Bacaterus / Kuliner / Kuliner Indonesia / 10 Lumpia Paling Enak di Semarang yang Bikin Ketagihan

10 Lumpia Paling Enak di Semarang yang Bikin Ketagihan

Semarang memiliki julukan sebagai kota lumpia. Dari julukan tersebut, Anda pasti sudah bisa menerka bahwa lumpia memang merupakan makanan khas dari kota ini. Sangat mudah untuk menemukan lumpia saat Anda berada di Semarang. Banyaknya pilihan lumpia di Semarang tentu saja membuat Anda bingung.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus akan membantu Anda memilih lumpia paling enak di Semarang. Ada beberapa tempat yang menjual lumpia paling enak di Semarang. Tempat-tempat ini merupakan favorit para wisatawan dari luar Kota Semarang, lho. Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

10 Lumpia Paling Enak di Semarang

1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok Lumpia Paling Enak di Semarang

* sumber: poskotanews.com

Bukan hanya sekedar tempat yang menjual lumpia paling enak di Semarang, tapi Lumpia Gang Lombok ini digadang-gadang sebagai lumpia tertua di Semarang, lho. Untuk membeli lumpia paling enak ini Anda harus rela mengantri terlebih dahulu.

Isi lumpia ini adalah rebung, telur, dan udang. Cita rasa lumpia di sini memang benar-benar tak tertandingi. Mau lumpia basah atau lumpia goreng, semuanya sama-sama enak dan bikin Anda ketagihan. Kalau Anda sedang berada di Semarang, Anda wajib mampir ke toko lumpia legendaris ini yang berada di Jalan Gang Lombok No. 11, di samping Kelenteng Tay Kak Sie atau tepatnya di belakang Pasar Johar.

2. Loenpia Mbak Lien

Loenpia Mbak Lien

Tak ada yang bisa menolak kelezatan Loenpia Mbak Lien. Lumpia halal yang satu ini juga merupakan yang terenak dan terlaris di Kota Semarang. Bahkan, toko lumpia ini memiliki banyak pelanggan setia yang ternyata sudah bertahun-tahun langganan membeli lumpia di sini.

Lumpia dengan cita rasa otentik ini memiliki isian rebung, udang, dan telur. Menyantap lumpia basah atau lumpia goreng di sini tentu lebih enak kalau dicocol dengan bumbunya yang manis gurih. Toko Loenpia Mbak Lien beralamatkan di Jalan Pemuda Gang Grajen No. 1, Bangunharjo, Pandansari.

3. Lunpia Mataram

Pemilik Lunpia Mataram konon masih satu keluarga dengan pemilik Lumpia Gang Lombok. Tak heran jika Lunpia Mataram rasanya juga enak. Rasa enak yang ditawarkan Lunpia Mataram berasal dari bahan-bahan pembuatannya yang selalu berkualitas.

Isi lumpia di sini adalah rebung, udang, dan telur. Namun, ada juga lumpia yang memiliki campuran daging babi di dalamnya. Jadi, Lunpia Mataram ini tidak termasuk lumpia yang halal. Yang menarik, kulit lumpia di sini tetap gurih dan empuk meskipun sudah digoreng. Hal ini berbeda dengan beberapa produk lumpia lain yang kulitnya keras setelah digoreng. Lokasi Lunpia Mataram berada di Jalan MT Haryono No. 533 A.

4. Lunpia Pak Sastro

Bingung mencari lumpia paling enak di Semarang? Lunpia Pak Sastro ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin makan lumpia yang enak. Pasalnya, outlet Lunpia Pak Sastro ini sudah ada di mana-mana sehingga mudah untuk menemukannya.

Lumpia goreng atau lumpia basah di sini berisi rebung, telur, daging ayam atau udang. Lumpia ini semakin enak kalau Anda menikmatinya bersama bumbu kental yang rasanya manis dan sedap. Kalau membeli banyak, Anda akan mendapatkan wadah kotak besek (anyaman) bambu. Untuk membeli Lunpia Pak Sastro Anda bisa berkunjung ke Jalan Pandanaran (samping Apotik Sputnik).

5. Lunpia Cik Me Me

Jika beberapa tempat lumpia paling enak di Semarang menempati bangunan yang terkesan lawas, Lunpia Cik Me Me menempati sebuah bangunan modern sehingga pengunjung bisa makan dengan nyaman. Keunikan lain yang ditawarkan oleh tempat makan lumpia ini adalah varian lumpianya yang lain dari pada yang lain.

Selain menawarkan varian original, di sini ada juga lumpia kakap, kambing, sampai dengan vegetarian. Lumpia goreng atau lumpia basah yang disajikan di sini akan dipotong kecil-kecil, lalu disiram dengan bumbu kentalnya yang enak. Rasa lumpia yang enak dan bumbu yang lezat membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. Lunpia Cik Me Me berlokasi di Jalan Gajahmada No. 107, Miroto.

6. Lunpia Express

Berada tak jauh dari Lunpia Cik Me Me, Lunpia Express ini juga merupakan tempat modern yang menjual lumpia super enak. Usut punya usut, pendiri Lunpia Express ini adalah generasi ketiga dari pendiri Lunpia Mataram. Oleh karena itu, rasa lumpia di sini juga tidak kalah enak dibanding toko lumpia lainnya.

Varian lumpia yang tersedia di sini bukan hanya lumpia original dengan isi rebung, tapi ada juga lumpia berisi mie dengan rasa yang pedas. Kemasan pembungkus Lunpia Express berupa kertas karton sehingga lumpianya lebih awet dan tahan lama. Lokasi Lunpia Express ada di Jalan Gajahmada No. 142 A, Gabahan.

7. Lunpia 57

Lunpia 57

Satu lagi lumpia paling enak di Semarang yang sering dibeli oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Adalah Lunpia 57 yang menyediakan lumpia goreng dan lumpia basah. Semua lumpia di sini disajikan dengan saus yang khas dan acar yang gurih.

Keunikan Lunpia 57 adalah lumpianya tidak berbau rebung meskipun di dalamnya terdapat isian rebung. Justru rebungnya terasa sangat renyah ketika dimakan. Lunpia 57 sudah banyak dijual di toko oleh-oleh di Semarang. Bahkan, sudah banyak online shop yang menjual lumpia merk ini.

8. Lunpia Semarang Sari Rasa

Lunpia Semarang Sari Rasa

Lunpia Semarang Sari Rasa juga merupakan salah satu lumpia paling favorit yang layak Anda coba ketika berkunjung ke Semarang. Lumpia ini memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan lumpia resep Tiongkok. Isi di dalam lumpia ini juga sangat banyak sehingga membuat konsumen puas saat memakannya.

Sama seperti sejumlah toko lumpia lainnya, Sari Rasa juga menjual lumpia basah maupun lumpia goreng. Datang langsung ke toko Lunpia Semarang Sari Rasa di Jalan Anjasmoro Raya No. 58, Karangayu, Semarang.

9. Loenpia Djoe

Loenpia Djoe

Lumpia yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda karena pemiliknya menuturkan bahwa lumpia ini dibuat dari “perkawinan” cita rasa Indonesia dan Tionghoa. Kenikmatan Loenpia Djoe memang tidak bisa dipungkiri.

Rebung asli yang menjadi isian lumpia ini terasa renyah ketika digigit. Belum lagi isi daging ayam atau udang yang ada di dalam lumpianya juga cukup banyak. Kalau penasaran dengan kelezatan Loenpia Djoe, datang ke gerainya di Jalan Pandanaran No. 51, Randusari.

10. Lumpia Amoy

Ini dia lumpia khas Semarang yang sudah terkenal sejak lama, yaitu Lumpia Amoy. Lumpia basah yang ditawarkan di tempat ini benar-benar juara. Kulitnya terasa lembut dan isi lumpianya sangat banyak.

Meskipun yang menjadi favorit adalah lumpia basah, tetapi lumpia goreng di sini juga enak, lho. Yang paling penting, Lumpia Amoy harganya cukup terjangkau. Kunjungi Lumpia Amoy yang berlokasi di Jalan Jagalan Banteng 95 A.

Inilah rekomendasi lumpia paling enak di Semarang. Semua lumpia ini sangat worth untuk dicoba. Anda juga bisa membawa oleh-oleh untuk orang terkasih dengan membeli lumpia dari salah satu tempat di atas. Ingin tahu rekomendasi tempat makan enak lainnya di Semarang? Yuk, cari tahu di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment