Bacaterus / Makanan / Inilah Macam-Macam Bakso yang Paling Populer di Indonesia

Inilah Macam-Macam Bakso yang Paling Populer di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bakso adalah makanan orang Indonesia yang selalu dicari setiap hari. Cuaca sedang terik? Makan bakso. Dingin-dingin hujan? Enaknya makan bakso. Bosan makan nasi? Cari bakso!!

Rasanya aneh kalau ada yang bilang tidak suka bakso (walaupun pasti ada saja yang tak suka), tapi bisa dibilang 80% rakyat Indonesia menyukainya. Mau itu orang tua, anak muda, bahkan anak-anak banyak yang doyan ngebakso.

Bakso juga tidak sulit dicari. Hampir di setiap jalan besar, jalan komplek, gang dan perkampungan ada penjual bakso keliling, menggunakan tenda, atau berdagang di rumah. Atau kalau Anda mau yang agak high class, seperti mall dan restoran pun ada yang menjual bakso, kok.

Hidangan bakso pun tidak sebatas bakso yang diberi kuah bening + mie + sayur. Ada juga yang dijadikan pentol pedas, sop, tumisan, bakso bakar, dll.

Sebenarnya bakso dipopulerkan oleh orang Tionghoa yang menetap di Indonesia. Kata bakso sendiri diambil dari kata “bak” dan “so” yang dalam bahasa Hokkien (Taiwan) berarti daging giling.

Karena mayoritas agama orang Indonesia adalah muslim, bakso dibuat dari daging yang halal seperti sapi, ayam, atau ikan. Tapi, bakso yang paling populer adalah bakso sapi dan kalau kita membicarakan bakso pasti yang terbayang adalah bakso sapi.

Bakso umumnya dibuat dari daging sapi, tapi karena dicampur tepung dan sebagainya sehingga jatuhnya harganya murah. Biasanya bakso dibentuk bulat-bulat dengan berbagai macam isian. Ada yang polos, urat, cincang, atau telur.

Namun sekarang sudah semakin banyak variasi bakso hasil kreativitas orang Indonesia yang selalu up to date. Nah, sekarang Bacaterus mau mengajak Anda mencari tahu ada apa saja macam-macam bakso? Semuanya kami bahas di sini. Awas ngiler.. Hihi!

1. Bakso Polos

* sumber: id.openrice.com

Bakso polos ini rajanya bakso. Walaupun ada berbagai macam jenis bakso lainnya, bakso polos pasti tetap dicari, walaupun kadang cuma jadi pemanis atau teman dari bakso lainnya. Bakso polos dibuat dari daging sapi lalu dibentuk bulat-bulat tanpa isian atau campuran apapun. Ukurannya ada yang kecil ada yang besar.

2. Bakso Cincang

* sumber: food.detik.com

Bakso favorit setelah yang polos adalah bakso cincang. Dia dari luar mirip seperti bakso polos, cuma biasanya dibuat agak lebih besar. Selain untuk membedakan, bakso cincang kan memang ada isiannya. Bakso ini berisi cincangan daging dan tetelan sapi. Orang-orang menyukainya karena bakso ini lebih punya aroma.

3. Bakso Urat

* sumber: www.tokopedia.com

Kalau Anda  suka bakso yang bertekstur, pasti suka bakso urat. Dari luar saja sudah kelihatan perbedaannya dengan bakso-bakso lainnya. Bakso ini bertekstur kasar karena dicampur dengan urat sapi. Bakso ini akan terasa lebih gurih dibandingkan yang polos atau pun cincang.

4. Bakso Telur

* sumber: jajanbaso.com

Jenis bakso yang umum selanjutnya ada bakso telur. Ya, Anda juga pasti tahu bentuk bakso ini seperti apa. Dari luar nampak polos biasa, tapi di dalamnya ada telur ayam atau telur puyuh. Kalau yang isi telur ayam biasanya ukuran baksonya sangat besar, dua kali lipat dari bakso polos. Sedangkan bakso isi telur puyuh biasanya berukuran sedang.

5. Bakso Keju

* sumber: ramesia.com

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan bakso yang aneh-aneh. Orang Indonesia pintar sekali berinovasi, salah satunya dalam urusan kuliner. Para penjajak bakso yang kreatif pun menghasilkan beragam variasi bakso yang beda dari yang lain, seperti bakso keju ini.

Kepopuleran bakso keju mungkin sudah lama sekali dimulai, dan karena mendapat respon baik dari masyarakat, masih ada penjajak bakso yang menyediakan menu ini. Walaupun, Anda tidak akan menemukannya di tukang bakso tradisional atau  tukang bakso yang keliling. Sensasi keju yang lumer dan gurih di mulut bersatu dengan daging bakso lah yang membuat orang-orang menyukainya.

6. Bakso Mozzarella

* sumber: today.line.me

Masih berkutat dengan keju, tapi bakso ini diisi oleh jenis keju yang berbeda. Jika sebelumnya menggunakan keju cheddar, bakso yang satu ini berisi keju mozzarella. Sensasi yang ditawarkan tentu tak sama. Mozzarella yang ada di dalam bakso akan meleleh ketika direbus, sehingga saat Anda makan, kejunya akan melt dan memanjang. Seru sekali memakannya!

7. Bakso Ranjau

* sumber: www.tokopedia.com

Bakso ranjau sering disebut juga sebagai bakso mercon atau bakso setan. Intinya, sih, dia itu bakso rawit. Sensasinya cukup berbeda dengan ketika Anda makan bakso yang dituang sambal, karena rasa pedasnya ada di kuahnya. Kalau bakso ini isinya sambal cabai rawit, sehingga di setiap gigitannya akan terasa sangat gereget pedasnya.

8. Bakso Beranak

* sumber: id.pinterest.com

Ini bakso yang sedang populer banget, namanya bakso beranak. Agak seram, ya? Hihi. Tapi, sebenarnya bakso ini sangat sederhana, kok. Dia adalah bakso yang sangat besar, lalu ketika dibelah akan keluar “anak-anak”-nya, yaitu bakso-bakso kecil. Kadang ada juga yang diberi tambahan tetelan atau daging cincang.

Kabarnya, bakso beranak pertama kali dibuat oleh warung sederhana di Kota Bogor, yaitu Big Bakso Family, yang sudah menjajakkan bakso beranak sejak tahun 2013. Sekarang, sih, sudah banyak yang menjual bakso beranak jadi Anda tidak perlu sengaja datang ke Bogor, kecuali jika Anda memang ingin merasakan yang original. Bakso beranak kadang disebut juga sebagai bakso hamil.

9. Bakso Mangkuk

* sumber: www.idntimes.com

Ini agak mirip dengan bakso beranak, ya? Tapi, coba perhatikan bentuknya yang setengah lingkaran mirip dengan apa? Ya, mangkuk! Ini namanya bakso mangkuk. Jadi, bakso pesanan Anda tidak disajikan di atas mangkuk, melainkan di atas bakso yang dibentuk seperti mangkuk. Jadi mangkuknya bisa Anda makan juga tanpa perlu debus, hihihi.

10. Bakso Bola Tenis

* sumber: esapuspita.com

Ingin makan bakso yang berukuran besar? Cari bakso bola tenis, bakso raksasa, bakso jumbo, atau bakso astaghfirullah. Sebenarnya bakso-bakso ini sama, yaitu bakso yang berukuran sangat besar. Cuma namanya saja yang berbeda sesuai kreativitas penjualnya.

Bakso ini biasanya berukuran sangat besar, ada yang sampai sebesar mangkuk, bahkan ada juga yang sebesar kepala bayi. Bakso yang sangat besar ini biasanya dimakan dengan cara sharing (1 bakso bisa untuk dimakan 7 orang).

Nah, itulah macam-macam bakso yang ada di Indonesia. Ada pula bakso lainnya seperti bakso ayam, ikan, kerbau dan seafood, walaupun tidak sepopuler bakso sapi.

Terus, kalau yang sekarang lagi happening banget, sih, bakso aci. Tapi itu sebenarnya bukan bakso melainkan cilok yang direbus dan diberi kuah, hihi. Kalau Anda sudah sempat cobain jenis bakso yang mana saja, nih? Atau butuh referensi olahan bakso yang enak dan paling populer di Indonesia? Yuk, langsung baca artikel Olahan Bakso Terpopuler ini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *