Bacaterus / Bahasa Inggris / 6 Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Asyik

6 Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Asyik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nampaknya kita harus setuju kalau musik menyatukan semua orang, dari berbagai belahan dunia, dengan bahasa yang berbeda-beda. Khususnya lagu berbahasa Inggris, karena bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Di Indonesia kita memang tidak wajib berbicara bahasa Inggris, karena kita juga punya bahasa sendiri, belum lagi bahasa daerah yang sangat banyak. Tapi, bahasa Inggris masuk ke kurikulum sekolah dan kampus sebagai pelajaran pokok, karena dianggap penting untuk menunjang kehidupan kita nantinya.

Untuk beberapa orang, mempelajari bahasa Inggris merupakan tantangan besar. Tapi, tenang saja, karena ada cara mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris, yaitu melalui lagu. Tahukah Anda, bahwa sejak lahir, setiap manusia sudah bisa membedakan tempo? Itulah yang membuat kita mudah menghapal lagu, walaupun itu bukan menggunakan bahasa kita.

Cara Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik

Sebelum mengetahui lagu-lagu apa sajakah yang mudah didengar dan dimengerti oleh orang awam, Bacaterus mau memberi tahu tumpuan utama ketika belajar bahasa Inggris dari lagu.

1. Fokus

* sumber: www.cubicles.net

Anda harus fokus ketika mendengarkan lagunya, karena tujuan Anda di sini adalah untuk belajar. Supaya Anda bisa mendengar liriknya lebih baik, gunakanlah earphone. Anda bisa mendengarkan lagu di YouTube, Spotify, Joox, Soundcloud, apapun itu (asal jangan dengarkan secara ilegal, ya, tetap dukung artis yang Anda suka).

2. Have Fun

* sumber: www.gettyimages.co.uk

Tapi, jangan lupa untuk have fun juga! Jangan jadi stres karena pikiran Anda kalau ini adalah belajar. Dengarkan lagu sambil ikut bernyanyi akan sangat membantu Anda, karena sekaligus membuat Anda berani mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris dan melatih pengucapan Anda.

3. Sambil Baca Lirik

* sumber: c.mi.com

Apalagi kalau ikut bernyanyi sambil baca lirik, itu sudah paling afdol. Anda jadi tidak mengira-ngira itu kata apa, karena sudah jelas terpampang pada liriknya. Sekarang ini sudah canggih, Anda tak perlu sambil Googling plus buka aplikasi musik, karena biasanya di aplikasi musik sudah ada liriknya. Atau, Anda bisa juga menonton lyric video di YouTube jika video musik artis tersebut tidak menyediakan subtitle.

Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Nah, di bawah ini merupakan 10 lagu terbaik, terbaru dan terpopuler untuk belajar bahasa Inggris. Tapi, karena lagu-lagu ini bermuatan dewasa, jangan diaplikasikan pada anak-anak, ya. Yuk, bernyanyi sambil belajar bahasa Inggris dengan lagu-lagu berikut ini!

1. Radiohead – Creep

Radiohead – Creep. Lagu jebolan tahun 2008 ini bisa dibilang abadi, karena sampai sekarang masih enak saja di dengar. Tapi, ada peringatan, nih.. Sebaiknya Anda jangan mendengarkan lagu ini ketika sedang depresi, karena lagu ini memungkinkan membawa Anda jatuh lebih dalam.

Jadi, pastikan Anda mendengarkannya ketika sedang dalam kondisi mental dan mood yang baik. Afterall, ini adalah lagu yang bagus dan liriknya mudah dipahami. Lagu ini menceritakan kisah tentang seorang lelaki yang sedang dimabuk cinta.

Dia mencoba untuk mendapatkan perhatian seorang wanita yang menarik hatinya, dengan mengikutinya, makanya judul lagunya adalah “creep” yang berarti orang aneh/orang yang menyeramkan karena terus menatap hingga menguntit. Padahal dia tidak berniat menjadi seorang penguntit, dia hanya tidak memiliki kepercayaan diri untuk menghampiri gadis itu.

2. Lorde – Royals

Dunia pop sempat bersedih karena banyaknya musisi yang “mundur” alias “menghilang” dari spotlight. Salah satunya adalah Lorde. Penyanyi dan penulis lagu asal Auckland, Selandia Baru, ini dikenal karena menggunakan gaya musik yang tidak konvensional dan penulisan lagu yang dalam. Tidak ada istilah cinta-cintaan di kamus Lorde, masalah dunia lebih penting!

Lagu ini adalah tentang perasaan bangga walaupun berasal dari keluarga yang sederhana. Bahwa orang tidak membutuhkan gaya hidup ala orang kaya dan orang terkenal untuk menjadi bahagia. Lorde juga membuat referensi tentang bagaimana media memuliakan gaya hidup mewah dan memikat orang ke dalamnya, sehingga orang-orang tercuci otak untuk selalu mengejar harta.

And we’ll never be royals
It don’t run in our blood
That kind of lux just ain’t for us
We crave a different kind of buzz
Let me live that fantasy

3. Elvis Presley – Can’t Help Falling In Love

Lagu–lagu jadul memang paling enak buat belajar bahasa Inggris, soalnya musiknya tidak ‘aneh-aneh’ dan pengucapan perkatanya pun cenderung lebih jelas. Pilihan katanya pun belum banyak slang-nya, jadi buat pemula bakal cocok banget.

“Can’t Help Falling In Love” akan selamanya ditandai sebagai salah satu lagu romantis terbesar dalam sejarah. The King of Rock n Roll, Elvis Presley, digilai karena lagu-lagunya yang nge-beat. Tapi, beliau keluar dari sangkarnya dan menyanyikan lagu yang lembut ini. “Can’t Help Falling In Love” juga merupakan lagu populer untuk resepsi pernikahan sepanjang masa.

Lagu ini membahas tentang cinta, tentu saja. Jika diterjemahkan, judulnya adalah “tidak mungkin untuk tidak jatuh cinta padamu” dan bisa juga berupa ungkapan yang berarti “aku selalu memikirkanmu”.

Dengan lirik seperti “maybe I didn’t treat you quite as good as I should have” dan “you were always on my mind”, lagu ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari bahasa Inggris, karena di sini ada contoh kalimat negatif, kata kerja lampau dan sebagainya. Ditambah lagi, Anda bisa sekaligus belajar ungkapan cinta dalam bahasa Inggris. Lumayan, buat modal gombal sama bikin status!

4. Christina Perri – Jar of Hearts

Ketika membaca Christina Perri, Anda pasti langsung ingat lagu “A Thousand Years”, OST-nya film Twilight Saga. Lagu ini sangat ear-catching, mudah diingat dan mudah diikuti. Anda akan menemukan banyak diksi dan susunan kalimat yang benar. Tapi, menurut author pribadi, lagi Christina Perri yang “Jar of Hearts” lebih mudah dilafalkan liriknya. Menurut Anda bagaimana?

5. Bruno Mars – The Lazy Song

Baik orang-orang yang familiar dengan bahasa Inggris atau pun tidak pasti tahu kalau Ini adalah lagu Bruno Mars yang ngehits di seluruh dunia beberapa tahun silam. Lagu ini menceritakan tentang orang yang lagi mager alias malas gerak, tidak mau melakukan pekerjaan apa pun, atau pun meninggalkan rumah. Bahkan, tampaknya Bruno tidak mau meninggalkan tempat tidurnya! Siapa, nih, yang samaan kaum rebahan juga?

Selain tempo dan musiknya yang catchy, lagu ini bagus untuk yang lagi belajar bahasa Inggris. Karena, lagu ini tidak menggunakan simple tense biasa, tapi menggunakan future tense seperti kalimat “I’m gonna kick my feet up and stare at the fan”.

Jika digali lebih dalam, ini adalah lagu yang bagus untuk belajar kosa kata untuk kegiatan yang dilakukan di dalam rumah. Lagu ini juga menggunakan banyak bahasa populer, yang meskipun mungkin akan sulit dimengerti bagi pemula, ini akan membantu menambah kosakata Anda.

Seperti kata ‘chilling’ yang berarti bersantai, ‘snuggie’ yang merupakan kombinasi sweater-selimut, ‘my old man’ yang merupakan slang untuk ayah orang lain dan masih banyak lagi istilah lainnya yang menarik untuk dipelajari.

6. A Whole New World [Aladdin OST.]

Siapa, sih, yang tidak hapal lagu Disney? Setiap lagu OST film Disney pasti easy listening dan mudah dimengerti, karena memang pasar Disney kan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu OST Disney yang paling terkenal adalah lagu film Aladdin, yaitu “A Whole New World”.

Lagu ini ada banyak versinya, nih! Yang terbaru—dan official—adalah pemain film live action Aladdin, yaitu Naomi Scott, Mena Massoud feat. Michael Kosarin. Terus ada juga yang versi ZAYN dan Zhavia Ward untuk promosi film. Tapi, author pribadi lebih suka versi original-nya yang dinyanyikan Peabo Bryson dan Regina Belle. Kalau Anda lebih suka “A Whole New World” versi siapa, nih?

Dengan musik, Anda akan menemukan beberapa kata dan frasa baru yang menunjukkan betapa fleksibelnya bahasa Inggris. Seperti lagu creep-nya Radiohead, misalnya. Anda tidak pernah mengira kata “creep” bisa menjadi bagian dari puisi yang memikat, kan? Apakah Anda punya rekomendasi lagu lainnya untuk belajar bahasa Inggris? Share di bawah, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *