Bacaterus / Logam / 10 Merk Lem Besi Ini Dijamin Paling Kuat Lengketnya

10 Merk Lem Besi Ini Dijamin Paling Kuat Lengketnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kadang mungkin Anda pernah menemukan sebuah lem besi yang ternyata kurang kuat atau tidak tahan lama. Perlu Anda ketahui bahwa untuk merekatkan besi, anda memerlukan perekat atau lem yang tahan akan guncangan, anti air juga tahan panas sehingga benda yang Anda rekatkan tidak akan kembali terlepas setelah berhadapan dengan situas-situasi tadi.

Perhatikan juga medium yang Anda rekatkan, apakah besi dengan besi, besi dengan kayu atau besi dengan karet dan lain-lain karena bisa saja Anda justru hanya memerlukan sebuah lem multifungsi. Tapi sekali lagi, ada beberapa bahan yang sebenarnya tidak akan merekat semudah itu pada logam, sehingga memang pilihan terbaik adalah dengan menggunakan lem besi. Kali ini, kita akan menengok beberapa lem besi yang kekuatannya tidak diragukan lagi.

1. Loctite Epoxy Instant Mix 5 Minute

Loctite Epoxy Instant Mix 5 Minute

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Memang, dalam menggunakan lem besi, Anda harus ekstra hati-hati karena jika terkena tangan dan rapat, Anda bisa-bisa berada dalam masalah, apalagi jika karakteristik lem tersebut cepat mengering. Dan mungkin saja produk seperti itu yang Anda cari. Jika lem besi yang Anda cari adalah lem besi yang super kuat lagi praktis untuk diaplikasikan, itu berarti Anda membutuhkan lem yang satu ini.

Loctite Epoxy Instant Mix 5 Minute adalah lem yang memiliki dua bahan sekaligus yaitu resin dan hardener. Mengapa dibutuhkan 2 bahan tersebut untuk menjadi perekat yang mantap? Karena hardener akan membuat resin cepat mengering dan hasilnya tentu lebih memuaskan. Dan itulah kelebihan yang ditawarkan lem ini. Selain praktis, dalam waktu 5 menit, permukaan yang Anda satukan akan merapat dengan sangat kuat dan tentu saja, anti air.

2. Dextone Epoxy Adhesive

Dextone Epoxy Adhesive

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mungkin yang Anda butuhkan bukan sekedar lem besi. Tapi Anda mencari lem yang bisa melekatkan bahan-bahan lainnya seperti keramik juga porselen. Seperti yang sebelumnya kita bahas, kadang kita harus merekatkan besi pada permukaan dengan bahan lain seperti plastik atau karet. Dextone Epoxy Adhesive adalah pilihan terbaik untuk lem dengan kemampuan multifungsi karena bisa merekatkan medium lain selain besi atau logam.

Sama seperti item sebelumnya, lem ini terdiri dari dua jenis bahan yaitu, pengeras dan juga resin. Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaannya karena Anda perlu mencampur kedua bahan tersebut sebelum menggunakan lem ini. Agak repot memang, namun Dextione Epoxy Adhesive adalah salah satu pilihan tepat karena tahan meski ada dalam terpaan suhu tinggi sekalipun.

3. Clear Acrylic Resin dan Catalyst

Clear Acrylic Resin dan Catalyst

Cek Harga di Shopee

Cairan resin merupakan bahan yang sangat penting ketika membutuhkan perekat yang diaplikasikan pada besi. Sama seperti dua produk yang kita bahas sebelumnya, clear acrylic resin dan catalyst memadukan dua jenis bahan. Tapi kali ini bukan hardener yang yang menjadi campuran di dalamnya. Melainkan, resin dan catalyst. Sementara bahan resin yang digunakan juga berbeda.

Lem yang satu ini menggunakan cairan resin yang disebut clear acrylic resin. Apa perbedaan resin ini dengan yang lainnya? Tentu saja letaknya pada kekuatannya. Itulah yang membuat clear acrylic resin berbeda dengan bahan epoxy resin. Resep ini memiliki kelebihan tersendiri. Selain kuat berada dalam temperatur yang tinggi, clear acrylic resin dan catalyst juga tetap bekerja dengan maksimal diatas permukaan yang berminyak.

4. Epoxy Araldite (90 Minutes)

Epoxy Araldite (90 Minutes)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tidak ada salahnya bukan, jika Anda mempersiapkan sebuah lem multifungsi yang bisa merekatkan bukan hanya besi atau logam, tapi juga bahan-bahan lainnya. Atau menyambungkan besi dengan bahan lain tersebut. Bagi Anda juga yang berkecimpung di dunia industri, lem yang satu ini bisa jadi sangat cocok untuk Anda, yaitu Epoxy Araldite (90 Minutes).

Kelebihan dari lem Epoxy Araldite adalah bukan hanya anti air, tapi juga anti bahan kimia. Oleh karena itulah lem yang satu ini sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam industri. Bukan hanya besi, tapi Epoxy Araldite juga bisa menjadi perekat bahan kayu, keramik atau juga plastik. Disebut 90 menit karena Anda harus memadukan bahan resin dan pengerasnya dan didiamkan selama 90 menit.

5. PC-Fahrenheit

PC-Fahrenheit

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Keunggulan dari lem besi PC-Fahrenheit yang terbuat dari bahan epoxy ini adalah, dia sangat tahan akan suhu yang tinggi. Beberapa merk lem biasanya tidak akan tahan setelah terpapar suhu diatas 100 derajat celcius. Tapi tidak dengan PC-Fahrenheit. Sesuai dengan namanya, suhu yang panas justru akan membuat lem ini semakin cepat mengering dan mampu bertahan dalam suhu hingga 260 derajat celcius.

Dengan kelebihannya tersebut, produk dari Protective Coating ini sangat cocok digunakan sebagai perekat untuk memperbaiki besi-besi yang terdapat pada onderdil kendaraan bermotor. Atau juga, perangkat-perangkat lain yang biasa digunakan dalam temperatur yang tinggi. Tentu saja lem ini tersedia di Indonesia. Anda bisa mencarinya di forum-forum jual beli yang ada di sini.

Baca juga: Merk Lem Paling Kuat untuk Merekatkan Berbagai Macam Plastik

6. Loctite 401

Loctite 401

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kadang mungkin Anda membutuhkan lem untuk memperbaiki perangkat-perangkat yang Anda gunakan sehari-hari seperti alat rumah tangga. Jika Anda membutuhkan lem untuk memperbaiki alat-alat rumah tangga misalnya, Loctite 401 sangat bisa diandalkan. Berbeda dengan lem-lem sebelumnya yang menggunakan dua bahan terpisah, Loctite 401 adalah lem yang sangat praktis yang bisa langsung diaplikasikan.

Beberapa jenis lem sering meninggalkan bekas berwarna pada benda yang kita perbaiki. Tapi tidak dengan produk Loctite ini. Warna cairannya yang bening tidak akan meninggalkan bekas, sehingga sangat cocok untuk memperbaiki benda-benda seperti aksesoris fashion misalnya. Apalagi, bukan hanya besi, perekat ini juga bisa digunakan untuk bahan kayu hingga kain.

7. UHU Epoxy Quick Set

UHU Epoxy Quick Set

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk perekat yang satu ini memang sudah sangat terkenal. Dan produsen kenamaan ini memang memiliki berbagai jenis lem sesuai kebutuhannya. Dan untuk perekat besi, UHU memiliki sebuah produk yang bernama Epoxy Quick Set. Dan lem milik UHU ini juga memiliki kelebihannya sendiri. Selain tahan pada suhu yang sangat tinggi, Epoxy Quick Set juga bertahan dalam suhu lembab, juga benturan dan dingin.

Seperti biasa, untuk menggunakan lem ini, Anda perlu mencampurkan dua bahan cari yang terdapat pada Epoxy Quick set sebelum digunakan. Sama seperti lem sejenis lainnya, perekat ini dapat mengering hanya dalam waktu 5 menit saja. Setelah itu, Anda perlu bersabar selama 20 menit untuk menunggu agar lem ini mengering, sehingga barang yang Anda perbaiki dapat digunakan kembali.

8. Loctite Super Glue Ultra Gel Control

Loctite

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mungkin Anda pernah memperbaiki barang Anda dengan menggunakan lem besi, tapi ternyata lem tersebut seperti kurang kuat karena barang Anda kembali rusak. Salah satu penyebab lem tidak merekat dengan kuat adalah karena guncangan, termasuk juga perubahan cuaca. Loctite Super Glue Ultra Gel Control bisa menjadi solusi terbaik Anda.

Lem yang satu terkenal sebagai perekat yang kuat karena tahan terhadap guncangan. Dan produk Loctite ini juga mampu bertahan dalam cuaca ekstrim sekalipun. Sehingga, tidak masalah panas atau dingin, dia akan terus merekat dengan kuat. Selain serba guna, Loctite Super Glue Ultra Gel Control memiliki kemasan yang kedap udara sehingga tidak usah khawatir lem akan mengering.

9. Lem Epoxy Avian

Lem Epoxy Avian

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi produk dari produsen ternama, yaitu Avian. Lagi, kekuatan sebuah lem bukan hanya ditentukan oleh temperatur atau suhu, tapi juga dengan kondisi geografis. Ya, udara mengandung garam seperti di pesisir pantai juga dapat mempengaruhi daya tahan perekat. Lem Epoxy Avian ini adalah lem yang dapat bertahan dari hal tersebut, bahkan air laut sekalipun.

Bukan hanya pelekat logam, tapi lem ini juga dapat digunakan di bahan-bahan permukaan lain seperti plastik hingga kaca. Bahannya sendiri terdiri dua komponen yang tidak mengandung thinner. Ini artinya, bahwa lem epoxy milik Avian ini tidak memiliki bau menusuk, layaknya lem lain. Bagi Anda yang tinggal di kawasan pesisir pantai perlu memiliki produk ini.

10. Belzona 1111 Super Metal

Belzona 1111 Super Metal

Cek Harga di Shopee

Belzona 1111 Super Metal ini memang memiliki harga yang fantastis. Yaitu, berkisar antara 3.5 juta hingga hampir 4 juta. Maklum, lem ini memang sangat kuat dan kualitasnya memang tidak diragukan. Jika Anda membutuhkan lem untuk digunakan di rumah, mungkin bisa memilih lem lain yang lebih praktis, apalagi jika hanya ingin memperbaiki item fashion atau mainan anak.

Salah satu kelebihan dari produk ini adalah akan melindungi barang Anda dari efek erosi dan korosi jangka panjang. Dalam penggunaannya, kita juga harus mencampurkan base dengan pelarutnya. Namun sekali lagi, kualitas lem ini tidak diragukan lagi karena Belzona 1111 Super Metal bisa menjadi perekat untuk segala jenis bahan baik baja, kayu maupun kaca.

Itulah beberapa merk lem besi dengan kekuatan perekat yang sangat baik. Sekali lagi, Anda mungkin perlu menimbang-nimbang sebelum membeli. Untuk apakah Anda memiliki lem besi tersebut. Kepentingan industri, bisnis reparasi, atau hanya untuk memperbaiki barang-barang yang ada di rumah. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *