bacaterus web banner retina

5 Rekomendasi Lem Kaca yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Februari 2021

Dalam dunia konstruksi bangunan dan perlengkapan rumah tangga lem merupakan benda yang perannya cukup penting. Fungsi lem sebagai alat perekat selalu dibutuhkan. Saat ini lem bukan hanya digunakan untuk merekatkan kertas, kini telah diciptakan perekat untuk material lain seperti kayu, besi dan kaca serta porselen.

Lem kaca sangat dibutuhkan untuk perabotan rumah tangga dan pertukangan. Tersedia lem kaca dengan berbagai jenis dan komposisi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa daftar lem kaca yang berkualitas bagus yang banyak beredar di pasaran.

1. Lem Kaca 3M Double Tape

Lem kaca 3M Double Tape

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Yang pertama ada lem kaca 3M Double Tape. Lem ini diciptakan khusus untuk kaca mobil dan sudah terbukti bahwa lem ini cocok dengan kaca mobil merk mana pun. Bentuk lem ini tidak cair, melainkan seperti double tape yang panjangnya bisa mencapai 4,5m.

Bisa dibilang lem ini merupakan perekat terbaik yang dipakai di bidang otomotif. Biasanya para pekerja otomotif menggunakan lem ini sebagai perekat eksterior mobil seperti side moulding, pemasangan emblem, plat dan interior mobil.

Lem ini tersedia dalam ukuran 12mmx2,5m. Ciri khas lem ini adalah warnanya yang merah menyala dan berbentuk seperti double tape kertas. Lem ini berbahan dasar alami dan tidak tahan air. Selain itu, lem ini tidak mudah terbakar.

Lem yang terbuat dari bahan alami biasanya memerlukan air sebagai pelarutnya. Sementara lem yang terbuat dari bahan sintesis biasanya mudah terbakar. Oleh sebab itu berhati-hati dalam menyimpan lem ini.

Dibanding yang terbuat dari bahan sintesis, lem kaca ini yang terbuat dari bahan alami mempunyai daya rekat yang lebih tinggi. Meskipun memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering.

Lem kaca terbuat dari gabungan dua elemen, yakni epoxy dan hardener. Dua elemen ini merupakan komposisi yang biasanya ditemui pada jenis lem apapun termasuk lem kaca ini.

Dua elemen tersebut merupakan elemen penting. Epoxy merupakan bahan lem itu sendiri, sedangkan hardener merupakan katalis yang membuat lem mengeras dan mengering lebih cepat.

Rentang harga: Rp 41.000 - Rp 250.000.

2. Lem Kaca Dow Corning

Lem Kaca Dow Corning

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lem kaca ini kini sudah mengganti namanya menjadi DowSil. Pergantian nama ini terjadi seiring adanya rekonstruksi di tubuh perusahaan. Lem ini merupakan lem yang paling banyak dicari. Lem silicon bening yang elastis dan multifungsi ini cocok untuk berbagai material.

Banyak pengrajin akuarium menggunakan lem kaca ini untuk merekatkan akurium bikinannya. Termasuk para pengrajin kaca. Mereka menggunakan lem kaca ini untuk produknya. Sedangkan para tukang menggunakan lem ini untuk merekatkan keramik.

Lem ini cepat mengering dan menempel dengan maksimal. Lem yang berbentuk cair ini tahan air dan panas. Oleh karena itu tepat digunakan untuk mengatasi kebocoran kecil pada pipa, dan lain-lain.

Rentang harga: Rp 30.000 - Rp 398.000

3. Lem Kaca Dextone

Lem Kaca Dextone

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lem ini merupakan lem kaca terbaik yang serba guna. Karena selain bagus untuk merekatkan media berbahan kaca, lem ini bisa digunakan bahan metal, karet dan keramik. Lem ini tersedia dalam beberapa warna lem yang berbeda, yaitu bening, putih dan hitam.

Kemasan lem kaca Dextone ini tersedia dalam ukuran 300ml. Cukup banyak jika digunakan untuk membuat akuarium atau memperbaiki kaca. Lem ini termasuk lem yang kedap air dan mempunyai elastisitas yang bagus.

Lem kaca Dextone tidak berbau dan tidak menyebabkan korosi terhadap bahan metal. Daya tahan terhadap panasnya bisa mencapai suhu dari -450C-1500C.

Rentang harga: Rp 10.000 - Rp 87.000.

Baca juga: 10 Macam Kaca yang Banyak Digunakan untuk Rumah & Gedung

4. Lem Kaca Sealant Soligen

Lem Kaca Sealant Soligen

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sealant dan lem mempunyai fungsi yang sama yakni untuk merekatkan sesuatu material. Namun, definisi spesifik tentang sealant adalah satu zat yang dimanfaatkan untuk mencegah masuknya cairan masuk melalui celah atau sambungan sebuah material.

Sealant biasanya digunakan untuk keperluan industri dan konstruksi bangunan. Ada beberapa jenis sealant yang sering digunakan. Sealant dikategorikan berdasarkan material yang membentuknya, salah satunya adalah Sealant Soligen.

Di antara lem kaca lainnya, Sealant Soligen merupakan perekat yang paling cepat kering sehingga kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu lem tersebut mengering. Sealant Soligen terkenal dengan daya tahannya yang awet terhadap cuaca apapun.

Untuk menyegel dan memperbaiki kaca, lem ini mampu merekatkan dengan baik. Lem ini memiliki tiga pilihan warna, yakni transparan, putih dan hitam. Kamu bisa menggunakan warna yang sesuai dengan bahan yang akan direkatkan.

Sealant Soligen mempunyai kelebihan dibanding lem kaca lainnya, misalnya saja dapat dibersihkan dengan air, cocok untuk penggunaan eksternal atau internal, tidak berubah warna atau retak pada keadaan lingkungan yang ekstrem.

Soligen ini tidak berbau dan dapat dicat setelah lem mengering sempurna. Yang lebih penting lagi adalah lem ini tidak menyebabkan korosi. Untuk mendapatkan lem kaca ini tidaklah sulit.

Karena produk ini merupakan produk popular, maka tersedia di semua toko-toko bahan bangunan baik online maupun offline.

Rentang harga: Rp 27.000 - Rp 60.000.

5. Lem Kaca Selsil

Lem Kaca Selsil

Cek Harga di Shopee

Salah satu lem kaca yang banyak dicari adalah Lem Selsil. Lem ini mengandung 100% polimer yang telah teruji dapat bertahan hingga suhu 2550C.

Lem Selsil tersedia dalam ukuran 300ml dan cairan lemnya berwarna merah. Lem ini dapat digunakan untuk merekatkan material yang terbuat dari kaca, keramik, dan metal logam. Daya rekatnya tinggi, sehingga dapat digunakan pada material-material tersebut.

Lem selsil terdiri dari beberapa jenis. Ini bergantung pada jenis material yang perlu dilem. Pertama, lem Selsil Eco Silicon Sealant. Lem ini dapat digunakan untuk merekatkan berbagai jenis bahan yang tidak keropos seperti keramik yang dilapisi glazed, alumuniun, dan kaca.

Warna lem ini tersedia dalam beberapa pilihan, seperti hitam, abu-abu, coklat, beige, putih dan transparan. Kelebihan lem ini adalah mudah diaplikasikan, tahan terhadap ozon, sinar UV dan suhu ekstrem.

Lalu, ada lem jenis Adhesive Selsil. Yang membedakan lem ini adalah proses pengeringannya yang cepat, hanya 5 menit. Lem ini dapat diaplikasikan pada bahan besi, stainless steel, tembaga, bahan campuran timah seperti bahan-bahan untuk membuat teflon.

Lem ini sangat bagus untuk merekatkan celah atau retak pada mesin, bahan cor dan mengisi kerangka bahan cor. Selain itu ada juga adhesive selsil untuk bahan plastik, marmer, body kendaraan dan furnitur.

Selanjutnya, ada lem jenis Selsi Sellock. Bedanya selsi jenis ini digunakan untuk menutup celah rambut yang mungkin ada sebuah komponen atau mesin.

Cara kerja Selsil jenis ini adalah dengan penetrasi pada celah kapilar yang sangat kecil. Ia akan menyegel dan mematri bagian-bagian besi yang tahan keropos.

Untuk menggunakannya, kamu harus memanaskan area yang akan dilem dan gunakan pelindung tangan. Lem ini dapat mencegah korosi pada besi dan kebocoran kecil. Memperkencangan skrup dan sambungan-sambungan lain pada mesin.

Rentang harga: Rp 30.000 - Rp 68.000.

Itulah rekomendasi lem kaca dan harganya yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin menggunakan lem tersebut. Pastikan kamu menggunakan lem yang sesuai dengan material yang akan kamu rekatkan.

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram