Bacaterus / lagu / 10 Lagu Westlife yang Populer dan Terbaik Sepanjang Masa

10 Lagu Westlife yang Populer dan Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi generasi remaja tahun 90-an pasti tidak asing dengan boyband asal Irlandia, Westlife. Boyband yang sempat menghebohkan dunia musik pada era tersebut memang cukup populer di Indonesia.

Westlife berdiri pada tanggal 3 Juli 1998. Boyband ini beranggotakan 5 personil yang terdiri dari Shane Filan, Brian McFadden, Kian Egan, Nicky Byrne dan Mark Feehily. Kesuksesan Westlife di belantika musik tak terlepas dari lagu-lagu mereka yang selalu menjadi hits di beberapa negara termasuk di tanah air.

Bila kamu salah satu penggemar setia boyband yang satu ini. Kamu pasti ingat dengan beberapa lagu hits dari Westlife yang akan Bacaterus bahas di bawah. Nah, inilah 10 lagu Westlife yang populer dan terbaik sepanjang masa. Simak yuk berikut ini!

1.Flying Without Wings

Flying Without Wings adalah single ke tiga dari debut album studio Westlife. Lagu ini dirilis tahun 1999 dan menjadi lagu paling banyak diputar serta menjadi single dengan penjualan yang cukup laris. Selain berhasil bertahan selama 13 pekan menempati posisi nomor satu di chart musik Inggris. Lagu ini juga mendapat Gold platinum atas penjualannya yang luar biasa.

Official Chart Company pun mencatat penjualan fisik untuk lagu “Flying Without Wings” mencapai 316.000, 171.000 unduhan dan 16 juta penonton streaming hanya di wilayah Inggris saja pada tahun 2019. Dan itu belum termasuk di negara-negara lain seperti Asia dan Eropa.

2. If I Let You Go

If I Let You Go adalah single kedua dari album debut Westlife yang tidak kalah populer. Lagu ini sempat menempati urutan ke-1 di chart musik Inggris selama hampir sebelas pekan. Untuk lead vokal sendiri dikerjakan baik oleh Shane Filan, Mark Feehily dan Brian McFadden.

Sama seperti lagi Flying Without Wings, lagu ini pun berhasil meraih Gold platinum atas penjualan yang mencapai 400.000 kopi yang terdiri dari penjualan fisik dan digital. If I Let You Go sendiri merupakan single yang cukup populer di Indonesia. Kehadirannya di industri musik tanah air telah memberi warna tersendiri.

3. My Love

Salah satu lagu populer lainnya dari Westlife berjudul My Love. Singel kedua Westlife dari album studio kedua mereka bertajuk “Coast to Coast” yang dirilis pada tahun 2000. Sama seperti beberapa single Westlife sebelumnya. My love juga berhasil bertengger di puncak tangga lagu dalam program musik UK Single Chart. Lagu tersebut menjadi lagu ke-7 Westlife yang berhasil meraih posisi nomor satu di Inggris.

Berkat penjualan yang mencapai 300.000 kopi. Lagu ini pun disebut sebagai lagu dengan penjualan terbaik ke-35 di UK. Sehingga “My Love” pun berhasil meraih penghargaan sebagai “The Record of the Year” pada tahun 2000 silam.

4. Uptown Girl

Uptown Girl merupakan lagu dari penyanyi Amerika Serikat, Billy Zoel yang dirilis tahun 1983. Westlife sendiri merilis ulang lagu tersebut dalam album “Coast to Coast” sebagai single ke-5 mereka. Singel ini pun berhasil menarik perhatian penikmat musik hingga berhasil mencapai posisi nomor satu di UK Single Chart.

Video klipnya sendiri mengusung konsep ceria para pelayan pria di sebuah kafe. Tak hanya itu, Westlife pun menghadirkan supermodel cantik, Claudia Schiffer sebagai model dalam video klip. Uptown Girl versi boyband ini pun tak kalah dengan penyanyi aslinya. Lagu ini pun telah berhasil menjadi salah satu lagu yang membawa boyband Irlandia tersebut ke puncak popularitas.

5. When You’re Looking Like That

Masih dalam album “Coast to Coast”When You’re Looking Like That menjadi single pamungkas dari grup yang digawangi Shane Filan dan teman-temannya. Lagu ini menjadi salah satu lagu yang paling banyak diputar dalam program reguler UK Music Channel. Selain itu, lagu ini juga berhasil menjadi single yang menjadi hits di Swedia dengan menempati posisi ke-9 dalam tangga lagu.

Karena keberhasilannya menjual 15.000 keping, single ini pun berhasil mendapat Gold Platinum dari International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) di Swedia. Lagu ini secara resmi masuk ke dalam chart musik Irlandia dan berhasil menduduki posisi ke-64 dan 20 pada tahun 2018 dan 2019.

When You’re Looking Like That pun menjadi album ke-28 Westlife yang berhasil masuk dalam jajaran Top 20 lagu di Irlandia.

6. Bop Bop Baby

Bop Bop Baby

Para penggemar boyband yang satu ini pasti sudah tidak asing dengan judul lagu “Bop Bop Baby”. Lagu ini merupakan single ke-3 dari album studio Westlife yang ketiga berjudul “World of Our Own” yang dirilis pada tahun 2001. Lagu ini berada diperingkat ke-5 di chart musik Inggris. Penjualan untuk single yang satu ini memang terbilang cukup sukses yaitu mencapai lebih dari 120.000 kopi.

“Boo Bop Baby” pun masuk ke dalam album kompilasi “Boom 2002: The Third”. Video klipnya sendiri mengusung tema Ksatria yang terkurung dalam sebuah penjara pada era Victoria. Dengan suara yang khas, Westlife pun berhasil menarik perhatian para penggemar yang ada di seluruh dunia.

7. You Raise Me Up

Your Raise Me Up adalah sebuah lagu yang menggunakan bahasa Islandia. Lagu ini pertama kali dipopulerkan oleh Secret Garden pada tahun 2002 dengan judul “You Raise Me Up”. Seiring perkembangannya, lagu ini banyak diperkenalkan oleh banyak artis dengan judul tersebut.

Westlife sendiri adalah boyband yang ikut mempopulerkan lagu “You Raise Me Up”. Lagu ini dirilis pada tahun 2005 dan menjadi single utama dalam album studio Westlife berjudul “Face to Face”. Versi dari Westlife pun menjadi salah satu cover yang paling sukses di UK. Penjualannya mencapai 540.000 kopi dan menempatkannya diposisi nomor satu di UK Single Chart.

Westlife pun sempat tampil dan berkolaborasi dengan Secret Garden dalam konser Nobel Peace Prize pada tahun 2009. Selain itu mereka juga pernah tampil pada hari jadi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di tahun yang sama.

8. Fool Again

Fool Again merupakan single ke-5 dari album pertama Westlife pada tahun 1999. Sejak pertama kali dirilis, lagu ini telah berhasil sukses bertengger di posisi ke-5 pada puncak tangga lagu UK selama hampir 12 pekan. Video klipnya sendiri sebagian besar mengambil syuting di Mexico City, Mexico.

Fool Again merupakan lagu yang telah meraih kesuksesan dengan penjualan lebih dari 215.000 kopi di Inggris. Lagu ini juga sukses meraih Silver Platinum di Irlandia serta Gold Platinum di Swedia karena penjualannya. Karena hal tersebut pula, Westlife pun mendapat predikat sebagai boyband paling sukses di Eropa.

9. I Lay My Love On You

Salah satu lagu Westlife selanjutnya yang cukup familiar ditelinga masyarakat Indonesia berjudul “I Lay My Love on You”. Lagu ini adalah bagian dari single album studio ke-2 mereka. Single ini cukup terkenal karena dirilis di banyak negara seperti Asia, Eropa, Australia dan Britania Raya.

Selain dalam versi bahasa Inggris, lagu ini juga dibuat ke dalam bahasa Spanyol dengan judul “En Ti Deje Mi Amor”. Lagu ini termasuk dalam 19 lagu yang sering diputar streaming di Inggris. Untuk video klipnya sendiri Westlife menggabungkan kolase dari aktivitas Westlife saat konser di berbagai negara Asia, seperti Singapura, Korea dan Jepang.

10. World of Our Own

World of Our Own merupakan single dalam album studio mereka berjudul sama yang dirilis pada tahun 2001. Lagu ini menjadi salah satu lagu Westlife yang paling sering diputar di radio Inggris. Selain berhasil meraih posisi puncak di chart musik di berbagai negara.

World of Our Own sempat menjadi lagu penutup dalam konser yang diadakan di Jakarta, Indonesia pada tanggal 7 Agustus 2019 lalu. Konser tersebut merupakan rangkaian tur “The Twenty Tour” dimana personilnya hanya terdiri dari 4 orang karena salah satu lead vokal mereka yaitu Brian McFadden memutuskan untuk tidak bergabung bersama boyband yang sempat mengharumkan namanya di dunia musik.

Nah, 10 lagu Westlife yang populer dan terbaik sepanjang masa. Meskipun sudah hampir dua dekade namun ternyata boyband yang satu ini memang masih tetap menunjukan eksistensinya. Bila kamu mempunyai boyband kesukaan pada era 90-an yang ingin Bacaterus bahas. Kamu bisa kirim saran di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *