Bacaterus / Biskuit / 12 Jenis Biskuit Paling Enak di Dunia, Pernah Coba?

12 Jenis Biskuit Paling Enak di Dunia, Pernah Coba?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Biskuit adalah salah satu camilan berupa potongan kue kecil, pipih, dan tipis. Biskuit juga menjadi salah satu daftar belanja favorit bagi sebagian orang. Karena biskuit adalah makanan praktis yang mudah tersedia. Ada banyak jenis biskuit yang tersedia saat ini dengan berbagai bahan untuk membuatnya menarik bagi orang-orang dari semua umur.

Biskuit juga menjadi pasangan yang ideal untuk dinikmati dengan teh atau kopi. Beberapa orang membuat stok biskuit di rumah karena memang umumnya memiliki rasa yang nikmat. Tapi tahukah kamu? Sebenarnya biskuit memiliki jenisnya sendiri, mulai dari bahan, bentuk hingga rasanya yang berbeda. Berikut adalah 10 macam biskuit yang ada di dunia.

1. Biskuit Marie

Biskuit Marie

* sumber: medifitbiologicals.com

Biskuit Marie adalah biskuit yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Mungkin kamu juga tidak asing lagi dengan biskuit yang sering ditemui di mini market ini. Biskuit Marie adalah jenis biskuit yang sangat manis dan sangat mirip dengan biskuit rich tea khas Inggris.

Biskuits ini berbentuk bulat dan namanya tercetak di tengah biskuit. Memiliki desain yang khas dibagian pinggirnya. Awalnya, biskuit ini bernama Maria lho!

2. Biskuit Rich Tea

Biskuit Rich Tea

* sumber: en.wikipedia.org

Terlihat mirip dengan jenis biskuit sebelumnya, biskuit rich tea adalah jenis biskuit manis yang terbuat dari tepung terigu, minyak sayur, gula dan ekstrak gandum lunak. Biskuit ini sangat populer di Inggris.

Rasa polosnya membuat biskuit ini benar-benar enak. Mereka awalnya disebut biskuit teh saja. Sesuai dengan namanya, bentuknya yang tipis membuat biskuit ini sangat cocok untuk dicelupkan ke teh. Dinilai sebagai salah satu jenis biskuit terbaik, bahkan biskuit ini juga pernah disajikan dalam pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.

3. Biskuit Bourbon

Biskuit Bourbon

* sumber: www.dailymail.co.uk

Biskuit bourbon adalah jenis biskuit berbentuk sandwich yang dibuat dengan menggabungkan dua biskuit rasa cokelat dengan isian krim cokelat mentega. Biskuit ini sangat cocok dinikmati dengan teh dan disukai banyak orang.

Selain itu tetap nikmat dimakan sendiri karena faktanya bahwa biskuit ini memiliki isian fondant dan tidak kering. Karena kadar gulanya tinggi, biskuit bourbon bisa juga dijadikan sebagai makanan penutup.

4. Biskuit Drop

Biskuit Drop

* sumber: cooking.nytimes.com

Biskuit drop mengandung banyak susu atau cairan lain yang ditambahkan ke adonan. Sehingga membuat rasanya lebih creamy dan manis. Adonannya lebih lembap dan tidak dapat diuleni atau digulung. Sehingga membuat biskuit ini tidak dapat mengembang dengan baik. Biskuit drop memiliki tampilan dan tekstur yang terlihat kasar.

5. Biskuit Scones

Biskuit Scones

* sumber: www.sbs.com.au

Biskuit scones adalah biskuit manis berbentuk wedge yang biasanya dibuat dengan krim dan mentega. Biskuit ini memiliki remah yang lembut, berat, dan bagian atasnya berwarna agak cokelat. Jika membuat biskuit ini dengan telur, maka dapat menambah rasa dan warna yang menarik. Tetapi menghasilkan tekstur yang sedikit cakey.

6. Biskuit Hardtacks

Biskuit Hardtacks

* sumber: www.instructables.com

Biskuit hardtacks adalah jenis biskuit yang keras, terbuat dari tepung dan air. Biskuit ini memiliki nama lain yang sering disebut sebagai biskuit pilot, biskuit kapal, dan biskuit laut. Karena biskuit ini memiliki tekstur yang sangat kering, maka dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa harus didinginkan.

Karena mudah dibuat, biskuit ini juga sering dijadikan sebagai ransum oleh para pelaut dan tentara. Biskuit hardtacks juga nikmat dicelupkan ke dalam teh atau kopi untuk melembutkannya. Biskuit ini juga ringan dan bisa menggantikan roti.

7. Biskuit Monaka

Biskuit Monaka

* sumber: www.biscuitpeople.com

Jika kamu menyukai makanan Jepang, biskuit jenis ini sangat cocok untukmu. Biskuit monaka terbuat dari isian selai kacang azuki yang diapit di antara dua wafer tipis. Kacang azuki adalah kacang merah yang bentuknya kecil. Wafernya terbuat dari tepung mochi khas jepang.

Biskuit ini adalah jenis biskuit tradisional Jepang dan biasanya disajikan saat perayaan. Alasannya karena biskuit ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Ada beberapa variasi dari biskuit ini, misalnya berbentuk panda dengan rasa cokelat dan isian krim vanilla.

8. Biskuit Jahe

Biskuit Jahe

* sumber: www.onceuponachef.com

Biskuit jahe umumnya disajikan saat perayaan natal. Dengan bentuknya yang menyerupai laki-laki dan berwarna cokelat. Seperti namanya, biskuit jahe adalah jenis biskuit yang menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Bahan-bahan lainnya termasuk sirop gula dan madu, yang sangat sehat untuk tubuh manusia.

Tapi yang membuat biskuit jenis ini populer di dunia adalah karena rasanya yang khas. Awalnya, roti jahe digunakan secara medis untuk mengatasi penyakit seperti gangguan pencernaan. Namun kemudian, popularitasnya yang meluas membuatnya diadaptasi sebagai camilan yang cocok dinikmati dengan teh. Atau bisa juga dimakan sebagai makanan penutup.

9. Biskuit Snickerdoodle

Biskuit Snickerdoodle

* sumber: www.bettycrocker.com

Biskuit snickerdoodle adalah jenis biskuit yang terbuat dari mentega atau minyak, gula dan tepung. Biskuit ini digulung dalam gula kayu manis. Snickerdoodles memiliki ciri khas permukaan yang retak dan teksturnya yang garing atau lunak, tergantung bahannya.

Snickerdoodles juga sering disebut biskuit gula. Namun, ada satu bahan utamanya yaitu krim tartar. Mungkin terlihat aneh tapi membuat rasanya enak dan membuat biskuit ini terasa kenyal.

10. Biskuit Nankhatai

Biskuit Nankhatai

* sumber: www.cookwithmanali.com

Biskuit nankhatai adalah biskuit yang berasal dari India. Ini biskuit kering dengan tradisi dan sejarah yang merentang hingga abad ke-16. Nankhatai juga merupakan salah satu suguhan utama selama festival Diwali di mana orang merayakan kemenangan cahaya atas kegelapan.

Banyak tukang roti yang menjual biskuit nankhatai mereka di jalanan selama perayaan ini. Biskuit ini memiliki bentuk yang sekilas seperti kue nastar. Memiliki warna kekuningan dan bentuk yang bulat. Biskuit ini paling nikmat dimakan dengan teh hangat di sore hari.

11. Biskuit Fig Roll

Biskuit Fig Roll

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Jenis biskuit ini disebut juga sebagai ara gulung. Sesuai dengan namanya, biskuit ini dikombinasikan dengan buah, yaitu ara. Biskuit fig roll berasal dari Mesir. Karena ada kandungan buahnya, biskuit ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Karena biskuit ini memiliki isian buah ara berbentuk pasta, maka akan terasa lumer di mulut dalam sekali gigitan. Biskuit ini mengandung setengah lemak dan unsur-unsur sehat lainnya seperti serat.

Buah ara dalam biskuit ini terasa manis sehingga tidak perlu tambahan gula. Biskuit ini cocok dinikmati untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

12. Biskuit Pencernaan

Biskuit Pencernaan

* sumber: www.viralbake.com

Biskuit pencernaan salah satu jenis biskuit paling populer di Inggris. Biskuit pencernaan adalah jenis biskuit yang memiliki rasa semi-manis, terbuat dari tepung gandum utuh. Biskuitnya bertekstur keras, namun lembut dan mudah rapuh. Disebut sebagai biskuit pencernaan, karena kandungannya dalam biskuit ini bisa mengatasi masalah pencernaan. Sehat sekaligus enak!

Dari beberapa jenis biskuit di atas, kira-kira biskuit mana nih yang bikin kamu penasaran dengan rasanya? Jika kamu tahu jenis biskuit lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Intip juga artikel merk biskuit cokelat di Indonesia ini jika kamu ingin  menyantap biskuit cokelat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *