bacaterus web banner retina
Bacaterus / Hiburan / 5 Lagu yang Dianggap Dapat Memanggil Setan yang Seram

5 Lagu yang Dianggap Dapat Memanggil Setan yang Seram

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 22 Maret 2021

Percayakah kamu akan ritual pemanggil setan? Jika iya, mungkin kamu juga akan percaya kalau ada lagu-lagu yang dianggap dapat memanggil setan. Ya, ternyata ada beberapa lagu yang dinilai memiliki nilai mistis yang kuat bahkan sampai bisa dipakai untuk memanggil makhluk astral.

Baik itu lagu yang turun temurun dinyanyikan oleh masyarakat maupun lagu yang dirilis oleh band, grup musik, atau penyanyi. Orang-orang Indonesia memang masih banyak yang percaya dan takut (atau malah excited) ketika mendengar cerita atau menonton film tentang setan.

Tak ayal, sejak zaman dulu leluhur kita sering menggunakan 'ketakutan' sebagai cara mendidik keturunanya. "Jangan keluar sehabis maghrib, nanti diculik kolong wewe (nama salah satu setan yang terkenal di Indonesia)".

Padahal mungkin maksudnya ya jangan main di luar rumah pada malam hari, karena zaman dulu belum ada lampu, gelap, di sekitar mungkin masih berupa hutan belantara, jadinya berbahaya. Tapi, orang memang lebih mudah menurut jika dalam keadaan takut, bukan?

Itulah yang membuat kita percaya pada kata-kata pantangan hingga lagu yang dilarang dinyanyikan, karena dipercaya bisa mengundang makhluk halus di sekitar kita.

Lalu, lagu apa sajakah yang musik atau liriknya begitu menyeramkan, atau merupakan bagian dari urband legend sehingga dianggap dapat memanggil setan? Bacaterus telah mengumpulkan 5 lagunya di sini.

1. Lingsir Wengi

Pasti kamu langsung terbayang bagaimana dendang merdu Lingsir Wengi saat membaca judulnya. Karena, lagu ini sudah berulang kali digunakan dalam banyak film horor. Banyak sekali film horor Indonesia yang menggunakan lagu Lingsir Wengi sebagai lagu pengantar ketika ingin bermediasi dengan makhluk halus, atau ketika ada scene yang menyeramkan.

Padahal, setelah menonton salah satu video Raditya Dika di YouTube yang ada bintang tamu Soimah-nya, sebagai orang Jawa dan penyanyi keroncong, lagu Lingsir Wengi sebenarnya merupakan lagu romantis. Tapi, berkat terdoktrin film-film horor tersebut, kita jadi selalu terbayang kalau Lingsir Wengi itu lagu pemanggil setan, terutama kuntilanak.

Sebenarnya penyanyi lagu ini ada banyak, tapi yang paling dikenal mungkin memang almarhum Didi Kempot. Eits, tapi bukan beliau pencipta lagunya, melainkan Pak Sukap Jiman. Sayangnya, seperti yang dilansir oleh Kumparan, beliau tidak mendapatkan rekognisi maupun kemahsyuran.

Padahal, lagu ini sangat meledak dan masih sering digunakan sampai sekarang. Kamu bisa membaca ceritanya lebih lengkap di sana, sangat menyayat hati.

2. Weird Genius - Lathi (ft. Sara Fajira)

Pernah viral karena dijadikan makeup challenge berbau 'horor', lagu berjudul Lathi yang dibawakan Weird Genius feat. Sara Fajira bahkan sempat menuai kecaman, loh. Sampai diharamkan juga, malah! Karena, katanya lagu ini 'bisa memanggil setan'.

Jelas banget dari video musik dan liriknya, kalau lagu ini menceritakan tentang seseorang yang akhirnya terbebas dari hubungan yang tak sehat. Memang, challenge make up yang ramai diikuti orang-orang itu berdandan 'jadi setan' sambil menari tradisional, jadi lagu ini identik dengan yang horor-horor.

Terus, ya ada juga lirik dalam bahasa Jawa. Bagi yang tidak mengerti bahasa daerah tersebut bisa saja langsung berpikiran "Wah, itu mantra pemanggil setan". Padahal, kalau tahu artinya, ya bukan tentang horor, kok.

Jadi, lagu Lathi sama sekali bukan iringan untuk memanggil hantu, ya. Lagu ini pun tidak menyeramkan sama sekali. Anyway, lagu ini memenangkan penghargaan AMI Award untuk Tim Produksi Suara Terbaik, dll.

3. Las Ketchup - The Ketchup Song (Aserejé)

Generasi 1990-an ke bawah pasti tahu lagu ini. Pasti, tidak mungkin kalau tidak tahu, soalnya lagu ini nge-hits banget di seluruh dunia. Waktu itu saya masih SD dan saya masih ingat betul bagaimana rumor ini beredar begitu cepat, bahwa lagu ini katanya bisa memanggil setan.

Akhirnya saya baru tahu, kalau lagu ini bukan berjudul Aserehe, melainkan "The Ketchup Song" (atau dikenal juga sebagai Aserejé, karena 'j' dibaca 'h' dalam bahasa Spanyol) dan dibawakan oleh Las Ketchup, grup trio berisi cewek-cewek cantik. Lagu ini dirilis pada 10 Juni 2002 silam.

Menyusul kepopuleran Aserejé, tidak sedikit entitas religius yang menyatakan bahwa lagu ini merupakan himne pemanggil penguasa kegelapan. Lagu ini dibuat juga dalam dua versi lainnya, yaitu dalam bahasa Spanglish (Spanyol-Inggris) dan Portugis.

Tapi, tetap saja yang namanya bahasa yang tidak dimengerti secara luas, akan menimbulkan pertanyaan "Apakah artinya dan apakah ada kandungan satanic-nya?"

Beberapa orang mengatakan jika kata Aserejé dapat berarti "makhluk sesat". "A" berarti "satu", dan "erejé" berarti "sesat". Menurut saya, kasusnya sama saja seperti orang Indonesia yang menganggap Lingsir Wengi seram karena tidak semua orang mengerti bahasa Jawa.

4. Boneka Abdi

Kamu pernah menonton film atau membaca novel "Danur" karya Risa Saraswati? Atau kamu mungkin penonton setia YouTube channel Jurnal Risa? Kalau begitu kamu pasti tahu, dong, lagu pemanggil 'teman-teman' Risa?

Ya, itu adalah lagu Sunda berjudul "Boneka Abdi". Setiap kali Risa ingin bertemu dengan lima hantu temannya, yaitu Peter, Hans, Hendrick, William, dan Jansen, maka Risa akan menyanyikan lagu tersebut.

Makanya, sekarang lagu ini bertransformasi menjadi lagu yang menyeramkan. Padahal, dulu menyanyikan lagu ini biasa-biasa saja, karena liriknya juga menceritakan tentang seorang anak yang sangat menyukai boneka barunya.

Sebenarnya ini bukan lagu Sunda melainkan lagu masyarakat saja, karena saya pernah mendengar lagu ini dalam beberapa bahasa, dan liriknya pun berbeda-beda (seperti yang bahasa Korea, lagunya itu tentang kupu-kupu, bukan boneka).

Dan, ternyata awal mula lagu ini datang dari Jerman pada abad ke-19 dengan judul "Hanschen Klein". Kalau yang versi Jerman ini menceritakan tentang anak laki-laki yang bepergian ke seluruh penjuru dunia, tapi kemudian kembali pulang demi keluarganya.

5. Vina Panduwinata - Selamat Malam

Selanjutnya ada lagu dari Vina Panduwinata - "Selamat Malam", karena lagu ini menjadi soundtrack film Suzanna yang berjudul "Malam Satu Suro", otomatis ketika lagu ini diputar maka yang pernah menonton film tersebut langsung terngiang-ngiang sosok kuntilanak atau sundel bolong, karakter hantu yang sering dimainkan oleh mendiang Suzanna.

Selain lagu-lagu di atas, ada juga beberapa lagu lainnya yang dianggap bisa memanggil setan, seperti mantra Jelangkung, lagu Nina Bobo, dan The Spouse - "Kelam Malam" (soundtrack film Pengabdi Setan).

Sebenarnya saya nggak terlalu percaya kalau lagu-lagu di atas dapat memanggil setan, kecuali Jelangkung. Kebenaran apakah lagu-lagu ini memang bisa memanggil makhluk astral atau tidak, kembali lagi ke kamu. Apakah kamu percaya atau tidak?

Ada juga beberapa lagu dari luar negeri seperti Metallica - "Creeping Death" dan Demonic Resurrection - "The Summoning" yang memiliki lirik dan musik yang seram. Tapi, sepertinya ada beberapa orang yang menganggap lagu-lagu yang bisa saja memanggil demon atau setan ini biasa saja.

Bahkan itu adalah genre musik yang mereka sukai. Saya bahkan menemukan playlist di Spotify yang berjudul "Songs to Summon Demons To" - For when you need that truly satanic vibe.

Rata-rata lagu yang dianggap bisa memanggil makhluk astral yang jahat ini ber-genre rock, death rock, death metal, heavy metal, black metal.., tapi bukan berarti semua lagu dengan aliran itu dianggap bisa memanggil setan, ya.

Kalau menurut kamu, apakah benar ada lagu yang memiliki kekuatan untuk memanggil sesuatu dari dimensi lain? Apakah lagu-lagu di atas salah satunya?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram