Bacaterus / Buah / Inilah 10 Macam Labu yang Enak dan Populer di Dunia

Inilah 10 Macam Labu yang Enak dan Populer di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 November 2019

Terdapat banyak jenis labu di dunia. Labu hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, warna, dan tekstur dan memiliki banyak kegunaan yang berbeda. Tahukah kamu bahwa labu adalah makanan yang sempurna bagi mereka yang menderita diabetes? Labu masuk dalam keluarga cucurbitaceous dan bahkan memiliki kandungan karbohidrat dan lipid yang rendah tapi juga mengandung serat, vitamin dan garam mineral.

Labu memiliki bentuk dan nama yang berbeda-beda. Beberapa duduk menggelembung dan melebar dan beberapa lonjong dan panjang Dengan bentuk mirip buah pir. Labu bisa berbentuk elips dan bulat. Ada yang berwarna orange, kuning ke orange-kuning, putih, buttercream atau biru keabu-abuan dan masih ada lagi warna lainnya. Berikut ini 10 macam labu yang popular di dunia.

1. Kabocha

Kabocha (Copy)

Pada dasarnya labu kabocha adalah labu yang menyamar sebagai labu hijau. Kabocha disebut juga dengan nama labu Jepang, Ebisu, Delica, dan Hokkaido Pumpkin. Labu ini sangat populer di Jepang karena memiliki penampilan yang unik. Kulit labu kaboca berwarna hijau yang berbeda dengan tekstur yang tebal.

Yang lebih aneh dari labu kaboca adalah bahwa kulitnya dapat mempertahankan warnanya tetap hijau bahkan setelah labu matang. Labu ini memiliki bentuk aneh, tidak benar-benar bulat. Labu kaboca memiliki rasa yang sangat manis, yang membuatnya menjadi cocok untuk ditambahkan dalam resep masakan yang kamu miliki.

2. Labu Keju

Labu Keju (Copy)

Labu keju atau cheese disebut dengan nama tersebut karena tekstur kuning-oranyenya memiliki kemiripan yang mencolok dengan keju yang berbentuk silinder. Labu ini memiliki berbagai ukuran dan ditanam sendiri di teras atau bersama sepupunya yang berwarna oranye terang. Labu keju memiliki banyak kemiripan karakteristik dengan labu Cinderella karena teksturnya yang rata dan berusuk ringan.

Labu ini membutuhkan waktu hingga 106 hari untuk matang. Ciri khas labu ini memiliki rasa manis yang creamy dan dagingnya padat. Berat rata-rata labu ini sekitar 4,5 kg dan memiliki daging manis yang dapat digunakan untuk membuat kue yang lezat dan produk lainnya.

3. Seminole

Seminole (Copy)

Labu seminole adalah jenis dari labu Kuba yang berasal dari keluarga Cucurbita moschata. Spesies lain dengan varietas yang sama termasuk Calabaza dan labu butternut. Jenis labu ini hanya membutuhkan 60 hingga 90 hari untuk mencapai kematangan penuh. Tanaman rambatnya dapat mencapai hingga sekitar 63,5 cm jadi pastikan untuk memberi mereka banyak ruang untuk menyebar.

Berat labu ini  antara 2,7 kg hingga 5,4 kg. Labu Seminole tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna bergantung pada bijinya. Meskipun bagian dalam labu ini memiliki banyak variasi, labu ini umumnya berwarna oranye kusam dengan bentuknya yang bulat. Penampilan labu bisa bervariasi berdasarkan banyak faktor, dan umumnya labu ini terasa lebih manis daripada labu lainnya.

4. Violina atau Ferrarese atau Butternut

Violina atau Ferrarese atau Butternut (Copy)

Labu Violina adalah jenis labu jenis baru yang berasal dari Amerika. Konon labu ini berasal dari kota Massachusetts dan termasuk ke dalam keluarga Cucurbita moscata. Labu ini tak berbentuk bulat ataupun selinder melainkan berbentuk seperti biola atau bel. Violina atau butternut memiliki kulit yang halus dengan warna hijau-kuning dan berubah hampir menjadi warna oker seiring berjalannya waktu.

Daging buah labu butternut atau violina yang berwarna kuning oranye ini memiliki rasa manis. Rasa manisnya mirip seperti almond. Labu ini sempurna untuk dibuat menjadi risotto.

5. Jarrahdale

Jarrahdale (Copy)

Jarrahdale, labu warisan Australia ini enak untuk dimakan dan memiliki warna mulai dari abu-abu berdebu sampai biru kehijauan. Labu dengan warna biru lainnya adalah Kakai dan Kabocha (keduanya populer di Jepang), pale Blue Max dan dan Blue Lakota yang memiliki bentuk spheroid oblate seperti bentuk bumi.

Labu Jarrahdale merupakan hasil persilangan antara labu Blue Hubbard yang terkenal dengan labu Cinderella. Labu ini memiliki struktur yang hampir sama dengan labu Cinderella. Kecerahan warna kulitnya bergantung pada seberapa ‘cerah’ bijinya saat ditanam.

Saat tumbuh, berat labu ini bisa mencapai hampir 55 kg dengan tanaman rambatnya yang bisa mencapai ketinggian lebih dari 46 cm dan panjangnya 9 meter, jadi jika ingin menanam jarrahdale, pastikan kamu memiliki banyak ruang.

6. Porcelain Doll/Labu Parang

Porcelain Doll (Copy)

Jika di Amerika, negara asalnya, labu ini disebut dengan porcelain doll, di Indonesia disebut dengan nama labu parang. Para petani dari Colorado yang pertama kali menemukan labu ini di tahun 2005. Varietas labu pink ini mereka beri nama porcelain doll. Labu ini memiliki daging yang manis dan lembut sangat cocok untuk bahan campuran.

Porcelain Doll muncul dengan warna merah muda yang unik dengan tulang rusuk yang dalam. Tanaman merambat ini cukup tahan penyakit dan dapat menangkal serangan jamur juga terlihat cantik ditanam di teras depan. Daging labu ini baik untuk dibuat pai, diawetkan dan banyak lagi.

7. Crown Prince

Crown Prince (Copy)

Labu crown prince telah lama menjadi salah satu rasa labu yang paling diinginkan banyak orang dan merupakan labu musim dingin terbaik. Labu ini rasanya seperti madu dan mempunyai daging seperti puding. Tanaman rambat ini memiliki buah yang beratnya rata-rata mencapai antara 2,7 hingga 4 kg.

Buah labu crown prince sangat cocok untuk diolah dengan cara dipanggang karena dari semua jenis yang ada di pasaran saat ini, crown prince merupakan salah satu jenis labu yang bisa disimpan lama. Labu ini memiliki warna biru baja dengan cita rasa kacangnya, ideal untuk digunakan dalam resep makanan.

8. Winter Luxury

Winter Luxury (Copy)

* sumber: www.onthebanksofsaltcreek.com%20

Pada tahun 1893, untuk pertama kali varietas labu yang indah ini diperkenalkan oleh Johnson dan Stokes. Selain memiliki memiliki rasa yang enak, labu ini secara estetika terlihat menarik. Warna oranye terlihat bagus pada ukuran diameternya yang kecil, yang membuat seluruh labu tampak menonjol.

Pastikan untuk menanam benih 7 hari setelah embun beku terakhir atau setelah suhu tanah mencapai setidaknya 70oFahrenheit atau sekitar 21oC. Labu ini memiliki umur simpan yang lama dan dapat digunakan untuk tujuan dekoratif sebelum labu ini dibuat menjadi pai. Selain itu, labu ini membutuhkan setidaknya 105 hari untuk mencapai kematangan penuh.

9. Autumn Gold

Autumn Gold (Copy)

Labu Autumn gold atau dalam bahasa Latin disebut Cucurbita pepo adalah labu pemenang “All American Selections Award” karena menjadi salah satu labu paling bulat dan mangkel yang pernah ada. Warna oranye cerah serta tingkat lengkungan labu Auntum gold menempatkannya dalam kategori yang sama dengan labu Jack O’Lantern sehingga labu ini ideal untuk penggunaan dekoratif.

Tanaman rambat ini sangat produktif dan menghasilkan setidaknya 3 hingga 5 labu setelah periode pendeknya yang hanya 90 hari. Labu ini memiliki kulit oranye tebal, dan beratnya sekitar 3 hingga 4,5 kg. Bobot minimal dan warna cerah labu ini membuatnya sempurna untuk digantung di teras.

10. Jack Be Little

Jack Be Little (Copy)

* sumber: store.underwoodgardens.com%20%20

Saat berbicara tentang labu, kita pasti terpikir ukuran yang besar seperti bola basket, tapi beda dengan labu Jack Be Little. Dengan ukuran diameter hanya 7,6 cm dan tinggi 5 cm, labu yang tampak menggemaskan ini dapat disimpan di telapak tangan dan memiliki lengkungan seperti bola sehingga labu ini terlihat semakin lucu. Karena memiliki ukuran yang kecil, banyak petani yang menanam labu ini.

Biji Jack Be Little dapat tumbuh dalam waktu dua minggu setelah ditanam. Tanaman labu ini akan tumbuh setinggi setidaknya 61 cm dan panjang 3 meter menjadikan tumbuhan ini memerlukan area yang luas saat ditanam. Labu Jack be little membutuhkan 90 hari sebelum mencapai kematangan penuh.

10 labu tadi ternyata memiliki tak hanya bentuk yang berbeda tapi juga warna hingga beratnya. Ada yang melebihi bola basket besarnya dan ada juga yang cukup kecil untuk bisa disimpan di telapak tangan. Apakah kamu penyuka labu? Labu apa yang paling kamu sukai?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar