Bacaterus / Tidur / 10 Rekomendasi Playlist Lagu yang Enak Didengar Sebelum Tidur

10 Rekomendasi Playlist Lagu yang Enak Didengar Sebelum Tidur

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidur merupakan cara terbaik bagi tubuh untuk memulihkan kembali energi yang telah digunakan sepanjang hari. Maka dari itu, kamu perlu tidur yang cukup dan berkualitas sehingga tubuh dapat digunakan lebih maksimal keesokan harinya. Bagaimana tidur kamu tadi malam? Apakah cukup dan berkualitas? Atau malah sering kesulitan tidur?

Jika jawabannya adalah yang terakhir, berarti kamu membutuhkan pengantar tidur. Pengantar tidur bisa berupa apa saja, salah satu yang bisa dipilih adalah musik atau lagu. Ya, lagu memang dapat menjadi “nina bobo” paling ampuh bagi siapa pun, termasuk kamu.

Seorang penulis The Sleep Diet: A Novel Approach to Insomnia, Jose Colon, M.D, yang dikutip dari huffingtonpost, mendengarkan musik—dalam hal ini lagu—yang menenangkan dengan melodi lambat dapat memiliki efek biologis pada tubuh manusia, beberapa di antaranya bisa memperlambat detak jantung dan nafas seseorang.

Apa yang dikatakan Colon diperkuat dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension. Dalam penelitian itu disebutkan, ketika denyut jantung lambat, pikiran pun akan mengikuti, kemudian memberikan relaksasi terhadap tubuh yang mengantarkan seseorang terlelap.

Lagu dengan nada dan melodi lambat, yang dapat mengantar tidur, begitu banyak bertebaran di dunia ini. Kamu pun dapat menemukannya dengan mudah di internet melalui aplikasi-aplikasi musik yang terpasang pada gawai. Bacaterus punya 10 daftar lagu pengantar tidur yang bisa kamu nikmatin. Yuk, simak dan dengarkan lagu-lagu di bawah ini.

10 Lagu yang Enak Didengar Sebelum Tidur

1. Thinking Out Loud – Ed Sheeran

Lagu-lagu penyanyi asal Inggris ini sulit untuk tidak dijadikan teman tidur. Selain lirik-lirik romantisnya yang menyentuh hati, lantunan gitarnya menghasilkan melodi yang begitu menenangkan. Apalagi ditambah dentuman halus elektrik drum-nya, kamu dijamin pasti dibuatnya melayang ke alam mimpi.

2. The Story – Norah Jones

Suara Norah Jones akan membawa kamu terlelap dengan cepat dengan lagu The Story. Melodi khas musik jazz miliknya menciptakan rasa tenang di malam hari. Ketika berada di atas tempat tidur, kamu hanya perlu memejamkan mata dan langsung pulas.

3. Holocene – Bon Iver

Holocene – Bon Iver

Bon Iver terkenal dengan lagu-lagu syahdunya yang menenangkan. Mengusung genre musik folks, Bon Iver merupakan salah satu band yang harus kamu masukan dalam daftar musik pengantar tidur. Salah satu lagu yang bisa dipilih adalah Holocene.

Lagu ini dijamin memberi ketenangan di malam hari. Ketika mendengar lagu ini, kamu seakan tengah berada di hamparan padang rumput luas dengan pemandangan menakjubkan. Tentu saja, suasana tenangnya membuat kamu cepat tertidur. Yuk, mari dengarkan lagunya bersama-sama melalui Youtube di link ini.

4. Paris in the Rain – Lauv

Ari Staprans Leff atau lebih dikenal dengan nama panggung Lauv, punya daya tarik untuk mengajak kamu segera tertidur melalui lagu Paris in the Rain. Bagaimana tidak, suaranya begitu lembut dengan musik pop kekinian.

5. Slow Dancing in a Burning Room – John Mayer

Kamu bisa memilih musik blues sebagai ‘nina bobo’ agar tidur lebih cepat dan berkualitas. Salah satu yang dapat dimasukan ke dalam playlist adalah John Mayer. Penyanyi asal Amerika Serikat ini memiliki deretan lagu blues yang enak didengar. Jika harus memilih satu, cobalah kamu memulai dengan lagu Slow Dancing in a Burning Room.

Lagu ini memberikan magis kepada setiap pendengarnya melalui nada gitar ala blues. Kamu akan diantarkan ke alam mimpi dengan nyaman.

6. Close to You – Carpenters

Close to you dari Carpenters rasanya harus menjadi salah satu pengantar tidur kamu. Lagu ini sangat mudah didengar dan memberi rasa tenang. Makanya, kamu pasti akan cepat tertidur setelah mendengarkannya.

7. Sampai Jadi Debu – Banda Neira

Dentingan piano lagu ini bakalan membuat semua orang merasa tenang. Apalagi ditambah suara merdu sang vokalis, kamu pasti merasakan lagu ini merasuki tubuhmu. Tak hanya itu, lirik-liriknya yang romantis juga akan mengantarkan kamu cepat tidur.

8. Ada di Sana – Danilla

Ada di Sana merupakan salah satu lagu dari Danilla yang cocok dipilih untuk mengatarkan kamu tertidur. Liriknya begitu romantis, hal ini mampu membuat kamu tersenyum-senyum sendiri. Kemudian, lantunan musiknya yang sangat santai akan menjadikan tubuh kamu lebih rileks.

9. Monokrom – Tulus

Sebelum tidur, kamu terkadang mengenang kejadian-kejadian yang telah lalu, bukan? Kejadian yang menyenangkan bisa membuat kamu lebih baik, apalagi diiringi tembang yang pas, tidurmu jauh akan lebih berkualitas. Salah satu yang wajib didengarkan adalah Monokrom dari Tulus.

Vokal khas Tulus yang berpadu dengan musik santai, akan membuat kamu tenang. Lirik-liriknya juga mengantarkan kamu kembali pada kenangan-kenangan bahagia di masa lalu.

10. Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan – Payung Teduh

Daftar lagu pengantar tidur rasanya belum lengkap jika kamu tidak memasukkan Payung Teduh ke dalamnya, khusunya Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan. Lagu ini sangat cocok didengarkan di malam hari, apalagi menjelang tidur.

Kamu akan dibuat terlena dengan lirik dan musik folks khas band indie ini. Setelah mendengarkannya, kamu pasti dengan sangat mudah terlelap dan bermimpi indah.

Itulah ke-10 daftar lagu yang cocok sebagai pengantar tidur. Apakah kamu pernah mendengarkan salah satu lagu dari mereka? Atau jangan-jangan semuanya telah masuk dalam playlist tidur kamu? Bagi yang belum, sebaiknya kamu segera masukkan daftar lagu yang telah Bacaterus rangkum agar tidurnya lebih nyenyak.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Lagi bosen sama playlist. Baca ini langsung coba denger. Dan ya lumayan. Bikin adem mau tidur. Arigatoo 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *