fillet, 6 sendok makan tepung terigu, wortel dan seledri, 4 siung bawang putih, garam, gula, dan 2 butir telur.

Blender ikan tuna hingga halus campurkan semua bahan tersebut. Aduk dan tuangkan ke dalam Loyang lalu kukus selama 30 menit. Setelah itu angkat dan dinginkan, lalu potong-potong menjadi kecil-kecil atau sesuai selera. Kocok telur dan tempelkan tepung roti untuk digoreng hingga matang.

6. Nugget Ikan Patin

Nugget Ikan Patin

* sumber: www.pufanpatincilangkap.com

Jenis ikan lainnya yang cocok untuk dibuat menjadi nugget adalah ikan patin. Ikan patin mengandung omega-3, asam lemak, yodium, kalsium, fosfor, zat besi dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit.

Untuk membuatnya kamu membutuhkan setengah kilogram fillet ikan tuna, 3 sendok makan tepung terigu, wortel dan seledri, garam, gula, 3 siung bawang putih 1 butir telur, merica, penyedap rasa, dan tepung roti. Sama seperti nugget pada umumnya, kamu harus menghaluskan ikan tuna terlebih dahulu dan campurkan dengan bumbu-bumbu tersebut.

Setelah itu tuangkan ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit. Setelah diangkat dan didinginkan, potong-potong dan taburi tepung roti hingga merata. Nugget ikan patin pun siap untuk digoreng.

7. Nugget Ikan Bandeng

Nugget Ikan Bandeng

* sumber: kaltara.prokal.co

Ikan bandeng mengandung asam lemak omega 3 berupa DHA, kalori, protein, fosfor, kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya. Jika biasanya ikan bandeng dibuat menjadi sate bandeng, ikan yang satu ini juga bisa kamu buat menjadi nugget.

Untuk membuatnya kamu membutuhkan 500 gram bandeng fillet, 2 sendok makan tepung sagu, 3 roti tawar, 1 susu sachet, 3 siung bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, 2 butir telur, tepung roti, dan tepung terigu. Cara membuatnya pisahkan ikan bandeng dari tulang dan kulitnya. Rendam roti tawar dengan susu sampai menjadi lembek.

Lalu blender ikan bandeng bersama bumbu dan roti yang sudah dilembekkan. Setelah itu masukkan ke dalam Loyang dan kukus selama 35 menit. Angkat dan dinginkan lalu potong-potong dan celupkan ke tepung terigu dan tepung roti. Kemudian nugget ikan bandeng siap untuk digoreng.

8. Nugget Jamur Tiram

Nugget Jamur Tiram

* sumber: cookpad.com

Selain daging, kamu juga bisa membuat nugget dari sayuran, salah satunya adalah nugget jamur tiram. Untuk membuatnya kamu membutuhkan 250 gram jamur tiram, 300 gram tepung terigu, 25 gram tepung roti, 2 butir telur, susu bubuk sachet, merica bubuk, kaldu sapi, pala bubuk, garam, ketumbar, daun bawang dan seledri, air, jintan bubuk, dan mie telor.

Cara membuatnya campurkan jamur tiram ke dalam mie telur dan diamkan selama beberapa menit hingga mengembang. Lalu campurkan semua bahannya. Setelah itu tuangkan ke dalam loyang dan kukus selama satu jam. Setelah diangkat dan dingin, potong sesuai selera. Celupkan ke dalam kocokan telur dan ke tepung roti. Nugget jamur tiram pun siap dihidangkan.

9. Nugget Kentang

Nugget Kentang

* sumber: cookpad.com

Bagi kamu yang ingin membuat camilan sehat sekaligus mengenyangkan, kamu bisa membuat nugget kentang. Karena kentang mengandung karbohidrat yang bisa mengganjal lapar dan membuat perutmu lebih kenyang.

Untuk membuatnya kamu membutuhkan 1 buah kentang, wortel yang diserut, 1 butir telur, bawang putih parut, garam, gula, lada bubuk, penyedap rasa, daun bawang dan tepung roti. Cara membuatnya haluskan kentang  dengan cara dikukus terlebih dahulu, lalu tambahkan semua bahannya.

Kemudian tuangkan ke dalam loyang dan kukus hingga matang. Setelah itu angkat dan dinginkan lalu potong-potong. Gulingkan ke kocokan telur dan tepung roti dan goreng hingga matang.

10. Nugget Pisang

Nugget Pisang

* sumber: id.tastemade.com

Selain membuat nugget yang memiliki rasa gurih, kamu juga bisa membuat nugget manis dari pisang. Camilan yang satu ini cocok banget untuk sarapan dan dinikmati di sore hari. Untuk membuatnya kamu membutuhkan 5 buah pisang kapok, 1 butir telur, susu kental manis sachet, 100 gram tepung terigu,  gula, vanili, garam, air dan 175 gram keju parut.

Caranya campurkan semua bahan tersebut dan kukus hingga matang. Setelah itu potong-potong sesuai selera dan gulingkan ke tepung maizena dan tepung roti. Kemudian goreng nugget pisang hingga matang. Nugget pisang ini bisa kamu tambahkan topping manis sesuai selera seperti keju, cokelat, greentea, selai buah, meses, dan lain-lain.

Itulah macam-macam nugget yang enak dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Selain lebih sehat, membuat nugget sendiri di rumah juga terjamin kebersihannya. Bagi kamu yang ingin berbagi seputar jenis nugget lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Kunjungi juga artikel merk-merk nugget paling enak ini untuk mencari rekomendasi nugget terbaik untuk dikonsumsi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar