Bacaterus / Peralatan Dapur / Jangan Salah Pilih! Berikut 4 Macam Gelas dan Kegunaannya

Jangan Salah Pilih! Berikut 4 Macam Gelas dan Kegunaannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2019

Jika Anda pergi berbelanja ke toko kelontong, Anda akan mendapati berbagai jenis gelas dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Ada pula yang tinggi juga yang pendek. Bahan gelasnya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari keramik, melanin, plastik dan kaca.

Hal pasti yang sudah Anda ketahui adalah bahwa gelas dengan berbagai jenisnya itu memiliki fungsi yang bermacam-macam. Ada gelas yang dipakai  untuk acara promosi, gelas untuk kopi, bir, cocktail, dan minuman anggur. Jika Anda akan berbelanja gelas, Anda harus tahu gelas apa yang Anda butuhkan. Untuk tahu macam-macam gelas, ikuti panduan praktis dari Bacaterus mengenai aneka jenis gelas di bawah ini

1. Gelas Wine

Gelas Anggur Merah

* sumber: www.crateandbarrel.com

Untuk jenis anggur merah, gelasnya harus memiliki ukuran mangkuk yang lebih besar dan bentuknya bundar agar memudahkan orang ketika memutar anggur dan membantu menganginkannya. Gelas anggur merah juga memiliki ukuran batang yang panjang dengan tujuan untuk menjauhkan tangan dari minuman sehingga mencegah minuman menjadi terlalu hangat. Beli gelas red wine di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

Gelas Anggur Putih

Berbeda dengan gelas untuk anggur merah, gelas untuk anggur putih area mulutnya lebih kecil sehingga tidak mudah untuk terangini jadi anggur tidak terlalu cepat teroksidasi. Bentuk gelas seperti ini bisa mempertahankan aroma dan rasa yang lebih ringan dan lebih halus yang umumnya dimiliki oleh anggur putih. Yuk, dapatkan gelas white wine di Bukalapak melalui link ini.

Gelas Flute

* sumber: www.webstaurantstore.com

Jenis anggur bersoda memerlukan permukaan atas yang lebih kecil. Tujuannya untuk membantu gelembung tetap terjaga dan mempertahankan anggur agar tidak terlalu cepat menjadi hambar. Oleh karena itu, gelas flute memiliki mangkuk yang tinggi dan tipis dengan mulut bagian atas yang kecil. Gelas ini bisa juga digunakan untuk koktail sampanye. Mau cari gelas flute? Kunjungi link ini untuk membelinya di Bukalapak.

2. Gelas Koktail

Bentuk gelas koktail yang klasik dan standar memiliki bentuk mangkuk kerucut terbalik. Umumnya gelas ini memiliki beragam ukuran, biasanya sekitar 3 hingga 6 ons. Gelas jenis ini, seperti namanya, digunakan untuk menyajikan koktail tanpa es, atau “up”.

Bentuk gelas koktail berevolusi dikarenakan fakta bahwa semua koktail tradisional memiliki aroma yang menarik sehingga memerlukan mulut permukaan yang lebih besar agar memungkinkan hidung peminum mendekati permukaan minuman sehingga mereka dapat menikmati aroma dan rasa koktail dengan sepenuhnya.

Gelas Highball

Jenis gelas ini umumnya digunakan untuk menyajikan “tall cocktail” dan minuman campuran lainnya yang mengandung mixer non-alkohol dalam porsi yang besar dan ditambahkan di atas es. Gelas highball sering digunakan untuk menggantikan gelas Collins walaupun gelas highball ukurannya lebih pendek dengan bentuk yang lebih lebar. Temukan gelas highball hanya di Bukalapk dengan masuk ke link ini.

Gelas Lowball

Gelas lowball memiliki beberapa nama lain, di antaranya Old Fashioned glass atau Rock Glass. Gelas dengan bentuk yang pendek dan dasar yang tebal ini dapat menampung sekitar 6 hingga 8 ons cairan. Dasar yang tebal cocok dengan minuman yang membutuhkan bahan yang dicampur. Gelas pendek ini juga dapat digunakan untuk menyajikan minuman alkohol tanpa es atau mixer.

Gelas Martini

Awalnya martini disajikan menggunakan gelas koktail. Namun, seiring evolusi minuman ini menjadi berbagai ‘tini’ berbasis vodka selama tahun 90-an maka ukuran porsi pun bertambah. Yang membedakan gelas Martini dari gelas koktail tradisional adalah ukuran mangkuknya. Umumnya gelas martini memiliki mangkuk yang lebih besar dan bagian bawahnya berbentuk  kerucut. Kini, gelas martini bisa dibeli secara online di Bukalapak lewat link ini.

Gelas Snifter

Jenis  gelas ini memiliki ukuran batang yang sangat pendek. Gelas snifter harus ditopang oleh tangan untuk membantu menghangatkan minuman dalam gelas. Bentuk mangkuknya yang besar memungkinkan minuman untuk diaduk.

Ukuran mulut bagian atas yang lebih sempit menahan aroma dan memungkinkan peminum menikmati aroma yang lebih kuat saat mereka menghirupnya. Gelas ini paling banyak digunakan untuk brendi dan wiski. Untuk membeli gelas snifter, silakan menuju ke Bukalapak melalui link ini.

3. Gelas Bir

Weizenbier

Weinzenbier umumnya digunakan untuk menyajikan bir gandum. Orang sering salah mengerti dengan menganggap gelas ini sebagai gelas pilsner. Namun sebenarnya weinzenbier berbeda dengan pilsner. Gelas ini memiliki lengkungan sedangkan sisi pada gelas pilsner lurus dan miring.

Gelas weinzenbier ukurannya sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan gelas bir umumnya dan bagian atasnya yang lebih luas menyediakan ruang untuk kepala bir gandum yang khas dan juga memungkinkan untuk melepaskan beberapa aroma.

Sebagian bar dan restoran biasa menambahkan sepotong buah di tepi gelas untuk melengkapi rasa bir. Cara ini cukup populer tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan ketika hendak menambahkan buah. Jangan sampai buah tadi menghancurkan kepala busa bir Anda sehingga Anda ingin menghilangkan buahnya dari bir jika ingin mempertahankan kepala bir tetap berbusa.

Pilsner

Jenis gelas ini sangat cocok untuk bir yang lebih ringan, semisal Pilsner, dan dari situlah gelas-gelas ini mendapatkan Namanya. Meskipun gelas ini memiliki ukuran yang bervariasi, tetapi ada bentuk standar yang dibentuk dengan sempurna untuk membuat bir Anda tetap berkarbonasi.

Bentuk standar gelas ini memastikan bahwa setiap tegukan bir akan sama lezatnya dengan tegukan yang pertama. Bagian atas yang lebih luas memastikan bir Anda tetap mempertahankan kepala birnya. Gelas dengan bentuk yang kurus dan tinggi ini memiliki sedikit lengkungan ke arah bawah tapi berubah menjadi lurus ke bagian atas.

Bentuk gelas yang kurus memastikan Anda dapat melihat karbonasi bir Anda dan bentuk bagian atas  yang lebih luas memastikan Anda dapat menikmati aroma bir dengan sepuasnya. Gelas pilsner memiliki bermacam ukuran. Untuk menghindari Anda terus-menerus mengisi gelas Anda, pilih gelas yang ukurannya cukup besar. Temukan gelas pilsner dengan harga terbaik melalui Bukalapak di link ini.

4. Gelas Kopi

Cangkir Espresso

Cangkir espresso adalah jenis gelas kopi terkecil. Gelas kopi, yang juga dikenal sebagai “demitasse,” umumnya akan menampung antara dua hingga tiga ons cairan. Penting untuk diingat ukuran shot saat Anda memilih jenis kopi ini. Dengan demikian Anda dapat memastikan bahwa cangkir akan menampung shot yang lebih besar jika itu yang Anda inginkan. Beli cangkir espresso hanya di Bukalapak via link ini.

Tumbler

Tumbler kopi sering kali merupakan campuran antara mug atau gelas kopi dengan travel mug. Umumnya tumbler memiliki ukuran yang terlalu besar  untuk bisa masuk ke dalam tempat gelas di mobil Anda dan berbentuk lebih seperti mug kopi. Tumbler dapat menahan panas berjam-jam karena gelas memiliki insulasi yang baik.

Karena dilengkapi dengan tutup, tumbler dapat mempertahankan panas dan menjaga benda-benda agar tidak jatuh ke gelas. Gelas ini biasanya mudah ditemukan dengan desain yang menarik dan sering kali dapat disesuaikan jika Anda ingin memberikan gelas kopi ini sebagai hadiah. Tumbler berbagai ukuran dan warna dapat dibeli di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

Mug

Anda pasti memiliki beberapa cangkir kopi di rumah tapi selalu ada satu cangkir yang Anda sering gunakan. Untuk itu penting bagi Anda mempertimbangkan kualitas gelas kopi yang Anda gunakan sehingga Anda tidak mengalami kopi yang tumpah. Jika Anda sedang di toko mencari mug kopi baru, pastikan Anda mempertimbangkan ukurannya dan apakah mug memiliki pegangan atau tidak.

Gelas kopi tanpa pegangan membuatnya mudah lepas dari genggaman tangan. Beberapa gelas dan mug memiliki pegangan dengan ukuran sangat kecil tapi ada juga yang memiliki ukuran pegangan yang besar yang memungkinkan Anda  memasukkan seluruh tangan Anda melalui pegangan.

Saat akan membeli gelas atau mug kopi, perhatikan bahannya karena akan berdampak pada seberapa baik gelas atau mug bisa menahan panas dan aroma bahkan setelah Anda mencucinya. Beragam pilihan mug menarik tersedia di Bukalapak, lho. Cek link ini sekarang juga, ya!

Macam-macam gelas dengan fungsi yang berbeda membuat Anda harus menimbang dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk membeli gelas. Meskipun tidak salah menggunakan gelas wine untuk kopi tapi Anda tidak bisa memaksimalkan fungsi gelas tersebut. Kira-kira jenis gelas mana yang paling sering Anda gunakan?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar