Bacaterus / Dispenser / Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Macam-Macam Dispenser Air Ini

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Macam-Macam Dispenser Air Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di zaman yang sudah modern ini tentu kamu sudah mengenal berbagai produk rumah tangga berteknologi tinggi. Salah satu di antaranya adalah dispenser air yang berfungsi menyimpan air minum dalam jumlah tertentu. Selain menjadi wadah penyimpanan air, dispenser juga memiliki manfaat lain seperti menghangatkan dan mendinginkan air minum.

Dewasa ini terdapat beberapa macam dispenser yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan, baik untuk rumah tangga, kantor, dan lain sebagainya. Harga dispenser juga bervariasi tergantung fitur-fitur yang dibawanya. Dispenser berteknologi canggih yang dibuat oleh brand-brand ternama tentunya memiliki harga jual yang tidak murah.

Di bawah ini Bacaterus akan membahas beberapa macam dispenser yang umum digunakan. Beberapa di antaranya mungkin jarang ditemukan di Indonesia karena teknologi air ledeng kita belum semaju negara-negara lain. Sebelum ke bahasan utama, sebaiknya ketahui dulu hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sebuah dispenser air.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Dispenser

Sebelum siap membeli sebuah dispenser air, sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa hal di bawah ini. Setiap dispenser air datang dengan fitur yang berbeda-beda. Kamu dapat mengetahuinya terlebih dahulu agar tidak salah dalam mengambil tindakan.

1. Letak Dispenser

Ini adalah salah satu aspek yang harus dipertimbangkan sebelum membeli dispenser air. Apakah hal itu akan ditempatkan di rumah, di kantor, atau di tempat lainnya.

  • Jika akan digunakan di rumah, dispenser dengan kunci mungkin dibutuhkan agar tidak disalahgunakan oleh anak-anak serta memberikan kenyamanan.
  • Jika akan digunakan di kantor untuk para tamu atau karyawan, maka perlu dipertimbangkan untuk membeli dispenser yang lebih besar dengan fitur pemanas dan pendingin air.
  • Dispenser yang akan di tempatkan di tempat-tempat umum mungkin tidak harus yang memiliki banyak fitur.

2. Saluran Langsung atau yang Bergalon

Dispenser dengan saluran air langsung mungkin belum tersedia di negara kita, tapi di negara-negara maju hal ini sudah diterapkan. Nah, aspek ini juga harus dipertimbangkan, apakah akan menggunakan dispenser dengan galon atau saluran air minum secara langsung.

Di luar negeri orang sudah dapat menghubungkan dispenser langsung ke pipa ledeng dan menyaring air yang keluar sehingga bisa langsung minum air bersih. Sedangkan mayoritas dispenser di Indonesia menggunakan galon bervolume 19 liter sebagai sumber airnya.

3. Air Panas dan Dingin, atau Dingin Saja

* sumber: pixabay.com

Dispenser air untuk di kantor sebaiknya harus memiliki fitur air panas, air dingin, dan normal karena hal itu bermanfaat bagi karyawan yang bekerja. Mereka dapat membuat berbagai minuman seperti kopi, teh manis, hingga mie dalam kemasan. Untuk dispenser rumah atau dispenser di tempat-tempat umum bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Macam-Macam Dispenser

Ada banyak jenis dispenser yang dapat dipilih. Di bawah ini adalah beberapa macam dispenser yang terdapat di pasaran.

1. Dispenser Air Galon Atas Bawah

Dispenser jenis ini sangat cocok digunakan di ruang tamu, ruang kantor, dan ruang meeting. Anda dapat menempatkan galon air di atas dan di bawah atau salah satunya. Dengan menggunakan dispenser ini, Anda tidak perlu lagi mengangkat galon yang berat untuk isi ulang, tapi cukup tempatkan di bawah. Namun, jika cukup banyak orang yang mengambil air minum, maka memakai dua galon sekaligus bisa sangat membantu.

Menyimpan dispenser ini di sudut ruangan atau ditempatkan rapi di dinding lorong kantor dapat membantu menciptakan lingkungan nyaman yang sempurna. Secara fisik dispenser ini tidak menyita banyak ruang karena Anda masih dapat menyimpan galon di bawahnya. Fitur-fitur yang dimiliki oleh dispenser biasanya cukup lengkap dengan pilihan keran air dingin, air panas, atau air normal, memiliki filter air canggih di dalamnya, dan sebagainya.

2. Dispenser Air Free Standing

Hampir sama dengan dispenser di atas, dispenser free standing hanya memiliki satu penempatan galon saja, yaitu di bagian atasnya. Sedangkan kabinet di bagian bawahnya dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai barang termasuk makanan. Fitur-fitur yang dimiliki oleh dispenser ini cukup lengkap, tentunya tergantung harga yang ditawarkan.

Dispenser free standing cocok digunakan di rumah atau kantor. Dispenser jenis ini dirasa lebih portabel daripada model dispenser lainnya di pasaran. Fitur-fitur yang dimiliki oleh dispenser free standing juga cukup lengkap termasuk di dalamnya ada penyaring air (kecanggihannya berbeda-berbeda tergantung model). Dispenser ini sangat ideal untuk digunakan ketika hanya beberapa orang yang meminum air darinya.

3. Dispenser Air Tersembunyi atau Wall-Mounted

Di kita mungkin masih jarang menemukan dispenser air tersembunyi atau wall-mounted (yang terpasang di dinding). Dispenser jenis ini biasanya terhubung dengan pipa ledeng yang sudah mendukung air bersih siap minum. Dispenser wall-mounted tidak memiliki tempat untuk galon karena sumber airnya berasal dari air ledeng yang tidak perlu diisi ulang.

Beberapa model dispenser jenis ini juga dapat ditaruh di atas meja dan tidak menyita banyak ruang. Selain itu, fitur-fiturnya juga terbilang canggih seperti adanya sistem digital, sensor air internal, fitur penghemat energi, dan lain-lain. Air minum yang dikeluarkannya juga melalui proses penyaringan yang canggih.

4. Dispenser Air Meja

Dispenser air meja adalah salah satu dispenser yang paling populer di pasar Indonesia. Dispenser ini didesain untuk ditempatkan di atas meja agar mudah diakses. Dispenser air meja memiliki tempat galon di atasnya dan umumnya hanya memiliki dua keran air, yaitu air panas dan normal. Dispenser air meja cocok digunakan di ruangan pribadi. Harganya pun sangat terjangkau dan mudah di bawah ke mana-mana.

5. Dispenser Air POU

Dispenser air ini dapat dihubungkan langsung ke sumber air in-house yang dapat mengeluarkan air minum panas dan dingin terus-menerus. Dispenser air jenis ini biasa disebut POU (Point of Use). Dispenser berukuran besar ini cocok dipasang di kantor dan bangunan besar lainnya. Dispenser air POU memiliki saringan air sehingga dapat dipastikan air keran yang Anda minum telah dibersihkan.

Itulah beberapa macam dispenser air yang dapat kami bahas saat ini. Dengan banyaknya opsi, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Akan tetapi, dengan mempertimbangkan kebutuhan Anda pasti tahu mana yang lebih baik untuk digunakan, baik untuk kantoran, rumahan, atau tempat-tempat lainnya.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap dispenser tentunya berbeda-beda tergantung model dan harga. Anda dapat menanyakan hal tersebut kepada penjual secara langsung agar informasi yang didapat lebih jelas. Atau jika membelinya secara online, Anda perlu cek dulu spesifikasinya.

Jika Anda sangat mempertimbangkan kesehatan, sebaiknya gunakan dispenser air yang memiliki filter air canggih. Sebaliknya jika Anda sudah yakin bahwa galon air yang Anda beli benar-benar bersih, mungkin galon air free standing cukup untuk Anda gunakan sehari-hari.

Nah, untuk mendapatkan dispenser-dispenser air dengan harga terbaik, kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *