bacaterus web banner retina

6 Merk Lem Terbaik untuk Merekatkan Bahan Styrofoam

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Februari 2021

Kamu pasti sering mendengar istilah styrofoam. Benda ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu bahan seperti gabus ini paling sering ditemukan sebagai kemasan makanan untuk takeaway. Jika kamu memesan makanan melalui layanan pesan antar, biasanya styrofoam digunakan sebagai kemasannya.

Tentang Styrofoam dan Manfaatnya

Tentang Styrofoam dan Manfaatnya

* sumber: www.readersdigest.ca

Pada dasarnya styrofoam merupakan bahan yang dalam istilah lainnya disebut dengan polystyrene. Polystyrene itu sendiri adalah salah satu polimer yang dibuat melewati tahapan adisi dengan cara suspensi.

Bahan ini sudah jamak digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari sejak pertama kali ditemukan di tahun 1930 silam. Bahan ini mempunyai keunggulan, seperti tidak mudah bocor, praktis dan ringan.

Dalam perkembangannya styrofoam menjadi salah satu bahan yang vital dalam kehidupan manusia. Pasca perang dunia kedua styrofoam mulai diproduksi secara komersil. Bahan ini kemudian digunakan dalam berbagai kebutuhan sebagai casing.

Barang elektornik ikut memanfaatkan styrofoam sebagai lapisan pelindung di dalam box kemasannya. Tak ketinggalan, industri cat dan industri besar lainnya bahkan menggunakan styrofoam sebagai bahan utamanya, contohnya pembuatan bingkai foto dan boneka.

Polistirena, cikal bakal pembuatan styrofoam, lalu digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga yang seperti gantungan baju, ember, baskom hingga sisir.

Merk Lem untuk Styrofoam yang Bagus

Merk Lem untuk Styrofoam Yang Bagus

* sumber: www.readersdigest.ca

Dalam pemanfaatannya styrofoam memerlukan perekat yang berkualitas bagus agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan si pengguna. Bahan perekat atau lem ini akan sangat berperan penting dalam menyatukan elemen-elemen produk.

Di pasaran, tersedia berbagai jenis lem styrofoam yang mempunyai daya rekat kuat. Masing-masing lem tersebut mempunyai karakternya masing-masing. Bahkan formulasi lem tersebut mempunyai keunggulan-keunggulan tersendiri.

1. Lem Ultra Phaethon

Lem Ultra Phaethon

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lem Ultra Phaethon menggunakan polyvinyl acetate atau PVAc sebagai salah satu komposisinya. Kelebihan dari lem berbahan PVAc ini adalah sifatnya yang aman digunakan.  Secara umum lem ini merupakan lem yang mempunyai standar food grade.

Selain sebagai perekat dengan kekuatan adhesi yang kuat, lem Ultra Phaethon tidak menimbulkan cacat warna atau glue line sehingga permukaan yang dilem akan tetap terlihat mulus.

Cara pengaplikasiannya pun tergolong mudah sehingga kamu tidak perlu menggunakan peralatan khusus dan tidak perlu tambahan bahan lain. Lebih praktis.

Lem ini dijual di toko-toko online dan agen-agen penjual lem Phaethon yang ada di kota kamu. Beberapa agen dapat dihubungi di nomor di website Phaethon.

Rentang harga: Rp 48.000 - Rp 51.000

2. Hot Glue Gun Topelek Kit

Hot Glue Gun Topelek Kit

* sumber: www.dontwasteyourmoney.com

Hot Glue Gun bikinan Topelek berbentuk pistol ini didesain dengan pegangan yang lebih panjang agar nyaman digunakan dan pas dengan ukuran tangan. Lem ini dijual seperangkat dengan batang lem yang berbentuk seperti lilin.

Untuk menggunakannya kamu perlu memanaskan aplikator berbentuk pistol tersebut sampai lem yang berbentuk lilin itu mencair jika ditekan pelatuknya. Lem tersebut bekerja dengan baik pada bahan styrofoam dan bahan-bahan lainnya.

Lem jenis ini aman baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Menggunakan Hot Glue Gun tidak menyebabkan pegal-pegal pada tangan sehingga kamu bisa lebih fokus melakukan pekerjaan menggunakan lem ini jenis ini.

Rentang harga : $11.9

3. Loctite Power Grab

Loctite Power Grab

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lem yang diproduksi oleh Henkel Corporation ini merupakan salah satu lem yang bagus untuk merekatkan styrofoam. Keunggulan lain dari lem ini adalah dapat digunakan pada semua jenis kondisi, material dan cuaca.

Tidak diragukan lagi lem ini sangat menempel dengan erat pada styrofoam karena bahannya yang baik termasuk pada permukaan yang terbuat dari kertas dan kayu. Bagusnya lagi, lem ini dapat dapat diaplikasikan pada material dalam kondisi basah.

Namun, lem ini tidak direkomendasikann untuk material yang akan ditempatkan di bawah air. Karakter lain dari produk ini yang mengesankan adalah daya hasilnya yang cepat kering.

Singkatnya, lem ini merupakan lem yang dapat diaplikasikan pada hampir semua jenis material. Untuk bahan granit dan keramik pun bisa digunakan. Lem berwarna putih ini bekerja melapisi celah-celah kecil dan sambungan.

Rentang harga: $4.47

Baca juga: Merk Lem Paling Kuat untuk Merekatkan Berbagai Plastik

4. Aleene's Quick Dry Tacky Glue

Aleene's Quick Dry Tacky Glue

Lem styrofoam selanjutnya datang dari merk Aleene. Lem ini dibuat di Amerika serikat. Sesuai dengan namanya, lem ini diklaim mempunyai proses pengeringan yang cepat. Tak tanggung-tanggung. Produsen mengklaim lem ini 50% lebih cepat kering dibanding lem lain.

Formula non-toxic dari lem Aleene ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis permukaan lain, seperti kayu, plastik, besi dan kain yang dapat dicuci.

Selain itu Aleene’s Quick Dry Tacky Glue dipercaya mempunyai daya rekat yang bagus dan praktis digunakan. Keluarkan lem dari dalam tabung dengan cara dipencet pada permukaan yang akan dilem.

Setelah rekatkan dua permukaan yang diberi lem tadi dengan kuat. Biarkan lem sampai kering. Terakhir, cuci residu lem yang mungkin tersisa agar permukaan tidak terlihat belepotan.

Rentang harga: $6.82

5. Dow Chemical Insulating Foam Sealant

Dow Chemical Insulating Foam Sealant

Dow Chemical Insulating Sealant merupakan produk berkualitas baik untuk bahan jenis styrofoam. Dapat menyegel kebocoran dan celah kecil pada permukaan styrofoam. Cairan lemnya mampu meresap dan menutup sempurna.

Produk ini cocok digunakan pada area interior dan eksterior. Sayangnya lem ini mempunyai sifat yang lengket. Kamu harus menggunakan sarung tangan dan pelindung mata ketika mengaplikasikannya.

Lem ini tidak dibuat dengan bahan yang cocok untuk area di bawah air. Oleh karena itu jangan gunakan lem ini pada area yang sering terkena air secara intensif.

Dari proses pengaplikasian, produk ini mudah dan nyaman digunakan. Produk ini dibuat dengan kemasan berbentuk pipa spray yang memungkinkan cairan dapat diaplikasikan dengan tepat sasaran. Pipa spray ini dapat menyebarkan lem para permukaan secara merata.

Keunggulan lain dari produk ini adalah fiturnya yang dapat digunakan sebagai filling dan sealing. Di samping dapat merekatkan dua material dengan baik, lem untuk styrofoam ini dalam mengisi celah dan retakan.

Rentang harga: $4.59

6. Gorilla Glue

Gorilla Glue

* sumber: www.gorillatough.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika kamu mencari lem yang kokoh dan kemampuan adhesi yang kuat, produk ini bisa menjadi produk yang kamu cari. Ketahanan dan daya rekat dari lem ini sudah tidak diragukan lagi.

Lem serba guna ini merupakan lem terbaik untuk memperbaiki permukaan yang berbeda baik indoor atau pun outdoor. Klaimnya produk ini 100% tahan air dan tidak retak ketika digunakan pada elemen luar.

Lem ini tersedia dalam beberapa ukuran mulai dari 60ml sampai 1L. Gorilla Glue tidak terpengaruh terhadap perubahan suhu. Baik itu suhu panas atau pun dingin, Gorilla Glue dapat bekerja dengan baik.

Kelebihan lain dari produk ini adalah tahap finishingnya yang mudah dan dapat diamplas serta dapat dicat saat lem benar-benar kering. Ketika digunakan Gorilla Glue pelan-pelan akan mengering dan menyebar merata.

Sayangnya, produk ini memiliki kekurangan, yaitu hanya mampu bekerja dengan baik pada permukaan yang tidak kasar dan cukup resistan.

Secara keseluruhan Gorilla Glue merupakan sebuah produk dengan kualitas baik sebagai perekat. Selain sebagai perekat styrofoam, produk ini juga cukup baik jika digunakan pada konstruksi dan pekerjaan perbaikan lainnya.

Rentang harga: Rp 89.000 - Rp 235.000

Sudah tentukan pilihan lem yang bagus untuk produk styrofoammu? Tak bisa dipungkiri bahwa perekat dengan kualitas terbaik akan mempengaruhi kestabilan dan kesempurnaan produk styrofoam yang kamu buat. Produk-produk tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu kamu sesuaikan lem dengan kebutuhanmu ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram