Bacaterus / Benda Antik / 10 Lukisan Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Shock!

10 Lukisan Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Shock!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memang, sebuah karya seni kalau dijual pasti punya nilai tersendiri, entah dilihat berdasarkan dari karya yang dibuat, history-nya, atau bahkan sang pembuat karya. Nah, salah satu karya seni yang dijual dengan harga yang fantastis adalah karya seni berupa lukisan.

Banyak pelukis di dunia, bahkan karyanya dikenal sepanjang masa di seluruh dunia. Sebut saja, Leonardo da Vinci, hampir setiap orang pasti tahu pelukis dunia satu ini. Bahkan, banyak karyanya yang dijual dengan harga yang sangat mahal.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa lukisan termahal di dunia bukan hanya lukisan dari Leonardo da Vinci saja lho. Kalau kamu penasaran dengan lukisan-lukisan termahal di dunia, kebetulan Bacaterus mau bahas kesepuluh lukisannya di artikel berikut ini. Simak, ya!

10 Lukisan Termahal di Dunia

1. Salvator Mundi – Leonardo da Vinci

Salvator Mundi – Leonardo da Vinci

* sumber: time.com

Dibuka dengan lukisan buatan Leonardo da Vinci yang dinamakan dengan Salvator Mudi. Usut punya usut, lukisan ini merupakan karya terakhirnya. Diduga, Salvator Mudi ini sempat hilang dan sempat ditemukan lagi, barulah diperbaiki ulang.

Uniknya lagi, lukisan ini juga dibuat pada tahun yang sama saat Leonardo da Vinci membuat lukisan Mona Lisa. Untuk deskripsi fisiknya, lukisan ini punya ukuran 25,8 x 17,9 inci, atau bisa diperkirakan sekitar 45,6 x 65,6 cm, cukup besar kan?

Cukup dengan informasi dasarnya, kini beralih dengan harga. Sebelumnya, lukisan ini dimiliki oleh seorang businessman Rusia, Dmitry Ryboloylev. Ia membeli lukisan ini di tahun 2011 dengan harga 1.68 triliun. Namun sekarang, lukisan ini telah dilelang dengan harga 6.1 triliun kepada Abu Dhabi Department of Culture & Tourism. Sangat mahal, bukan?

2. Interchange – Willem de Kooning

Interchange – Willem de Kooning

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa tidak hanya Leonardo da Vinci saja yang punya lukisan termahal di dunia. Pasalnya, seorang seniman asal Belanda ini juga membuat sebuah masterpiece yang berumur lebih dari 50 tahun, Interchange.

Lukisan ini merupakan lukisan abstrak pertamanya dan langsung membuat semua orang suka. Selain memang lukisannya yang sangat estetik, Interchange juga dilelang dengan harga yang tak kalah mahal dari lukisan sebelumnya, yakni sekitar 4.3 triliun. Saat ini, Interchange dimiliki oleh Kenneth C. Griffin.

3. The Card Player – Paul Cézanne

lukisan termahal di dunia The Card Player – Paul Cézanne

Karya seni lukis yang menggambarkan dua orang pria sedang bermain kartu ini juga dijual dengan harga yang sangat fantastis. Lukisan termahal di dunia ini dibuat pada tahun 1890 dengan ciri khas yang sangat kental dengan sang seniman, Paul Cézanne.

Karena karyanya yang begitu legendaris dan sangat estetik, maka sebuah keluarga bangsawan asal Qatar berhasil meminang The Card Player pada tahun 2011 silam. Jangan terkejut dengan harganya, karena lukisan ini berhasil diboyong dengan harga sekitar 3.6 triliun lho!

4. Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) – Paul Gauguin

Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) – Paul Gauguin

Lagi-lagi lukisan seniman dari Perancis masuk ke dalam daftar lukisan termahal di dunia. Bukan Paul Cézanne, melainkan Paul Gauguin yang membuat sebuah karya lukis berjudul Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?).

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Wikipedia, Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) dibuat pada tahun 1892. Dan lagi-lagi, keluarga bangsawan dari Qatar berhasil membeli karya mahal dan sangat legendaris ini. Mereka membelinya melalui private sale dengan harga 3 triliun.

5. Number 17A – Jackson Pollock

Number 17A – Jackson Pollock

Selain Interchange, ada Number 17A, sebuah lukisan abstrak yang dihargai dengan harga yang sangat fantastis. Bukan tanpa sebab, Jackson Pollock ini memang seorang painter asal Amerika yang sangat handal. Bahkan, Pollock terkenal dengan karya lukisnya yang unik dan beda dari yang lain.

Number 17A ini membawanya semakin terkenal. Banyak orang yang menyukai karya lukisnya satu ini. Meskipun begitu, tidak bisa sembarang orang bisa memilikinya karena Number 17A ini berhasil dibawa pulang oleh Kenneth C. Griffin dengan harga 2.8 triliun.

6. 6 (Violet, Green and Red) – Mark Rothko

* sumber: betterlivingsocal.com

Apakah menurutmu lukisan ini terlihat biasa saja? Nyatanya, lukisan yang bernama No. 6 (Violet, Green and Red) ini termasuk salah satu lukisan yang punya harga sangat tinggi lho. Seniman yang membuat lukisan kalem ini adalah Mark Rothko, seorang pelukis Rusia-Amerika yang terkenal akan karya abstraknya dengan beberapa blok warna saja.

Lukisan yang terlihat simpel ini justru membuat banyak orang tertarik dan dinilai punya nilai seni yang sangat tinggi. Hingga saat ini, lukisan No. 6 (Violet, Green and Red) berhasil diboyong oleh pengusaha asal Rusia bernama Dmitry Rybolovlev dengan harga 2.7 triliun.

7. Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit – Rembrandt

Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit – Rembrandt

Kalau lukisan yang satu ini merupakan potret pernikahan pada tahun 1634. Meskipun ini hanya lukisan pernikahan, pasalnya Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit punya harga jual yang sangat tinggi, yakni 2.5 triliun dan dibeli oleh Rijksmuseum & Louvre.

8. Masterpiece – Roy Lichtenstein

* sumber: www.tenstickers.co.uk

Mungkin kamu mengira ini merupakan gambar seperti komik, ya? Sebenarnya, ini adalah lukisan karya Roy Lichtenstein, seorang seniman yang bisa dibilang pencetus pop art. Karyanya ini dibuat pada tahun 1960 silam dengan menggabungkan dua metode, yakni Ben-Day dots dan speech balloon.

Dengan karyanya yang unik dan metode yang tak biasa, maka tidak mengherankan jika lukisan ini dipatok dengan harga 2.3 triliun. Dan kini, Masterpiece dimiliki oleh seorang investor asal Amerika, Steven A. Cohen.

9. 5, 1948 – Jackson Pollock

5, 1948 – Jackson Pollock

Tidak diragukan lagi, memang Jackson Pollock adalah salah satu pelukis yang karyanya mendunia hingga dijual triliunan. Buktinya, dua karyanya masuk dalam daftar lukisan termahal di dunia. Setelah lukisan Number 17A dijual dengan harga 2.8 triliun, kali ini lukisan No. 5, 1948 dibeli David Martinez pada tahun 2006 silam dengan harga 2 triliun lho! Bukan harga yang murah, ya.

10. Portrait of Adele Bloch-Bauer I – Gustav Klimt

Portrait of Adele Bloch-Bauer I – Gustav Klimt

Satu lagi lukisan yang dijual dengan harga yang sangat mahal, Portrait of Adele Bloch-Bauer I. Ini merupakan lukisan yang dibuat oleh pelukis asal Austria, Gustav Klimt. Karyanya pun sangat diakui, bahkan ia termasuk yang paling jago melukis dengan gaya Vienna Secession.

Jadi, nggak aneh kalau lukisannya menjadi rebutan banyak orang, dong? Seperti lukisan Portrait of Adele Bloch-Bauer I yang banyak ingin memilikinya dan pada akhirnya jatuh ke tangan Ronald Lauder, Neue Galerie dengan harga 1.9 triliun, tahun 2006 silam.

Itu tadi daftar 10 lukisan termahal di dunia, semua lukisan tersebut dijual triliunan, bahkan tidak ada satupun yang dijual miliyaran. Nah, dari 10 lukisan di atas, kira-kira mana menurutmu yang paling menarik? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *