Bacaterus / Lintah / Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon

Ini Dia Lintah Terbesar di Dunia yang Menghuni Amazon

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sungai dan Hutan Amazon adalah tempat penuh misteri. Bagaimana tidak, Amazon merupakan tempat tinggal bagi hewan-hewan buas, langka, atau berukuran tidak lazim. Bahkan, di Amazon terdapat spesies lintah terbesar di dunia yang dapat menyedot darah manusia beberapa kali lipat lebih banyak dibanding lintah berukuran normal.

Seperti apa penampakan lintah terbesar di dunia yang menghuni Amazon? Seberapa besar monster penghisap darah ini jika dibandingkan dengan lintah yang berukuran normal? Bacaterus sudah merangkum beberapa fakta seputar lintah dengan ukuran terbesar. Yuk, langsung simak saja informasi selengkapnya di sini.

Fakta Seputar Lintah Terbesar di Dunia

Fakta Seputar Lintah Terbesar di Dunia

Apa yang Anda lakukan ketika menemukan lintah yang tiba-tiba menempel di tubuh dan menghisap darah kita? Tentu saja Anda akan spontan membuang lintah tersebut atau justru menjerit karena ngeri. Nah, bagaimana jika yang menghisap darah Anda adalah Giant Amazon Leech atau yang memiliki nama ilmiah Haementeria ghilianii?

Giant Amazon Leech merupakan spesies lintah terbesar di dunia. Panjang lintah ini bisa mencapai 18 inci (45,7 cm) dan dapat bertahan hidup selama 20 tahun. Di Amazon, lintah berukuran jumbo ini hidup dengan menghisap darah hewan mamalia yang ada di sekitarnya.

Mereka akan menyuntikkan belalainya ke tubuh mangsanya dan menghisap darah sampai mereka merasa kenyang. Menariknya, mangsanya tidak merasa sakit karena air liur lintah raksasa ini dapat memberikan efek mati rasa.

Lintah raksasa ini berwarna cokelat keabu-abuan. Habitat lintah raksasa ini ada di sekitar Amazon, terutama di tepi Sungai Amazon yang lembab. Meskipun dikenal sebagai hewan penghisap darah yang menghuni Amazon, tetapi lintah ini juga pernah ditemukan di beberapa negara lainnya.

Lintah Raksasa Dimanfaakan untuk Kepentingan Medis

Lintah Raksasa Dimanfaakan untuk Kepentingan Medis

Meskipun terlihat seram dan menakutkan, ternyata lintah terbesar di dunia ini dapat memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Sudah menjadi rahasia umum jika lintah dikenal sebagai hewan yang dapat membantu proses pengobatan secara medis.

Kebiasaan lintah yang suka mengonsumsi darah ini dimanfaatkan para pelaku pengobatan untuk mengeluarkan darah kotor penyebab penyakit. Metode pengobatan dengan menggunakan lintah sejatinya sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Bagaimana proses pengobatan lintah ini dapat terjadi?

  • Ahli pengobatan sudah mengetahui beberapa titik pada tubuh yang merupakan sumber penyakit. Lintah akan ditempelkan pada titik tersebut untuk menghisap darah kotor yang mengandung penyakit.
  • Pasien tidak merasa sakit ketika lintah mulai menempel dan menghisap darah dari titik yang ditunjuk karena air liur lintah mengandung enzim untuk membuat kita mati rasa.
  • Darah yang dihisap lintah akan terlihat sangat encer. Jika sudah selesai, ahli pengobatan akan menaburkan tembakau agar lintah terlepas dari kulit.

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran lintah yang dipakai untuk pengobatan minimal 12 cm. Tentu saja jika Anda menggunakan Giant Amazon Leech sebagai pengobatan akan terlihat lebih ekstrem.

Reproduksi Lintah Raksasa dan Lintah Ukuran Normal

Reproduksi Lintah Raksasa dan Lintah Ukuran Normal

Baik lintah dengan ukuran besar atau normal, keduanya sama-sama jenis hewan hemafrodit, yang artinya memiliki organ kelamin jantan maupun betina dalam satu tubuh. Jadi, tidak ada istilah lintah jantan maupun betina karena mereka memang tidak memerlukan pasangan untuk kawin.

Sama seperti cacing, Giant Amazon Leech juga memiliki Clitellum, bagian kulit yang hanya menebal pada saat reproduksi. Pada saat kawin, lintah akan melibatkan terjalinnya tubuh di mana sperma dideposito di daerah clitellar lainnya. Sperma kemudian membuat jalan menuju ovarium dimana proses pembuahan terjadi.

Selanjutnya, lintah akan mengeluarkan kokon yang didapatnya terdapat ratusan telur-telur lintah kecil. Sekali bertelur, jumlahnya bisa mencapai 300 butir. Kemudian, kokon tersebut akan diletakkan di dalam air atau tanah sampai telur-telunya menetas.

Penemuan Lintah Terbesar di Dunia

Bagi orang-orang yang sering mengeksplorasi daerah Amazon, tentu mereka pernah menemukan Giant Amazon Leech selama beberapa kali. Pada dasarnya, hewan ini tidak akan menyerang Anda lebih dulu jika Anda tidak mengganggunya atau berada di dekatnya.

Selain di Amazon, ternyata ada beberapa tempat yang juga menjadi lokasi penemuan lintah terbesar di dunia. Berikut adalah sejumlah penemuan lintah rasksasa selain di sekitar Amazon:

1. Lintah Gajah di Indonesia

Lintah Gajah di Indonesia

* sumber: blakraanindonesiaadv.blogspot.co.id

Selain Giant Amazon Leech, ternyata ada spesies lintah terbesar di dunia lainnya, yaitu lintah gajah. Berbeda dari lintah-lintah pada umumnya, spesies ini memiliki warna tubuh oranye terang dengan panjang sekitar 20 – 30 cm.

Ini merupakan jenis lintah langka yang hanya ditemukan di 2 tempat, yaitu di hutan-hutan Sumatera dan Taman Nasionak Kinabalu, Malaysia. Akan tetapi, ada seorang pendaki yang menemukan lintah gajah ini di Gunung Leuser, Aceh. Belum ada informasi apakah lintah tersebut menghisap darah para pendaki atau tidak.

2. Lintah Raksasa Resahkan Warga Demak

Lintah Raksasa Resahkan Warga Demak

Musim hujan sangat rentan menyebabkan kebanjiran atau genangan air. Pasalnya, ketika terdapat genangan air atau banjir, maka lintah-lintah yang berada di tepi sungai ikut terbawa arus hingga ke pemukiman warga.

Hal inilah yang nampaknya dirasakan oleh warga Desa Timbul Sloko, Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah. Mereka diresahkan dengan kemunculan lintah-lintah menjijikkan yang gemuk dan berukuran lebih besar dari lintah normal pada umumnya.

Beberapa hari sebelumnya desa tersebut memang tergenang banjir. Setelah airnya surut, ratusan lintah yang singgah di desa itu dapat terlihat dengan jelas. Warga sangat panik dengan keberadaan koloni lintah yang digadang-gadang memiliki ukuran 5 kali lebih besar dari ukuran lintah normal.

3. Pria yang Memelihara Lintah Raksasa

Pria yang Memelihara Lintah Raksasa

Di tahun 2015, warganet sempat digemparkan dengan sebuah video yang menunjukkan lengan seorang pria yang dihisap oleh lintah berukuran raksasa (hampir seukuran tangan pria tersebut). Yang mengejutkan, pria tersebut memang memelihara lintah tersebut dan mengaku bahwa ia sengaja membiarkan lintah itu untuk menghisap darahnya.

Melihat banyaknya bekas gigitan di lengan pria tersebut, maka netizen pun menebak bahwa pria tersebut memang sering membiarkan lintah besar itu menghisap darahnya. Hiii, bikin ngilu, ya jika membayangkannya!

4. Misteri Lintah Raksasa di Situ Bagendit

Misteri Lintah Raksasa di Situ Bagendit

* sumber: www.satulensa.com

Situ Bagendit adalah sebuah danau yang indah di Garut, Jawa Barat. Di balik pesona danau ini ternyata ada sebuah legenda yang menaunginya. Dikisahkan dulu ada seorang wanita yang pelit dan kikir bernama Nyai Endit.

Suatu ketika, Nyai Endit dikutuk dengan turunnya hujan yang tidak berkesudahan sehingga menenggelamkan rumah Nyai Endit. Konon, Nyai Endit ini masih sering menampakkan diri dengan wujud lintah raksasa yang sebesar kasur. Percaya atau tidak, cerita ini merupakan sebuah mitos yang memang belum pasti kebenarannya.

Itulah serba-serbi mengenai lintah terbesar di dunia yang hidup di Amazon. Dari sini kita juga mengetahui bahwa lintah terbesar tidak hanya ada di Amazon, tapi ada juga di Indonesia. Jika ada lintah yang mengganggu di rumah Anda, cari tahu cara membasminya di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *