Bacaterus / Makanan / 10 Macam Kolak yang Lezat dan Cocok untuk Berbuka Puasa

10 Macam Kolak yang Lezat dan Cocok untuk Berbuka Puasa

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Kolak adalah salah satu makanan manis khas Indonesia yang populer di masyarakat. Bahkan beberapa daerah di Indonesia memiliki kolak khasnya masing-masing. Kolak umumnya terdiri dari gula kelapa, santan, dan daun pandan sebagai pengharum aromanya.

Kolak dapat disajikan hangat maupun dingin dengan menambahkan es batu. Di Indonesia, kolak sering dijadikan sebagai takjil atau makanan berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Namun tahukah kamu kalau jenis kolak tidak hanya satu? Terdapat beberapa macam kolak yang bisa kamu temukan di Indonesia seperti berikut ini.

1. Kolak Pisang

Kolak Pisang

* sumber: kumparan.com

Kolak pisang adalah salah satu jenis kolak yang paling populer di Indonesia. Biasanya banyak rumah yang membuat kolak pisang sendiri untuk hidangan buka puasa maupun untuk sekedar camilan harian. Kolak pisang telah menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia. Kolak ini terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang sudah matang.

Pisang dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian dimasak dengan santan dan gula merah. Kolak pisang ini tentunya memiliki rasa yang sangat manis dan terasa lembut saat di mulut. Biasanya kolak pisang disajikan dalam keadaan hangat dan cocok dinikmati bersama-sama.

Dapatkan resep membuat kolak pisang yang lezat di sini.

2. Kolak Candil

Kolak Candil

* sumber: ramadan.rakyatku.com

Salah satu kolak lainnya yang cukup populer adalah kolak candil. Candil memiliki bentuk bulat berwarna cokelat yang terbuat dari tepung beras ketan dan air. Kolak candil memiliki tekstur yang kenyal, manis dan sedikit gurih saat dimakan. Kolak ini berasal dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kuahnya sama dengan kolak pada umumnya yang terbuat dari gula merah dan santan. Selain disajikan original, kolak candil juga biasanya dilengkapi dengan bubur sum-sum. Kolak candil (yang hangat) cocok disantap sebagai sarapan. Selain itu, kolak yang satu ini juga cocok dinikmati dalam keadaan hangat maupun dicampur es batu.

3. Kolak Singkong

Kolak Singkong

* sumber: www.indoindians.com

Singkong tidak hanya cocok dibuat menjadi singkong goreng atau singkong rebus saja, tetapi makanan ini juga enak dibuat menjadi kolak. Kolak singkong terbuat dari singkong yang telah direbus dan dipotong-potong.

Sama seperti kolak lainnya, kuah dari kolak singkong juga terbuat dari gula merah, santan, dan biasanya ditambahkan sedikit daun pandan untuk membuat rasa dan aromanya menjadi lebih nikmat.

Kolak singkong memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih. Teksturnya yang lembut, kental dan legit membuat kolak singkong cocok dijadikan sebagai sarapan. Singkong mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat mengenyangkan perut dan bisa menjadi sumber energi untuk mendukung aktivitas sehari-harimu.

4. Kolak Labu

Kolak Labu

* sumber: cookpad.com

Jika biasanya labu dibuat menjadi sayur, ternyata labu juga cocok dan enak dibuat menjadi kolak lho! Umumnya, kolak labu menggunakan labu kuning yang dipotong-potong dan direbus sampai lembut. Kuahnya pun sama seperti kolak lainnya yaitu menggunakan gula merah, santan, dan sedikit garam.

Kolak ini sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak karena memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi sebagai obat cacing. Jadi, bagi kamu yang memiliki anak atau adik, kamu bisa memberikan kolak labu sebagai pengganti sayuran.

5. Kolak Sagu Mutiara

Kolak Sagu Mutiara

* sumber: cookpad.com

Salah satu olahan yang terbuat dari tepung sagu adalah sagu mutiara atau biasa disebut pacar cina. Disebut sebagai mutiara karena bentuknya yang bulat kecil-kecil dan umumnya berwarna merah muda. Sagu mutiara juga bisa dibuat menjadi kolak. Kolak yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang khas.

Kandungan tepung sagu dalam kolak ini memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan. Kolak sagu mutiara cocok dinikmati bersama keluarga sebagai camilan di sore hari. Kolak ini biasanya disajikan selagi hangat, dalam suhu ruangan, atau disajikan dingin dengan es batu.

6. Kolak Ketan Hitam

Kolak Ketan Hitam

* sumber: www.liputan6.com

Ketan biasanya diolah menjadi hidangan sarapan yang cukup mengenyangkan. Ketan juga bisa diolah menjadi kolak. Kolak ketan umumnya menggunakan ketan hitam yang dicampur dengan santan dan daun pandan. Ketan hitam memiliki rasa yang manis dan bisa menjadi pengganjal perut yang lapar. Setelah dimasak biasanya ketan hitam akan berubah warna menjadi keunguan.

Tahukah kamu? Jika rutin mengonsumsi ketan hitam, kamu akan mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk daya tahan tubuh yang terjaga, sistem pencernaan yang bagus, bahkan mencegah tubuh dari penyakit anemia. Hal itu karena ketan hitam mengandung banyak serat, vitamin E, karbohidrat, kalium, vitamin, dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

7. Kolak Durian

Kolak Durian

* sumber: lihatinfo.com

Salah satu olahan durian yang populer adalah sop durian, tetapi durian juga bisa diolah menjadi kolak. Bagi kamu pecinta durian, wajib nih untuk mencicipi kolak khas yang satu ini. Kolak durian ini berasal dari Medan dan biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau menu berbuka puasa.

Kolak durian tidak hanya berisi durian saja, tetapi juga dicampur dengan pisang kepok, jagung manis rebus, santan dan gula aren. Kolak durian tentu saja memiliki rasa yang sangat manis dan lumer di mulut. Biasanya kolak durian disajikan dalam keadaan dingin dengan es batu.

Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa membeli kolak durian yang banyak dijual di pinggir jalan saat berkunjung ke Medan.

8. Kolak Kolang Kaling

Kolak Kolang Kaling

* sumber: www.idntimes.com

Jika biasanya kolang kaling dijadikan sebagai campuran minuman segar, ternyata kolang kaling juga cocok dibuat menjadi kolak. Kolang kaling yang berbentuk lonjong dan transparan ini berasal dari biji pohon aren. Kolang kaling memiliki tektur yang sangat kenyal dan sedikit bergetah.

Kolang kaling memiliki kadar air yang tinggi dan memiliki rasa yang segar sehingga sanga cocok dijadikan kolak. Sama seperti kolak lainnya, kuah kolak kolang kaling terdiri dari gula merah dan santan. Biasanya kolak ini dicampur dengan pisang, labu, maupun nangka. Kolak kolang kaling cocok disajikan dalam keadaan hangat.

9. Kolak Kacang Hijau

Kolak Kacang Hijau

* sumber: www.liputan6.com

Jika biasanya kacang hijau dibuat menjadi bubur, kali ini kamu harus mencicipi kolak kacang hijau. Kolak kacang hijau sangat cocok dinikmati saat hujan karena disajikan secara hangat. Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk membuat rasanya semakin nikmat, campurkan jahe ke dalam kolak kacang hijau sehingga memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh.

10. Kolak Ayam

Kolak Ayam

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Tidak semua kolak memiliki rasa yang manis, namun ada juga kolak yang memiliki rasa gurih dan legit. Kolak ayam adalah makanan tradisioal asal Gresik, Jawa Timur dan biasanya disajikan saat bulan puasa. Sekilas kolak ayam terlihat seperti gulai ayam karena memiliki kuah kental dan berwarna kecokelatan.

Kolak ayam biasanya dimasak di atas kuali tradisional dan disajikan setiap tahun oleh masyarakat Gresik. Kolak ini umumnya dinikmati bersama nasi putih hangat atau ketan putih. Yang menarik adalah kolak ayam adalah sering dilengkapi dengan singkong, ubi dan pisang.

Itulah beberapa macam kolak dari Nusantara yang dapat menggugah selera makanmu. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencicipi salah satunya? Jika kamu ingin berbagi info tentang macam-macam kolak lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *