Bacaterus / Mangga / 10 Jenis Buah Mangga yang Paling Enak di Indonesia

10 Jenis Buah Mangga yang Paling Enak di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Iklim Indonesia yang tropis tentu membuat negara ini diberkahi oleh berbagai macam buah-buahan, salah satunya adalah buah mangga. Nah, buah mangga di Indonesia ini bukan hanya ada satu jenis saja, karena di sini ada berbagai macam buah mangga dari beberapa kota berbeda di Indonesia.

Nah, bagi pecinta buah mangga maka Anda harus tahu 10 jenis dan macam buah mangga terenak yang ada di Indonesia. Kira-kira apa saja, nih, buah mangga yang paling manis dan enak di Indonesia? Stay tune di Bacaterus untuk cari tahu selengkapnya, ya!

1. Mangga Arumanis

* sumber: www.idntimes.com

Sesuai dengan sebutannya, jenis buah mangga yang satu ini memang punya aroma yang harum dan juga rasa yang manis. Makanya, tak heran jika banyak orang yang mengincar mangga arumanis ini. Ciri-ciri dari mangga ini punya bentuk lonjong dan ujungnya berbentuk runcing. Lalu, tekstur dagingnya sangat lembut dan empuk.

Tidak terlalu mahal, biasanya mangga ini dijual dengan kisaran 25 ribuan perkilogramnya. Oh iya, selain disebut sebagai mangga arumanis, jenis dan macam mangga yang satu ini biasa disebut sebagai mangga gadung. Pernah coba makan mangga gadung atau mangga arumanis?

2. Mangga Apel

* sumber: www.idntimes.com

Mangga tapi apel? Agak bingung dengan jenis dan macam buah mangga yang satu ini? Tidak perlu bingung, memang namanya “Mangga Apel” karena bentuk mangganya bulat seperti buah apel. Biasanya, mangga apel ini punya warna hijau yang agak kemerahan.

Ciri mangga apel yang sudah matang dan siap santap, biasanya agak empuk dan aromanya cukup harum. Namun, mangga apel ini tidak semanis Mangga Arumanis, ya. Nah, mangga apel yang berwarna kehijauan ini lebih cocok untuk ngerujak karena punya rasa yang sedikit masam dan segar. Tapi, kalau mau mangga apel yang manis, maka carilah mangga apel dengan warna kemerahan, ya.

3. Mangga Golek India

Mangga Golek India

* sumber: rumahtanaman.com

Kalau Anda suka banget yang namanya buah mangga, pasti familiar dengan Mangga Golek India. Tentu saja, karena mangga ini mengunggulkan rasa yang manis dan bahkan tekstur dagingnya tidak berserat, lho. Bentuk Mangga Golek India juga lonjong seperti Mangga Arumanis.

Meskipun punya bentuk yang mirip, namun nyatanya Mangga Golek India ini punya bobot yang lebih besar dibandingkan dua macam buah mangga sebelumnya. Bahkan, 1 buah mangga jenis ini pernah ada yang mencapai 1.5 Kg lho! Meskipun bukan mangga yang terbesar, tapi kalau makan mangga 1.5 Kg pasti kenyang banget! Mau tahu mangga paling besar di dunia? Baca artikel Buah Mangga Terbesar di Dunia ini.

4. Mangga Madu

* sumber: www.tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, jenis mangga yang satu ini memang punya rasa yang manis seperti madu. Ini juga menjadi varian mangga manis lainnya selain mangga arumanis. Namun, pada mangga madu ini punya ciri warna kuning cerah pada bagian luarnya saat buah sudah sangat matang. Sedangkan untuk dagingnya berwarna putih.

Nah, untuk ukurannya, mangga ini punya bobot yang mirip dengan mangga manalagi. Perlu diketahui juga, selain di Indonesia, mangga madu ini juga kerap kali ditemukan di negara lain, seperti India, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan.

5. Mangga Manalagi

Mangga Manalagi

* sumber: www.idntimes.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa mangga manalagi ini punya ukuran yang mirip dengan mangga madu. Namun untuk rasanya, mangga ini punya rasa yang unik yakni perpaduan rasa antara mangga golek dan mangga arumanis. Warna kulit dari mangga ini hijau muda, dan untuk yang sudah matang pun tetap berwarna hijau muda hanya saja ada warna keabuannya.

Yang menjadi pembeda antara mangga manalagi dengan mangga lainnya adalah dagingnya yang lebih tebal, padat, dan juga berserat. Selain itu juga, mangga manalagi lebih tahan lama dan tidak mudah busuk sesaat setelah dipetik dari pohonnya.

6. Mangga Alpukat

* sumber: kumparan.com

Sama seperti mangga apel, bukan berarti mangga yang satu ini punya rasa seperti alpukat, ya. Disebut mangga alpukat karena memang jenis mangga yang ini punya bentuk seperti alpukat. Untuk rasa dari mangga alpukat pun boleh diadu, kok, dengan mangga lainnya.

Pasalnya, buah yang satu ini juga punya rasa yang nikmat dan lezat. Sedikit informasi, mangga ini sempat viral di daerah Pasuruan dan mangga ini merupakan perkawinan silang antara mangga gadung dengan mangga madu.

7. Mangga Gedong Gincu

* sumber: www.khasiat.co.id

Kalau jenis dan macam buah mangga yang satu ini asli Cirebon. Namanya yang unik ini tidak menutup rasanya yang nikmat lho. Daging dari buah mangga gedong gincu didominasi oleh warna kuning kemerahan, begitupun dengan kulitnya. Jadi, mangga ini sangat mencolok dan sangat menarik untuk disantap.

Untuk bentuknya, mangga gedong gincu punya bentuk yang bulat tanpa lekukan, dagingnya pun tebal, dan juga memiliki serat halus. Rasanya juga boleh diadu, karena punya rasa manis yang harum. Nah, mangga gedong gincu ini mudah ditemukan di daerah Cirebon atau Indramayu. Namun di Indramayu, mangga ini punya ukuran yang lebih kecil. Tapi, rasanya tetap manis, kok.

8. Mangga Cengkir Indramayu

Mangga Cengkir Indramayu Manis Lezat

* sumber: fotoserius.blogspot.com

Bukan hanya ada mangga gedong gincu, karena Indramayu juga punya mangga yang lezat lainnya. Adalah mangga cengkir Indramayu dan lebih sering disingkat dengan mangga Indramayu ini punya ukuran yang cukup besar. Bahkan dagingnya pun tebal, pasti puas memakannya, deh!

Tak kalah manis dengan mangga lainnya, mangga cengkir Indramayu ini juga punya rasa yang manis, bahkan ada yang mengatakan bahwa mangga inilah yang termanis di Indramayu. Makanya, tak heran jika mangga cengkir Indramayu ini lebih laris di pasaran dibandingkan mangga lainnya di Indramayu.

9. Mangga Madu Anggur

* sumber: tanamanmart.com

Sama-sama manis seperti mangga arumanis, jenis mangga yang satu ini bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah. Makanya, tak heran jika menemukan budidaya mangga madu anggur di daerah dataran rendah.

Mangga yang satu ini berbentuk bulat yang agak memanjang. Lalu, bentuknya juga sedikit punya paruh dan memiliki lekuk. Sedangkan untuk warna di bagian kulitnya, mangga madu anggur punya warna hijau tua dengan adanya bintik kelenjar yang berwarna putih kehijauan, ada juga lapisan lilin yang menutupi bintik tersebut.

Jangan tanya soal rasa, mangga madu anggur sangat lezat, segar, dan enak banget! Manisnya bikin nagih semua orang yang suka makan buah mangga. Juga, dagingnya pun tebal, jadi bisa dipastikan Anda puas memakan mangga madu anggur ini.

10. Mangga Falan

macam buah Mangga Falan

Meskipun berasal dari Thailand, namun mangga falan juga mudah ditemukan di Indonesia lho. Buah mangga yang satu ini punya tekstur yang renyah seperti krispi. Tentunya, mangga falan juga punya rasa yang manis khas mangga.

Dilihat dari bentuk fisiknya, mangga ini panjang dan agak meruncing. Warnanya hijau, jadi kelihatan segar. Selain disebut debagai mangga falan, terkadang beberapa orang menyebutnya sebagai mangga thunder. Pernah nyicip mangga yang satu ini?

Selesai sudah pembahasan tentang 10 jenis dan macam buah mangga yang cukup populer di Indonesia. Nah, dari kesepuluh mangga di atas, mana buah mangga andalan Anda? Punya rekomendasi buah mangga yang manis lainnya? Atau ingin tahu mangga paling lezat di dunia? Baca artikel 10 Mangga Terenak di Dunia ini. Nah, jika Anda bingung cara memilih mangga yang manis, maka Anda bisa cari tahu cara mudahnya di artikel 5 Cara Memilih Mangga yang Manis ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *