Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Inilah 5 Lobster Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap

Inilah 5 Lobster Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Desember 2018

Lautan menyelimuti permukaan bumi hampir 70%. Saking luasnya lautan, manusia belum mampu mengeksplorasi seluruh bagian tempat ini. Dapat dibilang bahwa lautan adalah tempat yang masih menjadi misteri bagi manusia hingga saat ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa lautan menyimpan banyak sekali kehidupan. Binatang terbesar yang hidup di planet ini, yaitu paus biru, juga hanya ditemukan di lautan biru. Bagian lautan yang lebih dalam lebih gelap, dan lebih dingin juga ternyata masih menyimpan kehidupan. Dengan bantuan teknologi, manusia bisa mengungkap hal itu sedikit demi sedikit.

Salah satu makhluk di lautan yang kini sangat populer karena menjadi hidangan berkelas adalah lobster. Ini adalah hewan yang memiliki capit dan memiliki banyak spesies yang tersebar di banyak wilayah lautan di dunia.

Bagaimana Kehidupan Seekor Lobster?

Lobster Icon in Canada

* sumber: www.maxpixel.net

Lobster biasanya tinggal di dasar lautan yang berbatu, berpasir, atau berlumpur. Area tempat tinggalnya mulai dari garis pantai hingga di luar batas landas kontinen. Mereka umumnya hidup sendirian di celah-celah atau liang di bawah bebatuan.

Mereka adalah jenis makhluk omnivora dan biasanya memakan mangsa hidup seperti ikan, moluska, krustasea lainnya, cacing, dan beberapa tanaman hidup. Secara umum, lobster berukuran 25 hingga 50 cm (10–20 inci). Mereka bergerak dengan berjalan secara perlahan-lahan di dasar laut. Namun, ketika mereka melarikan diri, mereka akan berenang mundur dengan cepat dengan melilit dan mengerutkan perut mereka.

Lobster Sebagai Hidangan Makanan

Lobster Dimasak

* sumber: www.pexels.com

Sebelum dijadikan hidangan mewah dengan harga mahal seperti sekarang ini, lobster adalah sumber makanan bagi orang-orang miskin dan bahkan narapidana. Namun, seiring berjalannya waktu, lobster telah naik level menjadi makanan berkelas dan diburu pecinta seafood.

Selain menjadi menu di restoran-restoran mewah, lobster juga dapat kamu temukan di rumah makan-rumah makan seafood sederhana di pinggir jalan. Apakah harganya lebih mahal atau lebih murah penulis tidak tahu. Mungkin pecinta lobster bisa memberikan jawaban di komentar artikel ini.

Lobster biasanya dimasak dengan cara dikukus atau direbus. Saat ini sudah banyak resep masakan berbahan utama lobster yang bisa kamu temukan di jagat internet, seperti lobster saus tiram, lobster saus padang, lobster goreng, lobster bakar, dan menu-menu lain yang terlihat sangat lezat.

Kamu juga bisa memberi lobster secara langsung di pasar-pasar yang menyediakan makanan laut atau di supermarket. Jika kamu berencana untuk memasak lobster di rumah, kamu bisa mengetahui dulu cara membersihkan lobster dengan mudah dan benar di sini. Kamu juga bisa mencoba resep-resep yang ada di dunia dalam mengolah makanan ini.

Lobster Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap

1. 23,35 Kilogram Lobster

Largest Lobster

* sumber: www.youtube.com

Lobster terbesar ini tertangkap pada tahun 1926 di Maine, sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di bagian paling timur negara itu. Lobster ini disebut-sebut memiliki berat sekitar 23,35 kilogram. Panjang dari hidung ke ekornya sekitar 33 inch atau 83,82 cm. Sedangkan panjang dengan capitnya yang besar sekitar 50,5 inch atau 128,27 cm.

Karena tertangkap hampir seabad yang lalu, lobster raksasa ini tidak terdokumentasikan dengan baik. Namun, lautan adalah tempat yang sangat luas dan manusia belum mengeksplor semua bagiannya. Jadi, mungkin saja lobster-lobster yang lebih besar masih ada di kedalaman lautan. Informasi lengkap tentang lobster terbesar ini bisa kamu dapatkan di sini.

2. 20 Kilogram Lobster

Nova Scotia Lobster 1977

* sumber: www.youtube.com

Menurut Guinness Book of World Records, lobster terbesar di dunia yang pernah tercatat adalah lobster yang tertankap di lepas pantai Nova Scotia (sebuah pulau di Kanada) pada tahun 1977. Lobster tersebut memiliki berat sekitar 44,4 pound (20,1395 kg) dan panjang sekitar 41 inch atau 104,14 cm. Para ilmuan yang meneliti lobster tersebut memperkirakan usianya sekitar 100 tahun atau 1 abad!

3. 12,2 Kilogram Lobster

Rocky The Lobster

* sumber: www.dailymail.co.uk

Seorang nelayan yang bernama Robert Malone dikabarkan telah menangkap seekor lobster raksasa dengan berat sekitar 27 pound (sekitar 12,2 kilogram) di lepas pantai Maine. Malone kemudian memberikan lobster yang terjaring di jalanya itu kepada Departemen Sumber Daya Kelautan di Boothbay Harbor.

Panjang lobster itu sekitar 40 inch (101, 6 cm). Hewan laut bercapit itu dijuluki Rocky karena tertangkap di daerah Rockland. Akan tetapi, Hayden-Rodriquez, direktur Maine State Aquarium, mengatakan bahwa nama lobster itu bisa dinamai untuk Rocky sang petinju karena cakarnya cukup besar untuk membuat pukulan.

Rocky kemudian dibebaskan kembali ke lautan lepas karena ia akan lebih jika tinggal di alam liar. Jika ingin membaca berita lengkap tentang Rocky, kamu bisa membacanya di sini.

4. 9 Kilogram Lobster

Ricky Louis Felice Jr.

* sumber: www.pressherald.com

Seseorang bernama Ricky Louis Felice Jr telah menangkap seekor lobster dengan panjang 3 kaki atau sekitar 1 meter. Binatang itu dipercaya telah berumur 75 tahun! Berat lobster ini sekitar 20 pound atau sekitar 9 kilogram. Penangkap lobster itu kemudian mengunggah sebuah foto dirinya dengan makhluk itu di Facebook dan kemudian menjadi viral.

Para ahli percaya kalau dia adalah lobster jantan karena memiliki ekor yang tipis. Lobster jenis ini dapat dengan mudah berpindah tempat dan mengarungi lautan sejauh ratusan kilometer. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai berita penangkapan lobster ini, kamu bisa membacanya di sini.

5. 7,7 Kilogram Lobster

Larry The Lobster

* sumber: www.pressherald.com

Lobster terbesar selanjutnya memiliki nama Larry (jadi ingat film Spongebob ya). Dia diperkirakan berusia 70 hingga 100 tahun dan memiliki berat sekitar 17 pound (7,7 kg). Larry ditemukan di Florida, Amerika Serikat melalui seorang penjual lobster di sana.

Kemudian dia dibeli oleh seseorang bernama Joe Melluso yang memiliki restoran seafood Fish Tin di Sunrise, Florida. Lalu, ia menjual lobster tersebut kepada seorang pelanggannya yang telah memesan meja reservasi untuk makan malam.

Akan tetapi, sebuah kelompok penyelamat mendengar berita tentang Larry dan mereka ingin menyelamatkan lobster malang tersebut. Mereka juga menawarkan untuk membeli Larry dari orang yang ingin menjadikannya sebagai hidangan makan malam.

Kelompok penyelamat itu berhasil menyelamatkan Larry! Kemudian orang-orang baik itu membawa Larry ke Maine State Aquarium untuk membebaskannya kembali ke lautan lepas. Berita tentang Larry bisa kamu baca di sini.

Itulah 5 lobster terbesar di dunia yang tercatat dalam sejarah seperti telah dijelaskan dalam sebuah video YouTube (klik di sini untuk menonton). Kebanyakan dari mereka berasal dari Maine yang terletak di pesisir timur laut Amerika Utara. Maine sendiri merupakan wilayah produsen lobster terbesar di Amerika Serikat.

Lobster biasanya ditangkap menggunakan alat yang disebut dengan jebakan lobster. Alat tersebut dipasangi dengan umpan-umpan yang mampu menarik perhatian para lobster dan kemudian diturunkan ke dasar laut. Saat seekor lobster besar masuk ke dalam perangkat alat ini, maka mereka akan tetap di sana karena tidak dapat keluar lagi. Namun, lobster yang berukuran kecil kemungkinan bisa keluar kembali.

Lobster yang dijual di restoran-restoran memiliki harga yang bervariasi. Penulis pernah mendapat info bahwa restoran seafood yang terletak di kota yang jauh dari laut biasanya memberikan harga yang lebih mahal. Hal itu sangat wajar karena proses pengirimannya juga menggunakan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment