bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Edukasi / 7 Rekomendasi Lem Kertas Bertekstur Cair yang Bagus

7 Rekomendasi Lem Kertas Bertekstur Cair yang Bagus

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 19 Februari 2021

Lem kertas merupakan item yang punya peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Item yang berfungsi sebagai perekat ini dibutuhkan dalam industri kerajinan, karya seni dan kehidupan sekolah serta perkantoran. Ada beberapa jenis lem kertas cair yang bisa kamu gunakan. Masing-masing produk tersebut mempunyai keunggulan dan bentuk desain yang menarik.

Bentuk lem cair dewasa ini sangat beragam. Hal ini bertujuan agar pengguna lebih nyaman menggunakan lem cair tanpa merasa takut tangan belepotan lem dan malah berakibat merusak karya yang dikerjakan. Ada beberapa tips memilih lem cair yang tepat beserta rekomendasi lem kertas cair yang bagus dengan kemasan yang unik. Yuk intip uraian berikut ini.

Cara Memilih Lem Cair Kertas Yang Tepat

lem kertas cair yang bagus_Cara Memilih Llem kertas cair yang bagus_Cara Memilih Lem Cair Kertas Yang Tepatem Cair Kertas Yang Tepat

Umumnya, lem terdiri dari beberapa jenis, yaitu ada yang berbentuk padat, ada pula yang berbentuk tape dan cair. Semakin berkembangnya teknologi dan pengetahuan, kemasan lem dibuat semakin berkembang dan inovatif serta sangat unik. 

Tak bisa dipungkiri bahwa kini membeli lem tidak hanya berdasarkan kebutuhan saja, tapi ada juga pertimbangan ketertarikan pada kemasan yang dibuat sangat lucu tanpa mengesampingkan fungsi utamanya sebagai perekat.

Nah, biar kamu tidak mau bingung memilih lem merk apa yang harus kamu beli, ada beberapa pertimbangan dalam memilih lem; 

1. Pilih Lem Cair Serba Guna

lem kertas cair yang bagus_Pilih Lem Cair Serba Guna

Lem cair mempunyai kadar air yang tinggi sehingga ia cepat meresap dan dapat melekat erat pada permukaan. Jenis lem cair ini sangat sulit dilepas. Maka dari itu, ketika kamu memilih lem cair jenis ini disarankan untuk merekatkan pada permukaan yang sulit menempel. 

Harga lem cair relatif lebih murah dan ia mempunyai banyak fungsi sehingga terasa lebih ekonomis memilih lem cair ini untuk keperluan perekatan. 

2. Perhatikan Kebutuhan

lem kertas cair yang bagus_Perhatikan Kebutuhan

Sebelum memutuskan lem merk apa yang akan kamu beli, sebaiknya pertimbangkan lem apa yang sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya setiap lem mempunyai keunggulan dan kelemahannya tersendiri. 

Misalnya jika kamu ingin merekatkan benda yang cukup tebal, sebaiknya kamu memilih lem dengan tekstur cair atau lem dengan kemasan spray. Lem cair atau spray memiliki daya rekat yang lebih kuat terhadap benda yang tebal. 

Namun, jika kamu akan merekatkan benda tipis, lem berbentuk padat atau lem pasta kenyal saja sudah cukup. Selain itu, pertimbangkan pula kemasannya apakah kemasan tersebut praktis dan mudah dibawa atau cukup merepotkan sehingga hanya digunakan ketika berada di rumah. 

Daftar Merk Lem Kertas Cair Yang Bagus

Setelah selesai mempertimbangkan dengan  cermati, sekarang kamu dapat salah satu dari rekomendasi lem kertas cair yang bagus yang sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Lem Fox

lem kertas cair yang bagus_Lem Fox

Lem cair pertama yang mempunyai daya rekat yang bagus datang dari merk Lem Fox. Lem ini merupakan lem multifungsi yang bisa digunakan pada material lainnya, misalnya saja pada kayu. Lem ini dapat merekat dengan baik sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki furniture kayu yang rusak. 

Lem ini sering pula digunakan pada industri kerajinan kayu untuk membuat produk-produk seperti kotak hadiah, perekat benang jahit pada produk kerajinan, dan lain-lain. Pada kerajinan, Lem Fox putih juga digunakan untuk memberikan warna. 

Pada kertas, Lem Fox mempunyai daya rekat yang sempurna. Tekstur lem pasta berwarna putih ini paling ringan dan sederhana sehingga dapat digunakan untuk merekatkan kertas dengan ketebalan yang kecil. 

Lem Fox putih biasa digunakan oleh anak-anak sekolah dan keperluan kantor. Pemakaian Lem Fox putih ini juga mudah, kamu hanya harus menerapkan lem pada kertas atau media yang ingin kamu rekatkan, lalu tunggu beberapa saat hingga lem mengering. 

Lem Fox tersedia dalam kemasan plastik ukuran 600gr dan kemasan besar dalam ember ukuran I kg. Namun, kelemahan dari lem Fox Putih ini adalah ia tidak tahan terhadap air. Maka dari itu hindarkan benda yang telah dilem dengan Lem Fox putih dari air agar lem lebih lama merekat. 

2.  Lem Povinal

lem kertas cair yang bagus_Lem Povinal

Lem cair ini bisa dibilang lem serbaguna yang bisa diaplikasikan pada media apapun. Selain digunakan untuk merekatkan kertas, jilid buku dan kayu, lem Povinal banyak pula digunakan sebagai bahan baku pembuatan slime yang menjadi mainan favorit anak-anak. 

Lem Povinal berbentuk cair dan berwarna bening. Tekstur cair dari lem ini mempermudah pengaplikasian lem untuk merekatkan berbagai media. Lem Povinal sering digunakan untuk menempelkan lidah amplop, papan buletin, dan kertas. Ia juga dapat digunakan untuk menempelkan kayu, karet, styrofoam, kain dan material lain. Lem ini tersedia di toko buku dan swalayan terdekat. 

3. Kenko 

lem kertas cair yang bagus_Kenko

Lem cair ini berasal dari merk yang dikenal sebagai produsen alat-alat tulis di Indonesia, Kenko. Lem cair kertas Kenko merupakan salah satu lem favorit yang bisa digunakan oleh anak-anak sekolah sebab kemasan lem ini kecil dan praktis. Lem ini pun mudah dibersihkan dengan air sehingga cenderung aman digunakan.

Kemasan yang praktis dan aman membuat lem ini menjadi item favorit. Tidak hanya digunakan oleh anak-anak, lem ini pun banyak digunakan untuk keperluan di kantor dan industri kertas lainnya. Lem cair kertas Kenko mempunyai daya rekat yang awet, cepat meresap dan cepat kering. 

Lem cair Kenko dikemas dalam beberapa kemasan, salah satunya yang dikemas dalam kemasan stik, sehingga mempermudah penggunaan dan tangan bebas dari lengket lemnya. 

4. Artline

lem kertas cair yang bagus_Artline

Artline menawarkan produk lem cair dengan kemasan modern yang praktis. Desain kemasan berbentuk stik dengan ujung aplikator sikat yang membuat proses pengeleman lebih mudah dan cepat. Lem ini bekerja dengan baik dalam perekatan kertas. Selain itu, cairan lemnya juga cepat mengering.

Lem cair ini pun mudah dicuci. Kamu tak perlu takut lem ini akan mengotori tanganmu. Artline Liquid Glue merupakan produk yang ramah lingkungan dan aman digunakan oleh anak-anak. Selain itu, le mini juga menunjang untuk keperluan kerajinan tangan hingga urusan kantor. 

5. 3M Super 77

lem kertas cair yang bagus_3M Super 77

Ini adalah lem berbentuk aerosol yang praktis dan berkualitas tinggi. Lem cair dengan daya rekat tinggi ini sangat praktis digunakan. Kamu hanya perlu menyemprotkan lem spray ini pada permukaan yang akan direkatkan. Dalam waktu 15-30 detik, lem akan mengering.

Selain pada media kertas, lem spray ini bisa digunakan pada permukan yang terbuat dari material plastik, logam, dan foam

6. Deli

lem kertas cair yang bagus_Deli

Deli Liquid Glue E7302 merupakan lem cair di dalam kemasan roll stick yang praktis dan mudah digunakan. Kemasan ini memudahkan penggunan mengaplikasikan lem dan media yang akan direkatkan. 

Kemasan roll stick seperti ini tidak membuat tangan kotor karena kamu tidak akan menyentuh lem dengan tanganmu. Pasalnya, kemasan ini mempunyai ujung aplikator halus yang dapat meratakan cairan lem pada permukaan yang akan dilem. 

Kemampuan rekat lem cair ini termasuk kuat. Cairan lemnya pun lebih cepat kering. Desain botol dibuat dengan ramping sehingga pas digenggam. Aroma Deli Liquid Glue tidak berbau tajam sehingga aman untuk dipakai oleh anak-anak. 

7. UHU 

lem kertas cair yang bagus_UHU

Lem cair merk UHU ini adalah lem dengan banyak fungsi yang tidak hanya mampu merekatkan media kertas, namun bisa juga merekatkan material lain. Lem cair ini dapat digunakan pada banyak bidang, seperti bidang kecil, sedang dan bidang yang besar. 

Hal ini merupakan dampak dari desain aplikator yang terdapat pada kemasan lem cair UHU. Di dalam kemasan lem ini terdapat pada ujung yang terdiri dari tiga bentuk aplikator, yaitu bentuk titik, bentuk garis dan bentuk yang lebih lebar.  

Lem cair ini bisa lebih hemat sebab ia dapat diisi ulang dengan lem cair kemasan refill. Jadi kamu hanya perlu beli refill-nya lagi jika habis.

Nah, dari rekomendasi di atas, sekarang kamu sudah menemukan merk lem kertas cair yang sesuai kebutuhanmu? Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa setiap produk mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun, secara keseluruhan produk-produk tersebut produk terbaik yang telah digunakan bertahun-tahun dan menjadi produk favorit. Jadi, pilih sesuai kebutuhan ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram