Bacaterus / Jeruk / 10 Macam Jeruk yang Paling Enak dan Paling Populer di Dunia

10 Macam Jeruk yang Paling Enak dan Paling Populer di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2019

Jeruk merupakan buah yang menyegarkan dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang kaya akan vitamin C ini adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Bahkan di dunia ini ada banyak jenis minuman yang memiliki rasa jeruk karena buah ini sangat disukai oleh banyak orang.

Di dunia ini terdapat banyak sekali buah yang masuk keluarga jeruk-jerukan. Indonesia sendiri memiliki varietas jeruk lokal yang terkenal, seperti jeruk medan dan jeruk pontianak. Berikut ini Bacaterus akan membahas beberapa macam jeruk yang populer di pasaran dunia.

1. Jeruk Mandarin

* sumber: pixabay.com

Jeruk yang dipercaya berasal dari daratan Tiongkok ini adalah salah satu varietas jeruk sebenarnya atau non-hibrida. Jeruk ini memiliki rasa yang manis ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk lainnya. Jeruk mandarin juga memiliki kulit yang tipis sehingga mudah untuk dikupas.

Pohon jeruk mandarin dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Di negara asalnya, jeruk mandarin sangat dihormati karena beberapa alasan. Penduduk setempat percaya bahwa buah tersebut mewakili harapan dan membawa keberuntungan. Oleh karena itu, mereka sering memberikan jeruk mandarin kepada teman dan anggota keluarga selama perayaan Tahun Baru Imlek.

Tidak hanya diambil daging buahnya saja, kulit jeruk mandarin yang dikeringkan juga digunakan dalam pengobatan Tiongkok untuk mengobati beberapa masalah kesehatan dan meningkatkan sistem pencernaan. Di Indonesia jeruk mandarin termasuk jeruk impor yang mudah ditemukan, terutama di supermarket-supermarket besar.

2. Pamelo

Pamelo

* sumber: pixabay.com

Pamelo atau jeruk bali merupakan jenis jeruk sejati lainnya (non-hibrida) yang berukuran besar. Jeruk ini biasanya berdiameter 15 hingga 25 cm dengan berat sekitar 1 hingga 2 kg per buah. Pamelo memiliki daging berwarna putih kemerahan yang rasanya bisa manis, asam atau kombinasi keduanya.

Jeruk ini tidak selalu tersedia di pasaran karena biasanya hanya muncul pas musim panen saja. Karena kulitnya yang cukup tebal, maka diperlukan cara khusus untuk mengupasnya dengan benar. Di beberapa daerah di Indonesia kulit pamelo sering dijadikan makanan lain sejenis manisan yang disebut dengan kalua jeruk.

3. Jeruk Manis/Orange

Jeruk Manis

* sumber: commons.wikimedia.org

Jeruk manis atau orange adalah salah satu jenis jeruk yang paling banyak disukai di dunia. Buah manis yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis ini adalah hasil dari persilangan antara pamelo dan jeruk mandarin. Selain rasanya yang manis menyegarkan, buah ini juga terkenal karena memiliki aroma jeruk yang kuat.

Jeruk manis dipercaya berasal dari daratan Tiongkok sejak tahun 300 SM. Nama jeruk manis sendiri sering dipakai untuk membedakan buah ini dari varietas jeruk pahit (bitter orange/citrus aurantium). Selain daging buahnya yang dimakan segar, kulit jeruk manis juga sering dipergunakan sebagai bahan untuk membuat parfum.

4. Tangerine

Jeruk Tangerine

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Tangerine adalah jenis jeruk lainnya sebagai hasil persilangan antara hibrida jeruk mandarin yang berbeda. Nama jeruk ini dinamai sesuai dengan nama tempat asalnya, yaitu Tangier, Maroko. Tangerine memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk biasa dengan daging buah yang juga lebih manis.

Karena jauh lebih manis, jeruk ini biasa dipergunakan untuk membuat berbagai macam minuman, makanan penutup, dan hidangan-hidangan lainnya. Tidak hanya dagingnya saja yang dikonsumsi, tetapi kulitnya juga demikian. Karena rasanya yang manis dan lezat, kulit jeruk tangerine sering dikonsumsi dengan cara dilapisi coklat.

5. Jeruk Lemon

* sumber: pixabay.com

Lemon adalah jenis jeruk yang tidak biasa dikonsumsi secara reguler. Akan tetapi, jeruk ini lebih banyak dipergunakan untuk keperluan kuliner, pengobatan, sebagai agen pembersih, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, lemon merupakan buah jeruk yang sangat serbaguna yang memiliki nilai besar di berbagai industri.

Karena rasa asamnya yang unik, jeruk lemon (jus dan kulitnya) sering digunakan dalam menyiapkan makanan dan minuman yang menyegarkan. Selain itu, kandungan asam sitrat yang tinggi dalam lemon membuatnya sering dimanfaatkan sebagai agen pembersih yang ampuh. Dihasilkan pula minyak esensial jeruk lemon untuk keperluan aromaterapi.

6. Jeruk Purut

* sumber: pixabay.com

Nah, jeruk yang satu ini terkenal sebagai salah satu bahan utama dalam beberapa hidangan di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand dan Vietnam. Baik buah maupun daun jeruk purut keduanya merupakan bahan dapur yang sangat penting bagi kuliner Nusantara.

Selain untuk masakan, buah yang dipercaya berasal dari daratan Tiongkok selatan ini juga diambil jusnya untuk dibuat minuman kesehatan. Selain itu diambil pula minyak esensialnya untuk kegunaan aromaterapi dan juga sampo untuk mengobati masalah kutu kepala dan masalah kulit lainnya.

7. Jeruk Nipis

perasan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah dari keluarga jeruk-jerukan lainnya yang keberadaanya cukup mudah ditemukan. Tanaman jeruk nipis biasanya ditanam oleh keluarga-keluarga di halaman rumah mereka dan mengambil buahnya untuk dibuat minuman yang menyegarkan, penyedap masakan, hingga obat alami untuk meredakan gejala batuk, perawatan rambut. hingga agen pembersih.

Buah yang disebutkan berasal dari kawasan Asia Tenggara ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan. Anda dapat mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai manfaat jeruk nipis di artikel Bacaterus lainnya di sini.

8. Limau Gedang

grapefruit

Limau gedang atau grapefruit adalah jenis jeruk hasil persilangan (secara tidak disengaja) dari jeruk manis dan pamelo. Buah ini memiliki rasa yang unik, berkisar dari asam hingga semi-manis hingga pahit. Dinamai grapefruit karena tanaman limau gedang tumbuh dalam tandan yang mirip dengan tanaman anggur.

Daging buah limau gedang memiliki warna yang bervariasi, seperti merah, putih krem, atau merah muda yang tergantung pada kultivarnya. Buah yang pertama kali diperkenalkan di negara Barbados ini biasanya ditanam untuk diambil jusnya. Kini jeruk jenis ini telah tersebar ke berbagai wilayah lainnya di dunia dengan produsen teratas dipegang oleh Tiongkok dan Amerika Serikat.

9. Jeruk Darah

Jeruk darah

* sumber: pixabay.com

Disebut jeruk darah karena jeruk jenis ini memiliki daging buah berwarna merah darah yang pekat. Hal itu disebabkan oleh adanya antioksidan yang disebut anthocyanin yang hanya ditemukan di buah jeruk ini saja. Senyawa tersebut dipercaya dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih.

Dipercaya berasal dari daratan Tiongkok, jeruk ini disebutkan memiliki rasa yang agak mirip dengan raspberry asam. Karena warna dagingnya yang cantik, jus jeruk darah sering dibuat untuk menghias makanan penutup dan minuman eksotis. Jeruk jenis ini sepertinya sulit ditemukan di Indonesia, tetapi Anda mungkin bisa mendapatkannya secara online.

10. Tangelo

Tangelo

* sumber: commons.wikimedia.org

Tangelo adalah sebuah jeruk yang memiliki bentuk mirip dengan kendi karena bagian atasnya menonjol. Jeruk jenis ini merupakan hasil persilangan berbagai hibrida dari varietas jeruk reticulata.

Kata tangelo sendiri merupakan gabungan dari kata tangerine dan pamelo. Hal itu terjadi karena jeruk ini memiliki karakteristik kedua jenis jeruk tersebut. Tangelo memiliki daging yang manis dan tajam dengan sedikit rasa pahit. Jeruk ini sering digunakan sebagai pengganti jeruk biasa.

Itulah beberapa macam-macam jeruk yang populer di dunia. Selain jeruk-jeruk di atas, masih ada jenis jeruk populer lainnya, termasuk kumquat, jeruk limau persia, jeruk limau manis, jeruk yuzu, dan lain sebagainya. Informasi lain mengenai jeruk di Bacaterus bisa Anda dapatkan di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar