Bacaterus / Badminton / 9 Legenda Bulutangkis Indonesia yang Terkenal di Dunia

9 Legenda Bulutangkis Indonesia yang Terkenal di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Agustus 2019

Bulutangkis merupakan salah satu bidang olahraga yang paling dikuasai oleh Indonesia sejak berpuluh-puluh tahun silam. Hingga saat ini Indonesia merupakan salah satu kekuatan utama perbulutangkisan dunia, bersama dengan Tiongkok, Jepang, Denmark, dan negara-negara lainnya.

Puluhan atau bahkan ratusan atlet nasional telah berhasil mempersembahkan ribuan medali dan kehormatan untuk negara. Beberapa di antara atlet-atlet tersebut memiliki kesuksesan yang luar biasa sehingga mereka layak disebut sebagai legenda. Berikut ini adalah beberapa legenda bulutangkis Indonesia yang namanya telah mendunia.

1. Rudy Hartono

* sumber: commons.wikimedia.org

Salah satu legenda bulutangkis Indonesia yang terkenal di dunia adalah Rudy Hartono. Beliau merupakan pemain spesialis tunggal putra yang telah memenangkan berbagai kejuaraan internasional baik perorangan maupun beregu.

Prestasi Rudy Hartono yang paling dikenang oleh masyarakat Indonesia adalah juara All England sebanyak delapan kali! Tujuh titel juara di turnamen bulutangkis tertua di dunia itu didapatkannya secara berurutan, mulai tahun 1968 hingga tahun 1974. Sementara satu gelar lainnya diraih pada tahun 1976 setelah mengalahkan pemain Indonesia lainnya di parta final.

Selain gelar All England, Rudy Hartono juga pernah memenangkan satu medali emas di Kejuaraan Bulutangkis Dunia pada tahun 1980 yang berlangsung di Jakarta, satu medali emas Olimpiade Munich 1972 (sebagai cabor demonstrasi) dan empat kali menjuarai turnamen beregu Piala Thomas.

Atas jasanya dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, pemerintah telah menganugerahi Rudy Hartono dengan penghargaan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama.

2. Liem Swie King

* sumber: www.pbdjarum.org

Liem Swie King adalah legenda bulutangkis Indonesia lainnya yang tak kalah hebat dari Rudy Hartono. Beliau dikenal di dunia bulutangkis karena pukulan jumping smash-nya, sehingga mendapat julukan King Smash.

Selain hebat di sektor tunggal, Liem Swie King juga jago bermain di sektor ganda putra bersama sejumlah pemain lainnya. Karena kelebihannya tersebut, Liem Swie King berhasil membawa pulang banyak medali emas ke Indonesia.

Beberapa prestasi tertinggi Liem Swie King di sektor tunggal adalah juara All England tiga kali (1978, 1979, 1981) dan juara Asian Games di Bangkok di tahun yang sama saat dirinya berhasil menggandakan medali All England.

Prestasi Liem Swie King di sektor ganda bahkan lebih tinggi lagi, yaitu tiga kali juara Piala Dunia berturut-turut dengan pasangan yang berbeda dan tiga kali menorehkan nama Indonesia di Piala Thomas.

3. Christian Hadinata

* sumber: bwfmuseum.isida.pro

Christian Hadinata merupakan salah satu legenda bulutangkis Indonesia di sektor ganda yang gelarnya bisa dibilang lengkap. Pada tahun 1972, beliau berhasil membawa pulang satu medali emas Olimpiade bersama Ade Chandra meskipun saat itu cabor bulutangkis masih tahap demonstrasi.

Beliau juga berhasil meraih empat medali (dua emas, satu perak, dan satu perunggu) Kejuaraan Dunia, sembilan medali (lima emas, dua perak, dan dua perunggu) di Asian Games di sektor perorangan dan beregu, dan enam kali membawa tim Indonesia ke final Piala Thomas dengan raihan empat gelar juara dan dua finalis.

Bersama sejumlah pasangannya di ganda putra dan ganda campuran, Christian Hadinata dapat dibilang sangat sukses dengan raihan puluhan gelar. Tentu saja gelar turnamen internasional miliknya yang paling prestisius adalah juara All England sebanyak tiga kali (dua di ganda putra dan satu di ganda campuran).

4. Alan Budikusuma

* sumber: sports.okezone.com

Alan Budikusuma memang tidak pernah meraih gelar turnamen paling bergengsi sedunia All England, tetapi dirinya mampu mempersembahkan sebuah medali emas Olimpiade bagi Indonesia. Alan mendapatkan gelar tertingginya tersebut pada tahun 1992 di Olimpiade Barcelona, Spanyol.

Sejumlah medali juga berhasil ia dapatkan di kejuaraan tingkat dunia, seperti di Kejuaraan Dunia (satu perak), Piala Dunia (satu emas dan dua perunggu), Piala Thomas (dua emas, satu perak, dan satu perunggu), Piala Sudirman (satu perak), dan medali-medali lainnya di Asian Games, Kejuaraan Asia, dan SEA Games.

Alan Budikusuma dan Susi Susanti yang kini telah menjadi istrinya, merupakan dua atlet Indonesia pertama yang berhasil mempersembahkan medali emas Olimpiade. Saat tiba di tanah air, mereka diarak mengelilingi Kota Jakarta selama kurang lebih dua jam dan disaksikan oleh 500 rb hingga 1 juta orang!

Kesuksesan Alan di Olimpiade dilanjutkan oleh Taufik Hidayat dengan medali emasnya di Olimpiade Athena, Yunani pada tahun 2004. Lalu siapa tunggal putra Indonesia lainnya yang akan mendapatkan emas Olimpiade?

5. Susi Susanti

* sumber: commons.wikimedia.org

Susi Susanti adalah salah satu mantan pemain bulutangkis tunggal putri kebanggaan Indonesia. Wanita kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat ini merupakan atlet Indonesia pertama yang memenangkan medali emas di Olimpiade, tepatnya di Olimpiade Barcelona, Spanyol pada tahun 1992.

Susi Susanti yang pernah menjadi pemain top dunia pada masanya ini telah berhasil mempersembahkan puluhan medali untuk Indonesia. Gelar-gelar yang pernah diraih oleh Susi Susanti tergolong lengkap, mulai dari Olimpiade, Piala dan Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, Piala Uber, Asian Games, SEA Games, All England, Indonesia Terbuka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hingga saat ini kesuksesan Susi Susanti di dunia bulutangkis belum bisa ditandingi oleh atlet tunggal putri Indonesia lainnya. Bahkan, prestasi istri dari Alan Budikusuma ini cukup sulit dikejar oleh pemain-pemain tunggal putri dunia sekarang.

Atas kegemilangannya dalam perbulutangkisan dunia, Susi Susanti dimasukkan ke dalam daftar Hall of Fame Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF, saat ini BWF) pada bulan Mei 2004. Selain itu, beliau juga menerima Trofi Herbert Scheele pada tahun 2002. Semoga Susi Susanti segera ada penerusnya ya.

6. Rexy dan Ricky

* sumber: www.djarumbadminton.com

Indonesia merupakan kekuatan utama di sektor ganda putra bulutangkis dunia hingga saat ini. Bisa disebut kalau sektor ini merupakan yang paling konsisten menelurkan pemain-pemain hebat dunia. Sektor ini telah berhasil mempersembahkan ratusan (mungkin ribuan?) medali untuk negara, baik Olimpiade, Juara Dunia, All England dan lain sebagainya.

Salah satu pasangan ganda putra legenda terbaik Indonesia adalah Rexy Mainaky dan Ricky Subagja. Selama karirnya mereka berhasil meraih banyak medali di berbagai kejuaraan tingkat dunia dan turnamen-turnamen elit internasional. Gelar yang paling tinggi tentu saja adalah medali emas Olimpiade Atlanta, Amerika Serikat pada tahun 1996.

Selain sukses di kategori perorangan, mereka juga berhasil membawa tim Piala Thomas Indonesia keluar sebagai juara sebanyak empat kali berturut-turut (1994 – 2000). Atas kegemilangannya tersebut, Rexy dan Ricky dinobatkan sebagai salah satu ganda putra terbaik dunia.

7. Candra Wijaya

* sumber: www.yonexusa.com

Candra Wijaya adalah pemain spesialis ganda putra Indonesia lainnya yang berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade ke tanah air. Beliau berhasil mendapatkan gelar tertingginya tersebut di Olimpiade Sydney, Australia pada tahun 2000, bersama pasangannya Tony Gunawan (kini berbendera Amerika Serikat).

Puluhan medali lainnya juga berhasil ia raih di berbagai kejuaraan dan turnamen tingkat dunia, seperti Kejuaraan Dunia, Asian Games, Kejuaraan Asia, SEA Games, All England (juara dua kali), Indonesia Terbuka (juara empat kali), dan masih banyak lagi. Selain perorangan, Candra Wijaya juga sukses di kategori beregu , utamanya tiga medali emas di Piala Thomas.

Kehebatan Candra Wijaya dalam bermain bulutangkis membuat dirinya disebut-sebut sebagai salah satu pemain ganda putra terbaik di dunia. Dirinya berhasil menguasai panggung ganda putra dunia selama lebih dari satu dekade.

8. Taufik Hidayat

* sumber: id.wikipedia.org

Taufik Hidayat adalah salah satu pemain bulutangkis tunggal putra terbaik Indonesia yang berhasil mempersembahkan puluhan medali untuk negara. Gelar tertinggi yang pernah diraih oleh Taufik Hidayat adalah juara Olimpiade Athena 2004. Saat itu dia berhasil mengalahkan wakil Korea di final dalam dua set langsung.

Taufik Hidayat bersama dengan Lin Dan, Lee Chong Wei, dan Peter Gade merupakan empat pemain yang mendominasi tunggal putra di masanya. Hingga tulisan ini dibuat, hanya Lin Dan saja yang masih aktif mengikuti berbagai turnamen internasional di seluruh dunia.

Gelar-gelar lain yang berhasil diraih oleh Taufik Hidayat adalah empat medali Kejuaraan Dunia dengan emas salah satunya, dua belas medali di kejuaraan beregu putra dunia dengan dua emas di Piala Thomas, enam medali Asian Games di kategori perorangan dan beregu. dan puluhan medali lainnya di turnamen-turnamen internasional yang lain.

Meskipun Taufik Hidayat tidak pernah mendapatkan medali emas di turnamen All England, dirinya dicatat sebagai salah satu pemain tersukses di Indonesia Terbuka dengan raihan enam medali emas.

9. Liliyana Natsir

* sumber: commons.wikimedia.org

Liliyana Natsir merupakan salah satu atlet wanita terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Pemain bulutangkis spesialis ganda campuran yang sering dipanggil Butet ini berhasil menyabet puluhan gelar hingga masa pensiunnya di tahun 2019. Bahkan dirinya disebut-sebut sebagai salah satu pemain ganda campuran terbaik yang pernah ada.

Medali emas Olimpiade Rio 2016 merupakan gelar tertinggi yang pernah diraih oleh Liliyana bersama Tontowi Ahmad. Delapan tahun sebelum Rio 2016, Liliyana juga berhasil mempersembahkan satu medali perak untuk Indonesia bersama pasangan yang berbeda, yaitu Nova Widianto.

Selain dua medali Olimpiade, Liliyana Natsir juga berhasil mendapatkan tujuh medali Kejuaraan Dunia (empat emas, satu perak, dan dua perunggu), empat medali Asian Games di kategori perorangan dan beregu, dan tujuh medali di kejuaraan beregu (Piala Sudirman dan Piala Uber).

Mantan peringkat satu dunia ini juga sukses membawa pulang puluhan medali lainnya dari berbagai kejuaraan internasional, termasuk Kejuaraan Asia, SEA Games, BWF Super Series (termasuk All England dan Indonesia Terbuka), BWF World Tour, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa legenda bulutangkis Indonesia yang perlu diketahui. Sebenarnya masih banyak lagi atlet-atlet bulutangkis hebat Indonesia lainnya yang tidak disebutkan, tapi bisa dikatakan kalau pemain-pemain di atas lebih menonjol dibanding yang lain.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar