Bacaterus / Bayi / 10 Lagu Menidurkan Bayi Untuk Si Kecil yang Sulit Tidur

10 Lagu Menidurkan Bayi Untuk Si Kecil yang Sulit Tidur

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah si kecil termasuk sulit untuk tidur walaupun sudah sangat mengantuk? Selain membacakan cerita atau dongeng, Moms juga bisa memutarkan lagu-lagu yang menenangkan untuk membantu si kecil tidur. Nah berikut beberapa lagu pengantar tidur yang bisa Moms putarkan ketika si kecil mengantuk. Yuk, simak.

1. Nina Bobo

Nina Bobo

* sumber: www.needpix.com

Lagu Nina Bobo merupakan lagu paling umum yang digunakan ibu di Indonesia sebagai pengantar tidur bayinya. Selain di Indonesia lagu ini juga cukup dikenal di negeri Belanda, loh. Dahulu sekitar tahun 60-an, lagu ini dipopulerkan oleh seorang penyanyi bernama Anneke Gronloh. Beliau memang dikenal sebagai penyanyi keturunan Indonesia-Belanda.

Kata “nina” sendiri seringkali dikira sebagai sebuah nama. Namun sebenarnya kata “nina” merupakan serapan dari bahasa Portugis yang berarti gadis. Sedangkan kata “bobo” berasal dari bahasa China. Di indonesia kita menggunakan kata “bobo” hanya kepada anak-anak.

Selebihnya, secara umum kita menggunakan kata “tidur” sebagai bahasa Indonesia baku. Ada berbagai versi musik dan lirik dari lagu ini. Lagu nina bobo paling populer di Indonesia bisa Moms putar di sini.

2. Twinkle Twinkle Little Star

Twinkle Twinkle Little Star

* sumber: genius.com

Jika di nusantara kita punya Nina Bobo, di luar negeri lagu Twinkle Twinkle Little Star lah yang paling populer sebagai lagu pengantar tidur untuk bayi. Lirik lagu ini pertama kali ditulis dalam bentuk puisi oleh Jane Taylor di awal abad ke-19.

Dengan tambahan melodi lagu anak berbahasa prancis yang berjudul “Ah! Vousdirai-je, Maman”, lagu ini kemudian dipublikasikan tahun 1806 dengan judul “The Star”. Beberapa waktu kemudian banyak komposer yang mengaransemen lagu ini, termasuk Mozart. Sampai saat ini banyak variasi lirik dari Twinkle Twinkle Little Star yang ada di seluruh dunia.

3. Hush Little Baby

Hush Little Baby

Dibuat di Amerika Selatan, lagu Hush Little Baby termasuk lagu pengantar tidur tradisional dari luar negeri. Seperti lagu rakyat lain, Hush Little Baby juga tidak diketahui kapan diciptakan dan siapa yang menciptakannya.

Lagu ini dibawakan oleh banyak penyanyi terkenal dari berbagai genre musik. Lirik dari lagu ini kurang lebih menjanjikan banyak hadiah kepada anak-anak asalkan mereka tidak mengeluarkan suara. Hush Little Baby versi modern bisa Moms lihat pada tautan ini.

4. The Alphabet Song

The Alphabet Song

* sumber: childhood101.com

The Alphabet Song merupakan lagu bahasa Inggris paling populer yang sering digunakan, termasuk di Amerika. Lagu ini diakui hak ciptanya di tahun 1835 oleh seorang pencipta dari Boston bernama Charles Bradlee.

Lagu yang liriknya berisi urutan abjad ini memiliki ritme yang sama dengan lagu Twinkle Twinkle Little Star dan Baa Baa Black Sheep. Lagu ini bisa Moms perdengarkan kepada si kecil bahkan hingga ia berusia balita. Selain digunakan sebagai pengantar tidur, lagu ini juga bisa menjadi sarana belajar si kecil loh Moms.

5. You Are My Sunshine

You Are My Sunshine

* sumber: society6.com

You Are My Sunshine dipopulerkan pertama kali oleh Jimmie Davis dan Charles Mitchell pada tahun 1939. Sejak saat itu banyak musisi yang meng-cover lagu ini, hingga lagu ini masuk chart musik secara berulang pada tahun-tahun tertentu.

Lagu You Are My Sunshine yang asli memiliki genre country. Sampai akhirnya lagu ini “kehilangan” genre aslinya dan tetap populer dengan berbagai genre dari penyanyi yang berbeda. Lagu ini sering dijadikan lullaby atau lagu pengantar tidur karena lirik dan melodinya yang menenangkan. Nah, You Are My Sunshine versi lullaby bisa Moms putar pada tautan ini.

6. Rock A Bye Baby

Rock A Bye Baby

* sumber: olorisupergal.com

Rock A Bye Baby pada awalnya berjudul “Hush A Bye”. Lirik lagu ini diklaim sebagai sajak anak-anak pertama yang ditulis di Amerika, menurut Book Lover 1904. Namun tidak ada catatan resmi yang bisa dijadikan bukti saat lirik lagu tersebut ditulis.

Lagu ini pertama kali dicetak pada buku Mother Goose’s Melody di tahun 1765. Setelah itu Rock A Bye Baby pertama kali di rekam pada tahun 1805 dalam Song For The Nursery oleh Benjamin Tabart. Untuk versi modern dari lagu pengantar tidur bayi ini bisa Moms putar pada link ini.

7. Brahms Lullaby

Brahms Lullaby

* sumber: mihc.org.uk

Brahms Lullaby diciptakan oleh seorang komposer Jerman bernama Johannes Brahms. Pada awalnya melodi ini diberi judul Wiegenlied (“Guten Abend, Gute Nacht”) dan dipublikasikan pada tahun 1868. Brahms Lullaby didedikasikan untuk teman sang komposer sendiri, Bertha Faber, dalam rangka ulang tahun anak ke duanya.

Selanjutnya, Brahms Lullaby pertama kali ditampilkan di depan publik pada tahun 1869 di Vienna. Lagu ini dibawakan oleh Louise Dustmann pada vokal dan Clara Shcumann pada piano. Hingga saat ini banyak versi dibuat dari berbagai macam negara.

8. Ayun Ambing

Ayun Ambing

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Lagu Ayun Ambing merupakan lagu pengantar tidur dari daerah Pasundan. Lagu ini memiliki lirik yang cukup menyedihkan. Lirik lagu Ayun Ambing menggambarkan nasihat kepada anak agar sabar menunggu ibunya pulang dari pekerjaannya. Dengan musik dan lirik khas Sunda, lagu ini cukup menenangkan saat didengar.

Biasanya seorang ayah yang digambarkan menyanyikan lagu ini untuk anaknya. Namun, seiring perkembangan musik pop Sunda, lagu ini dibawakan oleh banyak penyanyi dan musisi Sunda, termasuk dari kalangan penyanyi wanita.

9. Row Your Boat

Row Your Boat

* sumber: www.theworks.co.uk

Row Your Boat merupakan salah satu lagu yang terdapat pada album Bing Crosby. Dia adalah seorang penyanyi, komedian dan aktor dari Amerika. Albumnya yang dirilis tahun 1961 tersebut berjudul 101 Gang Song. Lagu ini pertama kali ditampilkan secara live di depan publik pada tahun 1976, dalam konser musiknya di London Palladium.

Selain digunakan sebagai pengantar tidur, Row Your Boat juga sering digunakan para orang tua untuk bermain peran dengan anaknya. Namun di luar itu, lagu ini juga merupakan sebuah lagu educational yang mengajarkan kita untuk terus melanjutkan hidup, apapun halangan dan kesulitan yang dihadapi.

10. A Sailor Went To Sea

A Sailor Went To Sea

* sumber: www.nurseryrhymesapp.com

A Sailor Went To Sea merupakan lagu anak-anak, seringkali digunakan dalam permainan bertepuk tangan dan lompat tali. Pada awalnya lagu ini diberi judul My Father Went To Sea. Pertama kali muncul dalam acara Barney, A Day At The Beach di tahun 1989.

Saat ini lagu A Sailor Went To Sea juga kerap digunakan sebagai lagu pengantar tidur bayi. Lagu ini juga mengenalkan anak-anak pada binatang yang berada di laut. Versi modern dari lagu ini bisa Moms lihat pada tautan ini.

Demikian 10 lagu pengantar tidur bayi yang sering digunakan para ibu. Adakah lagu yang menjadi favorit si kecil? Selain lagu-lagu tadi, adakah lagu pengantar tidur lain yang sering Moms gunakan untuk menidurkan si kecil? Jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar yang telah disediakan ya Moms. Mampir juga di artikel cara membangunkan bayi berikut ini, Moms!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *