Bacaterus / Kuliner / Kuliner Surabaya / 9 Lalapan Enak di Surabaya yang Bikin Kenyang & Nagih Banget

9 Lalapan Enak di Surabaya yang Bikin Kenyang & Nagih Banget

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Sebagai orang Indonesia kita sudah terbiasa memakan lalapan dari sayur-sayuran mentah. Boleh dibilang bahwa lalapan adalah “salad”-nya orang Indonesia. Lalapan dari kol, daun kemangi, ketimun, dan kacang panjang paling enak jika dimakan dengan sambal dan lauk. Apalagi jika ada sepiring nasi putih hangat, pasti makan jadi semakin lahap.

Di Surabaya ada sejumlah tempat makan yang menyajikan lauk enak yang lengkap dengan lalapannya. Lauk tersebut bisa berupa ayam, bebek, ikan, dan daging, lho. Daripada penasaran lebih baik ikut Bacaterus hunting lalapan enak di Surabaya, yuk!

9 Lalapan Enak di Surabaya

1. Penyetan Bang Ali

Penyetan Bang Ali Lalapan Enak di Surabaya

* sumber: 2pos.asia

Meskipun hanya warung kaki lima di pinggir jalan, tempat makan lalapan enak di Surabaya yang satu ini tamunya berasal dari berbagai kalangan, lho. Jangan heran jika Anda melihat parkiran mobil-mobil mewah di depan warung Penyetan Bang Ali ini.

Penyetan Bang Ali menyediakan lauk yang cukup komplit, mulai dari ayam goreng, sate usus, babat goreng, ikan pari, ikan mujaer, telur dadar, dan tahu-tempe goreng. Lauk tersebut disajikan di cobek dengan sambal dan lalapan yang lengkap. Lalapan di sini ada ketimun, kacang panjang, kol, dan daun kemangi. Kalau suka terong, Anda bisa memesan tambahan terong goreng juga.

Penyetan Bang Ali berlokasi di Jalan Raya Kupang Indah (pojok dekat lampu merah) dan Jalan Simpang Darmo Permai Utara No. 22, Surabaya.

2. Depot Ai Doho

Depot Ai Doho

Berada dekat dengan Universitas Widya Mandala Surabaya, Depot Ai Doho yang berlokasi di rumah pemiliknya ini nampak selalu ramai dikunjungi mahasiswa, terutama di jam makan siang. Makanan yang disajikan di sini sederhana, ada kekian (sejenis bakwan ayam dan udang), empal, ayam penyet, ikan bandeng, dan kornet telur. Yang membuat istimewa adalah sambal dan lalapannya.

Sambal yang disajikan di Depot Ai Doho adalah sambal tomat. Sambal yang sangat pedas rasanya benar-benar maknyus. Sementara lalapannya hanya tersedia kol dan ketimun, tapi lalapan ini jadi sangat enak berkat cocolan sambalnya yang super pedas. Lokasi Depot Ai Doho berada di Jalan Doho No. 9, Keputran, Surabaya.

3. Sego Sambel Mbak Noer

Sego Sambel Mbak Noer

* sumber: www.titofebrian.com

Di antara banyaknya tempat makan lalapan enak di Surabaya, nampaknya Sego Sambel Mbak Noer ini yang menyediakan lalapan super lengkap. Depot yang selalu ramai pengunjung ini menawarkan lalapan kangkung rebus, terong rebus, kol, daun kemangi, dan ketimun.

Aneka lalapan super lengkap ini disajikan dengan beragam lauk yang bikin kita meneteskan air liur, seperti ikan pari panggang, ayam goreng, ikan mujaer goreng, ikan asin, dan ikan lele. Yang membuat lalapan dan lauknya terasa lebih sedap adalah sambalnya yang cukup pedas dan gurih. Alamat Sego Sambel Mbak Noer ada di Jalan Jagir Wonokromo No. 120, Surabaya.

4. Depot Gito

Depot Gito

* sumber: www.diarysivika.com

Setelah jalan-jalan di Tunjungan Plaza, mampir dulu ke salah satu jajaran warung di Jalan Kedung Doro, namanya Depot Gito. Warung kaki lima yang sederhana ini menyediakan lalapan yang lengkap dengan sambal yang nagih banget. Selain lalapan umum seperti kol, daun kemangi, dan ketimun, Depot Gito juga menyediakan terong dan pete goreng.

Sementara untuk lauknya juga terbilang sederhana, mulai dari ayam goreng, bebek goreng, ikan asin, pecel lele, dan tahu-tempe goreng. Sambal di Depot Gito ini rasanya benar-benar lezat. Lalapan yang disajikan akan terasa nikmat jika langsung dicocol ke dalam sambalnya. Depot Gito dapat dikunjungi di Jalan Kedung Doro No. 157, Sawahan, Surabaya.

5. Warung Bu Kris

Warung Bu Kris

* sumber: www.garnesia.com

Meskipun namanya adalah Warung Bu Kris, lapapan enak di Surabaya yang satu ini tempatnya berupa depot yang nyaman karena ber-AC. Warung Bu Kris memiliki beberapa cabang di Surabaya. Tempat makan ini sangat terkenal dengan beragam lauk dan sambalnya yang super enak.

Dalam menyajikan lauk, Warung Bu Kris selalu memberikan lalapan berupa kol, ketimun, dan daun kemangi. Di sini kita juga bisa memesan terong goreng bagi Anda yang gemar menyantap lalapan terong. Harga makanan di sini cukup terjangkau dan rasanya benar-benar luar biasa enak. Pusat Warung Bu Kris berada di Jalan KH Abdul Wahab Siamin Blok RO No. 1, Villa Bukit Mas, Surabaya.

6. Spesial Belut Surabaya H. Poer

Spesial Belut Surabaya H. Poer

* sumber: beo-philosophy.blogspot.com

Berburu lalapan enak di Surabaya memang tidak akan ada habisnya. Ada banyak tempat makan yang menyediakan lalapan dengan lauk yang berbeda-beda. Kalau Anda bosan makan ayam dan tempe, mungkin belut goreng dan lalapan di Spesial Belut Surabaya H. Poer bisa menjadi pilihan.

Belut yang digoreng bisa dipilih tingkat penggorengannya, ada yang basah, setengah basah, atau kering. Kemudian, belut dicampur dengan sambal dan ditaburi dengan bawang putih goreng. Selanjutnya, belut goreng ini disajikan dengan lalapan ketimun, kacang panjang, daun kemangi, dan juga kol. Spesial Belut Surabaya H. Poer memiliki beberapa cabang, salah satu yang paling ramai ada di Jalan Banyu Urip No. 139, Sawahan, Surabaya.

7. Padin Bu Dewi Achmad

Padin Bu Dewi Achmad

Ada yang mengatakan bahwa makanan di Padin Bu Dewi Achmad ini jauh lebih mahal dibanding warung sejenis lainnya. Akan tetapi, jumlah pengunjung Padin Bu Dewi Achmad ini terus bertambah. Bahkan, beberapa artis ibu kota pasti mampir makan di sini jika ada show di Surabaya.

Pilihan lauk yang disajikan di Padin Bu Dewi Achmad terbilang lengkap, yang paling penting lalapannya juga sangat lengkap, mulai dari ketimun, kol, daun kemangi, kangkung, terong, dan pete. Mengenai sambalnya, rasa sambal di sini benar-benar pedas mantap. Padin Bu Dewi Achmad bertempat di Jalan Kranggan No. 26, Surabaya.

8. Warung Leko

Warung Leko

* sumber: listkulinerindonesia.blogspot.com

Siapa yang bisa menolak kelezatan iga sapi penyet yang dicampur dengan sambal pedas dan lalapan segar? Tempat makan iga penyet paling enak di Surabaya adalah Warung Leko. Kelezatan iga sapi penyet di tempat ini memang sudah terkenal ke mana-mana.

Warung Leko menyediakan lalapan kol, daun kemangi, dan ketimun. Lalapan ini terasa segar dan renyah ketika dimakan bersama daging iga sapi dan cocolan sambalnya yang sangat pedas. Selain iga sapi penyet, Warung Leko juga menyediakan lauk empal, ayam goreng, dan buntut. Lokasi Warung Leko ada di Ruko Surya Inti Permata (Jalan Mayjen HR Muhammad) dan Jalan Manyar Kertoarjo V No. 9, Surabaya.

9. Pecel Lele Cak Di Nganjuk

Pecel Lele Cak Di Nganjuk

Ikan lele memang paling enak jika digoreng dan dimakan dengan sambal. Namun, sambal saja terkadang terasa kurang bila tiada lalapan segar yang menemani. Pecel Lele Cak Di  Nganjuk ini adalah warung makan yang menyediakan ikan lele gurih, sambal yang pedas, dan lalapan segar.

Warung kaki lima ini menjual makanan dengan harga yang murah meriah dan tidak bikin kantong bolong. Mengingat rasanya enak dan harganya murah, tak heran jika pengunjung warung ini sangat banyak setiap harinya. Pecel Lele Cak Di Nganjuk berlokasi di Jalan Mayjend. Prof. Dr. Mustopo, Gubeng, Surabaya.

9 lalapan enak di Surabaya ini sangat wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota pahlawan. Anda juga bisa mencicipi lalapan di Kota Malang di tempat-tempat yang kami rekomendasikan di artikel lalapan enak di Malang.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment