Bacaterus / Makanan / 11 Macam Kue untuk Arisan Kekinian yang Paling Enak

11 Macam Kue untuk Arisan Kekinian yang Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu kegiatan yang dilakukan banyak ibu-ibu rumah tangga adalah arisan. Kegiatan yang bertujuan untuk menjaga silaturahmi ini tentu tidak hanya sekedar bertemu. Acara arisan biasanya membuat tuan rumah ingin menyambut tamu dengan cara yang spesial dan berkesan. Salah satunya adalah menyajikan hidangan supaya membuat suasana arisan semakin seru.

Salah satu hidangan wajib untuk arisan adalah kue. Terdapat banyak macam jenis kue yang bisa kamu sajikan untuk arisan, tapi terkadang menyajikan kue arisan bukan hal yang mudah karena kita harus tahu jenis kue apa saja yang akan dipilih. Nah, supaya kamu tidak bingung lagi, inilah beberapa macam kue untuk arisan yang bisa kamu hidangkan.

1. Brownies

Brownies (Copy)

Salah satu kue yang tidak pernah absen dari arisan adalah brownies. Kue yang umumnya berwarna cokelat tua ini memiliki rasa yang manis, nikmat, dan lembut saat digigit. Walaupun brownies berasal dari Amerika, tetapi kepopuleran kue brownies sangat disukai orang Indonesia. Ada dua jenis kue brownies yaitu kukus dan panggang.

Bahkan, kini sudah banyak toko yang menjual varian rasa brownies yang menarik untuk dicoba. Brownies sangat cocok dinikmati bersama karena bentuknya yang cukup besar dan mudah disajikan.

Selain itu, kue yang satu ini juga termasuk makanan ringan yang bisa disiapkan dari jauh-jauh hari karena lebih enak dimakan setelah beberapa hari dibuat. Untuk penyimpanannya pun tidak repot, kamu hanya perlu meletakkan di suhu ruangan atau kulkas tanpa dipotong sama sekali.

2. Bolu Kukus

Bolu Kukus (Copy)

Salah satu kue andalan untuk arisan adalah bolu kukus. Bentuknya yang beragam ini memiliki rasa yang enak, tekstur yang lembut dan bentuk mekar yang akan menyempurnakan hidangan arisanmu.

Bolu kukus tidak hanya memiliki satu warna, tapi kamu bisa memilih bolu kukus dengan warna pelangi yang menarik untuk dicoba. Selain bisa membuat sendiri di rumah, kamu juga bisa menemukan bolu kukus dengan mudah di toko kue.

3. Pie Buah

Pie Buah (Copy)

Bagi kamu yang ingin menyajikan kue sekaligus mendapatkan manfaat sehat dari buah, kamu bisa memilih pie buah yang sering dijadikan sebagai dessert atau camilan. Rasa pie yang gurih berpadu dengan manisnya vla dan buah-buahan yang bisa menggugah selera. Biasanya kue pie ini disajikan dengan buah strawberry, kiwi, dan jeruk sebagai toppingnya.

Jika kamu membeli atau memesan pada penjual kue, kamu pun bisa menentukan sendiri buah apa yang cocok untuk topping kue pie tersebut. Tampilannya yang berwarna membuat pie buah menjadi salah satu kue yang sangat menarik untuk dihidangkan.

4. Kue Sus

Kue Sus (Copy)

Salah satu camilan favorit yang banyak dihidangkan untuk arisan adalah kue sus. Bentuknya yang mengembang dengan isian vanilla ini banyak digemari oleh semua kalangan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut ketika digigit membuat semua orang tertarik untuk menyantapnya.

Jika kamu ingin menyiapkan kue sus dari jauh hari, sebaiknya disimpan dalam kulkas karena vla dari kue ini mudah menjadi basi. Kini, kue sus juga mengalami perkembangan bentuk lain seperti dibentuk menjadi bentuk hewan. Selain itu kue sus terdiri dari dua jenis, yaitu kue sus basah dan kue sus kering.

5. Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayu (Copy)

Berbeda dengan kue putu bambu yang biasanya dijual oleh pedang keliling, kue putu ayu adalah jenis kue basah yang biasanya ditemukan di pasar tradisional. Teksturnya yang lembut dengan taburan kelapa parut yang gurih ini sangat cocok dihidangkan untuk arisan di rumah.

Bentuknya pun indah seperti bunga dan umumnya berwarna hijau dengan aroma pandan. Untuk menyajikan kue putu ayu, kamu bisa membelinya di toko-toko kue.

6. Donat

Donat (Copy)

Makanan yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini memang umumnya disajikan sebagai camilan di rumah. Tetapi tidak ada salahnya menyajikan donat sebagai salah satu hidangan arisan.

Rasanya yang manis ini biasanya disajikan dengan variasi topping yang nikmat mulai dari cokelat, gula halus, keju, selai buah, dan lain-lain. Jika kamu bosan dengan donat yang biasa, kamu juga bisa memilih donat mini yang bentuknya bulat tanpa lubang dengan isian yang beragam. Tentunya makanan yang satu ini juga cukup mengenyangkan.

7. Dadar Gulung

Dadar Gulung (Copy)

Dadar gulung juga menjadi salah satu kue favorit ibu-ibu arisan nih. Kue yang umumnya berwarna hijau dengan isian parutan kelapa dan gula jawa ini mencipatkan rasa manis dan gurih yang sangat nikmat.

Tidak hanya berwarna hijau, bahkan dadar gulung juga banyak dibuat dengan warna-warna cantik lainnya seperti warna pink dan dan cokelat. Selain itu tekstur kulit dadar gulung yang lembut tentunya akan memanjakan lidah penikmatnya.

8. Lapis Legit

Lapis Legit (Copy)

Lapis legit atau yang disebut spekuk ini adalah salah satu jenis kue basah yang telah ada sejak masa kolonial Belanda. Kue ini terinspirasi dari kue lapis Eropa. Bentuknya yang mirip bolu dengan penyajiannya yang dipotong-potong membuat lapis legit sangat cocok disantap bersama.

Teksturnya lembut membuat siapa pun akan ketagihan. Lapis legit biasanya tersedia dalam dua macam yaitu lapis legit biasa yang berwarna cokelat dan lapis legit pandan yang berwarna hijau.

9. Kue Puding

Kue Puding (Copy)

Bagi kamu yang ingin makan puding dalam bentuk lain, kamu wajib menyajikan kue puding untuk acara arisanmu. Tekstur puding dan kue yang lembut ini sangat enak dan menarik untuk dicoba.

Jika kamu membuatnya sendiri, kamu bisa memvariasikan kue puding dalam berbagai rasa dan warna. Bahkan kamu juga bisa menambahkan buah-buahan di dalam kue puding maupun sebagai toppingnya.

10. Kue Lumpur

Kue Lumpur (Copy)

Kue lumpur adalah jenis kue basah berbentuk lingkaran tebal seperti pancake. Kue ini berwarna kuning dan umumnya dihiasi dengan kismis di atasnya. Kue lumpur biasanya terbuat dari kentang, tepung terigu, telur dan pewangi vanila.

Selain menggunakan topping kismis, kue lumpur juga bisa menggunakan keju dan nangka. Karena kue lumpur adalah jenis kue basah, sehingga tidak bisa tahan lama.

11. Kue Manja

Kue Manja (Copy)

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang kue manja? Namanya yang unik dan menarik membuat kue manja dilirik banyak orang terutama untuk acara arisan. Bentuknya seperti dorayaki namun kedua sisinya ditempelkan supaya menyatu dan memiliki varias isian.

Teksturnya lembut dengan rasa manis dari isiannya. Kue manja berwarna kuning seperti martabak dengan beragam isian mulai dari vla durian, vanilla, meses cokelat, keju, selai, dan lainnya yang bisa diseusaikan dengan seleramu.

Mengadakan arisan tidak harus mahal dan repot bukan? Dengan beberapa rekomendasi kue-kue di atas, kamu bisa menghemat uang dan waktu untuk menyajikannya. Karena bagaimana pun juga kita harus menyajikan sesuatu yang spesial untuk para tamu yang akan datang ke rumah. Jika kamu punya rekomendasi lainnya tentang kue arisan, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *