bacaterus web banner retina

10 Jenis Bonsai Beringin dengan Sentuhan Klasik dan Mewah

Ditulis oleh Ismi Aisah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Bonsai adalah tanaman yang sangat populer dan unik. Keunikannya terletak pada bentuknya yang dikerdilkan. Tidak hanya itu, biasanya pohon ini ditanam dalam sebuah pot tanaman saja, bukan dibiarkan tumbuh besar seperti pohon pada umumnya. Bonsai sendiri berasal dari Cina yang muncul pada saat era dinasti Han dan mulai menyebar ke Jepang pada era dinasti Yuan.

Jenis tanaman Bonsai terdapat berbagai macam, salah satunya yang populer adalah Bonsai Beringin. Jenis Bonsai ini sangat banyak disukai oleh banyak orang karena mudah tumbuh dan perawatannya yang minim. Selain itu, Bonsai beringin memiliki tampilan yang klasik dan mewah dengan aksen akar sulurnya yang menjuntai. Mau tahu jenis-jenis dari Bonsai Beringin? Yuk ikuti ulasannya.

1. Beringin Dolar

Beringin Dolar

* sumber: marcasflower.blogspot.com

Beringin dolar merupakan tanaman yang memiliki bentuk yang indah serta kokoh, dipadukan dengan rimbunan daun kecil yang berbentuk bulat telur. Keindahan yang dimiliki oleh beringin dolar membuat harganya cukup fantastis di pasaran, yaitu sekitar 2 juta rupiah untuk ukuran tanaman yang kecil.

Menanam bibitnya sendiri membutuhkan waktu yang lama sampai menjadi besar, sehingga disiasati dengan menyambung beringin dolar dengan jenis ficus lainnya. Dalam proses perawatannya cukup mudah kamu hanya cukup rutin memangkas, diberikan pupuk dan disemprot dengan insektisida dan fungisida. Faktor penting lain dalam menjaga keindahan bonsai beringin dolar perlu pemangkasan rutin, baik ranting-ranting, dahan ataupun cabang-cabangnya.

2. Beringin Korea

Beringin Korea

* sumber: sukabonsai.blogspot.com

Bonsai Beringin Korea termasuk jenis baru dalam dunia bonsai. Walaupun termasuk baru namun sudah banyak diminati oleh  masyarakat. Peminat paling banyak membeli adalah para ibu-ibu yang gemar menghias rumah. Untuk harganya pun termasuk murah dengan ukuran kecil setinggi 20 cm dibandrol dengan harga 150 ribu dan ukuran yang paling besar mencapai harga 1,5 juta rupiah.

Bentuk dari Beringin Korea sendiri hampir mirip dengan Beringin Dolar namun daun beringin korea memiliki bentuk daun lebih lonjong. Selain itu batang pohonnya sendiri sangat kokoh, pendek, namun berdaun lebat dan sangat cocok dijadikan penghias rumah.

3. Beringin Putih

Beringin Putih

Tanaman Bonsai selanjutnya adalah Bonsai Beringin Putih yang memiliki penampilan eksotis dan cukup indah sehingga sangat bagus dijadikan penghias rumah. Kelebihan dari Beringin Putih sendiri adalah tanaman cepat tumbuh dan tidak mudah mati sehingga peminat bonsai ini cukup banyak.

Dalam perawatannya pun cukup mudah, hanya dengan disiram setiap hari dan diberi pupuk organik. Dari segi harga, bakal dari bonsai beringin mencapai ratusan ribu. Namun jika ukurannya makin besar dan terawat, harga yang dipasarkan akan mencapai ratusan juta.

4. Beringin Lokal

Beringin Lokal

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=kFcXKSsYKAY

Beringin lokal termasuk ke dalam jenis pohon dari suku ara-araan dan memiliki nama latin ficus benjamina. Tanaman beringin lokal juga sering dianggap sebagai tanaman yang memiliki kekuatan magis karena sering ditemui ditempat yang cukup angker seperti di area kuburan.

Pohonnya yang mudah ditemui membuat banyak diminati oleh para penghobi bonsai. Pasalnya perawatannya cukup mudah yaitu dengan disiram tiap hari, dijemur dibawah sinar matahari serta pemangkasan dan penyiangan. Tak lupa juga diberi pupuk organik sebanyak tiga kali dalam sebulan agar bonsai semakin terawat.

5. Beringin Iprik

Beringin Iprik

* sumber: tamanbonsai.com

Beringin Iprik atau dikenal juga sebagai Beringin Preh merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Sama seperti Beringin Lokal, pohon dari Beringin Iprik sendiri selalu identik dengan kesannya yang angker karena sering dijumpai di area kuburan.

Terdapat 3 jenis pohon beringin Iprik yang bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai yaitu jenis yang berpucuk hijau, merah dan silver. Ciri daunnya sendiri berbentuk oval dan tumbuh rimbun, apabila dilihat secara sekilas batang pohonnya mirip dengan Beringin Kimeng.

Baca juga: Suka dengan Bonsai? Inilah 10 Jenis Pohon Bonsai Termahal

6. Beringin Afrika

Beringin Afrika

* sumber: bloggerbonsai.blogspot.com

Tanaman beringin selanjutnya adalah Beringin Afrika yang termasuk ke dalam spesies pohon Ara dan cukup banyak dijumpai di Indonesia. Ketinggian dari pohon beringin Afrika sendiri bisa mencapai 15 meter dengan daun yang rimbun dan rapat.

Ciri dari Beringin Afrika adalah bentuk daun yang oval dan berujung lancip sehingga bentuknya menyerupai tombak. Keunikan daunnya membuat Beringin Afrika banyak diincar oleh para penggemar Bonsai.

7. Beringin Kimeng

Beringin Kimeng

* sumber: andielrefa.wordpress.com

Beringin Kimeng merupakan salah satu pohon beringin yang banyak dijadikan sebagai bibit bonsai karena memiliki keunikan dengan bentuk daunnya yang berbentuk lonjong dan bisa tumbuh mencapai 2 inci.


Untuk batang pohonnya sendiri bisa mencapai 200 kaki, dengan banyak cabang dan daun yang rindang. Untuk kamu yang ingin mendapatkan bibit bonsai Beringin Kimeng bisa mencari pohonnya di daerah Amerika. Namun, sudah banyak bibit bonsai yang dijual di E-commerce dan di impor langsung dari Negara Amerika.

8. Beringin Loa

Beringin Loa

Salah satu tanaman yang bisa dibonsai selanjutnya adalah tanaman Loa. Tanaman Loa merupakan salah satu tanaman bonsai paling favorit karena juara dalam bentuk keindahan. Tentu keindahan tersebut berasal dari perhatian dan perawatan yang telaten.

Untuk merawat tanaman bonsai ini tentu yang menjadi perhatian utama adalah cabang bonsai. Cabang bonsai yang ideal adalah dari kecilnya ujung batang bonsai dan kerapihan dalam melilit ranting dengan kawat. Tak lupa juga disiram setiap hari serta diberi pupuk organik secara berkala.

9. Beringin Elegan

Beringin Elegan

* sumber: tamanbonsai.com

Beringin Elegan memiliki bentuk yang hampir sama dengan Beringin Kimeng, terutama pada bentuk daunnya. Bagi yang masih awam tentu belum bisa membedakan antara beringin kimeng dan beringin elegan. Namun perbedaan yang mencolok di antara keduanya adalah daun kimeng lebih tipis dan pipih sedangkan daun elegan lebih tebal. Selain itu, jarak antar pertumbuhan daun sangat rapat satu sama lain pada daun elegan dibandingkan daun kimeng.

Untuk perawatan pada beringin elegan hampir sama dengan perawatan tanaman beringin lainnya yaitu disiram setiap hari dan diberi pupuk secara berkala. Selain itu karena pertumbuhan beringin elegan sangat lambat, banyak para penghobi bonsai sering melakukan sambungan dengan beringin lainnya salah satunya beringin Iprik.

10. Beringin Pencekik Florida

Beringin Pencekik Florida

* sumber: kuromatsubonsai.com

Sesuai dengan namanya, Beringin Pencekik Florida berasal dari negara bagian Florida. Bonsai beringin Pencekik Florida sangat cocok dipajang sebagai hiasan rumah karena bentuknya yang indah serta memiliki batang yang terang seperti emas.

Selain karena keindahannya, Beringin Pencekik Florida tergolong akar beringin yang mudah diatur saat pohon masih muda sehingga mudah dibentuk dalam pembuatan menjadi bonsai. Fyi, tanaman ini juga getahnya sering digunakan sebagai bahan permen karet lho.

Itulah 10 jenis dari bonsai beringin yang wajib kamu ketahui jika ingin mencoba merawat tanaman bonsai. Jika kamu ingin memiliki tanaman bonsai yang sedang kekinian, bisa mencoba merawat tanaman bonsai beringin Korea, dijamin rumah kamu akan semakin terlihat indah dengan kehadiran bonsai beringin korea.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram