Bacaterus / Sepeda / 10 Macam Aksesori Sepeda yang Mesti Dipakai dan Dimiliki

10 Macam Aksesori Sepeda yang Mesti Dipakai dan Dimiliki

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Apakah kamu baru saja membeli sepeda baru? Ada banyak alasan mengapa seseorang membeli sepeda, mulai dari ingin memulai hobi baru, supaya semangat berolahraga, sebagai transportasi yang hemat, atau sekedar untuk kesenangan.

Jika sudah membeli sepeda, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli aksesorinya. Beberapa aksesori sepeda akan sangat bermanfaat untuk keamanan dan kenyamananmu saat bersepeda.

Saat bersepeda di jalan, seseorang bisa saja mengalami peristiwa yang datang secara tiba-tiba, seperti perubahan cuaca, ban kempes, atau sejumlah masalah kecil lainnya. Maka dari itu, aksesori dan peralatan sepeda sangat dibutuhkan.

Beberapa orang mungkin merasa cukup dengan akseori dan peralatan yang seadanya, sementara yang lain menginginkan aksesori yang terbaik dan lengkap.

Nah, supaya kamu tidak bingung menentukan aksesori sepeda apa saja yang perlu dibeli, berikut adalah daftar yang bisa kamu miliki untuk membuat aktivitas gowes kamu semakin menyenangkan.

1. Helm Sepeda

Helm Sepeda

Hal pertama dan yang paling utama dalam bersepeda adalah keamanan. Salah satu aksesori untuk menunjang keamanan bersepeda tentu saja helm sepeda. Pastinya kamu membutuhkan helm sepeda yang benar-benar bagus dan tahan lama.

Penggunaan helm sepeda sangat wajib meski kamu hanya bersepeda santai di sekitar komplek. Itu karena tidak menutup kemungkinan sebuah peristiwa kecelakaan dapat terjadi.

Setiap helm sepeda memiliki beberapa tingkat perlindungan, dengan variasi kualitas, harga, dan gaya. Selain hal tersebut, kamu juga perlu mempertimbangkan kecocokan, karena tidak semua produk helm cocok dengan bentuk kepala kamu.

Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah pergi ke toko sepeda dan mencoba beberapa helm secara langsung. Pastikan pas tapi tidak terlalu kencang.

2. Sarung Tangan Sepeda

Sarung Tangan Sepeda

Sama pentingnya seperti helm, sarung tangan sepeda akan sangat dibutuhkan jika kamu ada rencana untuk bersepeda di perbukitan, gunung atau di medan yang kasar dan terjal. Sangat penting untuk memiliki sarung tangan dengan tingkat cengkraman yang cukup agar kamu dapat tetap memegang setang sepeda dengan nyaman.

Sarung tangan sepeda tersedia dalam beberapa jenis bahan dan bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Selain untuk kenyamanan bersepeda, aksesori sepeda ini juga dapat melindungi punggung tanganmu dari sinar matahari. Dengan demikian, kulitmu tidak akan belang. Kepalan tanganmu juga dapat terhindar dari licin akibat keringat.

3. Lampu Sepeda

Lampu Sepeda

Lampu sepeda diperlukan bagi kamu yang berencana bersepeda di malam hari. Hal tersebut juga sangat berguna bagi pengguna jalan lainnya. Dengan lampu sepeda, kamu akan mudah terlihat oleh pengendara lain sehingga bisa membantumu bersepeda lebih aman dan nyaman.

Lampu sepeda biasanya dipasang di bagian depan dan belakang sepeda. Jadi, pastikan memasang lampu sepeda di kedua bagian tersebut agar pengguna jalan di depan dan belakangmu tetap waspada. Kamu bisa mengukur tingkat kecerahan lampu sepeda sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Kunci atau Gembok Sepeda

Gembok Sepeda

Masih soal keamanan, kunci atau gembok sepeda adalah hal yang sangat penting bagi kamu yang sering bepergian dan menempatkan sepeda di suatu tempat. Dengan mengunci sepeda, kemungkinan terjadinya tindak pencurian cukup kecil.

Di toko perlengkapan sepeda, kamu bisa menemukan serangkaian kunci sepeda dengan kualitas dan tipe yang berbeda. Cara terbaik untuk menilai kualitas kunci adalah dengan memeriksa sold secure rating.

Ada beberapa jenis kunci sepeda yang dijual, mulai dari kunci rantai yang tersedia dalam beberapa ukuran dan ketebalan serta dapat diamankan dengan kunci atau semacam kunci kombinasi atau kode.

Selain itu, ada kunci kabel yang lebih fleksibel daripada kunci rantai dengan bentuk yang ringan dan terdiri dari serat logam yang saling terkait. Kunci ini dapat dikunci melalui kode kunci atau kombinasi.

5. Suku Cadang dan Peralatan

Suku Cadang dan Peralatan

Memiliki sebuah kendaraan tentu tidak akan terlepas dari suku cadang dan peralatannya. Saat bersepeda, kamu harus membawa kit perbaikan dasar yang berisi kit tusuk, tuas ban, tabung cadangan, dan multi-alat. Benda-benda tersebut bisa dipasangkan ke tas sepeda yang terpasang di jok sepeda.

Kamu mungkin memiliki alat lain untuk perawatan sepeda yang ada di rumah. Tetapi ketika kamu bersepeda, sebaiknya bawa kit perbaikan dasar yang sesuai dengan yang kamu butuhkan. Selain itu, pompa sepeda juga sangat penting untuk memastikan ban sepeda tetap menggembung dengan baik selama perjalanan.

Ketika cuaca berubah, bisa saja tekanan di dalam ban sepeda juga berubah. Jadi, kamu harus memeriksanya setiap kali sebelum mulai mengendarai untuk memastikan roda sepeda kamu tidak kempes.

6. Pedal Sepeda

Pedal Sepeda

Pedal sepeda sangat penting agar kakimu memiliki pegangan yang baik dan untuk menjaga keseimbangan kaki dengan baik. Ada beragam jenis pedal sepeda yang berbeda untuk semua jenis sepeda (sepeda sehari-hari atau sepeda gunung).

Saat skill sepedamu meningkat, pedal yang menempel kuat pada sepeda layak dipertimbangkan untuk berkendara di jalan raya yang tidak terlalu ekstrim.

Selain itu, ada jenis pedal clip-in yang dirancang untuk memberi kamu lebih banyak kontrol atas sepeda dan membantu menghentikan kaki supaya tidak tergelincir saat hujan.

7. Speedometer Sepeda

Speedometer Sepeda

Bagi kamu yang hobi bersepeda tentunya akan membutuhkan hal-hal seperti kecepatan, siklus per menit, waktu, jarak, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan speedometer sepeda atau jam tangan dan komputer sepeda. Ini mudah dipasang pada setang dan roda serta dapat membantu untuk program pelatihan.

Ada beberapa fitur yang harus diperhatikan agar kamu dapat memastikan alat yang cocok untukmu, seperti Bluetooth jika ingin menghubungkan jam tangan kamu ke tali detak jantung, atau sensor kecepatan dan irama.

8. Tas atau Ransel

Tas atau Ransel

Bagi kamu yang sering bepergian atau perlu membawa sesuatu untuk bersepeda sebaiknya kamu membawa ransel bersepeda yang dirancang khusus. Beberapa pengendara sepeda memilih ransel yang dapat dipasang ke setang atau bingkai sepeda.

Sebagian besar pengendara sepeda akan memilih tas punggung karena tidak akan ada beban yang perlu dipasang pada sepeda. Di sisi lain, bagaimanapun, ransel bersepeda tidak akan memberi tekanan pada bahu atau punggung pengendara. Kamu bisa mencoba dan membuat ransel seringan dan seaman mungkin.

9. Kacamata Sepeda

Kacamata Sepeda

Kacamata sepeda juga menjadi salah satu aksesori yang penting, terutama untuk kamu yang bersepeda saat musim panas. Selain itu, kacamata sepeda juga akan melindungi kamu dari debu jalanan yang akan masuk ke dalam mata.

Sebaiknya pilih kacamata dengan lensa yang dapat diatur sehingga kamu dapat menyesuaikannya di berbagai kondisi, seperti malam hari, siang hari, atau sore hari.

10. Jaket Tahan Air

Jaket Tahan Air

Bersepeda di musim panas bisa membuat kamu sangat berkeringat dan kamu mungkin tidak membutuhkan jaket karena takut panas. Namun, perlu kamu ketahui kalau jaket khusus bersepeda dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan bahan canggih serta waterproof.

Kamu dapat membeli jaket sepeda yang bisa dilipat kecil agar pas di keranjang, ransel, atau bahkan di saku. Dengan demikian, kamu bisa dengan mudah membawanya untuk berjaga-jaga ketika turun hujan.

Berinvestasi dalam jaket dengan visibilitas yang tinggi tentu bermanfaat juga. Hal itu karena dapat membuat kamu lebih mungkin terlihat di jalanan dan terhindar dari kecelakaan saat bersepeda di malam hari.

Itulah beberapa macam aksesori sepeda yang wajib dan bisa kamu miliki untuk bersepeda yang lebih aman dan nyaman. Sebaiknya pilih aksesori sepeda yang benar-benar kamu butuhkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *