Bacaterus / Mesin Jahit / Macam-Macam Mesin Jahit yang Umum Digunakan di Dunia

Macam-Macam Mesin Jahit yang Umum Digunakan di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Mei 2019

Jika Anda berencana untuk membeli mesin jahit, maka Anda sedang berada di tempat yang tepat. Di sini kami akan membahas beberapa macam mesin jahit yang umum digunakan, baik untuk industri besar, industri rumahan atau konveksi, hingga penggunaan rumah tangga biasa.

Macam-macam mesin jahit di bawah ini dapat dibeli dengan mudah baik secara offline maupun online. Di bawah kami sertakan link belanja yang kami sarankan untuk mendapat mesin jahit berkualitas dengan harga yang kompetitif. Jenis mesin jahit di bawah ini dibagi ke dalam dua bagian besar, yaitu mesin jahit rumahan dan mesin jahit industri.

Mesin Jahit Rumahan

Jika mesin jahit industri dibuat untuk penggunaan skala yang sangat besar, maka mesin jahit rumahan dibuat untuk penggunaan skala kecil atau rumah tangga. Tugas-tugas menjahit ringan dapat dilakukan dengan mesin jahit ini. Mesin jahit ini juga bekerja dengan kecepatan lebih lambat dan ditujukan untuk orang yang bekerja dengan pelan.

Mesin jahit rumahan umumnya dapat bekerja hingga 5 jam lamanya. Jika lebih dari itu maka mesin bisa menjadi panas. Harga mesin jahit ini cukup terjangkau dan mampu dibeli oleh banyak golongan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa macam mesin jahit rumahan yang umum digunakan orang-orang.

1. Mesin Jahit Manual

* sumber: pixabay.com

Ini adalah sebuah mesin jahit yang paling dasar di antara mesin jahit lainnya. Mesin jahit manual dapat bekerja tanpa listrik. Meskipun fitur-fitur mesin jahit ini terbatas dibandingkan dengan mesin jahit listrik dan komputer, tetapi mesin jahit manual terkenal karena daya tahannya yang kuat.

Mesin jahit manual membutuhkan tenaga manusia untuk dapat dioperasikan. Mesin ini memiliki roda di samping dan pedal kaki. Untuk dapat menjalankan mesin pengguna tinggal menggunakan pedal kaki tersebut. Mesin jahit manual biasanya terbuat dari logam. Pengguna dapat menjahit semua bahan dengan mesin jahit ini, tetapi hanya dianjurkan menjahit bahan yang ringan dan sedang saja.

2. Mesin Jahit Listrik

* sumber: pixabay.com

Mesin jahit listrik dibuat dengan satu motor yang memberi daya pada jarum. Mesin ini juga mempunyai pedal kaki elektronik di mana kecepatan mesin dapat dikontrol dengan cara memberi tekanan pada alat ini. Sedangkan kain yang akan dijahit dapat dikontrol dengan kedua tangan.

Di samping mesin jahit listrik terdapat tombol yang mampu mengontrol jenis jahitan beserta panjangnya. Beberapa model mesin jahit listrik dilengkapi dengan pengaturan tekanan otomatis, pemotong benang otomatis, dan jahitan lubang kancing otomatis. Mesin ini dapat melakukan berbagai jahitan serta dapat menjahit banyak kain dan pola jahitan yang luas. Mesin jahit jenis ini biasanya digunakan oleh para pengusaha konveksi rumahan.

3. Mesin Jahit Komputer

*Sumber: Flickr

Mesin jahit berbasis komputer ini ditujukan untuk kebutuhan yang lebih lanjut. Mesin ini umumnya memiliki layar LED atau layar LCD atau layar sentuh yang cukup besar. Mesin jahit komputer mampu mengingat beberapa pekerjaan menjahit sebelumnya serta dapat secara otomatis mengatur tekanan.

Mesin jahit komputer juga dilengkapi dengan port USB agar pengguna dapat membuat desain pakaian di komputer dan kemudian menautkannya ke mesin. Selain itu, mesin jahit ini dapat mengatur pola mereka sendiri bahkan mesin yang lebih canggih dapat mengunduh pola dari internet.

Harga mesin jahit komputer tentu saja lebih mahal dari kedua mesin jahit rumahan di atas. Mereka dapat menjahit semua jenis bahan dalam waktu yang lebih cepat.

4. Mesin Jahit Over Locker

*Sumber: Flickr

Mesin jahit over locker menjahit di atas tepian satu dua potong kain untuk membingkai, mengelim, atau menyambung. Mereka secara otomatis memotong tepian dan menjahit. Pemotong yang ada di mesin jahit over locker memungkinkan mesin ini untuk membuat lapisan yang menebal dengan mudah dan cepat.

Beberapa mesin jahit ini juga tersedia tanpa pemotong. Mesin ini dapat beroperasi pada kecepatan tinggi mulai dari 1000-9000 rpm. Mesin-mesin ini memiliki fungsi lebih sedikit daripada mesin jahit pada umumnya. Mereka menggunakan 2-9 benang dan beberapa jarum untuk membuat jahitan overcast. Mesin jahit over locker adalah pelengkap untuk mesin jahit biasa, bukan pengganti.

5. Mesin Jahit Portabel Mini

Menjahit kini semakin praktis dan simpel dengan adanya mesin jahit portabel mini. Ukuran mesin jahit ini cukup kecil sehingga mudah dibawa kemanapun. Meskipun kecil, mesin jahit mini tetap mampu dan berfungsi dengan baik layaknya mesin jahit biasa. Selain itu, jika Anda sedang belajar menjahit Anda dapat memanfaatkan mesin jahit mini ini sebagai media pembelajaraan sebelum siap menggunakan mesin jahit yang lebih besar.

Mesin Jahit Industri

Mesin jahit industri adalah mesin jahit yang khusus digunakan untuk skala besar seperti pabrik. Mesin ini didesain agar dapat melakukan tugas jangka panjang dan profesional. Konstruksi mereka terdiri dari suku cadang dan motor yang sangat tahan lama. Roda gigi, blok mesin, batang penghubung dan badan mesin jahit industri terbuat dari logam berkualitas tinggi.

Ukuran mesin jahit industri juga lebih besar dibandingkan dengan mesin jahit rumahan. Mesin jahit industri ini dapat melakukan banyak tugas dalam hitungan waktu yang efisien. Dan tentu saja harga mesin-mesin ini lebih mahal daripada mesin jahit lainnya. Di bawah ini adalah beberapa macam mesin jahit untuk keperluan industri.

1. Mesin Jahit Flat Bed

Mesin jahit ini memiliki alas datar dan menyerupai mesin jahit rumahan biasa. Desain mesin jahit flat bed berguna untuk menjahit potongan-potongan kain yang harus diletakkan rata di atas alas mesin dan di atas papan.

2. Mesin Jahit Long-arm

Ini adalah variasi dari mesin jahit flat bed yang memiliki alas yang lebih panjang di mana potongan kain atau benda kerja yang lebih besar dapat dikerjakan. Mesin jahit long-arm biasanya digunakan untuk bahan menjahit benda-benda lebar seperti payung, terpal, jok, koper, tenda, dan berbagai peralatan olahraga, traveling, dan outdoor.

3. Mesin Jahit Cylinder Bed

Ini adalah kebalikan dari mesin jahit flat bed. Mesin Jahit Cylinder Bed memiliki alas berbentuk tabung, yang memungkinkan untuk menjahit potongan kain silinder atau tabung dengan mudah seperti manset, topi, tas, sadel, sepatu, dan sebagainya. Diameter silinder mesin jahit ini bervariasi mulai dari 5 cm hingga 16 cm.

4. Mesin Jahit Post Bed

Mesin jahit post bed memiliki sebuah kolom timbul yang menggerakkan jarum di atas permukaan alas. Kolom vertikal ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah bekerja dengan barang-barang bermasalah seperti sepatu bot, sepatu, tas, pelapis mobil, dan tenda. Ketinggian kolom bervariasi dari mesin ke mesin mulai dari 10 hingga 45 cm.

5. Mesin Jahit Feed-off-the-arm

Mesin Jahit Feed-off-the-arm memiliki desain yang tidak biasa karena lengannya menjembatani alas berbentuk u. Mesin-mesin jahit semacam ini sangat ideal untuk mengikat jahitan celana panjang dan jeans serta sisi, lengan, dan bahu kemeja.

Itulah beberapa macam mesin jahit yang biasa digunakan dalam industri besar, industri rumahan, maupun penggunaan rumah tangga biasa. Sebagian mesin-mesin jahit di atas dapat dibeli secara online melalui beberapa marketplace. Jika ingin membeli salah satunya, kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak melalui link iniOh iya, sebelum menjahit, pastikan dulu mengetahui benang yang sesuai di artikel Macam-macam Benang untuk Membuat Pakaian ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar