bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Lenjeh

"Lenjeh" digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berperilaku ganjen, tetapi dengan konotasi yang lebih ringan dan menyenangkan.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, mungkin kata yang paling mendekati adalah "genit". Namun, kata "genit" seringkali memiliki konotasi negatif, sementara "lenjeh" tidak sepenuhnya demikian.

"Lenjeh" lebih mengarah pada perilaku yang manja, menggemaskan, dan kadang-kadang sedikit menjengkelkan, namun tetap membawa kesan menyenangkan bagi orang-orang di sekitarnya.

Contoh perilaku "lenjeh" bisa dilihat ketika seseorang bertingkah manja dengan suara yang dilembut-lembutkan, sering meminta perhatian, atau bersikap manis yang terkadang berlebihan. Meskipun bisa sedikit menjengkelkan, perilaku ini juga bisa membuat orang lain merasa terhibur dan tersenyum.

Asal Muasal Istilah Lenjeh

"Lenjeh" menjadi populer karena mampu menggambarkan perilaku tertentu dengan tepat tanpa membawa konotasi negatif yang berat.

Kata ini bisa jadi merupakan hasil evolusi dari kata "ganjen" yang sudah lebih dulu dikenal. Penggunaannya meluas di kalangan anak muda, terutama dalam percakapan sehari-hari dan di media sosial.

Contoh Penggunaan Istilah Lenjeh

Ada beberapa contoh penggunaan istilah “lenjeh” yang terjadi dalam percakapan di X/Twitter:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross