Bacaterus / Film Barat / Mengenal Berbagai Genre Film, Manakah Genre Film Favoritmu?

Mengenal Berbagai Genre Film, Manakah Genre Film Favoritmu?

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film merupakan media audio visual yang seringkali menjadi sarana hiburan bagi para pentontonnya. Setiap film juga memiliki ide cerita dan tema filmnya masing-masing yang bisa kamu tonton sesuai dengan minat dan selera kamu. Selain itu, film juga bisa diklasifikasikan menurut genrenya dimana setiap orang biasanya memiliki genre film favoritnya masing-masing.

Genre film dapat diartikan sebagai bentuk, kategori, atau klasifikasi tertentu dari beberapa film yang memiliki kesamaan bentuk, latar, tema, suasana, dan kesamaan lainnya. Berikut Bacaterus telah rangkumkan beberapa jenis genre film yang paling populer untuk menambah wawasanmu seputar dunia perfilman.

1. Aksi / Action

Aksi

* sumber: www.latimes.com

Film dengan genre action atau film aksi merupakan salah satu genre film yang menjadi favorit banyak orang. Film ini juga dikenal dengan istilah film laga. Ciri khas dari film action adalah banyaknya adegan aksi seperti perkelahian atau pertarungan yang dilakukan oleh para tokoh utamanya yang membutuhkan kekuatan fisik ataupun kemampuan khusus.

Ide cerita dalam film action biasanya diceritakan dengan adanya sebuah misi yang harus dilakukan oleh tokoh utama dimana misi tersebut mengharuskannya melakukan penyelamatan ataupun. Film action banyak disukai karena memberikan adegan mendebarkan dan memacu adrenalin para penontonnya. Contoh film action misalnya John Wick, The Raid, atau Taken.

2. Drama

Drama

* sumber: www.moviemania.io

Film dengan genre drama identik dengan ceritanya yang menyentuh dan membuat penontonnya merasa sangat emosional. Film ini biasanya menceritakan mengenai karakter utamanya yang menjalani kehidupan sehari-hari namun memiliki konflik tertentu. Konflik tersebut bisa berupa kisah percintaan, persahabatan, atau keluarga.

Karakter dan situasi kehidupan yang terjadi dalam latar film drama biasanya dibuat secara realistis sehingga terasa lebih dekat dengan kehidupan para penontonnya. Kekuatan film bergenre drama lebih banyak ditekankan pada pengembangan karakter-karakternya dan tidak banyak menggunakan efek khusus. Contoh film drama yaitu Titanic dan 500 Days of Summer.

3. Komedi

Komedi

* sumber: www.usmagazine.com

Bagi kamu yang ingin menonton film yang membuatmu benar-benar terhibur bahkan bisa tertawa lepas, cobalah untuk menonton film-film dengan genre komedi. Cerita dalam film komedi lebih banyak memberikan penekanan pada humor dan lawakan-lawakan lucu yang dialami oleh para tokoh-tokohnya.

Film komedi biasanya juga memiliki jalan cerita yang ringan dan mudah dimengerti. Genre ini juga terbagi kedalam beberapa jenis subgenre, seperti slapsticks, spoff, atau parody. Selain membuat penontonnya tertawa, film komedi juga seringkali disisipkan kritik sosial tertentu. Beberapa contoh film komedi diantaranya The Hangover, My Stupid Boss, dan Warkop DKI.

4. Horror

Horror

Film bergenre horror merupakan film yang bertujuan untuk memberi rasa takut bagi para penontonnya. Rasa takut ini dimunculkan melalui berbagai aspek dalam film tersebut, mulai dari ide cerita, karakter para tokohnya, latar cerita, penataan artistik, penataan kamera dan cahaya, hingga penggunaan efek suara yang memberi kesan menyeramkan.

Film horror biasanya menampilkan karakter-karakter yang menakutkan, seperti hantu, zombie, monster, ataupun makhluk-makhluk menyeramkan lainnya. Adegan-adegan dalam film horror juga seringkali memberi efek yang mengejutkan dan memberi teror ketakutan pada penonton. Beberapa contoh film horror diantaranya seperti The Conjuring atau Pengabdi Setan.

5. Thriller / Misteri

Thriller

* sumber: www.charlestoncitypaper.com

Film dengan genre thriller atau misteri memang sedikit mirip dengan genre horror, yaitu memberi cerita yang dengan misteri yang tidak terungkap dan membuat penonton penasaran. Perbedaannya, genre thriller lebih menekankan kepada unsur misteri atau teka-teki yang membuat penonton merasa tegang, cemas, mengantisipasi, kaget, atau excited.

Dalam film thriller, penonton biasanya dibuat untuk menebak-nebak seperti apa akhir ceritanya. Film-film ini seringkali mengangkat tema seperti pembunuhan, konspirasi, atau hal-hal lainnya yang diselubungi dengan misteri yang belum terpecahkan hingga akhir cerita. Contoh-contoh film thriller misalnya The Da Vinci Code, Angels and Demon, Shutter Island, atau Pintu Terlarang.

Baca juga: Inilah Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun Ini

6. Science Fiction / Fiksi Ilmiah

Science Fiction

* sumber: newrepublic.com

Bagi kamu yang menyukai hal-hal yang terkait dengan ilmu pengetahuan, kamu bisa mencoba menonton film-film bergenre Scince fiction atau fiksi ilmiah. Genre yang sering disebut sci-fi ini menyajikan tema cerita yang menggabungkan konsep imajinatif yang berhubungan dengan teknologi canggih. Beragam unsur dalam film-film sci-fi juga dibuat tampak futuristik.

Film-film science fiction banyak mengambil tema-tema seperti teknologi di masa depan, mahluk-mahluk asing dari luar angkasa, atau cerita tentang penjelajah waktu. Pada intinya, cerita dalam film bergenre sci-fi selalu identik dengan sains dan teknologi. Beberapa contoh film science fiction misalnya Avatar, Interstellar, Jurrasic Park, atau The Matrix.

7. War / Perang

War

* sumber: www.cinemablend.com

Seperti namanya, film dengan genre perang atau war merupakan film yang menceritakan tentang kisah peperangan atau pertempuran besar. Film ini juga merupakan film kolosal yang melibatkan ratusan hingga ribuan pemain dalam berbagai adegan peperangan pada cerita filmnya. Kebanyakan film bergenre perang merupakan film yang diangkat dari kisah sejarah.

Para tokoh utama dalam film perang biasanya berperan sebagai tokoh-tokoh militer atau tokoh-tokoh dari sebuah kerajaan. Dalam film, penonton akan banyak disuguhkan adegan peperangan yang mendebarkan dan penuh aksi heroik namun juga cerita yang memilukan. Beberapa contoh film perang diantaranya adalah 300, Troy, Pearl Harbour, atau Merah Putih.

8. Adventure / Petualangan

Adventure

* sumber: www.justwatch.com

Film dengan genre adventure atau petualangan merupakan film yang menyajikan alur cerita yang menyenangkan serta visual-visual yang memanjakan mata kamu. Film petualangan umumnya berkisah mengenai perjalanan atau petualangan yang dilakukan oleh tokoh utama film tersebut untuk menuju tempat-tempat yang baru.

Dalam melakukan petualangan tersebut, tokoh utama film biasanya akan memiliki misi tertentu yang akan ia cari di tempat yang ia kunjungi. Film petualangan dikemas dengan sinematografi yang menyajikan beragam pemandangan indah di sepanjang perjalanan tokoh tersebut. Contoh film petualangan yaitu Kong Skull Island, Everest, Petualangan Sherina, atau 5CM.

9. Musikal

Musikal

Film dengan genre musical adalah film yang memberi banyak unsur musik dalam filmnya, seperti nyanyian atau tarian yang dilakukan oleh para karakter dalam film tersebut. Film bergenre musical biasanya juga digabung dengan genre lain seperti drama. Film ini akan menghibur kamu dengan lagu-lagu yang ditampilkan di sepanjang film.

Film-film seperti ini biasanya juga memiliki soundtrack yang khas dan tidak kalah terkenal dengan filmnya. Kisah yang ditampilkan dalam film musical juga lebih banyak menceritakan kisah sehari-hari dengan jalan cerita yang sederhana dan mudah dicerna. Beberapa contoh film musical diantaranya adalah La La Land, The Greatest Showman, dan Les Miserables.

10. Fantasi

Fantasi

Film dengan genre fantasi adalah film-film yang menyajikan kisah yang fantastik dan sangat imajinatif. Film fantasi akan menyajikan cerita mengenai hal-hal yang ada di luar nalar dan bertolak belakang dengan logika manusia dan terkesan ajaib, misalnya cerita tentang dunia peri, dunia sihir, atau kisah-kisah mitologi.

Film fantasi biasanya memiliki setting tempat di sebuah tempat fiktif dan bukan berada di dunia manusia. Beberapa contoh film fantasi misalnya serial Harry Potter, The Lord of The Rings, Percy Jackson, atau Alice in Wonderland.

Itulah beberapa genre film yang paling populer dan banyak diproduksi oleh para sineas film. Selain genre-genre diatas, masih banyak film dengan subgenre lain atau juga memiliki kombinasi lebih dari satu genre. Manakah yang menjadi genre favoritmu dan apa alasanmu menyukai genre tersebut? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *