Bacaterus / FYI / Inilah 10 Lubang Terdalam di Dunia yang Bikin Tercengang

Inilah 10 Lubang Terdalam di Dunia yang Bikin Tercengang

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Februari 2019

Sebelum mendirikan bangunan di atas tanah, pekerja akan mengebor tanah untuk mendirikan struktur bangunan. Semakin tinggi bangunan, semakin dalam lubang yang akan dibuat oleh para pekerja. Namun, sedalam-dalamnya lubang yang dibuat oleh pekerja tentu masih bisa dijangkau oleh manusia.

Di belahan negara lain ternyata ada beberapa lubang dalam yang bahkan memperoleh predikat sebagai lubang terdalam di dunia. Lubang-lubang ini ada yang terbentuk secara misterius, ada pula yang karena faktor alam maupun campur tangan manusia. Biar nggak penasaran, simak ulasan Bacaterus mengenai 10 lubang terdalam di dunia yang misterius sekaligus bikin ngeri ini.

10 Lubang Terdalam di Dunia

1. Bingham Canyon Mine

Bingham Canyon Mine Lubang Terdalam di Dunia

Bertempat di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Bingham Canyon Mine atau Tambang Kanyon Bingham merupakan salah satu lubang terdalam di dunia. Tambang yang dibuka sejak tahun 1906 ini memiliki kedalaman 0,75 mil atau 1.207 meter. Bukan sekedar lubang terdalam, tambang ini juga merupakan area pertambangan paling besar di dunia.

Bingham Canyon Mine sudah menghasilkan lebih dari 17 ton tembaga, 27 juta ons emas, dan 190 juta ons perak. Tambang ini menjadi salah satu lubang buatan manusia yang paling dalam dan besar sepanjang sejarah.

2. Chuquicamata Copper Mine

Chuquicamata Copper Mine

Lubang terdalam di dunia masih berasal dari area pertambangan. Namun, kali ini letaknya berada di Chili. Chuquicamata Copper Mine merupakan tambang penghasil tembaga terbesar di dunia. Pertambangan ini milik perusahaan bernama Codelco.

Kedalaman dari lubang Chuquicamata Copper Mine berkisar 2.788 kaki atau 850 meter. Meskipun sudah cukup dalam, Codelco masih berencana untuk memperdalam lubang di tambang ini dengan menambah kedalamannya hingga 2.582 kaki.

Tambang ini sudah mulai beroperasi tahun 1910. Kedalaman lubang di Chuquicamata Copper Mine membuatnya menyandang gelar sebagai lubang paling dalam kedua di dunia. Jika kedalaman lubangnya ditambah, akankah tambang ini menduduki peringkat pertama sebagai lubang terdalam di dunia?

3. Udachnaya Pipe Mine

Udachnaya Pipe Mine

Masih membahas seputar lubang terdalam, posisi ketiga masih ditempati oleh area pertambangan. Udachnaya Pipe Mine adalah sebuah tambang intan yang berlokasi di lapangan kimberlit Daldyn-Alakit, Republik Sakha, Rusia. Dengan kedalaman 1.970 kaki atau 600 meter, Udachnaya Pipe Mine mendapat predikat lubang terbesar ketiga setelah Bingham Canyon Mine dan Chuquicamata Copper Mine.

Pembuatan lubang di tambang ini menggunakan metode ledakan. Tambang ini diperkirakan memiliki cadangan 225,8 juta karat intan. Sampai dengan saat ini, Udachnaya Pipe Mine sudah menghasilkan 12,8 juta ton bijih berlian kasar per tahun.

4. Mirny Diamond Mine

Mirny Diamond Mine

Mirny Diamond Mine merupakan tambang berlian pertama dan terbesar di Uni Soviet. Kedalaman lubang penambangan ini mencapai 1.722 kaki atau 524 meter. Akan tetapi, saat ini lubang Mirny Diamond Mine sudah ditinggalkan begitu saja tanpa adanya aktivitas penambangan di sekitarnya. Aktivitas di tambang Mirny Diamond Mine memang sudah tidak lagi beroperasi.

Tambang terbuka terbesar keempat di dunia ini juga termasuk lubang penggalian terbesar yang pernah ada. Bahkan, usut punya usut helikopter dilarang melintas di atas lubang Mirny Diamond Mine karena dapat tersedot masuk ke dalam lubang. Apakah hal tersebut benar terjadi? Sampai saat ini hal tersebut masih menjadi sebuah misteri di lubang tersebut.

5. Dragon Hole

Dragon Hole

Lubang terdalam tidak harus selalu melulu berada di tanah. Bahkan, di dalam laut pun bisa saja terdapat sinkhole, lubang pada tanah yang terbentuk secara tiba-tiba karena adanya tekanan terhadap permukaan bawah tanah ketika lapisan bawah tanah melemah dan tidak mampu menopang struktur lapisan di atasnya.

Dragon Hole di Laut Cina Selatan adalah sinkhole terdalam di dunia. Diperkirakan, kedalaman Dragon Hole ini mencapai 300.89 meter. Bisa Anda bayangkan ada misteri apa di dalam lubang terdalam di lautan ini?

6. Kimberley Diamond Mine

Kimberley Diamond Mine

Tak ada yang menyangka bahwa objek wisata yang satu ini dulunya merupakan area pertambangan. Ya, Kimberley Diamond Mine dulunya adalah sebuah tambang berlian. Tambang tersebut mulai beroperasi pada tahun 1871 dan resmi ditutup di tahun 1914.

Kimberley Diamond Mine memiliki luas delapan kali lapangan sepak bola. Untuk menghasilkan kedalaman 787 kaki atau 239 meter, butuh 50 ribu orang untuk menggali tambang ini. Saat ini, Kimberley Diamond Mine dijadikan objek wisata karena di tengah-tengah lubangnya digenangi air berwarna hijau.

7. Dean’s Blue Hole

Dean’s Blue Hole

Selain Dragon Hole, ternyata ada lubang terdalam yang juga berada di laut, yaitu Dean’s Blue Hole. Akan tetapi, sinkhole yang satu ini lokasinya di Long Island, Bahama. Fenomena goa di bawah air ini membentuk lubang berwarna biru pekat yang kontras dengan warna air laut di sekitarnya.

Kedalaman Dean’s Blue Hole mencapai 202 meter. Meskipun terlihat dalam, gelap, dan mengerikan, nyatanya lubang ini menjadi spot favorit para penyelam. Pemandangan di dasar Dean’s Blue Hole ini kabarnya nampak sangat menakjubkan.

8. Diavik Mine

Diavik Mine

Sebuah tambang intan terbesar di Kanada ini juga masuk dalam daftar lubang terdalam di dunia karena memiliki kedalaman 600 kaki atau 182 meter. Jika dilihat dari ketinggian, lubang di tambang ini memang tidak terlalu dalam. Namun, ternyata di Diavik Mine inilah pernah ditemukan berlian kasar 187,7 karat. Konon, penemuan tersebut diyakini sebagai temuan berlian terbesar yang pernah terjadi di Kanada.

Berbeda dengan area pertambangan lainnya, Diavik Mine berada di wilayah yang mendapat musim salju. Saat musim salju, area di sekitar tambang akan tertutup salju tebal dan menyisakan sebuah lubang gelap menganga yang mau tidak mau pasti membuat Anda merinding jika melihatnya dari atas.

9. Guatemala City Sinkhole

Guatemala City Sinkhole

Fenomena misterius terjadi di Kota Guatemala, tepatnya di tahun 2007 dan 2010. Fenomena ini membentuk sebuah lubang yang sangat dalam di dunia yang membuat siapa saja bergidik ngeri sekaligus bersyukur karena tak perlu mengalaminya.

Sebuah pabrik tiga lantai tiba-tiba tertelan ke dalam tanah. Tanah tersebut membentuk lubang dengan kedalaman 100 meter. Kemudian, di tahun 2010 Kota Guatemala kembali mengalami kejadian serupa. Kali ini, tanah anjlok dan menelan bangunan pabrik tiga lantai. Lubang kedua ini diperkirakan memiliki kedalaman 60 meter.

Ada yang mengatakan bahwa lubang ini merupakan fenomena alam. Sementara para ahli hidrogeologi menyalahkan banjir dan badai tropis Agatha.

10. Darvaza Gas Crater

Darvaza Gas Crater

Anda pasti tidak akan berani menjelajahi lubang paling dalam di dunia yang satu ini. Di antara sembilan lubang lainnya, Darvaza Gas Crater memang merupakan lubang terdalam yang paling dangkal. Namun, di dalam lubang sedalam 30 meter ini selalu dipenuhi dengan api yang membara.

Lubang yang mendapat julukan “Door to hell” alias gerbang neraka ini sudah mengeluarkan api sejak empat dekade terakhir. Api di dalam lubang ini terbentuk karena para ilmuwan Soviet mengalami kecelakaan saat pengeboran.

Berani berkunjung ke 10 lubang terdalam di dunia ini? Silakan saja berkunjung, tapi hati-hati dan hindari untuk mengeksplorasi lebih dalam jika tidak memiliki keahlian tertentu. Jelajahi juga gurun-gurun pasir yang menakjubkan dalam artikel gurun pasir terluas di dunia berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar