bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Laopan

"Laopan" berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti "bos" atau "pemimpin". Kata ini digunakan untuk merujuk kepada seseorang yang memiliki otoritas atau memegang kendali dalam suatu situasi atau organisasi.

Di Indonesia, penggunaan kata "laopan" dalam bahasa gaul mengadopsi arti ini namun dengan nuansa yang lebih santai dan akrab.

Asal Muasal Istilah Laopan

Istilah "laopan" mulai populer di kalangan anak muda Indonesia berkat pengaruh dari budaya Tionghoa, terutama melalui film, drama, dan musik. Seiring dengan meningkatnya akses terhadap media dari Tiongkok, banyak kata-kata dan istilah yang diadopsi ke dalam bahasa sehari-hari.

Selain itu, restoran dan bisnis Tionghoa yang tersebar di Indonesia juga berperan dalam memperkenalkan istilah ini. Pegawai seringkali memanggil pemilik atau manajer mereka dengan sebutan "laopan", yang kemudian didengar dan diadopsi oleh masyarakat luas.

Di kalangan anak muda, "laopan" tidak hanya merujuk pada pemilik usaha atau bos dalam konteks bisnis. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berpengaruh, berkuasa, atau memiliki keahlian tertentu.

Misalnya, dalam sebuah grup pertemanan, seseorang yang selalu mengatur acara atau memiliki banyak ide kreatif mungkin akan dipanggil "laopan".

Contoh Penggunaan Istilah Laopan

Berikut beberapa contoh penggunaan "laopan" dalam percakapan sehari-hari:

Contoh 1:

A: "Eh, nanti kita pulang bareng yuk!"

B: "Oke, kita tanya dulu sama laopan kelas kita ya, biar diatur sama dia."

Contoh 2:

A: "Gimana proyek kemarin?"

B: "Sudah beres, tinggal tunggu persetujuan dari laopan."

cross