Bacaterus / Edukasi / Wajib Tahu! 10 Macam Kecerdasan yang Dimiliki oleh Manusia

Wajib Tahu! 10 Macam Kecerdasan yang Dimiliki oleh Manusia

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Manusia adalah makhluk sempurna dengan berbagai kelebihan. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah kecerdasan. Manusia sendiri dianugerahi kecerdasan yang berbeda-beda antara satu sama lain. Meskipun begitu, banyak diantara masyarakat yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kecerdasan.

Nah, supaya kamu bisa mengklasifikasikan kecerdasan yang kamu miliki. Kali ini Bacaterus akan membahas 10 macam-macam kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang wajib kamu ketahui. Biar tidak menambah rasa penasaran kamu. Berikut adalah penjelasannya.

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan seseorang dalam mengolah kata. Kecerdasan ini berhubungan erat dengan kemampuan berbahasa atau kemampuan seseorang dalam memahami isi dari pesan yang didapat atau yang disampaikan baik secara tulisan maupun dengan perkataan.

Biasanya orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung mudah untuk meyakinkan orang lain dengan argumentasinya yang baik. Kemampuan yang dimilikinya memang bisa karena bakat alami atau proses pembelajaran.

Orang dengan kecerdasan ini biasanya lebih suka membaca, menulis, atau melakukan diskusi dengan orang lain mengenai sesuatu hal. Mereka yang memiliki kecerdasan ini mengerti bagaimana cara mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya secara jelas pada orang lain.

2. Kecerdasan Logika

Kecerdasan Logika

Selanjutnya ada kecerdasan Logika. Orang-orang yang memiliki kecerdasan logika adalah orang yang mampu berpikir secara rasional serta memiliki kemampuan dalam mencerna informasi dan mengolah angka dengan sangat baik.

Mereka yang memiliki kemampuan ini biasanya pandai dalam membuat sebuah hipotesa serta memikirkan berbagai kemungkinan-kemungkinan secara sistematis. Orang-orang seperti ini biasanya sangat dibutuhkan untuk memecahkan setiap masalah. Mereka yang dianugerahi kecerdasan ini biasanya sangat cocok untuk profesi peneliti, programmer atau seorang akuntan.

3. Kecerdasan Visual

Kecerdasan Visual

Orang yang memiliki kecerdasan visual adalah orang-orang yang memiliki kemampuan dalam menerjemahkan apa yang ada dalam pikirannya atau imajinasinya ke dalam bentuk visual. Kecerdasan visual sendiri erat kaitannya dengan berbagai bentuk, garis, ruang, warna dan ukuran.

Orang-orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mampu melihat sesuatu dengan sangat detail dan akurat. Mereka mampu merekam sesuatu yang dilihat dengan sangat kuat dan dapat menerjemahkannya ke dalam bentuk visual.

Biasanya orang-orang yang memiliki kecerdasan ini identik dengan orang-orang yang memiliki jiwa seni tinggi. Seperti pada pelukis, animator, arsitek, fotografer atau desainer. Kecerdasan visual sendiri merupakan salah satu kecerdasan yang cukup langka dimiliki oleh seseorang.

4. Kecerdasan Fisik

Kecerdasan Fisik

Selanjutnya ada kecerdasan fisik. Orang-orang yang memiliki kecerdasan fisik biasanya ditandai dengan kemampuannya dalam mengontrol gerakan tubuhnya secara penuh. Mereka biasanya mampu melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kecepatan, keseimbangan serta kekuatan fisiknya.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan fisik dapat dilihat dari gestur tubuhnya yang gesit dan cekatan. Karena kemampuannya tersebut, orang-orang ini cenderung disukai karena dianggap mampu diandalkan. Kamu juga bisa melihat orang-orang yang memiliki kecerdasan fisik seperti yang ada pada para atlet, prajurit serta para penari.

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal adalah orang-orang yang memiliki kemampuan bermusik yang baik. Mereka yang memiliki kecerdasan ini biasanya memahami nada-nada serta mampu menerjemahkannya nada-nada tersebut ke dalam melodi atau sebuah lagu yang enak untuk didengar.

Seorang yang memiliki kecerdasan musikal yang baik biasanya diiringi dengan kemampuannya dalam bernyanyi, bermain alat musik, atau memimpin musik orkestra. Mereka yang memiliki kecerdasan musikal lebih cenderung sensitif terhadap nada-nada serta kreatif dalam menciptakan sebuah karya musik.

Nah, jika kamu termasuk orang yang mengerti nada, hal itu menandakan bahwa kamu termasuk orang yang memiliki kecerdasan musikal.

6. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emosional

Banyak para ahli menyimpulkan bahwa orang yang memiliki kecerdasan emosi akan lebih mudah meraih keberhasilan di masa depan. Kecerdasan emosi sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk memahami perasaan orang lain maupun dirinya pribadi.

Kecerdasan seperti ini memang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja atau kehidupan sosial di masyarakat. Ciri khas orang yang memiliki kecerdasan emosi adalah mampu menghadapi situasi dengan kepala dingin dan penuh kesabaran. Mereka juga termasuk orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Sikapnya yang pengertian serta memahami terhadap situasi dan kondisi orang lain atau lingkungan di sekitarnya membuatnya sangat mudah disukai oleh orang lain.

7. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal

Orang yang memiliki kecerdasan interpersonal adalah orang yang memahami secara penuh kondisi dirinya baik kelebihan atau kekurangan yang dimilikinya. Orang-orang yang memiliki kecerdasan interpersonal biasanya mengerti apa yang dibutuhkan oleh dirinya sendiri. Mereka juga dapat memahami situasi orang lain karena sering melakukan refleksi diri.

Mereka dapat mengendalikan perasaan dirinya maupun orang lain dengan sangat mudah. Oleh karena itu jarang heran bila ada seseorang yang seolah memahami dengan kehidupan orang lain. Karena bisa jadi orang tersebut memiliki kecerdasan interpersonal yang baik.

8. Kecerdasan Intuitif

Kecerdasan Intuitif

Setiap orang memang memiliki insting yang berbeda. Nah, kecerdasan intuitif sendiri bisa membantu dalam proses pengambilan keputusan yang tepat. Kecerdasan intuitif adalah kecerdasan seseorang yang melibatkan insting alami yang dimilikinya.

Orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya sangat baik dalam mengambil sebuah keputusan atau tindakan yang penting. Orang-orang yang memiliki kecerdasan intuitif biasanya dimiliki oleh para spekulan. Mereka akan cenderung melakukan sesuatu sesuai dengan intuisi yang dimilikinya.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini juga memiliki kepekaan yang kuat serta sudut pandang yang tajam mengenai situasi yang sedang di hadapannya.

9. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan seseorang untuk memahami sesuatu yang berhubungan dengan alam, flora dan fauna. Mereka yang memiliki kecerdasan ini akan dengan mudah mengklasifikasikan jenis flora dan fauna, bahkan memiliki kemampuan untuk menganalisa kondisi alam yang terjadi di sekitarnya.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini dapat diketahui dengan melihat sikap antusiasnya terhadap lingkungan serta makhluk-makhluk yang ada di sekitarnya. Mereka yang memiliki kecerdasan ini biasanya lebih suka melakukan penelitian terhadap lingkungan serta mempelajari siklus kehidupan tanaman atau binatang yang hidup di alam.

10. Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual adalah orang yang  memiliki kemampuan untuk mempelajari, memahami, serta mengajarkan sesuatu yang berhubungan dengan penciptaan. Orang yang memiliki kecerdasan spiritual biasanya memiliki sudut pandang yang cukup luas serta bijak dalam menyikapi sesuatu.

Selain itu orang-orang yang memiliki kecerdasan spiritual tidak terlalu mengagungkan kehidupan duniawi. Mereka lebih suka memaknai kehidupan dengan mendekatkan diri pada alam untuk mengerti makna kehidupan yang sebenarnya serta menjadikannya lebih dekat pada sang pencipta.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan spiritual biasanya mampu membawa perubahan baik pada orang lain.

Nah, itulah 10 macam-macam kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Kira-kira kecerdasan seperti apa yang kamu memiliki? Kecerdasan merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri oleh karena itu manfaatkan hal tersebut untuk terus berbuat baik. Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum buat kamu bisa bermanfaat.

Kunjungi juga artikel cara mudah meningkatkan kecerdasan otak ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *