Bacaterus / Agustusan / 10 Lomba 17 Agustusan yang Seru dan Unik untuk Anak-Anak

10 Lomba 17 Agustusan yang Seru dan Unik untuk Anak-Anak

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Merayakan HUT Republik Indonesia rasanya tak akan lengkap tanpa adanya lomba. Uniknya, lomba-lomba yang digelar pada perayaan 17 Agustus ini selalu identik dengan sesuatu yang lucu dan seru. Tujuan utama mengikuti lomba juga bukan soal persaingan atau hadiah, tapi justru untuk mempererat rasa kebersamaan sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakat yang menontonnya.

Peserta lomba bisa siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk anak-anak, tentu saja lomba yang digelar tidak boleh terlalu berat atau berbahaya, tapi harus tetap seru dan menarik agar anak-anak semangat untuk mengikutinya. Lalu lomba seperti apa yang cocok untuk anak-anak? Yuk, langsung simak 10 ide lomba unik di bawah ini.

1. Balap Dingklik

Balap Dingklik

* sumber: www.mingseli.id

Dingklik atau kursi kecil bisa dijadikan alat untuk lomba, tapi pastikan dingklik yang dipakai tidak terlalu tinggi agar tidak berbahaya. Aturan mainnya pun sangat sederhana. Peserta harus adu kecepatan dan berlomba-lomba mencapai garis finish, tapi mereka harus berjalan menggunakan dua dingklik yang sudah disiapkan.

Peserta awalnya berdiri di dingklik pertama, menaruh dingklik kedua di depannya, lalu pindah tempat ke dingklik kedua. Peserta harus berjalan dengan cara seperti itu sampai mencapai garis finish, sedangkan peserta yang jatuh atau menginjakkan kaki ke tanah wajib mengulang lagi dari awal.

2. Estafet Air

Estafet Air

* sumber: www.ibnusutowohospital.co.id

Peserta yang mengikuti lomba ini harus siap basah-basahan. Lomba estafet air dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota sekitar 5 orang. Masing-masing kelompok akan dibekali dua ember/bak besar yang salah satunya dipenuhi air, sedangkan tiap anggotanya harus memegang wadah kecil seperti baskom atau mangkuk.

Setiap kelompok kemudian duduk berbaris ke belakang. Orang paling depan akan mengambil air dengan mangkuknya, kemudian menuangkannya ke mangkuk orang yang di belakang lewat atas kepala. Begitu seterusnya sampai peserta terakhir menuangkan air ke bak besar yang berada paling belakang. Selain air, lomba yang satu ini juga bisa menggunakan bahan lain seperti tepung.

3. Tarik Sarung

Tarik Sarung

* sumber: www.del.ac.id

Lomba tarik sarung termasuk lomba 17 Agustus yang sederhana tapi tetap seru. Dalam satu kali permainan, harus diikuti oleh sedikitnya 3 orang anak. Masing-masing anak akan diikat dengan sarung yang sudah dikaitkan satu sama lain. Agar lebih seru, di depan masing-masing anak disiapkan suatu benda untuk diambil atau makanan yang harus dimakan.

Ketika permainan dimulai, tiap anak harus berjalan ke arah benda yang sudah disiapkan. Kedengarannya memang gampang, tapi permainan ini tentu butuh kekuatan, pasalnya setiap anak saling terikat dengan sarung dan harus tarik-menarik untuk mencapai tujuan.

4. Estafet Karet Gelang

Estafet Karet Gelang

* sumber: suarahampa.blogspot.com

Tak perlu banyak peralatan untuk menciptakan sebuah lomba yang mengasyikkan, cukup sediakan sedotan plastik dan karet gelang saja. Lomba yang satu ini hampir mirip dengan lomba estafet air yang dilakukan secara berkelompok. Bedanya, barang yang dipindah dari satu peserta ke peserta lainnya adalah sebuah karet gelang.

Setiap anggota kelompok harus menggunakan sedotan plastik di mulutnya. Karet gelang wajib dipindahkan dari satu sedotan ke sedotan yang lain antar peserta tanpa bantuan tangan. Siapa yang lebih cepat atau lebih banyak mengumpulkan karet gelang, maka dialah pemenangnya.

5. Memindahkan Air dengan Spons

Memindahkan Air dengan Spons

* sumber: kumpulanilmu.com

Lomba ini bisa dilakukan secara beregu atau perorangan. Untuk perorangan, aturannya sangat mudah, seorang peserta harus memindahkan air menggunakan spons dari satu wadah ke sebuah botol dalam jarak tertentu. Untuk lomba beregu, lomba ini bisa dilakukan secara estafet, mirip lomba estafet air menggunakan baskom.

Misalnya ada 3 orang dalam setiap regu dan berdiri berjajar. Orang pertama mengambil air dengan spons, ia lalu memeras spons ke dalam baskom yang dipegang oleh orang kedua. Selanjutnya, orang ketiga harus mengambil air di baskom tersebut menggunakan spons dan memerasnya ke sebuah botol yang sudah disiapkan.

6. Ambil Koin dalam Tepung

Ambil Koin dalam Tepung

* sumber: www.bahrulmaghfiroh.com

Berikutnya ada lomba mengambil uang koin dalam tepung yang pastinya tak kalah seru. Setiap anak diharuskan mengumpulkan koin yang sudah dicampur dengan tepung dalam sebuah wadah. Syaratnya, peserta wajib mengambil koin tersebut dengan mulut, mata tertutup, dan tidak boleh menggunakan bantuan tangan.

Dalam perlombaan ini, wadah yang digunakan sebaiknya berupa tampah yang agak lebar, hindari menggunakan mangkuk atau baskom yang ukurannya pas dengan kepala. Hal ini bertujuan agar kepala peserta leluasa bergerak dan bisa bernafas dengan mudah.

7. Menjatuhkan Kertas Tempel (Sticky Note) di Wajah

Menjatuhkan Kertas Tempel (Sticky Note) di Wajah

* sumber: webblogkkn.unsyiah.ac.id

Lomba yang satu ini bisa menyehatkan, lho! Pasalnya tiap peserta diwajibkan senam wajah saat mengikutinya. Cara dan aturan mainnya juga sangat sederhana. Wajah setiap peserta akan ditempeli oleh kertas-kertas kecil dengan jumlah yang sama. Kertas akan ditempel di dahi, hidung, pipi, hingga bagian dagu.

Setelah itu, peserta harus menggerak-gerakkan muka sampai kertas tersebut berjatuhan. Peserta boleh memakai lidah atau meniup untuk menjatuhkan kertas, tapi dilarang keras menggunakan bantuan tangan. Peserta yang lebih dulu menjatuhkan semua kertas dari wajahnya, maka dialah yang jadi pemenangnya.

8. Balap Karung Jongkok

Balap Karung Jongkok

* sumber: sasyaagrizm.blogspot.com

Salah satu lomba paling ikonik dalam perayaan 17 Agustus adalah lomba balap karung. Agar lebih menantang dan terlihat lebih unik, lomba yang satu ini di-upgrade menjadi balap karung jongkok. Aturannya masih tetap sama, yaitu tiap peserta harus masuk ke dalam karung dan berlomba-lomba mencapai garis finish.

Namun tidak seperti balap karung biasa, peserta wajib memasukkan seluruh tubuhnya (kecuali kepala) ke dalam karung dan harus dalam posisi jongkok. Karung lalu diikat dan kepala peserta dipakaikan helm. Dibanding balap karung biasa, balap karung jongkok pastinya lebih sulit dilakukan karena peserta akan kesulitan untuk bergerak maju.

9. Tiup Bola Pingpong

Tiup Bola Pingpong

* sumber: www.pajak.go.id

Selanjutnya ada lomba tiup bola pingpong yang aturan mainnya sangat sederhana. Permainan ini membutuhkan lima gelas berisi air dan satu buah bola pingpong. Setiap peserta harus memindahkan bola pingpong dari satu gelas ke gelas yang lain hingga mencapai gelas terakhir. Cara memindahkannya harus dengan ditiup tanpa menggunakan bantuan tangan.

Siapa yang paling cepat atau paling banyak mengumpulkan bola, maka dia akan jadi pemenang. Permainan yang satu ini tidak semudah kelihatannya. Bola pingpong sendiri relatif ringan sehingga mudah bergerak saat ditiup. Jadi, peserta harus pintar-pintar mengatur kekuatan sekaligus arah tiupannya agar bola pingpong bisa bergerak sampai ke gelas terakhir.

10. Sepak Bola Corong

Sepak Bola Corong

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=8ZtjNs1-INE

Bermain sepak bola biasa tentu sudah terlalu mainstream, karena itu terciptalah sepak bola corong yang jauh lebih lucu dan unik. Aturan dalam lomba yang satu ini nyaris tidak ada bedanya dengan sepak bola biasa, yaitu peserta harus memasukkan bola ke dalam gawang yang sudah disiapkan.

Tapi sesuai dengan namanya, peserta diwajibkan menggunakan corong di bagian muka sehingga penglihatannya akan sangat terbatas. Lomba ini dijamin akan sangat menghibur para penontonnya, karena alih-alih menggiring bola dengan gaya keren, para peserta justru akan terlihat kebingungan mencari bola untuk ditendang.

Nah, itu dia 10 macam lomba 17 Agustus khusus untuk anak-anak. Apapun perlombaannya, pastikan semuanya bisa dimainkan dengan aman, ya! Dan kalau kamu punya ide unik lain untuk lomba anak-anak, jangan sungkan tuangkan ide-ide kreatifmu di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *