Bacaterus / Misteri Laut / 7 Laut Paling Mengerikan di Dunia, Satu Ada di Indonesia!

7 Laut Paling Mengerikan di Dunia, Satu Ada di Indonesia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Laut merupakan bagian Bumi yang sangat luas, menutupi sekitar 70% dari luas total permukaan Bumi. Laut menyimpan banyak kekayaan alam yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu, laut juga merupakan sarana transportasi bagi penduduk dunia untuk melakukan perdagangan internasional.

Selain menjadi tempat untuk transportasi dan mencari rezeki, laut juga sering dijadikan sebagai sarana rekreasi dan olahraga oleh banyak orang, seperti berjemur, bersantai di tepi pantai, berselancar dan ski air atau sekedar bermain air. Bahkan menyelam sudah menjadi aktivitas yang digandrungi agar dapat menikmati keindahan bawah laut.

Seperti halnya keragaman keindahannya, laut juga menyimpan banyak misteri. Tak jarang hal itu menimbulkan fobia pada sebagian orang (di sebut dengan thalassofobia). Bukan hanya orang yang fobia terhadap laut laut, mungkin siapa saja akan berpikir dua kali untuk mengunjungi atau bahkan sekedar melewati beberapa laut paling mengerikan di dunia ini.

1. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda

* sumber: www.independent.co.uk

Terletak di Samudra Atlantik, kawasan Segitiga Bermuda pasti pernah tersirat dalam pikiran kamu sebagai perairan yang angker. Kawasan ini membentuk tiga titik segitiga antara Bermuda, Puerto Rico, dan Miami.

Segitiga Bermuda disebut-sebut sebagai kawasan perairan yang paling mengerikan di dunia. Misteri tentangnya telah banyak dikemukakan di berbagai dunia, terlebih lagi dengan banyaknya pesawat dan kapal laut yang tiba-tiba menghilang tanpa jejak di kawasan tersebut.

Apa yang terjadi di kawasan Segitiga Bermuda memunculkan banyak spesikulasi, mulai dari terdapat lubang hitam besar yang menghisap benda masuk kedalamnya hingga medan magnet kuat yang dapat menarik benda dan menenggelamkannya.

Bahkan ada yang mengatakan kalau kejadian itu merupakan ulah jahat makhluk ghaib juga alien. Namun satu yang pasti, banyak pesawat dan kapal laut yang hilang di sana tak bisa ditemukan termasuk bangkainya.

2. Great Blue Hole

Lubang Biru Raksasa

* sumber: medium.com

Terletak di pesisir timur Amerika Tengah, tepatnya di negara Belize, mungkin tak banyak yang tahu kalau negara ini terkenal karena panorama pantai yang indah dan eksotis. Di perairan negara itu terdapat sebuah kawasan yang terlihat indah namun juga mengerikan. Kawasan itu disebut dengan Great Blue Hole atau Lubang Biru Raksasa.

Great Blue Hole merupakan lubang bawah air yang luar biasa dalam dengan jurang yang disebabkan oleh runtuhnya stalatif dan stalakmit. Dijadikan sebagai salah satu situs selam terbaik di dunia, Great Blue Hole terlihat indah dari atas karena membentuk lubang biru ditegah-tengah lautan, namun sekaligus mengerikan.

Ini dikarenakan Great Blue Hole menjadi tempat yang berbahaya jika terjadi pusaran air. Ombak laut bisa mengubah lubang ini menjadi pusaran besar yang dapat menarik segala sesuatu dari permukaan dan menelannya. Tempat ini juga dikenal menjadi habitat hiu karang, hiu ujung hitam, dan kerapu raksasa.

3. Palung Mariana

Palung Mariana

* sumber: www.npr.org

Palung ini terletak di barat laut Samudra Pasifik dan diketahui sebagai palung terdalam di dunia. Para ilmuwan seringkali membandingkan palung ini dengan ketinggian Puncak Everest yang dibuat terbalik ke dasar laut.

Kapal Angkatan Laut Britania Challenger ll pertama kali meneliti tempat tersebut di tahun 1951 dan menamai titik terdalam dengan sebutan Challenger Deep. Palung ini terbentuk dari aktivitas vulkanik gunung berapi di dasar Samudra Pasifik.

Karena sangat dalam, palung ini disebutkan memiliki tekanan yang menyeramkan. Pada kedalaman 11 km tekanan tertingginya disebutkan mencapai delapan ton per inci persegi.

Selain itu, suhu dalam palung bisa mencapai 1 – 4 derajat Celsius karenakan palung ini tidak tertembus cahaya matahari. Terdapat zona misterius dalam Palung Mariana yang disebut zona mati. Zona itu yakni kedalaman lebih dari 6 km. Kabarnya, siapapun yang berenang melewati zona ini tanpa bantuan alat pasti akan meninggal.

4. Segitiga Alaska

Segitiga Alaska

* sumber: www.toptenz.net

Segitiga Alaska adalah kawasan lainnya yang juga mengerikan. Pada tahun 1972, kapal kecil pribadi yang membawa Hale Boggs Leader dari U.S. House Majority dikabarkan hilang di kawasan perairan tersebut.

Meskipun telah dilakukan pencarian selama lebih dari sebulan dengan mengerahkan 50 pesawat sipil dan 40 pesawat militer, tak satupun menemukan jejak hingga rasio pecarian sejauh 32.000 mil.

Sejak tahun 1988, lebih dari 16.000 jiwa termasuk penumpang pesawat, pejalan kaki, penduduk setempat juga turis dilaporkan telah menghilang di Segitiga Alaska.

Menhilangnya korban tentu saja masih menjadi misteri, namun beberapa ahli mengatakan bahwa medan magnet yang terlalu kuat di kawasan inilah yang mengakibatkan hal ini.

5. Segitiga Masalembo

Segitiga Masalembo

* sumber: kaltim.tribunnews.com

Segitiga Masalembo membentuk kawasan perairan segitiga di antara pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Disebut sebagai Segitga Bermuda-nya Indonesia, kawasan ini dikabarkan telah memakan banyak korban jiwa.

Beberapa kapal laut pernah dilaporkan menghilang secara misterius di kawasan tersebut, seperti Kapal Laut Senopati Nusantara, KM Sumber Awal, serta KM Teratai Prima. Kemudian hilangnya pesawat Adam Air juga cukup menggemparkan masyarakat pada tahun 2007.

Perairan di kawasan Segitiga Masalembo dikatakan memiliki arus yang kuat dan terbilang aneh. Di sana disebutkan sering muncul badai yang bisa menenggelamkan kapal laut dan membuat pesawat terjun bebas.

Namun, penduduk sekitar percaya kalau di sana terdapat kerajaan laut ghaib yang dihuni jin dan siluman mengerikan yang menenggelamkan apa saja yang melewati kawasan tersebut.

6. Selat Drake

Selat Drake

* sumber: www.gadventures.com

Selat Drake atau Drake Passage sering dianggap sebagai pemakaman kapal. Bukan tanpa sebab, kabarnya kapal-kapal sering terbalik di sini. Lokasinya sangat menarik, terlebih bagi yang berpergian ke Antartika. Kawasan ini membentang dari Cape Horn di ujung selatan Amerika Selatan ke Kepulauan Shetland di selatan Antartika.

Selat ini berfungsi sebagai rute terpendek ke benua es tersebut. Namun Selat Drake terkenal berombak dan bergelombang tinggi. Perairan yang ekstrem dengan banyaknya gunung es, kecepatan angin dapat mencapai 80 mil per jam, serta jarak pandang yang buruk menjadikan jalur pelayaran sulit ditempuh.

Meski dikenal sebagai kuburan kapal mulai zaman invansi Portugis sampai ketika penemuan Terusan Panama, tetap saja banyak penjelajah pemberani yang menjadikan Selat Drake sebagai tempat yang ingin mereka kunjungi. Dikatakan perjalanan dengan kapal modern lebih dari mampu untuk melawan ombak ganas Selat Drake.

7. Segitiga Naga

Segitiga Naga

* sumber: www.marineinsight.com

Di kawasan Samudra Pasifik terdapat Segitiga Naga, tepatnya di antara pulau Miyake dan Iwojima, Jepang dan hanya berjarak 100 km dari Tokyo. Nama Segitiga Naga diambil karena menurut legenda Jepang, di perairan tersebut hidup beberapa ekor naga. Kawasan ini disebut juga dengan nama The Devil’s Sea atau Laut Iblis oleh masyarakat Jepang.

Menurut legenda, naga tersebut protektif terhadap wilayahnya dan akan menelan apapun yang ada jika merasa terganggu. Mirip Segitiga Bermuda di Atlantik, kawasan ini telah melenyapkan sembilan kapal besar antara tahun 1950-1954, ditambah kapal ekspedisi Kawamaru yang dikirim untuk penyelidikan di tahun 1955.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai beberapa laut paling mengerikan di dunia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu mengenai dunia lautan yang sangat luas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *