Bacaterus / Kesehatan / 5 Langkah yang Tepat untuk Masa Pemulihan Pasca Keguguran

5 Langkah yang Tepat untuk Masa Pemulihan Pasca Keguguran

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 November 2018

Seorang anak adalah suatu anugerah yang dinanti untuk semua orang tua. Namun, tidak semua orang beruntung dan ditakdirkan memiliki momongan dalam waktu dekat setelah mereka menikah. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Meski demikian, kehamilan dan segala perniknya memang tidak pernah habis dibicarakan.

Salah satu masalah kehamilan yang sering dibicarakan adalah miscarriage, abortus atau keguguran. Pernahkah Anda, salah satu kerabat, atau rekan Anda mengalami keguguran? Jika pernah, tentunya Anda sempat mengalami kebingungan karena tidak mengetahui tindakan yang perlu dilakukan.

Keguguran seringkali terjadi pada saat minggu pertama kehamilan dan diakibatkan oleh kondisi tubuh atau aktivitas selama kehamilan. Kondisi tubuh dan mental yang tidak siap atau asupan makanan yang tidak sehat dipastikan berpengaruh terhadap kondisi kehamilan. Hal lain yang jelas memengaruhi kehamilan adalah aktivitas seperti bekerja dan rutinitas lainnya.

Akan tetapi, sewaspada apapun Anda, hal buruk ini bisa saja terjadi. Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila Anda tidak panik dalam menangani kondisi ini. Jika Anda mengalami atau mengetahui seseorang yang mengalami keguguran, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

5 Langkah Pemulihan Pasca Keguguran

1. Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi

* sumber: www.fitnessblender.com

Pada saat masa kehamilan, asupan gizi diberikan baik untuk sang ibu dan janin sehingga kondisi keduanya sehat. Namun pada saat seorang ibu mengalami keguguran, salah satu cara untuk menjaga staminanya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan serat.

Dengan terjadinya pendarahan akibat keguguran, tentunya tubuh membutuhkan asupan mineral, seperti zat besi, dan vitamin yang cukup. Olahan makanan yang dapat dikonsumsi adalah sup, jus, smoothies, makanan kaya protein seperti daging, telur dan susu, dan buah-buahan. Pilihan sup yang dapat dikonsumsi adalah sup ayam atau sup ikan karena mudah dicerna oleh tubuh.

Lemak sehat tentunya tetap dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, pilihan terbaik untuk memperolehnya adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun,  baik secara diminum langsung atau dipakai dalam pengolahan makanan.

Sebaiknya hindari makanan cepat saji dan makanan kaleng karena kedua jenis makanan ini seringkali memiliki bahan pengawet. Jika Anda sedikit kerepotan untuk menyiapkan semua makanan dan minuman sehat, sudah saatnya keluarga dan orang terdekat Anda membantu. Masakanan yang dibuat dengan perhatian tentunya membuat Anda lebih baik.

2. Perawatan dengan Herbal

* sumber: draxe.com

Herbal atau seringkali orang menyebutnya jamu bisa juga dilakukan sebagai salah satu langkah pemulihan. Herbal sederhana yang bisa diperoleh untuk pemulihan adalah kunyit, jahe, daun sirih, bawang putih dan madu. Bahkan, meminum air putih sekurangnya 8 gelas dan infuse water berisi lemon dan jahe sangat membantu.

Beberapa cara pengolahan herbal yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkannya ke dalam sajian makanan, direbus, dan dioles pada tubuh Anda. Efeknya sama-sama untuk merelaksasi tubuh sehingga Anda menjadi lebih tenang. Berikut adalah salah satu ramuan yang dapat Anda atau pasangan buat dengan mudah:

  • ½ ruas kunyit (putih/kuning).
  • 5 lembar daun sirih muda.
  • 4 gelas air putih.
  • 2 sdm madu asli.

Semua bahan direbus sampai air rebusan menjadi sebanyak 1 gelas, dan baru ditambahkan madu saat akan disajikan. Sebaiknya disaring terlebih dahulu dan ditiriskan beberapa saat. Anda dapat meminumnya menjelang tidur sehingga kram perut yang masih terasa dapat diredakan. Ramuan ini disarankan untuk diminum selama 2 minggu atau sampai kram perut berkurang/tidak terasa.

Jika Anda tidak ingin repot, terdapat banyak teh herbal dengan kandungan beragam yang berfungsi memberikan relaksasi dan memperbaiki kondisi tubuh.

3. Istirahat

Istirahat

* sumber: alhaqeeqa.org

Hal yang seringkali dilupakan atau dianggap sepele adalah bahwa keguguran pun adalah lahirnya seorang bayi. Artinya, Anda memang harus beristirahat cukup terlebih jika Anda kehilangan banyak darah pada saat mengalami keguguran. Selain demi pulihnya kekuatan tubuh Anda, istirahat juga mampu menenangkan perasaan.

Pada saat beristirahat, sebaiknya pasangan dan keluarga terdekat selalu menemani Anda. Hal ini karena secara emosi, seorang wanita yang mengalami keguguran membutuhkan perhatian lebih serta orang yang menghiburnya. Aktivitas apapun dapat dilakukan untuk membantu Anda merasa lebih baik selama tubuh tidak merasa kelelahan.

4. Relaksasi

Salah satu cara untuk memeroleh istirahat yang maksimal adalah dengan melakukan pijat atau natal.

  • Pijatan

* sumber: www.arohalove.co.nz

Pijatan sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan secara mandiri. Tetapi Anda akan lebih merasakan manfaatnya ketika dipijat oleh ahli pijat khusus. Hal ini penting karena terdapat beberapa bagian tubuh yang harus dihindari atau diharuskan mendapat pijatan ringan.

Jika Anda memilih untuk melakukan pijatan mandiri, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga medis atau dokter kandungan. Kondisi setiap orang sangat berbeda sehingga membutuhkan perhatian yang berbeda pula, itu sebabnya peranan tenaga medis sangat diperlukan.

Seringkali ketika dipijat, Anda akan merasa kantuk luar biasa. Tentunya rasa kantuk ini disebabkan oleh sirkulasi pembuluh darah berfungsi dengan baik. Tubuh Anda pun akan terasa lebih hangat, otot akan lebih rileks dan stress pada diri Anda berangsur hilang.

  • Meditasi
Istirahat

* sumber: alhaqeeqa.org

Meditasi dapat dilakukan dengan berbagai cara dan sebenarnya oleh siapapun. Tujuan dari meditasi sendiri adalah merelaksasi baik tubuh, jiwa, dan pikiran sehingga lebih tenang. Meditasi sederhana dapat dilakukan dengan memperhatikan dan mengatur pola pernafasan.

Bagi Anda yang memilih bermeditasi dengan beribadah pun adalah sebuah pilihan. Tentunya ini membuat diri dan jiwa Anda merasa lebih tenang. Rasa berserah diri dan berdamai terhadap diri sendiri pada akhirnya akan menyembuhkan perasaan bersalah dan kecewa dalam Anda.

5. Olahraga Ringan

Olahraga Ringan

* sumber: www.yogajournal.com

Beberapa dari perempuan yang mengalami keguguran cenderung pulih dengan cepat sehingga dapat segera beraktivitas seperti biasa. Namun, bagi Anda yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, akan lebih baik jika tergesa untuk beraktivitas.

Selama beristirahat tentunya tubuh terasa sedikit kaku atau justru lemas, dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berolahraga. Anda dapat memilih jalan kaki dan yoga sebagai cara mengembalikan kondisi tubuh. Meski ringan, kedua jenis olahraga ini sebaiknya dilakukan setelah 3-6 minggu sejak Anda keguguran.

Bagi Anda yang memilih jalan kaki sebagai olahraga ringan, mengajak pasangan atau keluarga dekat untuk menemani akan terasa menyenangkan. Sebagai awalan, disarankan untuk tidak memilih medan yang sulit dan terlalu panjang. Adapun lama durasi sebaiknya tidak lebih dari 30 menit, karena kondisi tubuh Anda masih dalam pemulihan.

Sementara itu bagi Anda yang memilih yoga, sebaiknya ditemani oleh instruktur yoga terpercaya sehingga Anda mengetahui sikap mana saja yang diperbolehkan. Jika Anda telah terbiasa melakukan yoga seorang diri, sebaiknya menghindari beberapa sikap yang terlalu berpusat pada bagian perut.

Itulah 5 langkah pemulihan pasca keguguran. Anda bisa melakukan kelimanya secara berurutan, atau jika Anda ragu bisa konsultasikan ke dokter kandungan Anda. Selain langkah pemulihan pasca keguguran, Anda juga harus waspada tentang pre-Eklampsia. Ingin tahu selengkapnya? Silakan kunjungi artikel Pre-Eklampsia pada Kehamilan ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A nefelibata coffee addict who loves smelling coffee, books and cuddling.

Leave A Comment