Bacaterus / Agustusan / 10 Lomba Agustusan Populer yang Paling Unik dan Kreatif

10 Lomba Agustusan Populer yang Paling Unik dan Kreatif

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai warga negara Indonesia, tentu saja kita tak asing lagi mendengar kata “Agustusan”. Ya, agustusan merupakan istilah lain dari perayaan kemerdekaan bangsa Indonesia yang diperingati setiap tahun, yaitu pada tanggal 17 Agustus. Agustusan biasanya disambut meriah oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan kebahagiaan.

Agustusan juga biasanya diisi dengan hal-hal yang seru dan menyenangkan, salah satunya adalah perlombaan. Perlombaan-perlombaan yang umumnya diadakan adalah yang mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan kemerdekaan.

Perlombaan ini diselenggarakan agar kita dapat mengenang jasa para pahlawan yang berjuang, bekerja sama, dan bersemangat dalam memperjuangkan kemerdekaan. Perlombaan yang dipilih tentu saja yang paling kreatif, seru, unik, dan tentu saja menghibur, seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1. Panjat Pinang

Panjat Pinang

* sumber: www.suratkabar.id

Kurang lengkap rasanya merayakan agustusan tanpa kehadiran lomba panjat pinang. Panjat pinang selalu menjadi perlombaan yang wajib ada pada saat agustusan. Lomba yang satu ini dimainkan secara beregu dengan cara memanjat batang pohon pinang yang sudah dibuat licin. Regu yang mampu naik ke puncak, maka dialah pemenangnya.

Biasanya di atas batang pohon pinang tersebut dijajakan serangkaian hadiah, mulai dari peralatan dapur, alat elektronik, hingga uang. Meski namanya panjat pinang, namun tak sedikit masyarakat, khususnya di Jawa Barat yang memilih pohon bambu sebagai media panjat karena pohon pinang sulit dijumpai.

Untuk mendapatkan kesan serta kemeriahaan yang lebih maksimal, para peserta panjat pinang bisa diberi tantangan yang unik, namun tetap memperhatikan keselamatan.

2. Balap Karung dengan Helm

Balap Karung dengan Helm

* sumber: www.idntimes.com

Jika biasanya balap karung dilakukan dengan cara berdiri dan melompat, maka balap karung yang satu ini wajib kamu coba. Di sini selain pesertanya menggunakan karung, mereka juga menggunakan helm layaknya pengendara sepeda motor. Tak lagi berdiri, balap karung dengan helm ini dilakukan jongkok dan melompat.

Lomba agustusan yang unik ini sudah dilakukan di beberapa tempat di Indonesia. Selain unik, dengan metode ini perlombaan akan semakin seru dan menantang untuk diikuti. Tak hanya untuk anak-anak, bapak-bapak maupun ibu-ibu patut mencobanya karena cukup seru dan mengundang gelak tawa dari para penonton karena keunikannya.

3. Makan Kerupuk Jumbo

Makan Kerupuk Jumbo

* sumber: ragambogor.com

Lomba makan kerupuk memang sudah tak asing, tapi kalau kerupuknya dibuat dengan ukuran raksasa alisan jumbo, bagaimana ya? Lomba makan kerupuk jumbo rasanya patut dimasukan ke dalam daftar perlombaan di lingkungan setempatmu. Dengan kerupuk jumbo, lomba makan kerupuk akan terkesan beda dan semakin seru.

Durasinya pun akan semakin lama dan tentu saja semakin menantang untuk dicoba. Lomba makan kerupuk ini biasanya dimainkan dengan cara digantung pada seutas tali yang telah disesuaikan dengan ketinggian peserta. Siapapun peserta yang mampu menghabiskan kerupuk paling cepat tanpa curang, dialah pemenangnya.

4. Estafet Air

Estafet Air

* sumber: desa.putat.umsida.ac.id

Estafet air juga merupakan salah satu perlombaan yang sangat seru untuk dilakukan, lho! Estafet air ini dimainkan secara beregu di mana permainannya membutuhkan kekompakan dan kerja sama. Tantangan pada perlombaan estafet air ini adalah menjaga air pada wadah agar tidak jatuh meski dipindahkan.

Tanpa kekompakan dan kerja sama tim, maka air bisa saja jatuh berceceran sehingga dapat membuat pesertanya basah kuyup. Sepertinya seru, ya lomba sembari basah-basahan? Tak hanya air, kamu juga bisa menggunakan media lain untuk permainan yang sama, seperti misalnya tepung terigu dan sejenisnya.

5. Lomba Tangkap Ikan

Lomba Tangkap Ikan

* sumber: www.karebatoraja.com

Menangkap ikan memang suatu kegiatan yang sangat seru. Lalu bagaimana jadinya jika menangkap ikan dijadikan sebagai salah satu perlombaan dalam acara agustusan? Tentu saja menangkap ikan ini bukan cara dipancing atau diambil menggunakan saringan, akan tetapi dengan tangan kosong sembari terjun langsung ke kolam atau sawah!

Lomba tangkap ikan ini biasanya dilakukan secara beramai-ramai di tengah kolam atau sawah yang berlumpur, sehingga lebih berkesan dan menantang. Lomba tangkap ikan ini cocok diikuti oleh semua gender, tua hingga muda semua dapat berjuang menangkap ikan yang relatif sulit ditangkap.

Ikan yang dipilih biasanya adalah ikan mas atau sejenis nila yang sengaja ditebar pada sebuah kolam. Umumnya lomba tangkap ikan dilakukan di daerah pedesaan. Meski demikian, tak menutup kemungkinan warga perkotaan pun melakukan lomba tangkap ikan yang seru ini.

6. Lomba Sepak Bola dengan Daster

Lomba Sepak Bola

* sumber: berita575.blogspot.com

Sepak bola umumnya dilakukan oleh pria dengan cara menggiring bola dan memasukannya ke gawang lawan. Sepak bola juga acap kali dibuat perlombaan, sehingga tak ada salahnya memasukan permainan yang satu ini ke dalam daftar perlombaan agustusan yang dilakukan rutin setiap tahun.

Jika biasanya pemain bola menggunakan jersey lengkap dengan perlengkapan penunjangnya, maka pada lomba agustusan ini dibuat agak sedikit berbeda. Para peserta, khususnya laki-laki diharuskan menggunakan daster yang umumnya dipakai oleh wanita agar para peserta tidak leluasa dalam menendang dan menggiring bola.

Selain menjadi PR tersendiri bagi para pesertanya, perlombaan dengan tambahan tantangan ini rupanya sangat lucu dan unik. Maka dari itu, jangan lupa untuk menjadikan perlombaan sepak bola dengan daster ini sebagai daftar lomba agustusanmu, ya!

7. Lomba Make Up dengan Mata Ditutup

Lomba Make Up

* sumber: portaljabar.net

Make up atau merias wajah adalah hal yang biasa dilakukan oleh wanita. Kegitan make up pun menjadi kegiatan rutin yang biasa dilakukan sehari-hari oleh hampir semua wanita. Tentu saja karena menjadi kegiatan rutin dan terbiasa, wanita relatif pandai dan paham betul bagaimana menggunakan make up dengan baik agar terlihat semakin cantik.

Tak ada salahnya, ber-make up dijadikan sebagai salah satu lomba pada rangakaian acara agustusan. Namun berbeda dari biasanya. Pada lomba agustusan para peserta wajib menutup mata. Apapun itu hasilnya, tentu saja lomba make up dengan mata ditutup sangatlah seru dan menyenangkan sehingga wajib untuk dicoba!

8. Gebuk Bantal

Gebuk Bantal

* sumber: images.kontan.co.id

Sebagaimana namanya, lomba gebuk bantal ini dilakukan dengan bantal sebagai alat yang mana bantal ini harus mengenai lawan hingga jatuh dengan cara ‘digebuk’. Permainan ini biasanya dilakukan secara berpasangan di atas sebuah bambu yang diletakan secara horizontal di atas sebuah kolam berisi air.

Hal tersebut bertujuan agar ketika salah satu peserta kalah dan terjatuh, ia tetap dalam kondisi selamat tanpa terluka. Selain kolam berair, sawah berlumpur juga cocok dijadikan tempat melakukan gebuk bantal ini.

Meskipun kotor dan basah, tapi lomba gebuk bantal ini selalu mengundang banyak peminat karena asyik diikuti (pastikan kolam atau sawah aman dari benda-benda berbahaya).

9. Joget Balon Isi Air

Joget Balon

* sumber: lintaskepri.com

Lomba joget sambil diiringi musik mungkin adalah hal biasa. Namun akan lebih seru jika selain berjoget, peserta juga dituntut untuk mampu mempertahankan balon berisi air agar tidak terjatuh. Jika terjatuh, maka peserta dinyatakan gugur. Sementara untuk peserta yang mampu mempertahankan balon berisi air dengan durasi terlama, itulah pemenangnya.

Lomba joget balon isi air ini tak bisa dilakukan secara tunggal. Maka dari itu, hanya peserta berpasangan yang bisa mengikuti perlombaan ini. Sangat sulit rasanya untuk bisa mempertahankan balon isi air ini jika tanpa diiringi kekompakan satu sama lain. Terlebih suara teriakan dan gelak tawa para penonton yang sangat mengganggu konsentrasi.

10. Lomba Gigit Koin

Lomba Gigit Koin

* sumber: www.shopback.co.id

Lomba agustusan unik lagi kreatif yang terakhir adalah lomba gigit atau seget koin. Lomba yang satu ini biasanya dimainkan secara berkelompok dan saling rebutan untuk mendapatkan koin yang sengaja disisipkan pada buah pepaya yang telah dilumuri oli. Meskipun beresiko kotor akibat terkena oli, akan tetapi lomba yang satu ini sangat seru, lho!

Biasanya buah pepaya diputar dengan bebas sehingga para peserta kesulitan untuk mendapatkan koin dengan cara digigit. Kesulitan inilah yang menjadi nilai perjuangan tersendiri bagi para pesertanya.

Sangat sayang rasanya jika lomba yang seru dan menyenangkan ini dilewatkan secara cuma-cuma. Namun peserta harus tetap berhati-hati selama permainan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Wah sepertinya seru, ya perlombaan-perlombaan tersebut. Meskipun seru dan menghibur, namun jangan lupakan keselamatan, ya. Jangan sampai perayaan agustusan yang seharusnya menyenangkan malah berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *