Bacaterus / Natal / 10 Jenis Pohon yang Cocok untuk Merayakan Hari Natal

10 Jenis Pohon yang Cocok untuk Merayakan Hari Natal

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Oktober 2019

Bagi sebagian orang, memilih pohon natal setiap tahun adalah tradisi bagi keluarga yang merayakannya. Salah satu yang menjadi titik fokusnya adalah mendekorasi pohon natal selama masa perayaan. Mungkin tidak sedikit orang yang memilih jenis pohon natal yang sama setiap tahun. Padahal di luar sana terdapat banyak pilihan lain yang bagus untuk pohon natal.

Apakah kamu tidak bosan dengan jenis pohon natal yang itu-itu saja? Terkadang memilih pohon natal menjadi tantangan tersendiri karena secara visual pohon-pohon tersebut terlihat sama. Tetapi berbagai jenis pohon natal memiiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Supaya kamu bisa menemukan pohon natal yang sempurna dan cocok denganmu, yuk, cek beberapa referensi pohon natal dari Bacaterus!

1. Cemara Balsam

Cemara Balsam

* sumber: plants.gertens.com

Pohon cemara balsam adalah pohon cemara yang terkenal karena bentuknya yang kerucut dan dedaunannya yang berwarna hijau tua rata seperti jarum. Daun cemara balsam juga cenderung berwarna putih keperakan dan umumnya digunakan untuk karangan bunga natal. Pohon cemara ini tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga memiliki aroma yang harum.

Tetapi jenis pohon natal ini adalah pohon yang lebih pendek dari yang lainnya karena ketinggian maksimumnya hanya mencapai 60 kaki. Cabang-cabangnya yang kuat membuat pohon natal jenis ini mudah mengatasi beban berat dari dekorasi.

2. Cemara Fraser

Cemara Fraser

* sumber: store.speedtree.com

Pohon natal yang satu ini populer di kalangan presiden Amerika Serikat karena sering digunakan sebagai pohon natal resmi di dalam gedung putih. Pohon ini memiliki daun berwarna hijau kekuningan dengan aroma kuat yang menyenangkan. Sehingga pohon ini sangat cocok digunakan sebagai pohon natal indoor yang aromanya dapat memenuhi seluruh ruangan.

Cabang-cabangnya memiliki bentuk kerucut dengan cabang yang sedikit miring ke atas. Selain itu cabang-cabangnya juga dikenal ekstra kokoh yang membuatnya menjadi pohon natal yang tepat untuk ornamen berat. Bentuk daunnya seperti jarum dan spiral di sepanjang batang pohon. Cemara fraser biasanya dapat tumbuh dimana saja hingga 50 kaki.

3. Cemara Douglas

Cemara Douglas

* sumber: www.evergreenplantnursery.com

Cemara douglas terkenal karena dedaunannya yang melimpah dalam bentuk piramida. Tapi pohon jenis ini butuh ruangan yang cukup besar karena memiliki ketinggian yang luas dan bagian bawahnya yang sangat lebar. Pohon ini memiliki aroma dan cabang yang kuat yang membuatnya sangat cocok untuk menampilkan dekorasi yang meriah.

Pohon cemara douglas dapat tumbuh dari ukuran sedang hingga sangat besar mencapai 330 kaki. Pohon ini dapat berumur panjang dan berkembang di iklim lembap dan musim panas kering. Selain mudah ditemukan, pohon ini memiliki jarum daun yang lembut namun jarang rontok. Tetapi pohon ini tidak bisa menanggung ornamen yang berat.

4. Cemara Noble

Cemara Noble

* sumber: www.kirkcompany.com

Pohon ini sangat umum digunakan sebagai pohon natal di dalam ruangan. Daunnya yang berwarna hijau gelap memiliki nuansa musim dingin yang meriah. Cabang-cabangnya tebal mengisi seluruh pohon sehingga memberikan penampilan penuh dan simetris. Tingginya bisa mencapai lebih dari 200 kaki.

Pohon jenis ini dapat tumbuh sepanjang musim, dapat menampung ornamen berat, tampak klasik namun memiliki daun jarum yang lebih pendek. Jenis pohon ini diberi nama cemara “Noble” karena kurvanya rimbun, berwarna hijau tua, sedikit naik ke atas seperti hidung bangsawan yang angkuh. Dengan begitu pohon ini membuatnya sempurna untuk semua dekorasi hari rayamu.

5. Pinus Skotlandia

Pinus Skotlandia

Pohon pinus Skotlandia ini adalah pohon natal yang paling umum digunakan. Warna dedaunannya yang hijau gelap dan cabangnya yang kokoh membuatnya sempurna untuk ditempel banyak lampu saat natal. Pohon pinus ini dapat tumbuh di mana saja hingga setinggi 115 kaki. Pinus Skotlandia juga dikenal sebagai pohon yang memiliki jumlah jarum yang panjang.

Selain itu pohon ini juga mudah tumbuh karena bisa menyesuaikan dengan berbagai iklim dan tanah. Pinus Skotlandia memiliki aroma pinus yang tahan lama dan memiliki warna yang kurang berkilau.

6. Pinus Putih

Pinus Putih

* sumber: www.armintrouts.com

Pohon pinus ini adalah tanaman asli dari Amerika Utara dan merupakan pinus yang tumbuh paling tinggi di Amerika. Pinus putih bisa tumbuh hingga ketinggian 230 kaki. Pohon ini termasuk pohon lunak dengan cabang-cabang yang cukup halus dan bengkok. Jadi, pinus putih tidak direkomendasikan untuk menggantungnya dengan banyak dekorasi.

Warna biru halus dari bundel daun jarumnya memberikan tampilan yang unik dan akan terlihat sangat cantik untuk diletakkan di luar rumah. Pohon ini juga dapat hidup selama 400 tahun. Pinus putih memiliki daun yang tidak mudah rontok dan sangat cocok untuk orang yang memiliki hidung sensitif atau alergi terhadap aroma pinus, karena hampir semua pinus putih tidak memiliki aroma. Selain itu pohon ini juga bisa layu jika kekurangan air.

7. Pinus Virginia

Pinus Virginia

* sumber: www.tennesseewholesalenursery.com

Pohon pinus Virginia memiliki warna daun hijau cerah dan bentuk daun jarumnya yang dipilin sehingga mudah dikenali dari jenis pohon natal lainnya. Daunnya lebat dan memiliki cabang yang cukup pendek. Pinus Virginia memiliki aroma sedang yang ideal bagi kamu yang tidak ingin aromanya menyebar ke seluruh ruangan.

Pohon pinus ini dikenal sebagai pohon kecil yang dapat tumbuh di mana saja hingga setinggi 70 kaki. Pinus ini memiliki bentuk kerucut yang sempurna dan dapat mentolerir suhu musim dingin.

8. Cemara Norwegia

Cemara Norwegia

* sumber: www.naturehills.com

Cemara Norwegia adalah pohon yang dapat tumbuh cepat mencapai ketinggian 180 kaki. Pohon cemara Norwegia merupakan salah satu pohon natal yang populer. Tetapi pohon ini memiliki retensi jarum yang buruk jadi perlu disiram dengan baik untuk mencegahnya mengering.

Tetapi dengan perawatan yang tepat pohon ini dapat memiliki daun jarum yang banyak selama hari raya. Daunnya berwarna hijau cerah dan lebat. Memiliki aroma ringan yang menyenangkan dengan pohon berbentuk kerucut.

9. Cemara Biru

Cemara Biru

* sumber: matterntrees.com

Apakah kamu ingin sesuatu yang unik? Pohon cemara Biru bisa menjadi pilihan yang tepat. Pohon ini memiliki jarum dengan semburat perak –biru yang halus, kadang juga sebagian berwarna hijau. Bentuk pohonnya sangat simetris dan mampu menahan banyak ornamen berat. Pohon cemara Biru tidak mudah rontok kecuali berada di dalam ruangan yang terlalu hangat.

Pohon cemara ini memiliki dedaunan yang lebih dan berbentuk kerucut yang dapat tumbuh hingga 75 kaki. Cemara Biru disebut sebagai bentuk pohon natal yang sempurna. Selain itu pohon ini juga memiliki aroma yang kuat yang menarik bagi banyak orang.

10. Cemara Arizona

Cemara Arizona

* sumber: www.thetreecenter.com

Sesuai namanya pohon cemara Arizona adalah tanaman asli dari Amerika Serikat bagian barat daya. Ini adalah pohon cemara berukuran sedang yang dapat tumbuh hingga 60 kaki. Daunnya berwarna abu-abu kebiruan pada cabang yang tumbuh dalam bentuk kerucut.

Bagian bawah pohon tidak bercabang sangat lebar, memberikan efek keseluruhan bentuk kerucut yang lebih ramping dan panjang. Sebagai pohon natal, cemara Arizona berfungsi dengan baik untuk diletakkan di luar  ruangan baik dalam pot maupun tumbuh di tanah. Aromanya ringan dan akan terlihat bagus jika dililit tali lampu.

Bagaimana? Apakah kamu sudah menemukan pohon natal yang cocok dengan seleramu? Jika kamu memiliki referensi lain mengenai jenis pohon natal, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar. Kunjungi artikel tips menyiapkan perayaan natal ini agar natalan-mu lebih meriah!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar